@ Bro Maxx: Betul bos, emang kudu pinter mendefinisikan ulang kata "bahagia". Tapi gimana dong mobil udah bosen abis pake 4-5 tahun, modif dah ga napsu lagi tetep aja liatnya itu2 lagi..hahaha

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
ZombiEE wrote:stujuh...tapi kalo pajak murah...mobil makin byk..jalanan tetep lha begitu..gak kebayang dah..hihihihi
FortunerMan wrote:Yg bikin rakyat Indonesia gak mampu beli mobil lebih bagus juga sistem pajak kita. Pemerintah kita harus belajar menghargai bangsanya sendiri...jangan asal sedan kena pajak barang mewah. Accord apa mewahnya? Neo Baleno? Altis? Menurut standar internasional, itu bukan barang mewah - ngapain dikenain pajak barang mewah? Kenapa rakyat sendiri didiskriminasikan dr menikmati produk2 yg lebih baik? Apa yang kita lindungi?...karoseri? nggak juga...merek lokal seperti Proton? nggak juga. Kecemburuan sosial?
Kan ada pengurangan juga bro...mobil2 tua tidak di jalanan lagi. Makanya dengan banyaknya mobil baru...pajaknya digunakan untuk bikin infrastruktur baru. Misalnya bikin tol...toh uang balik lagi...untung malah. Kalo pajak mau dimakan sendiri ya...sulitZombiEE wrote:stujuh...tapi kalo pajak murah...mobil makin byk..jalanan tetep lha begitu..gak kebayang dah..hihihihi
Minibus jaman dulu OK lah bikinan karoseri kecil2. Sekarang kebanyakan pabrik besar semua. Avanza, Innova, Livina, APV...semua udah pabrik besar...jadi apa lagi yg dilindungi? Kebijaksanaan pajak ini sudah sangat kadaluwarsa. Mari kita demoGTR wrote:bisa juga pemerintah mau lindungi produk2 model minibus yang jadi model favorit rakyat indo, atau perilaku ini merupakan akibat diskriminasi pajak tadi.
Ya betul negara tetap perlu pajak. Saya juga tidak mau penerimaan pajak negara berkurang.bodapa wrote:@FortunerMan,
Pak, saya juga setuju dengan pendapat anda, Bea Masuk, PPNBM, BBN dan PKB tahunan dari sebuah kendaraan itu termasuk yang tertinggi di dunia. Komponen pajak inilah yang bikin mobil di Indonesia menjadi mahal sekali dibandingkan di negara maju. Saya tidak akan membela pemerintah ttg kebijakan yang demikian, tapi mungkin ada alasannya mengapa para pemimpin kita menerapkan kebijakan pajak yang tinggi tersebut. Ini hanyalah pemikiran sesaat dan tidak didukung oleh data, jadi silahkan dikoreksi atau ditambahkan.
Yang saya lihat, selain alasan klise untuk memproteksi produksi dalam negeri (jika kita berbicara mobil CBU vs CKD), sektor ini saya anggap menjadi salah satu penyumbang pajak ke kas negara yang sangat besar. Tanpa kendaraan yang buanyaknya itu, pemerintah mau dapat duit dari mana lagi? Sementara, dari 200 juta-an penduduk di Indonesia total, berapa pak yang punya NPWP dan rutin membayarkan pajak penghasilannya tiap tahun? Boleh tidak saya berasumsi dari 250 juta misalnya, hanya 25 juta penduduk-lah yang bayar pajak karena mereka sudah ber-NPWP. Jadi pajak dari 25 juta orang tersebut harus dipakai buat menanggung 250 juta orang tadi. Contoh sederhana, pak. Apakah tukang bakso keliling ataupun pedagang warung pinggir jalan punya NPWP dan bayar pajaknya setiap tahun? Bagaimana dengan kuli bangunan? Supir bajaj? Dan para pekerja di sektor informal lainnya? Padahal jumlah mereka jauh lebih besar dibandingkan dengan pekerja kerah putih dan pengusaha. Tapi bagaimanapun juga, mereka adalah warga negara Indonesia, dan kebutuhan mereka akan fasilitas umum dan sosial harus tetap disediakan oleh negara. Jadi darimana negara dapat pemasukan untuk memenuhi tuntutan tersebut (semisal sekolah gratis)? Salah satunya yang paling gampang ya dari pajak kendaraan itu tadi pak. Karena diasumsikan, kalau sanggup beli kendaraan, berarti kondisi finansialnya sudah sangat baik sehingga kalau ada tambahan pajak masih dapat ditanggung oleh yang bersangkutan.
Tentu, negara mempunyai pos-pos pemasukan pajak yang lain dan dengan jumlah banyak pula. Ini hanya sekadar ilustrasi kalau seandainya pos-pos lain tersebut tidak ada, adakah pemasukan yang relatif bisa terus terjaga likuiditasnya dan rutinitasnya. Ya apalagi kalau bukan dari (minimal) PKB?
Ditambah dengan kondisi finansial secara global, nilai mata uang dan seterusnya, ya sudah...hasilnya seperti ini (harga-harga naik).
hiii... gak kebayang kalo di jalanan, ada 5x jumlah kendaraan seperti sekarang. bisa2 pulang pergi ke sekolah butuh 6 jam...FortunerMan wrote:Ya betul negara tetap perlu pajak. Saya juga tidak mau penerimaan pajak negara berkurang.
Contohnya begini, hitungan kasar saja.
Pajak dr VW Touareg dgn pajak sekarang misalnya 800 juta...atau 1 Touareg, 800 juta masuk ke negara
Kalo pajaknya 1 Touareg = 200 Juta, tentu akan lebih banyak yg beli Touareg...misalnya...5 Toureg. Jadi pajak penjualan saja yg masuk ke negara 5 x 200 = 1 milyar. Sama aja toh? Belum pajak mobil per tahunnya...5 mobil vs 1 mobil.
5 Touareg akan butuh 5 kali lipat servis, asesoris, ban, dll drpada 1 Touareg ==> efeknya ke industri pendukung otomotif, lapangan kerja
5 Touareg akan bayar jalan tol 5 kali lipat dr 1 Touareg ==> Efeknya ke pengadaan jalan raya
5 Tourage berpotensi akan bersupir 5...vs 1 supir untuk 1 Touareg ==> efeknya ke lapangan kerja
Trus VW melihat potensi pasar VW di Indonesia, nah dia akan lebih tergiur bikin pabrik disini kalo mobilnya banyak laku disini. Yg terjadi adalah foreign investment + penambahan lapangan kerja, etc..
Hahaha pikiran kita sejalan ya..ga rela banget buang uang banyak dapetnya ga sepadan..our money good for nothing here!!!FortunerMan wrote:1. Asumsinya kan org Indonesia akan beli mobil juga - jadi mobil akan nambah terus juga. Misalnya harga Freed diluar harganya 160 juta, di Indonesia cuman bisa beli Avanza. Mobil juga, cuman levelnya aja. Apa alasan bangsa Indonesia di diskriminasikan seperti ini? Dengan harga Avanza misalnya kita bisa beli Freed...kalo sistem pajak kita wajar.
2. Kalo banyak org bisa beli mobil baru, mobil tua akan berkurang di jalan. Malah bisa di tambahkan...kenakan pajak mobil makin tua makin mahal lagi, karena tidak lagi environmentally friendly.
3. Indonesia negara luas, bukan Jakarta saja. Sooner or later transportasi massal akan meraja di Jakarta - itu sudah pasti. Secara nasional, alangkah baiknya jika rakyat Papua juga bisa beli mobil irit dan nyaman, dan propinsinya bertambah maju, juga Sulawesi, Kalimantan.
Ya tetap barang yg di rakit disini pajaknya lebih rendah. Kebijakan pajaknya harus dibikin sedemikian rupa sehingga merek yg punya pabrik disini...pajak bisa murah. Tiru model Thailand aja...semua borong bikin disana.Omnibus wrote:Pajak diturunin saya setuju banget tapi hanya terhadap pajak barang mewah yang rasanya absurd banget. Kalau Pajak Import, PPNBM, BBN, PKB sepertinya kalaupun diturunkan, yang semula harapannya adalah merangsang pertumbuhan industri, tapi nanti kenyataannya bisa juga menyebabkan banyak pedagang baru atau importir yg justru malah mengacaukan stabilitas harga suku cadang ataupun importir yg import mobil CBU sehingga akan menggerogoti market produksi domestik kita karena mereka pikir import aja murah ngapain musti produksi sendiri. Akhirnya industri besar akan kalah bersaing juga dan banyak yang bangkrut, padahal kita tahu industri besar ini menciptakan banyak lapangan pekerjaan. Lagian juga kalau pajak diturunin semua negara bisa defisit income dong, mendingan pajak barang mewah aja yang diturunin, jadi uang yg tadinya bisanya kebeli Avanza skrg udah bisa beli kira2 Innova, yg tadinya CR-V paling ngga Camry. Hehe
untuk point1. yah, akhirnya tetap aja pemasukan gak banyak toh? karena budget 160jt, orang akan beli 1 freed.. bukan beli 2 avanza yang harganya 80jt.FortunerMan wrote:1. Asumsinya kan org Indonesia akan beli mobil juga - jadi mobil akan nambah terus juga. Misalnya harga Freed diluar harganya 160 juta, di Indonesia cuman bisa beli Avanza. Mobil juga, cuman levelnya aja. Apa alasan bangsa Indonesia di diskriminasikan seperti ini? Dengan harga Avanza misalnya kita bisa beli Freed...kalo sistem pajak kita wajar.
2. Kalo banyak org bisa beli mobil baru, mobil tua akan berkurang di jalan. Malah bisa di tambahkan...kenakan pajak mobil makin tua makin mahal lagi, karena tidak lagi environmentally friendly.
3. Indonesia negara luas, bukan Jakarta saja. Sooner or later transportasi massal akan meraja di Jakarta - itu sudah pasti. Secara nasional, alangkah baiknya jika rakyat Papua juga bisa beli mobil irit dan nyaman, dan propinsinya bertambah maju, juga Sulawesi, Kalimantan.
trus, menjelang maghrib, nongkrong di melawai, ngebakso, nyomay..GTR wrote:kalo inget2 jaman dulu, jakarta enak sore jam 6an udah bisa jjs pake mobil, sepi ga macet, mau kumpul2 olahraga or kemana juga ayo...
gampang ga perlu duluan mikirin macet & ga usah pake hp juga sering ontime.
jalan & tempat parkir sekarang udah ga seimbang & ga da spare buat ditambah volumenya.. tapi dillema nya, kalo di jakarta ada spare space (kecuali segitiga emas) trotoar lebar2, hampir pasti di tempatin kaki lima dan parkir liar malah jadi lahan pungli pemda.