'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by mpvlover »

FortunerMan wrote:

Nanti saya ke dealer Ford Indonesia, bilang SELURUH lineup Ford Indonesia, bukan mobil Amerika! Kecuali Escape, itupun Escape Amerika sudah lain skrg.
Nah u mulai ngerti tuh. ford tuh bukan cm ford amrik ada jg ford europe, ford asean. Brg dagangan Ford Indo itu jelas campuran brg ford europe ford asean termsk escape. Ga ada Mustang kan ?

Sbg pehobi otomotif hrsnya ga kemakan marketing ky org awam otomotif dong itu gunanya forum ini bukannya ngotot u yg bener pdhl udah disanggah bbrp org tanya knp ??
FortunerMan

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by FortunerMan »

Bukan mulai mengerti, nggak berhenti tertawa. Si mas Leonhart setuju gak ya Chevrolet Captivanya dibilang mobil Korea, bukan mobil Amerika? Pemilik Livina, setuju gak ya dibilang mobil Indonesia, bukan mobil Jepang hihihi. Wah saya kira dulu 4 thn pake Nissan Altima di Amerika, kirain pake mobil Jepang...taunya (bwahahahahahahaha)
Tapi ya terserah anda, definisi di kepala anda sendiri.

Nah tadi anda bilang Fortuner 4-speed matic seperti Kijang kapsul. Kalo LC Prado 2.7 juga pake 4-speed matic kaya kapsul juga gak? Mobil Jepang lho (sesuai kriteria anda), dan jauh lebih mahal dr Fortuner!
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by Risol1 »

Definisi Kualitas menurut Risol1: (boleh setuju boleh kaga)
Menurut Merriam Webster dictionary, arti dari kata "Quality" adalah degree of excellence atau superiority in kind
Nah kalo diliat dari artinya, maka "kualitas" ini sebenernya luas sekali atau generic sekali definisinya.

Kalo berdasar pada arti kata kualitas diatas, maka kualitas di produk2 otomotif bisa diklasifikasikan sbg berikut:
1. "Kualitas produk" itu sendiri: Hal ini mencakup reliability, bahan material, design yg sophisticated, tingginya faktor engineering, banyaknya fitur2, ride quality, merek yg tertempel di mobil, dsb yg dimiliki oleh mobil tsb.
Apakah ada komposisi faktor mana yg semestinya lebih besar dalam hal "kualitas produk" ini? Tentu saja.
Tapi komposisi tsb berdasar pada masing2 individu, tergantung kebutuhan masing2 individu tsb.
- Ada individu yg demennya gak direpotin oleh maintenance mobil atau gak mao ambil resiko mobil mogok di tengah jalan, pasti buat dia reliability ada di porsi no 1
- Ada individu yg demennya nyetir zig zag kec tinggi, pasti buat dia kualitas handling menempati posisi no1
- Ada individu yg demen mobilnya dibentuk dari bahan kelas atas, pasti buat dia bahan material menempati posisi no 1

2. "Kualitas brand" atau reputasi di target pasar: Kualitas brand artinya apa2 saja kemudahan yg didapat pada waktu masy membeli brand produk tsb. Contoh2 kualitas brand adalah:
1. Pabrikan bikin BERES yg banyak dan juga investasi mesin2/alat2 yg modern di BERES2 tsb supaya masyarakat merasa convenient untuk menservis mobilnya.
2. Mungkin juga kasi jasa servis 24 jam dimanapun mobil ada trouble.
3. Pabrikan bikin pabrik2 spare parts slow/fast moving di negara/region tempat mobil dijual supaya orang2 yg beli produknya itu bisa beli spare part fast/slow moving dengan lebih terjangkau dgn ketersediaan barang yg melimpah.
4. Pabrikan bikin bermacam2 produk2 dan produk2 tsb disebar dan disesuaikan dengan demografis target pasar. Misal untuk pasar yg daya belinya masih rendah, pabrikan akan melengkapi mobil dengan mesin yg "sederhana" supaya masih bisa dikotak katik sama montir jalanan. Jadi untuk kalangan jet set sampe orang biasa pun ada peruntukkannya.

Kenapa koq "kualitas brand" dimasukkan ke overall kualitas? Karena adanya pengorbanan tenaga, uang, R&D, dll yg dilakukan/dikeluarkan oleh pabrikan untuk mencapai "degree of excellence" atau "superiority in kind" spt definisi Kualitas diatas. Dan pengorbanan pabrikan (baik uang, tenaga, dll) untuk menaikkan Kualitas Brand ini gak lebih sedikit daripada pengorbanan pabrikan utuk menaikkan kualitas produknya sendiri.

Contoh paling jelasnya di Indonesia adalah Toyota yg sudah banyak berinvestasi untuk menaikkan "Kualitas brand" tsb sehingga sekarang ini produk2 toyota terkenal dengan spare part murah, gampang dirawat, banyak bengkel, mesinnya lebih simple, dll......
Image spt ini didapat toyota bukan karena isyu/rumor semata atau karena doktrin2 kosong yg ditanamkan toyota, tapi memang masyarakat melihat sendiri bahwa toyota udah mengeluarkan efforts yg besar dibanding pabrikan lain di Indonesia untuk "memanjakan" konsumen Indonesia.
Contoh lainnya: Di USA, walaupun banyak masyarakatnya tau bahwa produk domestiknya (The big three) punya "Kualitas Produk" yg secara rata2 berada dibawah kompetitor Jepangnya, Banyak dari mereka yg stick to american car....kenapa?
Selain dari faktor nasionalisme thd produk dalam negeri, merek juga berargumen bahwa "Memang mobil jepang (atau eropa) lebih reliable dari mobil amerika, tapi kalo sampe udah sama2 rusak, mobil amerika jauh lebih murah betulinnya, baik dalam hal spare part maupun labornya". Mereka juga berkomentar bahwa kalo mobil mereka mogok di tengah desert dan cuma ada bengkel pinggir jalan, maka mechanic2 jalanan tsb lebih familiar dengan mobil2 amerika, dan juga spare partnya lebih gampang dicari di pelosok2........Nah kalo diliat dari contoh tsb, maka Walaupun the big three kalah dibidang "Kualitas Produk", tapi mereka masih OK/unggul dibidang "Kualitas Brand"

Dua2 kualitas itu: Produk dan Brand sama2 punya peranan penting untuk mendekatkan suatu produk otomotif ke degree of excellence atau superiority in kind-Nya.

Kualitas produk ini juga beda2 di tiap2 target pasar. Di eropa, mungkin Audi/BMW/Benz lebih murah dan mudah untuk dirawat karena pabrik sparepartnya ada di ujung jalan......di US/Japan lain lagi ceritanya......
Nah sekarang bisa terlihat kenapa Avanza 2004 tetep lebih dicari oleh pembeli mobkas Indonesia daripada Audi 2003 walaupun harganya sama....... :mrgreen:
Last edited by Risol1 on Sat Apr 04, 2009 1:15, edited 3 times in total.
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by Leonhearts »

mpvlover wrote:Nah tadi anda bilang Fortuner 4-speed matic seperti Kijang kapsul. Kalo LC Prado 2.7 juga pake 4-speed matic kaya kapsul juga gak? Mobil Jepang lho (sesuai kriteria anda), dan jauh lebih mahal dr Fortuner!
anda bilang mesin fortuner sama dengan prado...fortuner 156 captiva 136 captiva banyak 5speed, prado 4speed..berarti lebih berkualtias captiva dong...captiva saya akui kok dari korea dulu tapi dari korea bisa menangin 136 ama prado asli jepang hahahahaha...bukan gw yang bilang ya jdpower jdpower saya sekarang dah acuan ke jdpower yang anda bilang saya ga liat survey resmi international dari pada nenek2.
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
Freehahawawa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Fri Jul 06, 2007 5:01

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by Freehahawawa »

FortunerMan wrote:
mpvlover wrote:pernah denger kl CRV jg dibikin di jepang ? accord jg ?
Kl Fortuner ??
Skrg ngerti bedanya ??
Nissan Livina buatan mana? Mobil Jepang bukan? Captiva buatan mana? Mobil Amerika bukan? Nissan Altima buatan mana? Mobil Jepang bukan? Toyota Tundra buatan mana? Mobil Jepang bukan?

Hint: Jawabannya..tidak ada yg dibuat negeri asalnya, dan tidak ada yg dijual di negeri asalnya. Baca2 lagi ya.

kasusnya fortuner vs livina altima etc tetap beda. livina meskipun ngak di jual di jepang, tapi di jual di china. di situ sudah di uji crash testnya dan hasilnya mirip ama nissan tiida yang di jual di china. dan nissan tiida kan juga di jual di jepang dan hasilnya juga bagus baru bisa di terima di jepang. jadi otomatis livina itu kalau di jual di jepang hasil test tabrakannya akan mirip pula ama nissan tiida. sama dengan nissan altima. ngak di jual di jepang tapi di amrik sudah di uji crashtest dan hasilnya tentu bagus dan di terima di amrik. kalau fortuner gimana ? kagak ada crash test sebab toyota itu dia ngak berani masukin ke 1 pasar yang ada uji tabrakan. ngak masalah ujinya ngak di jepang, tapi ngak berani di jual itu yang bikin saya sangat curiga.


dan jangan assumsi fortuner pasti sama crash testnya ama hilux. platform meskipun andai kata sama, tapi tidak otomatis pasti hasilnya sama. contoh, honda fit ama freed kan platformnya sama, tapi kalau platform sama dan hasil pasti sama seperti lu bilang fortuner ama hilux pasti sama, kenapa lembaga jepang tetap mau uji freed secara terpisah ? crash test kan makan banyak duit dan korbankan 1 mobil, tapi itu dia, lembaga crash test di mana pun juga tau bodi beda hasil pasti beda, harus di test dulu. mereka itu kan tanggung jawab. mana bisa kayak lu main assumsi gitu aja.


juga hilux hasil crash testnya mana ? dan nanti saya check, kayaknya hilux di luar negeri beda deh ama yang saudara fortuner di thailand, cuman namanya doang. nanti saya double check. intinya ingat saja, fortuner saya ngak bilang pasti jelek hasilnya, cuman itu dia, lu beli mobil 300 juta lebih mutu rangkanya kalau kecelakaan tidak jelas. itu saja. jangan sampai nanti tabrakan ama captiva malah captiva atau x-trail yang udah di uji dan hasilnya ok yang menang. kalau saya bilang, lu kalau benar fanatic toyota, ngak masalah, saran saya lu jual aja fortuner dan beli yaris, sebab tu mobil sudah di uji. lebih kecil tapi sudah terbukti. lebih besar tapi kalau belum di uji susah ngomong.


seperti kapsul, saya yakin kalau tabrakan ama hyundai i10 penumpang kapsul lebih gampang mati. besar tapi kalau rangkanya ternyata murahan, ngak berani di uji, bisa saja kayak telor besar ketemu batu kecil. malah telornya hancur.
Last edited by Freehahawawa on Sat Apr 04, 2009 1:37, edited 1 time in total.
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by Leonhearts »

Coba membaca dgn benar, karena sudah 100 kali saya ulang. Saya bilang reliability adalah salah satu komponen penting dari kualitas, bukan reliability = quality. Semakin tinggi tingkat kehidupan org semakin tinggi tingkat "kualitas" yg di inginkannya. Tapi tetap, buat konsumen merek2 kelas menengah...reliability sangat penting. Makanya ada overall ranking merek yg reliable dan tidak reliable.

Anda bilang secara subjectip, org Indonesia ngaco beli Avanza. Mendingan beli Audi bekas yg harganya sama. Secara subjektip pula saya jawab...yg paling dibutuhkan kebanyakan org Indonesia masih tahap reliability, soal kemewahan dan kenyamanan no. sekian - dan itu dipenuhi dgn baik oleh Avanza. Tapi ini anda bilang gila?

Masih berpikir secara subjectip (income level rata2 org Indonesia) dgn budget perawatan Rp. X, pasti lebih reliable Avanza 2004 drpada Audi 2003. Boleh coba. Ini prinsip ekonomi gila, kata anda.


prinsip ekonomi yang gila(menurut majalah autobild jg ada dibahas) karena harga second bisa sama dengan harga baru dimana barang tidak langka..... bukan prinsip ekonomi gila karena beli avanza bukan beli audi baca dulu yang benar..... lalu saya bukan orang indonesia dan saya hanya bilang jika "saya" maka prefer audi....dan saya dari awal kan dah bilang "avanza reliability ok tapi kualitas masih ambal2 dan rata2 orang indonesia lebih memilih reliabilty daripada kualitas" dan mau bukti reability tidak sepenuhnya kualitas "spark ama civic aja perbandingannya" kualitas harus terdiri dari reliability, value for money, kualitas yang tampak dan non tampak.... kalo dari anda kualitas hanya variable reability aja,,, kalo dari reability aja spark kualitas dong jawab dulu?

avanza dari reliability oke lah (157/100 ga special2 amat) kemewahan dan kenyamanan ada di avanza itu dipenuhi dengan baik?
ga value for money, harga mahal, ndut2an, plat tipis kerupuk, peredam kurang, body kaleng kerupuk, plastik murahan = kenyamanan dan kemewahan dipenuhi dengan baik? ini objektif kah
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by Leonhearts »

kalo hanya dari reability tahan 10 tahun bajaj metromini mesinnya tahan 30 tahun tapi dibuat dari besi tempat duduknya kalo duduk pantat juga panas itu kualitaskah? jadi bajaj berkualitas? anda belum jawab dari hari itu,,
kalo mobil mesin aja reability tapi body terbuat dari kaleng susu, plat juga tipis banget harga mahal lagi itu kualitaskah?
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by Leonhearts »

Coba membaca dgn benar, karena sudah 100 kali saya ulang. Saya bilang reliability

adalah salah satu komponen penting dari kualitas, bukan reliability = quality
"bukan reability = kualitas"
berarti dari awal saya benar dong
Yup setuju...di Indonesia laris manis belum tentu berkualitas, di Indonesia prinsip
kekeluargaannya masih kental dan daya beli mobil masih lemah sehingga mobil yang paling
penting murah dan bisa muat banyak, sparepart murah, dealer bengkelnya banyak itu yang
paling penting dibanding safety dan build in quality... Sesuai dengan prinsip ekonomi makin
banyak makin bagus nilai jual kembalinya.....
Di amerika iya orang meliat mobil selain reliabiliy juga kualitasnya, di Indonesia
ngak... Wong saya ga ngomongin reliability, yang saya ngomongin kualitas.... Di setiap
negara toyota dan honda mesinnya memiliki reliability yang bagus saya akui kok wong saya
punya honda all new civic dan 2 toyota hilux sebagai pick up harian saya.. Tapi kalo uda
tabrakan coba liat kualitas toyota sini dengan yang amerika beda ga....Coba tanya orang
amerika dengan duit 120jtan mau ga mereka beli avanza....
laris manis belum tentu berkualitas avanza reability ok tapi kualitasnya ambal2 buktinya
spark reability ok kualitas ambal2 juga. dan dari pertama kali saya juga bilang toyota
relaibility ok kan ga pernha gw bilang ga reability kecuali dari jdpower yang bilang ke
saya captiva is better than fortuner.... hehe


fortunerman wrote
Prinsip ekonomi yang mana ya? Setau saya supply banyak harga turun. Mungkin ada
teori ekonomi terbaru yg saya belum tau.
ekonomi gila ga avanza second banyak dipasaran ga langka tapi harga bisa setinggi langit
bisa hampir sama dengan yang baru anda sendiri juga setuju tuh
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by Leonhearts »

mas secara objektif dan subjektif artinya gini mas

anda bilang avanza lebih reliable dari audi ya dikarenakan kemampuan rata2 orang indonesia untuk avanza... kalo kemampuan rata2 orang lebih bisa beli motor. yang beli motor itu bilang avanza ga reliable lagi dong soalnya bagi mereka sparepart udah murah...

yang saya maksud objektif subjektif adalah audi itu sendiri reliable kan diliat secara objektif mobilnya "AUDI" bukan dari "orangnya mampu ga", contoh lagi nih secara objektif avanza itu reliablekan secara subjektif
1. orang yang pake motor " avanza ga reliable lagi karena ga punya duit"
2. orang pake avanza pas2an " avanza reliable karena mampu maintenance"
3. orang berduit gede pake avanza "lebih reliable mas avanza dari body ampe sparepart bisa ganti 100%"

kalo dari avanza secara objektif itu sendiri ya"reliable",

lalu yang saya bandingkan audi ama avanza mana reliable dan berkualitas, menurut saya audi dong secara objektif ga usah diragukan lagi "AUDI" orang yang pake ga pake audi pasti bilang audi tuh...lalu secara subjektif tanyakan pada pemakai yang pas untuk mobil masing2... yang sanggup pake audi ya bilang audi reliable, yang sanggup pake avanza ya reliable, yang sanggup pake motor avanza dan audi = ga reliable.....
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
FortunerMan

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by FortunerMan »

Freehahawawa wrote:
FortunerMan wrote:
mpvlover wrote:pernah denger kl CRV jg dibikin di jepang ? accord jg ?
Kl Fortuner ??
Skrg ngerti bedanya ??
Nissan Livina buatan mana? Mobil Jepang bukan? Captiva buatan mana? Mobil Amerika bukan? Nissan Altima buatan mana? Mobil Jepang bukan? Toyota Tundra buatan mana? Mobil Jepang bukan?

Hint: Jawabannya..tidak ada yg dibuat negeri asalnya, dan tidak ada yg dijual di negeri asalnya. Baca2 lagi ya.

kasusnya fortuner vs livina altima etc tetap beda. livina meskipun ngak di jual di jepang, tapi di jual di china. di situ sudah di uji crash testnya dan hasilnya mirip ama nissan tiida yang di jual di china. dan nissan tiida kan juga di jual di jepang dan hasilnya juga bagus baru bisa di terima di jepang. jadi otomatis livina itu kalau di jual di jepang hasil test tabrakannya akan mirip pula ama nissan tiida. sama dengan nissan altima. ngak di jual di jepang tapi di amrik sudah di uji crashtest dan hasilnya tentu bagus dan di terima di amrik. kalau fortuner gimana ? kagak ada crash test sebab toyota itu dia ngak berani masukin ke 1 pasar yang ada uji tabrakan. ngak masalah ujinya ngak di jepang, tapi ngak berani di jual itu yang bikin saya sangat curiga.


dan jangan assumsi fortuner pasti sama crash testnya ama hilux. platform meskipun andai kata sama, tapi tidak otomatis pasti hasilnya sama. contoh, honda fit ama freed kan platformnya sama, tapi kalau platform sama dan hasil pasti sama seperti lu bilang fortuner ama hilux pasti sama, kenapa lembaga jepang tetap mau uji freed secara terpisah ? crash test kan makan banyak duit dan korbankan 1 mobil, tapi itu dia, lembaga crash test di mana pun juga tau bodi beda hasil pasti beda, harus di test dulu. mereka itu kan tanggung jawab. mana bisa kayak lu main assumsi gitu aja.


juga hilux hasil crash testnya mana ? dan nanti saya check, kayaknya hilux di luar negeri beda deh ama yang saudara fortuner di thailand, cuman namanya doang. nanti saya double check. intinya ingat saja, fortuner saya ngak bilang pasti jelek hasilnya, cuman itu dia, lu beli mobil 300 juta lebih mutu rangkanya kalau kecelakaan tidak jelas. itu saja. jangan sampai nanti tabrakan ama captiva malah captiva atau x-trail yang udah di uji dan hasilnya ok yang menang. kalau saya bilang, lu kalau benar fanatic toyota, ngak masalah, saran saya lu jual aja fortuner dan beli yaris, sebab tu mobil sudah di uji. lebih kecil tapi sudah terbukti. lebih besar tapi kalau belum di uji susah ngomong.


seperti kapsul, saya yakin kalau tabrakan ama hyundai i10 penumpang kapsul lebih gampang mati. besar tapi kalau rangkanya ternyata murahan, ngak berani di uji, bisa saja kayak telor besar ketemu batu kecil. malah telornya hancur.
1. Ini hasil crash test Hilux
http://www.ltsa.govt.nz/vehicles/ancap/ ... -2005.html
Ya terserah sama situ mau ambil kesimpulan apa, saya sih udah tau persis Hilux D-Cab kaya apa, Fortuner kaya apa.
kayaknya hilux di luar negeri beda deh ama yang saudara fortuner di thailand
2. Ini tentang proyek IMV (Hilux/Innova/Fortuner)
http://www.toyota.co.jp/en/strategy/imv/index.html
Masih mau ngeyel Fortuner ama Hilux beda? Everest ama Ranger beda nggak?

3. Btw harga Fortuner 2.7 416 juta, bukan 300 juta. Dengan harga segini saya sudah dapet mesin yg sama dgn Landcruiser Prado (2TR-FE) dan transmisi yg sama pula. Asik kan? Makanya cari tau dulu, baru nyerocos.
Last edited by FortunerMan on Sat Apr 04, 2009 2:36, edited 1 time in total.
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by Leonhearts »

Btw harga Fortuner 2.7 416 juta. Dengan harga segini saya sudah dapet mesin yg sama dgn Landcruiser Prado (2TR-FE) dan transmisi yg sama pula. Asik kan? Makanya cari tau dulu, baru nyerocos.
bagusan z4sed captiva yang dapat 139 biarpun buatan korea, jdpower ya bukan2 nenek loh yang kasih
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
FortunerMan

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by FortunerMan »

Leonhearts wrote:
Btw harga Fortuner 2.7 416 juta. Dengan harga segini saya sudah dapet mesin yg sama dgn Landcruiser Prado (2TR-FE) dan transmisi yg sama pula. Asik kan? Makanya cari tau dulu, baru nyerocos.
bagusan z4sed captiva yang dapat 139 biarpun buatan korea, jdpower ya bukan2 nenek loh yang kasih
Itu problems per 100 vehicles, bukan nilai keseluruhan mobilnya. Belajar, belajar membaca. Apa terlalu sulit bahasa inggrisnya? :big_weee: Les dulu gih. NIlai Captiva lebih tinggi di Thailand? OK. Di Indonesia lebih tinggi Fortuner. Trus kenapa?

Overall, kata Consumer Reports, Toyota reliability papan atas, GM papan bawah. Mengerti?
Last edited by FortunerMan on Sat Apr 04, 2009 2:48, edited 1 time in total.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by Risol1 »

mpvlover wrote:Nih gue coba jelasin ttg definisi mbl ini mobil itu made in mana.

Cth yg jelas lah. Bmw Mercy audi pusat di jerman, dr dirancang ampe diproduksi disana, jd mrk mbl jerman. nah terus mrk bikin pbrk CKD di negara laen misal US. namanya jd mobil jerman rakitan US. tp mrk mobil jerman krn aslinya made in jerman.

Cth honda crv. aslinya dr dirancang ampe diproduksi di Jpn. crv rakitan Jpn crv JDM. Terus dirakit jg di indo. Jdnya mbl jepang rakitan indo. Kualitas ya ga sama silakan bandingin crv jualan IU vs atpm.

Cth crv dan audi a4 misal = mbl global.

Wkt korea mulai bikin mbl lbh murah dr mbl Jpn, merk Jpn mulai kepukul. Terus mrk bikin produk kelas dua khusus utk negara berkembang. toyota bikin fortuner innova avansa, nissan bikin livina. Ini produksi lokalan bukan global. Biar merk toyota nissan tp ga dijual di Jpn sendiri.

fortuner itu mobil bermerk toyota buatan thailand & afrika dsb. livina itu mbl nissan buatan indo. Ga dijual di Jpn gmn bs dibilang mbl made in Jpn ?

Cth captiva jg bkn mbl amrik ini salah kaprah. Ctv itu mbl korea bermerk US. Kl ada org beli ctv krn bangga mbl US itu kan cm kemakan marketing. Kl dia maen ke amrik terus ke dealer chevrolet ga ada jualan ctv . Sm ky yg beli fortuner krn bangga mbl jepang. Kl maen ke Jpn jg ga akan nemu dealer jualan fortuner avansa

Knp sih hrs ngotot fortuner tuh mbl jepang pdhl org jepang sendiri ga tau ada toyota namanya fortuner. Ky org singapore yg blg negaranya eksporter kayu terbesar pdhl ga punya hutan kan lucu
Bos, didunia yg serba global spt sekarang ini, udah wajar kalo mobil tuker2an platform, mesin, dll......udah wajar juga kalo mobil itu engga harus didesain/dirakit di negara asalnya.......udah wajar juga kalo satu mobil gak harus dijual di negara asal merek mobil tsb......

Kalo nissan Maxima & Murano (2-2nya model global dan ada di JDM) yg dirakit di USA bisa tetep dibilang mobil jepang spt teori bro Mpvlover, apa bedanya dengan nissan Altima yg pake platform Nissan FF-L yg sama, engine yg sama (VQ35), transmisi yg sama, bahan2 interior dan eksterior yg sama, vendor2 pemasok ban&kaca yg sama, juga dikerjakan di tempat assembling yg sama dengan kedua Maxima dan Murano tsb? Apa bedanya si Altima dari kedua Produk global tsb sehingga Altima gak bisa dibilang mobil jepang, melainkan harus disebut sbg mobil amerika, spt teori bro Mpvlover?
Juga kalo bro Mpvlover liat survey2 atau publikasi2 international (atau baca aja deh dari wikipedia), jelas2 disemua publikasi tsb, nissan altima adalah mobil jepang.

Balik ke Produk2 IMV, walaupun sekarang statusnya bukan mobil global, tapi produk2 tsb di design oleh tim2 toyota, dipakein engine dan trans toyota, memakai standard pembuatan/perakitan/QC yg diterapkan oleh toyota, juga kalo produk2 IMV tsb laku yg untung ujung2nya adalah toyota jepang juga :mrgreen:

Anda kan bilang bahwa arti dari "mobil global" adalah mobil yg dijual di negara asal mobil tsb DAN anda jg bilang sendiri bahwa eropa adalah market yg paling sophisticated, tapi mobil2 spt ford Mondeo atau Ford Kuga yg adalah termasuk mobil lokal bisa laku tuh, malahan jadi best seller? (Mondeo dan Kuga bukan mobil global karena gak dijual di USA yg notabene adalah negara asal Ford menurut kriteria anda diatas). Jadi kalo diliat dari korelasi pernyataan anda diatas, maka sebenarnya model2 "lokal" spt Mondeo/Kuga pun bisa masuk dan laku di pasar yg sophisticated.

Nah, pertanyaan saya adalah: Apakah karena dibikin di Thailand atau Indonesia (yg notabene adalah negara2 berkembang) yg membuat anda berasumsi bahwa kualitas produk2 IMV tidak memenuhi standard Toyota dan mengakibatkan produk2 IMV tsb tidak pantas disebut "mobil jepang"?
Kalo anda selidiki lagi, walaupun di bikin di Thai/Indo, pasti para lead desainer/lead engineernya produk IMV juga masih import semua, cuma tempat kerjanya aja yg beda, kemaren2 di jepang, sekarang di Thai :mrgreen:

Toyota mao memberikan merek/logonya ditempel di produk2 IMV itu artinya mereka berani mempertaruhkan reputasi dan nama besar toyota di mobil2 IMV tsb.
Kalo memang toyota tau dan yakin bahwa kualitas IMV gak masuk standard Toyota, bukankah lebih baik mereka bikin aja merek lain sehingga kalo mobil2 IMV tsb bermasalah, gak akan mempengaruhi brand Toyota di model globalnya yg sama2 beredar di Indonesia/Thai?

Chevy Captiva di US ada bos, namanya Saturn Vue yg model ekst dan int nya sama....cuma beda di lampu2 atau sedikit aksesoris aja. Begitu juga dengan Captiva, GM udah berani nempel logo Chevy berarti Captiva udah memenuhi standard GM. Kalo engga mana berani GM jeoperdize ratusan line up produknya cuma buat masukkin sebuah captiva ke pasar USDM-nya.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by Risol1 »

Freehahawawa wrote:kasusnya fortuner vs livina altima etc tetap beda. livina meskipun ngak di jual di jepang, tapi di jual di china. di situ sudah di uji crash testnya dan hasilnya mirip ama nissan tiida yang di jual di china. dan nissan tiida kan juga di jual di jepang dan hasilnya juga bagus baru bisa di terima di jepang. jadi otomatis livina itu kalau di jual di jepang hasil test tabrakannya akan mirip pula ama nissan tiida. sama dengan nissan altima. ngak di jual di jepang tapi di amrik sudah di uji crashtest dan hasilnya tentu bagus dan di terima di amrik. kalau fortuner gimana ? kagak ada crash test sebab toyota itu dia ngak berani masukin ke 1 pasar yang ada uji tabrakan. ngak masalah ujinya ngak di jepang, tapi ngak berani di jual itu yang bikin saya sangat curiga.

dan jangan assumsi fortuner pasti sama crash testnya ama hilux. platform meskipun andai kata sama, tapi tidak otomatis pasti hasilnya sama. contoh, honda fit ama freed kan platformnya sama, tapi kalau platform sama dan hasil pasti sama seperti lu bilang fortuner ama hilux pasti sama, kenapa lembaga jepang tetap mau uji freed secara terpisah ? crash test kan makan banyak duit dan korbankan 1 mobil, tapi itu dia, lembaga crash test di mana pun juga tau bodi beda hasil pasti beda, harus di test dulu. mereka itu kan tanggung jawab. mana bisa kayak lu main assumsi gitu aja.

juga hilux hasil crash testnya mana ? dan nanti saya check, kayaknya hilux di luar negeri beda deh ama yang saudara fortuner di thailand, cuman namanya doang. nanti saya double check. intinya ingat saja, fortuner saya ngak bilang pasti jelek hasilnya, cuman itu dia, lu beli mobil 300 juta lebih mutu rangkanya kalau kecelakaan tidak jelas. itu saja. jangan sampai nanti tabrakan ama captiva malah captiva atau x-trail yang udah di uji dan hasilnya ok yang menang. kalau saya bilang, lu kalau benar fanatic toyota, ngak masalah, saran saya lu jual aja fortuner dan beli yaris, sebab tu mobil sudah di uji. lebih kecil tapi sudah terbukti. lebih besar tapi kalau belum di uji susah ngomong.

seperti kapsul, saya yakin kalau tabrakan ama hyundai i10 penumpang kapsul lebih gampang mati. besar tapi kalau rangkanya ternyata murahan, ngak berani di uji, bisa saja kayak telor besar ketemu batu kecil. malah telornya hancur.
Saya gak mao belain siapa2 tapi kalo kita lagi membandingkan 2 produk dan belum apa2 atau belum ada bukti konkret, tapi kita udah mengasumsikan satu produk lebih jelek dari produk lain, ya susah juga bos.......
Kalo di acara debat, kita pasti kalah kalo mempertahankan pendapat kita cuma berdasarkan dari asumsi pribadi. :mrgreen:
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by Leonhearts »

oalah mas jangan suka jilat lidah sendiri lah ntar kena penyakit loh

loh bukan gw yang bilangkan mas survey yang anda banggakan itu
Jelas aja sensasinya beda, kelas mobilnya sudah beda. Gak usah bawa2 Landcruiser, stick ke Audi 2003 anda saja.
Sama2 Toyota ya kemungkinan besar sama2 reliable. Topik thread ini kan perbandingan antar merek, bukan jualan Avanza.

Anda bilang Avanza tidak berkualitas?

1. Survey terhormat sudah bilang Avanza berkualitas
Quote:
J.D. Power Asia Pacific Reports:
Honda, Nissan and Toyota Models Rank Highest in Automotive Initial Qualityin Indonesia
In Their Respective Segments

SINGAPORE: 30 October 2008— One Honda model, one Nissan model and three Toyota models each rank highest in initial quality in Indonesia in their respective segments, according to the J.D. Power Asia Pacific 2008 Indonesia Initial Quality StudySM (IQS) released today.

The Toyota Avanza ranks highest in the entry MPV segment with 157 PP100. It is followed in the segment rankings by the Suzuki APV (171 PP100) and the Daihatsu Xenia (177 PP100).

2. Dukungan persepsi di masyarakat. Survey bisa bohong, pasar jarang bohong. Gak ada untungnya pasar berbohong, mana mobil yg bandel dan mana mobil yg rewel.

Gak percaya juga ya terserah, bukti objektif sudah di depan semua.
1. survey terhormat bilang captiva berkualitas dari fortuner
2. Dukungan persepsi di masyarakat. Survey bisa bohong, pasar jarang bohong. Gak ada untungnya pasar berbohong, mana mobil yg bandel dan mana mobil yg rewel.
Ya sudah bikin lah survey sendiri...kalau anda merasa lebih hebat dr JD Powers! Yg diminta bukti objektif, drpada survey nanya nenek dan anak?

makanya mas mendingan jangan liat jdpower mas mungkin tanya nenek aja yang pasti :D....liat aja mobil individual tiap mobil reabilitynya beda2 mas biarpun satu mesin satu varian. for me captiva lebih berkualitas tapi reliable fortuner lebih ok tapi captiva juga ga kalah....

jdpower dari mana liatnya sih aneh captiva indonesa dari thai, fortie indonesia juga dari thai... tapi di indonesia fortie lebih bagus tapi thai captiva lebih bagus,,, ga objektif dan satu yang pasti INDONESIA RAWAN KORUPSI MAS.... ......... ........
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by Risol1 »

IMO, Akhir2 ini Avanza harga bekasnya bisa naik terus karena terkatrol oleh harga barunya yg jg naik terus.
Kalo harga barunya tetep di 99 juta untuk Tipe G spt di thn 04, percaya deh bahwa harga bekasnya gak nyampe 140 jt kaya sekarang.
Hal ini pun berlaku buat kebanyakan mobil "Sejuta umat" lainnya kaya CRV. Thn 07 tipe 2.4 baru cuma 298 jt, sekarang tahun yg sama kondisi bekas bisa diatas 300 jt.
Ini sih cuma ilmu ekonomi standard aja bahwa kalo harga baru naik drastis, maka harga bekas juga turut naik drastis. Jadi bukannya gara2 ekonomi "gila"....semuanya pasti bisa dimasukkin logika.
Hal ini (resale value yg bagus) juga mungkin ditolong dengan banyaknya orang yg cari avanza karena faktor2 "kualitas brand" toyota spt yg saya kemukakan diatas........tapi tetep aja fenomena harga bekas avanza yg lebih tinggi dari harga barunya akhir2 ini lebih banyak disumbangkan dari faktor "harga baru yg terus menerus naik" :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by Risol1 »

asudarsono wrote:
Risol1 wrote:
GTR wrote:di jembatan lima? hmm Chung Service yah?
hehehe...dulu sering banget bawa mobil ke chung kalo ada yg rusak, lengkap banget peralatannya. Alat buat reset oli aja punya dia. :mrgreen:
Thx buat info. Reset countdown penggantian oli yg di LCD spidometer? Yg itu bukannya tinggal pencet tuas odo / colok pakai kunci?
Engga tau ya mungkin kalo Subaru bisa direset sendiri pake kunci indikator olinya, tapi kalo mobil saya gak bisa reset sendiri. Jadi kalo oli masih bagus indikator itu warnanya ijo, kalo udah mulai jelek, warnanya kuning, kalo udah saatnya diganti, indikator tsb jadi merah. Indikator oli ini harus selalu di reset sehabis ganti oli, kalo engga maka indikator akan terus nunjukkin merah walaupun baru ganti oli.
Nah dulu saya selalu ganti oli di BERES karena pikiran cuma BERES yg punya alat reset oli tsb.......Tapi setelah ketemu Bengkel Chung Service, baru tau dia bisa resetin indikator oli tsb. Enaknya jadi kita bisa milih sendiri merek oli yg pengen dipake, gak selalu harus mereknya BERES.

Jeleknya si Chung tuh letaknya di jembatan lima, jadi kalo dari rumah saya musti lewatin grogol, roxi yg macetnya ampun2, juga rawan maling spion hehehehe......Juga daerah jembatan lima tau sendiri deh.....agak sempit2 dan agak semraut
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by Leonhearts »

Indonesia rawan korupsi dan menganaktirikan...

1. KOMISARIS TOYOTA MENJABAT SEBAGAI SALAH SATU PETINGGI GAIKINDO
2. Avanza 157/100, xenia 177/100 padahal satu platform satu mesin satu rangka satu suspensi satu rakitan oleh ADM bukan TAM, 99persen sama hanya bodikit doang beda. tapi realibilitinya xenia jauh kalah ama avanza ini objektifkan.. padahal penjualan no.1 dibanding xenia.. sept yang fortunerman katanya kalo tambah banyak penjualan tambah besar pula pp100nya ini kok ga berlaku pada avanza-xenia, ada upaya untuk menaikkan harga jual avanza
3. yang paling sedih tuh RUSH 146/100 dan TERIOS 194/100, gila satu rangka kembar satu rakitan beanya hampir 50 masalah.... gimana tuh.....
Itu problems per 100 vehicles, bukan nilai keseluruhan mobilnya.

berarti avanza 157/100 bukan bukti dari reliable mobil itu tapi anda yang gembar gemborkan terus.. memang kata orang ludah sendiri itu paling manis rasanya
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by Leonhearts »

Indonesia rawan korupsi dan menganaktirikan...

1. Avanza 157/100, xenia 177/100 padahal satu platform satu mesin satu rangka satu suspensi satu rakitan oleh ADM bukan TAM, 99persen sama hanya bodikit doang beda. tapi realibilitinya xenia jauh kalah ama avanza ini objektifkan.. padahal penjualan no.1 dibanding xenia.. sept yang fortunerman katanya kalo tambah banyak penjualan tambah besar pula pp100nya ini kok ga berlaku pada avanza-xenia, ada upaya untuk menaikkan harga jual avanza
2. yang paling sedih tuh RUSH 146/100 dan TERIOS 194/100, gila satu rangka kembar satu rakitan beanya hampir 50 masalah.... gimana tuh.....
Itu problems per 100 vehicles, bukan nilai keseluruhan mobilnya.

berarti avanza 157/100 bukan bukti dari reliable mobil itu tapi anda yang gembar gemborkan terus.. memang kata orang ludah sendiri itu paling manis rasanya
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by Leonhearts »

mas mendingan kalo beli mobil duduk, test drive dan rasakan kualitas mobil itu mas daripada tanya pedangang mobil ini pp100nya yang ga jelas ini berapa besar... nenek saya duduk di audi tau kualitas nya dan duduk lagi di avanza tau kualitasnya.... tanya nenek saya aja deh....tau duduk di civic kualitasnya dan tau juga duduk di spark kualitasnya,.,.,

bukan pp100 yang ga jelas ini...
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by Leonhearts »

IMO, Akhir2 ini Avanza harga bekasnya bisa naik terus karena terkatrol oleh harga barunya yg jg naik terus.
Kalo harga barunya tetep di 99 juta untuk Tipe G spt di thn 04, percaya deh bahwa harga bekasnya gak nyampe 140 jt kaya sekarang.
Hal ini pun berlaku buat kebanyakan mobil "Sejuta umat" lainnya kaya CRV. Thn 07 tipe 2.4 baru cuma 298 jt, sekarang tahun yg sama kondisi bekas bisa diatas 300 jt.
Ini sih cuma ilmu ekonomi standard aja bahwa kalo harga baru naik drastis, maka harga bekas juga turut naik drastis. Jadi bukannya gara2 ekonomi "gila"....semuanya pasti bisa dimasukkin logika.
Hal ini (resale value yg bagus) juga mungkin ditolong dengan banyaknya orang yg cari avanza karena faktor2 "kualitas brand" toyota spt yg saya kemukakan diatas........tapi tetep aja fenomena harga bekas avanza yg lebih tinggi dari harga barunya akhir2 ini lebih banyak disumbangkan dari faktor "harga baru yg terus menerus naik" :mrgreen:
INI LOGIKA YANG JELAS KOK. thx bro risol....
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by boilers »

IMHO, di jaman yang sudah globalisasi seperti ini, sudah susah dibilang yah sebuah mobil itu buatan mana. Sebab jumlah mobil yang sedemikian banyak menyebabkan development-pun sudah tidak di negara asal lagi. Terutama mobil2 jepang yang dipasarkan di US, byk yg memang sudah rancang bangun, R&D, dll-nya semua sudah diplanning di US, tidak lagi di jepang. Yg pasti mobil ini pasti sudah memenuhi kriteria & filosofi merek Jepang terbut.Tapi apakah mobil ini menjadi mobil AS apa mobil Jepang ?

Mungkin yang harus dibedakan adalah adanya mobil yang masuk kelas global cars dan ada juga yang mobil regional. Mungkin yang dimaksud mobil global sih menurut pendapat pribadi saya yang sudah mampu menembus pasar amerika utara, eropa & Jepang. Mengapa ? Karena negara2 tersebut sudah memiliki standard safety dan requirement yang sudah sangat strict.

Mobil2 seperti Toyota IMV (Innova-Fortuner-HiLux), Toyota Avanza-Xenia, Nissan Grand Livina, Suzuki APV adalah mobil2 regional yang dipasarkan di pasar2 di luar ketiga market tadi di atas. Tetapi apakah mobil2 ini berarti tidak layak menyandang merek Jepang ? Menurut pendapat saya sih tentu layak, pasti kan dari pihak prinsipal Jepang juga turut serta dalam R&D mobil2 terkait ini & ada standard2 tertentu yang harus dilewati.

Just my 2 cents :D
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by asudarsono »

Ada benarnya juga. Kita sudah lama kenal dengan mobil regional macam Colt T120, Toyota Kijang dll bahkan sekarang sudah ditiru GM untuk mobil regional Australia (Holden Gemini misalnya), Asia (Daewoo Aveo misalnya), Eropa (Vauxhall Astra misalnya). Suzuki juga sudah keluarkan Maruti Karimun dst.

So what gitu lho. Namanya konsumen mau kok beli lha. Kita sebagai pengamat emang akan menganalisa dengan cermat but in the end : Konsumen rajanya.

Perkara konsumen belinya mobil bego ama mobil smart ya itulah pasaran yang ada. Paling kalau ada orang yang pakai mobil "smart" kita bisa senyum2 sendiri, yah level lu baru segitu. Masalahnya kita juga sring mendapatkan bahwa kita sendiri juga beli mobil yg "smart". Yaudah, mari kita senyum bareng2 aja, namanya juga pasar mobil itu crazy market. Ngapain lagi, toh duit, duit sendiri mau KW1 kek mau KW2 kek, suka2 kakek aza.
Ready to Race
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by asudarsono »

Risol1 wrote: Engga tau ya mungkin kalo Subaru bisa direset sendiri pake kunci indikator olinya, tapi kalo mobil saya gak bisa reset sendiri. Jadi kalo oli masih bagus indikator itu warnanya ijo, kalo udah mulai jelek, warnanya kuning, kalo udah saatnya diganti, indikator tsb jadi merah. Indikator oli ini harus selalu di reset sehabis ganti oli, kalo engga maka indikator akan terus nunjukkin merah walaupun baru ganti oli.
Nah dulu saya selalu ganti oli di BERES karena pikiran cuma BERES yg punya alat reset oli tsb.......Tapi setelah ketemu Bengkel Chung Service, baru tau dia bisa resetin indikator oli tsb. Enaknya jadi kita bisa milih sendiri merek oli yg pengen dipake, gak selalu harus mereknya BERES.

Jeleknya si Chung tuh letaknya di jembatan lima, jadi kalo dari rumah saya musti lewatin grogol, roxi yg macetnya ampun2, juga rawan maling spion hehehehe......Juga daerah jembatan lima tau sendiri deh.....agak sempit2 dan agak semraut
O paham paham 86. Saya paham mobil om Risol apa. Kalau Subaru nggak bisa cuma dipijat tombolnya, soalnya waktu servis cuma ditulis kertas dan digantungan di tuas wiper aja. He he he, malu aku. Tapi ya gimana mobilnya harus diservis tiap 10.000 km / 6 bulan.

Kalau mobil om Risol emang nggak bisa kayak gitu, soalnya servisnya lama banget ya, tiap 12.000 mil / 2 tahun (kalau model yang lama, kalau yg punya om Risol aku nggak berani membayangkan). Saking lamanya, jangan2 ada mobil yg udah ganti pemilik berkali - kali juga belum perlu servis.

Thx for info very very much!! Chung, ya, boleh dicoba deh.
Ready to Race
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: 'Consumer Reports' puts Chrysler, GM in bottom spots

Post by Risol1 »

asudarsono wrote:O paham paham 86. Saya paham mobil om Risol apa. Kalau Subaru nggak bisa cuma dipijat tombolnya, soalnya waktu servis cuma ditulis kertas dan digantungan di tuas wiper aja. He he he, malu aku. Tapi ya gimana mobilnya harus diservis tiap 10.000 km / 6 bulan.

Kalau mobil om Risol emang nggak bisa kayak gitu, soalnya servisnya lama banget ya, tiap 12.000 mil / 2 tahun (kalau model yang lama, kalau yg punya om Risol aku nggak berani membayangkan). Saking lamanya, jangan2 ada mobil yg udah ganti pemilik berkali - kali juga belum perlu servis.

Thx for info very very much!! Chung, ya, boleh dicoba deh.
Walah bos......penggambarannya koq kaya seperti punya mobil super mewah aja hehehehe.....
Saya dulu pake 320i E36 aja koq bos, dan itu juga duit cekak karena cuma bisa nodong ortu hehehe....Karena duit terbatas, makanya Chung service ngebantu banget :mrgreen: