Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by imsus2c »

Risol1 wrote:
mandala1 wrote: Btw kalo pak risol sendiri lebih pilih mana New Sante Fe atau Fortuner? :e-think:
Intinya adalah sebenernya 2-2nya mobil bagus dengan kelebihan dan kekurangannya masing2.
FortunerMan wrote:Makanya ada phrase "ceteris paribus", atau "all other things being equal". Dgn mesin, suspensi, skill driver yg sama - monokok akan lebih lincah dari ladder frame.
mo nambahin pak risol dan pak fortunerman aja ah....

De Gustibus Et Coloribus Non Est Disputandum :mrgreen: :drinking:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

roadtrain99 wrote:nambah dikit bro, mungkin kalo dibilang sedan ditinggiin, definisi nya nanti bener2 dianggap sedan yg dipanjangin kaki. jadinya kayak gini
Image
enaknya dibilang related, plat base nya sama, namun struktur sampe ceiling & tail nya beda. Kan unibody, cth, camry dan harrier, bagian buntut camry turun jadi bagasi, sedangkan harrier ga. Begitu pula spt x5 dari seri 5 dst
Hehehe....Thank you tambahannya bro :frm_salut:
Waktu nulis itu, saya berasumsi bahwa SMer udah pada tau lah kalo maksud dari "SUV spt sedan yg ditinggiin" artinya bukan spt gambar civic diatas yg bener2 sedan yg kaki2nya di bikin untuk off road hehehe (itu sotosop kan ya? :e-think: ). Lagian juga dipostingan saya sebelumnya juga udah ditulis kalo SUV monokok itu ibaratnya kaya kardus aja, yg cuma struktur basenya/dasarnya aja yg sama, sedangkan ke lima sisi lainnya bisa beda2 tergantung desain dari pabrikan.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

roadtrain99 wrote:ladder frame dibilang gak lincah sulit juga. masih ada mesin, suspensi dan terutama skill driver nya jgn dilupakan. cth mudah ditemuin mobil box seperti kijang/colt/hiace/carry bak ugal2an dijalan. ipah sering jg begitu. cth kelas beratnya bus antar kota sering bgt meliak liuk.

klo ga salah crv sasis 4wd nya beda dgn 2wdnya. mungkin bahan material, plus rigidity dan torsional nya sudah beda. bs jd begitu pula dgn mobil monokok lainnya yg 4wd.
Maksudnya secara hakikatnya atau secara kodratnya mobil2 dgn body on frame gak selincah mobil monokok. Karena bisa dibayangkan besi berat membujur kalo diajak kelok2 pasti gak akan seenak mobil yg rigidity-nya ditopang oleh keseluruhan cangkang mobil tsb.
Kalo masalah mesin, suspensi, apalagi nyali/skill pengemudi itu udah lain cerita atau lain scenario lah. Ibaratnya ferrari juga bisa kalah kenceng sama suz carry kalo sopirnya gak senekad/sehebat sopirnya carry. Tapi secara hakikat/kodratnya, ferrari semestinya lebih kenceng dari suz carry.....

CRV AWD sih mustinya sama aja ya dgn yg FWD kalo diliat dari platform/sasisnya, cuma mungkin beda di sedikit technical detailnya (spt ilustrasi saya ttg nissan FM platform di postingan sebelumnya) . Bahan material (diluar sistem AWDnya sendiri) sih semestinya sama ya. Rigidity juga mustinya sama karena pake platform yg sama persis, mungkin bedanya di handling kali......kalo yg AWD handling mungkin lebih baik.
Lainnya kayaknya sih sama aja: gear ratio, steering ratio, turning diameter, ukuran wheels/ban, towing capacity, dll semua sama koq....
Yg beda mungkin curb weightnya sama mungkin FC nya kali ya?
http://automobiles.honda.com/cr-v/specifications.aspx
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

imsus2c wrote:mo nambahin pak risol dan pak fortunerman aja ah....

De Gustibus Et Coloribus Non Est Disputandum :mrgreen: :drinking:
Om Imsus bahasa nya kelas berat huehuehuehue......
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by imsus2c »

De Gustibus Et Coloribus Non Est Disputandum
There is no disputing about neither taste nor color, selera tiap orang tu sangat subyektif dan tidak bisa diperdebatkan :mrgreen:

halah...malah OOT, :e-wall:

relevansinya ke topic ini, sesuai tulisan bro risol, 2-2 nya bagus, tinggal selera (dan tujuan pemakaian) masing-masing jadi mo diperdebatkan sampe ujung langitpun, tidak bakal ketemu :drinking:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by roadtrain99 »

Risol1 wrote: Hehehe....Thank you tambahannya bro :frm_salut:
Waktu nulis itu, saya berasumsi bahwa SMer udah pada tau lah kalo maksud dari "SUV spt sedan yg ditinggiin" artinya bukan spt gambar civic diatas yg bener2 sedan yg kaki2nya di bikin untuk off road hehehe (itu sotosop kan ya? :e-think: ). Lagian juga dipostingan saya sebelumnya juga udah ditulis kalo SUV monokok itu ibaratnya kaya kardus aja, yg cuma struktur basenya/dasarnya aja yg sama, sedangkan ke lima sisi lainnya bisa beda2 tergantung desain dari pabrikan.
bener sotoshop, cm ngasih liat gamblang aja bhw bukan spt benar2 sedan ditinggiin. kadang kalo kata2 aja bs di misunderstood.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by roadtrain99 »

Risol1 wrote: Maksudnya secara hakikatnya atau secara kodratnya mobil2 dgn body on frame gak selincah mobil monokok. Karena bisa dibayangkan besi berat membujur kalo diajak kelok2 pasti gak akan seenak mobil yg rigidity-nya ditopang oleh keseluruhan cangkang mobil tsb.
Kalo masalah mesin, suspensi, apalagi nyali/skill pengemudi itu udah lain cerita atau lain scenario lah. Ibaratnya ferrari juga bisa kalah kenceng sama suz carry kalo sopirnya gak senekad/sehebat sopirnya carry. Tapi secara hakikat/kodratnya, ferrari semestinya lebih kenceng dari suz carry.....
pasti kenceng ferrari lah..jgn se extreme itu lah hahaha...tp sptnya soal gesit, up to drivernya memang, jika mesin normal bobot ga overload. Cth yg gw bilang itu spt zigzag, bukan dlm arti jalan terabas asal2an gitu.
yg gw sering liat memang spt itu, ipah (body on frame) bs gesit. gw sih ga remehin. gw pernah sewa & sm sekali ga terpikir soal sasis, kebut ya kebut aja walaupun mesin kedodoran.

*imo* soal gesit itu sangat dipengaruhi bobot, tenaga mesin, suspensi, keakuratan stir, tinggi overall vs lebar body, lebar kaki2. kalo semua ok, ladder frame rasanya ga terlalu kendala. misalnya, carry ber ceiling body tinggi spt '86an, adu dgn yg pick up, pasti lebih gesit pick up, sebab gejala body roll atau apa ya..gaya sentrifugal nya lebih rendah sewkt zigzag, krn bobot & tinggi body berbeda walaupun sasis & per sama. atau, katana std diadu dgn yg diceperin, semua mesin sama. pasti lebih gesit yg ceper.

apalg mobil2 skrg, teknology nya hebat.

soal 42ner limbung ga gesit. may be salah 1nya mesinnya kurang (yg d4d udah pasti), lalu tinggi nya lebih dr lebar alhasil body roll wkt nikung tinggi, secara kasat mata terlihat jangkung. jdnya mudah terbalik. mungkin itu sebabnya dipsg suspensi keras biar ga terlalu mudah miring.
kalo spt lc, nissan patrol, lebar overall nya lebih dari tinggi nya, walaupun ladder namun shock damper nya lebih bagus. bobot manteb ga melayang. ada anggapan ladder/truck sasis ga senyaman monokok, ternyata di lc/patrol ga begitu.
Risol1 wrote:CRV AWD sih mustinya sama aja ya dgn yg FWD kalo diliat dari platform/sasisnya, cuma mungkin beda di sedikit technical detailnya...
Yg beda mungkin curb weightnya sama mungkin FC nya kali ya?
http://automobiles.honda.com/cr-v/specifications.aspx
sptnya beda bro, klo fwd cm roda depan yg ada gaya pull. sedangkan awd/4wd, 4 roda nya ada gaya pull. at least yg bagian belakangnya materialnya hrs lebih bagus drpd yg fwd. ada gardan segala. harusnya rigidity & torsional nya lebih ok. kalo ga salah chassis code nya jg beda jg beda antara 2wd & 4wd. cmiiw.
c weight & fc pasti beda lah.
FortunerMan

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by FortunerMan »

http://en.wikipedia.org/wiki/Body-on-frame
Advantages and disadvantages compared to unibody

Advantages

* Easier to design, build and modify (less of an issue now that CAD is commonplace, but still an advantage for coach-built vehicles).
* More suited for heavy duty usage and off-roading can be more durable.
* Easier to repair after accidents.
* Overall better ride quality [2] for SUVs.

Disadvantages

* Heavier than unibody - lower performance and/or higher fuel consumption.
* Less resistant to torsion (flexing of the whole car in corners) - compromising handling and road grip.
* No crumple zone - higher rate of death and serious injury.
* Higher production costs.
The best ladder frame SUV pun...Landcruiser 200, is no match buat handlingnya the best unibody SUVs sekelasnya.
http://www.topgear.com/UK/toyota/land-c ... ad-test/v8
Let's just say that on-road, the new Land Cruiser feels better than the old Land Cruiser, but not as good as pretty much anything with a 'modern' monocoque layout. In that I include the Range Rover, the Touareg, Merc's GL, Audi's Q7 and last but by no means least, BMW's glorious-handling X5
Referensi sudah segudang kalo SUV ladder frame, all other things being equal, akan kalah handling dibanding SUV unibody/monocoque.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

roadtrain99 wrote:
Risol1 wrote: Maksudnya secara hakikatnya atau secara kodratnya mobil2 dgn body on frame gak selincah mobil monokok. Karena bisa dibayangkan besi berat membujur kalo diajak kelok2 pasti gak akan seenak mobil yg rigidity-nya ditopang oleh keseluruhan cangkang mobil tsb.
Kalo masalah mesin, suspensi, apalagi nyali/skill pengemudi itu udah lain cerita atau lain scenario lah. Ibaratnya ferrari juga bisa kalah kenceng sama suz carry kalo sopirnya gak senekad/sehebat sopirnya carry. Tapi secara hakikat/kodratnya, ferrari semestinya lebih kenceng dari suz carry.....
pasti kenceng ferrari lah..jgn se extreme itu lah hahaha...tp sptnya soal gesit, up to drivernya memang, jika mesin normal bobot ga overload. Cth yg gw bilang itu spt zigzag, bukan dlm arti jalan terabas asal2an gitu.
yg gw sering liat memang spt itu, ipah (body on frame) bs gesit. gw sih ga remehin. gw pernah sewa & sm sekali ga terpikir soal sasis, kebut ya kebut aja walaupun mesin kedodoran.

*imo* soal gesit itu sangat dipengaruhi bobot, tenaga mesin, suspensi, keakuratan stir, tinggi overall vs lebar body, lebar kaki2. kalo semua ok, ladder frame rasanya ga terlalu kendala. misalnya, carry ber ceiling body tinggi spt '86an, adu dgn yg pick up, pasti lebih gesit pick up, sebab gejala body roll atau apa ya..gaya sentrifugal nya lebih rendah sewkt zigzag, krn bobot & tinggi body berbeda walaupun sasis & per sama. atau, katana std diadu dgn yg diceperin, semua mesin sama. pasti lebih gesit yg ceper.

apalg mobil2 skrg, teknology nya hebat.
Hehehe....maksud saya pake contoh ferrari vs suzy carry supaya analoginya terlihat lebih jelas aja sih :mrgreen:

Saya 100% setuju dengan pendapat bro Roadtrain diatas, semua bener dan gak ada yg saya object sama sekali. Poin saya adalah jika semua faktor2 yg bro roadtrain sebutkan diatas itu equal, artinya 2 mobil yg berbeda platform (monokok vs body on frame) punya dimensi yg sama, tenaga mesin yg sama, struktur susp yg sama, keakuratan setir yg sama, maka semestinya (kodratnya) mobil yg punya platform monokok bisa lebih agile, lebih enak dibawa zigzag/kelok2.

Mobil ladder frame kaya LC dan Chevy Tahoe mungkin udah enak banget dibawa zig zag karena faktor2 yg bro roadtrain sebutkan diatas, tapi kalau seandainya LC dan Tahoe tsb dibikin dari monokok platform, semestinya lebih enak/lebih baik di sektor agility nya/rigidity-nya, walaupun pasti ada yg dikorbankan di sektor lain. Itu aja.

Jadi bukan berarti mobil2 body on frame gak enak diajak zig zag, apalagi kalo udah kelasnya LC atau Caddy Escalade......pasti enak. Tapi kalo mobil yg sama dikasi monokok, maka rigidity akan lebih tinggi lagi yg mengakibatkan handling lebih enak pas zig zag.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

roadtrain99 wrote: soal 42ner limbung ga gesit. may be salah 1nya mesinnya kurang (yg d4d udah pasti), lalu tinggi nya lebih dr lebar alhasil body roll wkt nikung tinggi, secara kasat mata terlihat jangkung. jdnya mudah terbalik. mungkin itu sebabnya dipsg suspensi keras biar ga terlalu mudah miring.
kalo spt lc, nissan patrol, lebar overall nya lebih dari tinggi nya, walaupun ladder namun shock damper nya lebih bagus. bobot manteb ga melayang. ada anggapan ladder/truck sasis ga senyaman monokok, ternyata di lc/patrol ga begitu.

Yg dibilang bro roadtrain mungkin memang bener bahwa mobil2 body on frame kelas LC, Patrol, dsb itu mungkin handlingnya udah enak banget buat diajak zig zag (mungkin juga jauh lebih enak dibanding mobil2 monocoque kelas "bawah" spt CRV, Rav4 apalagi mobil ladder frame kelas "bawah" spt fortuner). Tapi sekali lagi bukan itu poin saya diatas.
Poin saya adalah kalo LC dan Patrol (atau mobil2 yg kelasnya sama dengan kedua SUV tsb) dipakein monokok, sektor handling akan improved karena rigidity-nya naik......saya cuma sorotin dari sektor handling aja lho, bukan sektor lain yg mungkin ladder frame punya keunggulan sendiri dibanding monokok.

Saya bicara dari sektor hadling aja ya, bukan sektor2 lain spt kenyamanan, dsb
FortunerMan

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by FortunerMan »

Makanya SUV ladder frame kelas kakap, Landcruiser 200...sudah pasti kalah handling ama SUV unibody kelas kakap...banyak deh contohnya, Porsche Cayenne, Audi Q7, Range Rover.

Mungkin kalo TOP GEAR yg ngomong akan dipercaya http://www.topgear.com/UK/toyota/land-c ... ad-test/v8
Last edited by FortunerMan on Fri May 01, 2009 19:19, edited 1 time in total.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by roadtrain99 »

Risol1 wrote: Tapi saya akui memang kalo cuma melihat spek diatas kertas (misal power, torsi, fitur2 safety, ESP, akselerasi, skidpad/handling, dll) Santa Fe menang dari Fortuner. Tapi kalo kita liat lebih seksama lagi, mereka adalah mobil2 yg struktur dan kelasnya berbeda, kemiripan keduanya cuma di soal harga dan bentuk mobil (SUV).
struktur memang beda, tapi kalo kelas..maksudnya beda bgmana? gw ga paham...
Risol1 wrote: Juga kalo kita lihat satu persatu "kelemahan" fortuner diatas, maka ada bbrp "kelemahan" yg bisa dijelaskan dengan logika. Misalnya kemaren2 ada yg tanya kenapa mesin fortuner yg sama2 2700cc koq produce hp lebih kecil dari mesin santa fe yg sama2 2700cc?
Mungkin jawaban paling pasnya adalah karena konfigurasi mesin fortuner masih 4 silinder, sedangkan santa fe udah V6. Jadi walaupun isi silinder sama, biasanya mesin yg silindernya lebih banyak bisa nyemburin tenaga/torsi lebih gede. Artinya bukan mesinnya yg jelek tapi karena memang secara spek, mesin ini bukan tandingan mesin V6.
hm..bolehlah santa fe menang 2 cyl. *imo* sulit jg ngeliatnya kalo krn jumlah cyl. yg 4cyl lah, camry 2.4 dohc vvti output nya hampir 170hp/224nm, 42ner 2.7 dohc vvti skitar 160hp/240nm.
gw jg heran pdhal sama2 4cyl cc nya beda jauh, gimana kalo sama..tyt pinter bgt trik kasih mesin murah dipsg ke suv biar laris. sah sah aja.
Risol1 wrote: ...kalo buat saya sih beli mobil itu gak semata2 cuma ngebandingin spek diatas kertas aja, ada faktor selera/feeling/preferensi yg berbeda2 antara 1 konsumen dengan lainnya. Soalnya kalo orang pinter cuma melihat kriteria "spek to price" aja, maka yg pinter adalah cuma orang2 yg beli mobil2 china/proton aja dong :mrgreen:

Intinya adalah sebenernya 2-2nya mobil bagus dengan kelebihan dan kekurangannya masing2.
setuju, memang ga semata krn atas kertas. Cuma, umumnya yg di atas kertas dari hasil test jg, ya ga terlalu jauh amatlah. *bukan mau oot lho* gw tdnya ga percaya iklan captiva diesel tenaga segede itu dari cuma 2.0 turbo. pas ditest ternyata lebih power dari 2.0 crv 1st gen gw dulu. pdhal setidaknya bensin 2.0 lebih kenceng dari 2.0 diesel dong.
kalo soal org lari ke proton atau cherry merk china, wah gelap, itu sudah bener2 fungsionalis (yg penting gelinding), selera & budget oriented. proton di negara asalnya bagus jglah byk variant, dulu thn 96/97an lah pernah ikut naik proton teman malaysian jadi fanatik ama brand sendiri, rasanya lancer sekali, lari 160kmh isi 5 org, hebat juga itu. nah kalo yg merk2 china, namanya juga player baru..sama spt kia, hyundai, daewoo, ssang yong dulu dulu nya..atau merk nippon dulu2nya...

biasalah..*oot dikit, sorry* setelah cold war jauh lewat, org anggap teknology alat perang barat (AS) spt fighter jet nya lebih canggih. ternyata buatan russia spt mig 29 nya jg bagus. ada jg tuh monokok Kombat t98 atau apalah model hummer nya russia, cmiiw.
FortunerMan

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by FortunerMan »

roadtrain99 wrote:camry 2.4 dohc vvti output nya hampir 170hp/224nm, 42ner 2.7 dohc vvti skitar 160hp/240nm.
gw jg heran pdhal sama2 4cyl cc nya beda jauh, gimana kalo sama..tyt pinter bgt trik kasih mesin murah dipsg ke suv biar laris. sah sah aja.
Kasi mesin murah, biar laris? Secara Landcruiser Prado yg jauh lebih mahal juga pake mesin dan transmisi yang sama...Jadi Landcruiser Prado dikasi mesin/transmisi murah, supaya laris juga? Hmmm...baru tau saya Toyota ngasi embel2 Landcruiser sembarangan :P
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

roadtrain99 wrote:
Risol1 wrote:CRV AWD sih mustinya sama aja ya dgn yg FWD kalo diliat dari platform/sasisnya, cuma mungkin beda di sedikit technical detailnya...
Yg beda mungkin curb weightnya sama mungkin FC nya kali ya?
http://automobiles.honda.com/cr-v/specifications.aspx
sptnya beda bro, klo fwd cm roda depan yg ada gaya pull. sedangkan awd/4wd, 4 roda nya ada gaya pull. at least yg bagian belakangnya materialnya hrs lebih bagus drpd yg fwd. ada gardan segala. harusnya rigidity & torsional nya lebih ok. kalo ga salah chassis code nya jg beda jg beda antara 2wd & 4wd. cmiiw.
c weight & fc pasti beda lah.
kita lagi ngomongin platform/sasisnya CRV kan?
Kalo kita masih on-topic, maka CRV itu cuma punya 1 macam chasis/platform yg oleh Honda dinamain sbg "Honda's Global Small Car Platform". Mobil populer lain yg sama2 pake platform ini adalah Civic.
Platform dasarnya adalah sama, tapi memang secara detail teknisnya, pastilah ada sedikit perbedaan. Jangankan FWD Vs AWD, mungkin crv 2.4 dengan yg 2.0 aja ada perbedaan di dudukan mesin di platformnya, juga mungkin beda transmisi, beda pula dudukan transmisi di platformnya.

Kalo Kode platform/chassis pasti beda karena kode itu kan berfungsi sbg "unique identifier" jadi sedikit perbedaan teknis menyebabkan kode platform jadi berbeda juga. Mungkin kode platform crv 2.4 juga beda dengan crv 2.0, begitu juga dengan kode platform crv MT dgn yg AT. Mungkin bisa dilihat dari tulisan saya kemaren2 yg mengambil contoh dari nissan FM platform:
Risol1 wrote:Saya gak tau secara teknis gimana, tapi menurut saya (cuma pake logika aja nih, jadi tolong CMIIW) platform itukan cuma layout base kendaraan aja, kalo secara detailnya pasti ada perbedaan antara detail satu mobil dengan mobil lainnya.
Jangankan Civic dan CRV yg beda mobil, BMW 750i (SWB) dan 750Li (LWB) yg sama persis eksterior dan interiornya aja bisa beda wheel basenya.
Contoh lainnya adalah nissan FM platform yg dipake di mobil sport 350Z dan juga dipake di Infiniti SUV FX. Ini juga pasti beda wheelbase/wheelthreadnya. Mungkin secara general dibilang FM platform, tapi kalo mao melihat lebih detail lagi, mungkin bisa dibagi lagi misalnya jadi:
- Platform FM-01 dipake buat 350Z
- Platform FM-02 dipake buat infiniti FX
- Platform FM-02.1 dipake buat Infiniti FX AWD
- Platform FM-02.1.1 dipake buat Infiniti FX AWD dengan mesin VQ35
- Platform FM-03 dipake buat infiniti EX
dsb, dsb

Karena bagaimanapun secara teknis detailnya pasti ada beda antara 1 mobil dengan mobil lain, misal dudukan suspensi CRV (mobil tinggi) sudutnya beda dengan dudukan civic (mobil pendek), tapi dua2nya share generic platform yg sama sehingga rasa2nya/karakteristiknya pun hampir sama.
IMO, Sedangkan rigidity chasis (di CRV, chasis adalah besi2/tulang2 yg berfungsi sbg cangkang mobil) semestinya sama antara yg FWD dengan AWD karena cangkangnya sama. Tapi kalo ngomongin handling mungkin beda karena dibantu sistem AWD nya
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

roadtrain99 wrote:
Risol1 wrote: Tapi saya akui memang kalo cuma melihat spek diatas kertas (misal power, torsi, fitur2 safety, ESP, akselerasi, skidpad/handling, dll) Santa Fe menang dari Fortuner. Tapi kalo kita liat lebih seksama lagi, mereka adalah mobil2 yg struktur dan kelasnya berbeda, kemiripan keduanya cuma di soal harga dan bentuk mobil (SUV).
struktur memang beda, tapi kalo kelas..maksudnya beda bgmana? gw ga paham...
hahaha......tulisan ane jadi di nitpick.....sori bro kalo gak jelas, maksud kata2 "kelas" adalah beda fungsi, beda type of SUV, gitu lho. Itu kan cuma perbedaan gaya penulisan seseorang, kalo saya pake kata "kelas", kalo bro roadtrain mungkin akan pake kata lain.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

roadtrain99 wrote:
Risol1 wrote: Juga kalo kita lihat satu persatu "kelemahan" fortuner diatas, maka ada bbrp "kelemahan" yg bisa dijelaskan dengan logika. Misalnya kemaren2 ada yg tanya kenapa mesin fortuner yg sama2 2700cc koq produce hp lebih kecil dari mesin santa fe yg sama2 2700cc?
Mungkin jawaban paling pasnya adalah karena konfigurasi mesin fortuner masih 4 silinder, sedangkan santa fe udah V6. Jadi walaupun isi silinder sama, biasanya mesin yg silindernya lebih banyak bisa nyemburin tenaga/torsi lebih gede. Artinya bukan mesinnya yg jelek tapi karena memang secara spek, mesin ini bukan tandingan mesin V6.[/size]
hm..bolehlah santa fe menang 2 cyl. *imo* sulit jg ngeliatnya kalo krn jumlah cyl. yg 4cyl lah, camry 2.4 dohc vvti output nya hampir 170hp/224nm, 42ner 2.7 dohc vvti skitar 160hp/240nm.
gw jg heran pdhal sama2 4cyl cc nya beda jauh, gimana kalo sama..tyt pinter bgt trik kasih mesin murah dipsg ke suv biar laris. sah sah aja.
Jawaban saya ttg hyundai power lebih gede dari toyota karena kelebihan 2 silinder itu adalah mrpk "Educated Guess", artinya cuma tebakan aja, tapi tebakan yg masuk logika gitu lho......Kalo alasan yg sebenar2nya, jujur aja saya gak tau dan saya yakin kebanyakan SMers disini juga gak tau. Yg bener2 tau jawaban sebenarnya adalah engineer hyundai/toyota sendiri, beserta policy2 makernya Hyundai/Toyota yg membuat policy kenapa mereka membuat output power mesin2nya yg spt itu.

Begitu juga dengan pertanyaan bro Roadtrain ttg perbedaan output mesin camry vs output mesin fortuner. Jujur aja saya yakin bahwa gak banyak Smers disini yg tau pasti jawabannya, semua yg jawab pasti pake teori "Educated Guess" spt saya.
Imo, pasti ada policy berbeda2 u/ masing2 mesin yg dibuat oleh engineer2 atau pimpinan2 toyota. Mungkin beda peruntukan, mungkin beda bodi mobil, mungkin beda gerak roda, mungkin beda desain platform YG menyebabkan perbedaan output mesin tsb.
Kalo educated guess nya, kalo saya liat dari sekilas specnya kedua mesin tsb, nampaknya toyota ingin kasi torsi lebih buat fortuner, sedangkan sebaliknya toyota ingin kasi power lebih untuk camry......itu educated guess saya berdasar dari sedikit data diatas.

Pabrikan mobil lain pun juga gitu, jangankan mesin yg berbeda untuk 2 jenis mobil yg berbeda, mesin accord baru K24 juga punya output yg beda2 untuk mobil yg sama. Di US, accord LX dapet mesin K24 177hp, sedangkan accord EX dapet mesin yg 190 hp.
Dua2nya dipajang berdampingan di showroom honda. Nah pertanyaannya: Apakah mesin yg 177hp itu mesin jelek karena cuma bisa produce 177 hp? kan engga selalu spt itu, mungkin mesin K24 dibikin 177hp karena policynya Honda aja.
Begitu pun dgn Honda Ridgeline yg pake mesin yg sama persis dengan Accord tapi beda power output....itukan perbedaan policy aja.
FortunerMan

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by FortunerMan »

Risol1 wrote:Tapi saya akui memang kalo cuma melihat spek diatas kertas (misal power, torsi, fitur2 safety, ESP, akselerasi, skidpad/handling, dll) Santa Fe menang dari Fortuner. Tapi kalo kita liat lebih seksama lagi, mereka adalah mobil2 yg struktur dan kelasnya berbeda, kemiripan keduanya cuma di soal harga dan bentuk mobil (SUV)
Betul sekali...udah beda jalur persaingan, Santa Fe akan terus bertarung dgn CR-V dan X-Trail dan Captiva di kelas soft roaders, Fortuner bertarung dgn New Everest dan sebentar lagi Pajero Sport...the big bad tough boys :)
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

roadtrain99 wrote: setuju, memang ga semata krn atas kertas. Cuma, umumnya yg di atas kertas dari hasil test jg, ya ga terlalu jauh amatlah. *bukan mau oot lho* gw tdnya ga percaya iklan captiva diesel tenaga segede itu dari cuma 2.0 turbo. pas ditest ternyata lebih power dari 2.0 crv 1st gen gw dulu. pdhal setidaknya bensin 2.0 lebih kenceng dari 2.0 diesel dong.
kalo soal org lari ke proton atau cherry merk china, wah gelap, itu sudah bener2 fungsionalis (yg penting gelinding), selera & budget oriented. proton di negara asalnya bagus jglah byk variant, dulu thn 96/97an lah pernah ikut naik proton teman malaysian jadi fanatik ama brand sendiri, rasanya lancer sekali, lari 160kmh isi 5 org, hebat juga itu. nah kalo yg merk2 china, namanya juga player baru..sama spt kia, hyundai, daewoo, ssang yong dulu dulu nya..atau merk nippon dulu2nya...

biasalah..*oot dikit, sorry* setelah cold war jauh lewat, org anggap teknology alat perang barat (AS) spt fighter jet nya lebih canggih. ternyata buatan russia spt mig 29 nya jg bagus. ada jg tuh monokok Kombat t98 atau apalah model hummer nya russia, cmiiw.
Bener, maksud saya jg spt itu. Diatas kertas boleh 1 merek menang telak, tapi tetep aja ada preferensi lain dari market yg kadang2 malah bisa bikin mobil yg menang diatas kertas menjadi kalah di jumlah sales penjualan mobilnya.

Contoh gampangnya adalah Honda Vs Toyota (ini cuma contoh lho, ane gak maksud untuk bikin kompor mbledug :mrgreen: ):
Spt yg kita tau bahwa mobil2 sedan Honda biasanya "menang" thd sedan toyota di komparasi majalah2 terutama media asing.
Kenapa? IMO, karena mobil2 sedan Honda menang diatas kertas.
1. Dibidang kuantitatif (yg bisa dihitung atau yg bersifat fakta), biasanya honda punya data spec yg lebih "cantik" dari comparable toyotanya. Mulai dari power dan torsi yg biasanya lebih besar, 0-100kpj yg biasanya lebih cepet, handling/roadhugging yg biasanya lebih tinggi nilainya (g-force), teknologi mesin/fitur2 mesin yg lebih banyak, dll.
Dilain sisi, toyota lebih menonjolkan ttg keempukan suspensi, dll yg gak ada hitungan bakunya (gak ada hitungan yg bersifat kuantitatif-nya)
2. Begitu pula di bidang Kualitatif (yg bersifat feeling/subjektif dari si penguji). Honda juga lebih meng-akomodasi "kebutuhan2" dari si penguji. Perlu diingat tester2 otomotif baik di LN maupun disini banyakan adalah muka2 lama di bidang otomotif, yg ngerti gimana cara mengemudikan mobil "one step higher" dari orang2 kebanyakan. Orang2 spt ini (biasanya dari bekas pembalap/tester) biasanya lebih appreciate mobil2 yg punya handling bagus, mobil yg kencang, mobil yg banyak improvement di sektor mesin, dsb. "Kebutuhan2" tsb lebih diakomodasi oleh sedan2 Honda dibanding sedan2 Toyota. akibatnya pada waktu mereka harus kasi nilai thd faktor2 kualitatif tsb, mereka cenderung kasi nilai lebih tinggi ke sedan Honda daripada Toyota. Maka pada waktu hasil total dijumlah, maka kemungkinan besar sedan Honda lah yg jadi juaranya.
Jarang banget media2 pake tester dari kalangan orang biasa atau pake bapak2 yg over 50 yg biasa naik cadillac yg empuk.

Melihat dari contoh diatas, semestinya sedan honda terjual jauh lebih banyak dari sedan toyota dong. Tapi secara real, salesnya kedua merek tsb hampir2 sama......tahun ini yg menang camry, tahun depan accord, begitu terus tiap tahun.
Kenapa? karena market juga punya preferensi lain yg berbeda dari data/preferensi subjektif penguji2 yg tertuang diatas kertas.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by maskopat »

FortunerMan wrote:
Risol1 wrote:Tapi saya akui memang kalo cuma melihat spek diatas kertas (misal power, torsi, fitur2 safety, ESP, akselerasi, skidpad/handling, dll) Santa Fe menang dari Fortuner. Tapi kalo kita liat lebih seksama lagi, mereka adalah mobil2 yg struktur dan kelasnya berbeda, kemiripan keduanya cuma di soal harga dan bentuk mobil (SUV)
Betul sekali...udah beda jalur persaingan, Santa Fe akan terus bertarung dgn CR-V dan X-Trail dan Captiva di kelas soft roaders, Fortuner bertarung dgn New Everest dan sebentar lagi Pajero Sport...the big bad tough boys :)
kalo beda kelas ini maksudnya karena dari struktur sasis? apakah LC200 sekelas dengan Pajero gen 4, Touareg? secara mereka termasuk SUV hard off road? cmiiw..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
FortunerMan

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by FortunerMan »

Sekelas itu mah...LC, Range Rover, Pajero, Touareg...real off roaders, apa pun strukturnya. Dan seperti ulasan Top Gear bilang, soal handling LC yg ladder frame tetep kalah dr lawan2 sekelasnya itu. Sudah inherent weakness dr ladder frame construction.

Kalo Santa Fe dan Fortuner beda kelas, satu car-based crossover/soft roader...satu truck-based traditional SUV.
Gerak 4 roda Santa Fe adalah AWD untuk on-road performance gak pake low range.
Gerak 4 roda Fortuner Full time 4WD dgn low range.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by maskopat »

FortunerMan wrote:Sekelas itu mah...LC, Range Rover, Pajero, Touareg...real off roaders, apa pun strukturnya. Dan seperti ulasan Top Gear bilang, soal handling LC yg ladder frame tetep kalah dr lawan2 sekelasnya itu. Sudah inherent weakness dr ladder frame construction.

Kalo Santa Fe dan Fortuner beda kelas, satu car-based crossover/soft roader...satu truck-based traditional SUV.
Gerak 4 roda Santa Fe adalah AWD untuk on-road performance gak pake low range.
Gerak 4 roda Fortuner Full time 4WD dgn low range.
oh.. oke.. saya masih bingung dengan maksud sekelas antara santa fe dan fortuner.
karena kalo dari sasis saja parameternya, harusnya big SUV yang saya sebut tadi tidak sekelas. tapi kalo sekelas, saya mikir lagi nih maksud kelas di sini gimana.. :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by roadtrain99 »

Risol1 wrote:
kita lagi ngomongin platform/sasisnya CRV kan?..
Kalo kita masih on-topic, maka CRV itu cuma punya 1 macam chasis/platform yg oleh Honda dinamain sbg "Honda's Global Small Car Platform". Mobil populer lain yg sama2 pake platform ini adalah Civic.
Platform dasarnya adalah sama, tapi memang secara detail teknisnya, pastilah ada sedikit perbedaan. Jangankan FWD Vs AWD, mungkin crv 2.4 dengan yg 2.0 aja ada perbedaan di dudukan mesin di platformnya, juga mungkin beda transmisi, beda pula dudukan transmisi di platformnya...


pform civic betul. klo code beda, pasti ada maksud. krn gw ada pengalaman, beli parts selalu diminta sasis & engine code detail. engine code aja, ga mo ditrima, ternyata memang ada perbedaan.

beda sasis fwd dgn 4/awd nya, maksudnya ini *imo* (gw bukan dari honda). Kalo 2wd single gardan, yg terkena sentakan gerakan mesin ke roda cuma bg depan klo fwd atau belakang klo rwd. klo 4wd, struktur dudukan roda di ke empat2nya harus sama kuat, krn menerima arus hentakan mesin ke roda. lebih kuat dibanding yg sasis 2wd crv nya secara memang didesign bercapability offroad.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by roadtrain99 »

Risol1 wrote:
roadtrain99 wrote: struktur memang beda, tapi kalo kelas..maksudnya beda bgmana? gw ga paham...
hahaha......tulisan ane jadi di nitpick.....sori bro kalo gak jelas, maksud kata2 "kelas" ...
siapa tau ada definisi lain gitu..jd kan nambah2 info jg. sebab gw bingung kelas gimana. pk kelas yg sama lah suv biar gampang, anggapan umum jg begitu.
Risol1 wrote: Begitu juga dengan pertanyaan bro Roadtrain ttg perbedaan output mesin camry vs output mesin fortuner...
betul, santa fe menang 2 cyl, secara piston dan part lain lebih byk alhasil kerja mesin lebih enteng. mknya gw bandingin dari merk yg sama, 4cyl camry yg teknology vvti nya kurang lebih sama, kok iya cc lebih kecil powernya lebih gede dr yg 2.7, itu gw ga tau knp. torsi beda tipis lah, sehrsnya utk 42ner yg lebih berat 400kg, minimal 300nm.

soal honda vs tyt, anggapan gw dari dulu honda lebih halus aja dr tyt. tapi skrg ga begitu lagi. in terms of power, dua2nyg jg saingan ketat, apalagi r&d mereka sudah masuk ke F1.

tentang company policy, jgn kan beda merk. yg satu merk/pabrikan aja begitu. cth civic type R versi japan dgn Uk aja udah beda power. Dikarenakan honda nya ga expect org2 di uk butuh power spt yg di japan. makanya spt yg conan bilang, walaupun toyota, tp beda dgn yg jepangnya asli.
mungkin ibarat sony japan dgn sony malaysia. pendapat awam.

nah, soal ceteris ceteris itu. gw ga berani bilang bro hehehe..walaupun lc200 dgn body monokok rasanya mungkin ga selincah x5/harrier/crv lah. emang sih, gw ngerti, skrg aja dgn ladder frame handlingnya lc mulai 100/sahara-200 dan patrol udah bagus, apalagi di monokok in..tp ga tau lah. sebab semakin tinggi body semakin gamang body roll nya. pernah test x5 walaupun monokok dgn suspensi lebih rigid ga seberani sperti zigzag di crv/harrier.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by roadtrain99 »

kalo bicara beda, memang beda kelas struktur dll..ya gimana, si TS naldo kan yg ingin pendapat antara santa fe dan fortuner sebelum beli..
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by roadtrain99 »

FortunerMan wrote:
Kasi mesin murah, biar laris? Secara Landcruiser Prado yg jauh lebih mahal juga pake mesin dan transmisi yang sama...Jadi Landcruiser Prado dikasi mesin/transmisi murah, supaya laris juga? Hmmm...baru tau saya Toyota ngasi embel2 Landcruiser sembarangan :P

gw ga bilang 'sembarangan', tp probably trik dagang.

gw ga bilang mesin murah dipasang ke lc prado lantas laris. ga ada. Blm tentu laris jg, setau gw prado jg ga selaris LC lain yg lebih besar. Itu biar ada variant, jd buyer punya pilihan. Mungkin ada yg lebih prefer image prado but ok w/ the lowest engine. Dibilang termurah, memang begitu adanya. Penentu mahal ga nya mobil terutama dari mesin dibanding parts lain. bandingkan prado cc yg di atas prado 2.7, mana lebih mahal?

ipah sempet bermesin 2.7 yg sama, ga beredar lg kan? yg 2.0 lebih laku. Lgpula kalo terus diproduk bisa2 42ner blm tentu selaku skrg. masa punya produk makan produk sendiri, jeruk makan jeruk.

prado 2.7 lebih mahal betul, drpd 42ner ya. mesin & transmisi boleh sama namun material, interior, feature, image, body, bea r&d dll apakah sama?

Utk 42ner, mungkin tyt berpikir supaya income lebih dgn cara tersimpel. Sasis pake hilux, ga perlu cetakan baru, tambah struktur atap belakang, mesin terkecil/termurah dari prado, ga terlalu byk research test ini itu, interior & material level ipah dll. Laku? yes, buktinya byk pembelinya di indo termasuk lo.

namanya jg dagang..se fancy apa istilah tetep pointnya biar sales tinggi...