(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

poeticmind wrote: nah, beda lagi kalo sudah naek turbo... karena body yg berat dan mesin yg upgrade memang disarankan utk mengganti full set rem depan (disc dan brakepad serta selang2) dengan yg performance. ini tidak boleh tidak alias wajib... :)
hehehe...inilah konsekuensi tambahan yg harus ditanggung....bahasa kerennya "Collateral Damage" atau "Necessary Evil" :mrgreen: itu juga salah satu alesan knapa saya blom brani naikkin turbo... banyak yg harus diganti, yg jelas ya Rem dan kaki-kaki...

Kalo bahasa kerennya Collateral Damage, saya pake bahasa awam aja... Yang namanya beli Kopi/Teh, mau ga mau pasti harus beli Gula juga kan? :mrgreen: :mrgreen:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

Kalo lihat hasil reviewnya bro benzz, nampaknya sukses besar nih program P+Pnya... :off_good_job:

Apalagi tembus 170kph, saya seumur-umur pake santi cuman mentok 140ankph, sudah habis nyalinya hehehe.... :mrgreen:

Yang saya rasa agak kurang dari santi saya ni mgkn sifat hausnya :e-think: FC terbaik yg saya pernah rasakan cuma 1:8-9, itu rute luar kota tanpa tol (Semarang-Solo-Ngawi-Nganjuk-Kertosono-Jombang-Mojokerto). Kalo dipake weekend dalam kota (kondisi padat), mentok di 1:6

Wah....jangan-jangan emang musti pasang modul nih....? :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by poeticmind »

imsus2c wrote: Yang saya rasa agak kurang dari santi saya ni mgkn sifat hausnya :e-think: FC terbaik yg saya pernah rasakan cuma 1:8-9, itu rute luar kota tanpa tol (Semarang-Solo-Ngawi-Nganjuk-Kertosono-Jombang-Mojokerto). Kalo dipake weekend dalam kota (kondisi padat), mentok di 1:6

Wah....jangan-jangan emang musti pasang modul nih....? :e-think:
wah saya rasa segitu wajar ya... hehe! kalo soal pasang piggyback, itu pilihan mas... tapi memang diakui jika saya melihat seberapa jauh santi mas imsus diupgrade saat ini sudah cukup alasan utk pasang. bukan hanya utk FC matters, tapi juga kesempurnaan kinerja engine.

mahal, but worth it. :)
Image
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

klo dah bisa lari 170 kpj, itu yahuut, tapi tinggal nyali aja sih yg penting
walo mobil dah bisa kenceng klo gak pernah dipake kenceng, trus tiuk apa yaaaaaa
atau apa gak yg disebut "idle capacity" haaaaa...
santi ku standart aja tapi klo mo narik yaaa pas sepi dan braninya di cipularang seringnya seh 160 kpj dah cukup tuh, emang blum coba 170 kpj sebab tol nya khan gak rata dan belok2 gitu
tapi bisa dicoba tuh di padalarng ke cileunyi jalan lurus dan sepi klo pagi di hari ahad
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

imsus2c wrote:
poeticmind wrote: nah, beda lagi kalo sudah naek turbo... karena body yg berat dan mesin yg upgrade memang disarankan utk mengganti full set rem depan (disc dan brakepad serta selang2) dengan yg performance. ini tidak boleh tidak alias wajib... :)
hehehe...inilah konsekuensi tambahan yg harus ditanggung....bahasa kerennya "Collateral Damage" atau "Necessary Evil" :mrgreen: itu juga salah satu alesan knapa saya blom brani naikkin turbo... banyak yg harus diganti, yg jelas ya Rem dan kaki-kaki...

Kalo bahasa kerennya Collateral Damage, saya pake bahasa awam aja... Yang namanya beli Kopi/Teh, mau ga mau pasti harus beli Gula juga kan? :mrgreen: :mrgreen:
Ah..bro Imsus pandai pake perumpamaan ya? Tp kl sy pribadi malah nda suka teh/kopi yg pake gula tuh bro, takut kencing manis :mrgreen: j/k bro. Tapi secara pribadi memang nda suka aja kl nge-teh yg manis2, sukanya yg pahit2 malah...lebih mantap gitu :frm_tumbright:

Lebih enak mana yach??? naik turbo atau modifikasi penggerak jadi All Whell Drive (AWD) seperti santi 2.7 bro. Sensasi-nya pasti berbeda tuch. Turbo kl torsi-nya kebesaran & tidak ada "Traction Control" ban jd spin mulu ga? Tapi kl sdh AWD tenaga terbagi rata ke 4 roda & rasanya pasti lebih mantap pd saat stop/go dan jg pd pengendaliannya krn "grip" jd merata di setiap roda cmiiww.

Dgn Turbo apakah FC bs lebih baik? or AWD malah bs bikin FC jd melorot? secara diperlukan tenaga "yg lebih lg" untuk menggerakkan 2 roda lainnya? Mohon pencerahannya dari para master sekalian. Pak Poetic?

Dengar2 dr Beres santi 2.7 itu tdk pemanently AWD, krn AWD-nya baru berfungsi apabila ada salah satu roda yg kehilangan traksi. Tul ga bro2 sekalian? Trus kl santi kita mo modif seperti itu bs ga ya? "Damage Cost"-nya kira berapaan? :e-think:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

poeticmind wrote:
imsus2c wrote: Yang saya rasa agak kurang dari santi saya ni mgkn sifat hausnya :e-think: FC terbaik yg saya pernah rasakan cuma 1:8-9, itu rute luar kota tanpa tol (Semarang-Solo-Ngawi-Nganjuk-Kertosono-Jombang-Mojokerto). Kalo dipake weekend dalam kota (kondisi padat), mentok di 1:6

Wah....jangan-jangan emang musti pasang modul nih....? :e-think:
wah saya rasa segitu wajar ya... hehe! kalo soal pasang piggyback, itu pilihan mas... tapi memang diakui jika saya melihat seberapa jauh santi mas imsus diupgrade saat ini sudah cukup alasan utk pasang. bukan hanya utk FC matters, tapi juga kesempurnaan kinerja engine.

mahal, but worth it. :)
wadohhh.... :shrug: kompornya nambah panas :onfire: :onfire: :onfire:
:upss:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

benzz89 wrote:
imsus2c wrote:
poeticmind wrote: nah, beda lagi kalo sudah naek turbo... karena body yg berat dan mesin yg upgrade memang disarankan utk mengganti full set rem depan (disc dan brakepad serta selang2) dengan yg performance. ini tidak boleh tidak alias wajib... :)
hehehe...inilah konsekuensi tambahan yg harus ditanggung....bahasa kerennya "Collateral Damage" atau "Necessary Evil" :mrgreen: itu juga salah satu alesan knapa saya blom brani naikkin turbo... banyak yg harus diganti, yg jelas ya Rem dan kaki-kaki...

Kalo bahasa kerennya Collateral Damage, saya pake bahasa awam aja... Yang namanya beli Kopi/Teh, mau ga mau pasti harus beli Gula juga kan? :mrgreen: :mrgreen:
Ah..bro Imsus pandai pake perumpamaan ya? Tp kl sy pribadi malah nda suka teh/kopi yg pake gula tuh bro, takut kencing manis :mrgreen: j/k bro. Tapi secara pribadi memang nda suka aja kl nge-teh yg manis2, sukanya yg pahit2 malah...lebih mantap gitu :frm_tumbright:

Lebih enak mana yach??? naik turbo atau modifikasi penggerak jadi All Whell Drive (AWD) seperti santi 2.7 bro. Sensasi-nya pasti berbeda tuch. Turbo kl torsi-nya kebesaran & tidak ada "Traction Control" ban jd spin mulu ga? Tapi kl sdh AWD tenaga terbagi rata ke 4 roda & rasanya pasti lebih mantap pd saat stop/go dan jg pd pengendaliannya krn "grip" jd merata di setiap roda cmiiww.

Dgn Turbo apakah FC bs lebih baik? or AWD malah bs bikin FC jd melorot? secara diperlukan tenaga "yg lebih lg" untuk menggerakkan 2 roda lainnya? Mohon pencerahannya dari para master sekalian. Pak Poetic?

Dengar2 dr Beres santi 2.7 itu tdk pemanently AWD, krn AWD-nya baru berfungsi apabila ada salah satu roda yg kehilangan traksi. Tul ga bro2 sekalian? Trus kl santi kita mo modif seperti itu bs ga ya? "Damage Cost"-nya kira berapaan? :e-think:
Diplomatis diit kan bole.. :e-whistle:

Sejauh saya ngobrol2 sm pak mekanik di bengkel waktu overhaul dulu,

1. Kalo dah ngrasain/speeding driving pake turbo, dijamin bikin males kalo musti driving mobil non-turbo...badly addicted
2. Umumnya, kalo pake turbo, FC memburuk dikit...gara2 kaki kanannya beringas
3. Kalo mo pasang AWD, ya emang tdk permanent, mirip yg diterapkan di EVO IV-VII
4. Kalo pasang AWD, penggeraknya tetep pake sistem as penggerak (saya ga tau namanya...bukan gardan sih) yg mirip diterapkan di mobil diatas
5. Di Santi, tempat lubang as penggerak dan dudukan sudah ada (tinggal bolt on), TETAPI harus ganti transmisi set 1 glondong. Total (perkiraan) perubahan ini (pak mekanik estimasinya pake patokan parts mitsu), bisa tembus 50-60jt
6. Mesin + ECU harus dimodif dikit, mengingat bawaanya FWD dijadiin AWD
7. Kalo jadi AWD, jelas FC sedikit memburuk
8. Prinsipnya, perubahan ke AWD ini untuk perbaikan traksi, bukan untuk blazing/off road, jadi ga ada yg namanya low gear :roll:
9. Kalo mo jujur..., setelah jadi AWD, harap lapor perubahan BPKB dan STNK hahahahaha...... :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

5. Di Santi, tempat lubang as penggerak dan dudukan sudah ada (tinggal bolt on), TETAPI harus ganti transmisi set 1 glondong. Total (perkiraan) perubahan ini (pak mekanik estimasinya pake patokan parts mitsu), bisa tembus 50-60jt.

Waah kalo sampe tembus 50-60jt mendingan nyari santi 2.7 aja langsung. :mrgreen:

Mesin ud 2.700 liter, V6 Engine (halus bener bro suaranya, jauh ama santi 2.4 secara pernah bandingin di Beres :frm_tumbleft: ), Otomatic transmition+(shiftronic Kl ga salah ingat), AWD, Sunroof, dual Airbag, disc brake (4 wheels)+ABS, Kualitas interior lebih Ok (jamin ga ada yg lengket2 bro), Audio double din, overfender sekujur body (widely body alias makin macho)...apalagi kl bekas Mr.Bambang Tri dengan sticker perbakin-nya di santi Mhuaanttafff abis bro ha..ha.. :snipersmile: :frm_snipper:

Abis itu PnP+Naik kompresi+Piggy atau PnP+Langsung naik Turbo aja dech. Jamin Ngaciirr abis bro :ngacir: :ngacir: :ngacir:

Ada yg mau jual ga santi 2.7? Kl kondisi oke boleh dipertimbangkan jg tuch... :e-whistle:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

benzz89 wrote:5. Di Santi, tempat lubang as penggerak dan dudukan sudah ada (tinggal bolt on), TETAPI harus ganti transmisi set 1 glondong. Total (perkiraan) perubahan ini (pak mekanik estimasinya pake patokan parts mitsu), bisa tembus 50-60jt.

Waah kalo sampe tembus 50-60jt mendingan nyari santi 2.7 aja langsung. :mrgreen:

Mesin ud 2.700 liter, V6 Engine (halus bener bro suaranya, jauh ama santi 2.4 secara pernah bandingin di Beres :frm_tumbleft: ), Otomatic transmition+(shiftronic Kl ga salah ingat), AWD, Sunroof, dual Airbag, disc brake (4 wheels)+ABS, Kualitas interior lebih Ok (jamin ga ada yg lengket2 bro), Audio double din, overfender sekujur body (widely body alias makin macho)...apalagi kl bekas Mr.Bambang Tri dengan sticker perbakin-nya di santi Mhuaanttafff abis bro ha..ha.. :snipersmile: :frm_snipper:

Abis itu PnP+Naik kompresi+Piggy atau PnP+Langsung naik Turbo aja dech. Jamin Ngaciirr abis bro :ngacir: :ngacir: :ngacir:

Ada yg mau jual ga santi 2.7? Kl kondisi oke boleh dipertimbangkan jg tuch... :e-whistle:
wah....kalo jual santi yg versi 4x2 sekarang, ditambah 50-60jt, keknya blom dapet yg AWD bro...meski hanya "janda"nya :mrgreen:
kalo tertarik, klik:
http://www.belimobilmotor.com/mobil-bek ... -5264.html
Di Jual Hyundai Santa Fe SUV Auto 4WD th 2001, Steptronic, V6 2700 CC, Silver metallic, V Kool, 4 ban besar tebal All Terrain SAVERO, Auto Sun Roof, Dual Airbags, Jok kulit, AC Digital, Audio CD Double Din, Alarm, Speed 180KM/h,Bagus sekali terawat istimewa. Rp189Jt. Contact +62-085216324655. Jak Sel - Cilandak
SUV
Merek: Hyundai
Santa Fe 4WD
Bekas/Baru?: Bekas
Tahun buat: 2001
Kilometer:
SILVER METALLIC
power steering
AC
Jok kulit
ABS
ESP
Power window
Bensin

Harga: Rp. 189 Juta
Harga Nego

Kontak:
----
No. Telepon: 085216324655

Dia minta 189 jt :frm_bang_head: .....cuman sy ga tau ini iklan diupload kapan :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

^^^

untuk nopol "L", setelah klik di: http://www.dipendajatim.go.id/njkb.php? ... 22&asal=75
PKB-nya Rp. 3.603.600,-

yg 4x2 cuma Rp. 2.445.000,-
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

imsus2c wrote:
poeticmind wrote:
imsus2c wrote: Yang saya rasa agak kurang dari santi saya ni mgkn sifat hausnya :e-think: FC terbaik yg saya pernah rasakan cuma 1:8-9, itu rute luar kota tanpa tol (Semarang-Solo-Ngawi-Nganjuk-Kertosono-Jombang-Mojokerto). Kalo dipake weekend dalam kota (kondisi padat), mentok di 1:6

Wah....jangan-jangan emang musti pasang modul nih....? :e-think:
wah saya rasa segitu wajar ya... hehe! kalo soal pasang piggyback, itu pilihan mas... tapi memang diakui jika saya melihat seberapa jauh santi mas imsus diupgrade saat ini sudah cukup alasan utk pasang. bukan hanya utk FC matters, tapi juga kesempurnaan kinerja engine.

mahal, but worth it. :)
wadohhh.... :shrug: kompornya nambah panas :onfire: :onfire: :onfire:
:upss:
@ bro Imsus: Like I told U before bro...The Module is must bro...what are u waiting for? come on..."Kompor Meleduk mode on" :big_peace:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

imsus2c wrote:
benzz89 wrote:5. Di Santi, tempat lubang as penggerak dan dudukan sudah ada (tinggal bolt on), TETAPI harus ganti transmisi set 1 glondong. Total (perkiraan) perubahan ini (pak mekanik estimasinya pake patokan parts mitsu), bisa tembus 50-60jt.

Waah kalo sampe tembus 50-60jt mendingan nyari santi 2.7 aja langsung. :mrgreen:

Mesin ud 2.700 liter, V6 Engine (halus bener bro suaranya, jauh ama santi 2.4 secara pernah bandingin di Beres :frm_tumbleft: ), Otomatic transmition+(shiftronic Kl ga salah ingat), AWD, Sunroof, dual Airbag, disc brake (4 wheels)+ABS, Kualitas interior lebih Ok (jamin ga ada yg lengket2 bro), Audio double din, overfender sekujur body (widely body alias makin macho)...apalagi kl bekas Mr.Bambang Tri dengan sticker perbakin-nya di santi Mhuaanttafff abis bro ha..ha.. :snipersmile: :frm_snipper:

Abis itu PnP+Naik kompresi+Piggy atau PnP+Langsung naik Turbo aja dech. Jamin Ngaciirr abis bro :ngacir: :ngacir: :ngacir:

Ada yg mau jual ga santi 2.7? Kl kondisi oke boleh dipertimbangkan jg tuch... :e-whistle:
wah....kalo jual santi yg versi 4x2 sekarang, ditambah 50-60jt, keknya blom dapet yg AWD bro...meski hanya "janda"nya :mrgreen:
kalo tertarik, klik:
http://www.belimobilmotor.com/mobil-bek ... -5264.html
Di Jual Hyundai Santa Fe SUV Auto 4WD th 2001, Steptronic, V6 2700 CC, Silver metallic, V Kool, 4 ban besar tebal All Terrain SAVERO, Auto Sun Roof, Dual Airbags, Jok kulit, AC Digital, Audio CD Double Din, Alarm, Speed 180KM/h,Bagus sekali terawat istimewa. Rp189Jt. Contact +62-085216324655. Jak Sel - Cilandak
SUV
Merek: Hyundai
Santa Fe 4WD
Bekas/Baru?: Bekas
Tahun buat: 2001
Kilometer:
SILVER METALLIC
power steering
AC
Jok kulit
ABS
ESP
Power window
Bensin

Harga: Rp. 189 Juta
Harga Nego

Kontak:
----
No. Telepon: 085216324655

Dia minta 189 jt :frm_bang_head: .....cuman sy ga tau ini iklan diupload kapan :e-think:
Seingat saya dulu pernah ada yg mau jual "cuma" 120 jt-an bro. Mungkin jg tergantung kondisi kali ya?...Kl 189 jt sih lumayan tinggi terkecuali very-very in top condition bro. Tp itu jg msh bs nego tuh...

Kalau di liat sekilas sih mulus...yah? Warna silver-nya all body keliatannya, sampe handel-nya jg silver beda ama yg 2.4 handel-nya warna hitam alias tidak sewarna body. Good Job Bro Imsus...yes... U are The Master of Santa Fe...I am definitely No doubt about it :off_good_job: and :frm_tumbleft:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

Ah...ada2 aja bro benzz ini, dibilang master....
Tidak kenal maka tidak sayang...dan ternyata untuk mengenal dan sayang sama Santi ini termasuk lumayan ribet dan "extra budget" :mrgreen:
Pake acara trial+error, bongkar mesin, overhaul, P+P.... :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:
Padahal kondisi santi, awalnya ya normal2 aja....yaah...namanya juga ingin lebih kenal... :shrug:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
vanhouten
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Fri Jun 01, 2007 12:40

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by vanhouten »

Guys,

Numpang tanya donk... Saya suka bgt sama model new santa fe yang terbaru. Harga barunya berapa skrg yah ? Cari-cari di webnya Hyundai gak ada keterangannya euy.

Mohon kalau ada info tolong di share ya.

Thank you
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Abu2 »

benzz89 wrote: @ bro Imsus: Like I told U before bro...The Module is must bro...what are u waiting for? come on..."Kompor Meleduk mode on" :big_peace:
setuju ama bro Benzz :off_good:

di mobil ane (bukan santi) dah pasang dastek unichip + dastek TM....asik beneerrrrr...........
recommended item to install.... :frm_tumbright:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

Kemarin baru ganti "sol sepatu" si santi bro. Gara2 ada satu ban yg bacor dari bekas tambalan yg sebelumnya. Cari2 bengkel di mana2 ga ada yg bisa...akhirnya di rekomendasiin untuk tambal ban "tip-top" di salah satu bengkel "special spooring & balancing" di jl. Tanah Abang 1 (yg punya artis bro...tau dong ya) :e-whistle: .

Ternyata setelah di cek ud ga bs di tambal tip-top lg alias bolong dari bekas tambalan tersebut sdh menjalar cukup panjang. :e-doh: Jadi pilihannya pakai ban dalam atau ganti ban baru. Pakai ban dalam + balancing kena sekitar 200 rb-an bro di bengkel ini. Cek2 harga jasa lainnya rata2 hampir 2x lipat bengel2 yg lain. Misalnya spooring si santi kena 300rb nett, Angin nitrogen @ 15rb, tambah angin nitrogen @5rb. :roll:

Akhirnya melihat kondisi 3 ban si santi yg lainnya sdh pd retak2 (padahal kemarin sempat lari 170 Kpj tuh bro wkt di cipularang :weekk: jd serem kl di ingat2 lg :e-pray: ), diameter jg sdh pd tidak rata (peyang2) & sisa kembang kira2 tinggal 30% + kembang yg lama tipe-nya lumayan berisik (semi pacul), diputuskan untuk ganti 4 ban aja deh sekaligus tp kali ini minta yg tidak berisik.

Akhirnya si bengkel rekomendasi pake bridgestone dueller ukuran tetap sama aja 235/70-15 dengan tipe kembang 683. Harga @ 764rb nett (disc 20% krn ganti 4 sekaligus). Cek bentar di bengkel lain lebih mahal sekitar 60rb-an. Tawar2 lg ud ga bs bro... :e-wall: cuma dapat gratis balancing+tutup pentil+2 kaos dr bridgestone. Ya ud akhirnya ganti deh tuh "sol sepatu" si santi sembari sedikit "mengancam" kl berisik nanti minta di gantiin yg lain kembangnya :mrgreen:

Kemarin waktu ke bandung terasa setir agak lumayan narik di kiri...terus pengen jg ngerasaiin jasa spooring di bengkel yg "katanya" sdh berpengalaman +/- 35 th dalam urusan spooring & balancing. Spooring deh sekalian si santi, nego jasanya (sekali lg) tetep jg tdk bergerak dr 300rb bro. Terakhir isi angin nitro 4 ban @ 15rb. Total jajan (lg) si santi 3.4 jt bro :frm_bang_head:

Ngobrol2 ama orang bengkel katanya jasa spooring segitu mah msh "standard", kl mau lebih canggih lg ada di cabangnya di radio dalam, itu bisa kena 600rb krn menggunakan mesin baru yg konon katanya sdh tidak menggunakan tenaga manusia lg bro. Kira2 sdh ada yg pernah pake jasa spooring ini blom ya? Pengen tau aja seberapa canggih & akurat hasil spooring-nya. :shrug:

Bengkel ini sih men-klaim bhw hasil dr spooring-nya tidak akan "gagal" dalam artian kl di bengkel lain sdh menyerah atau hasil tidak memuaskan dr bengkel lain maka silahkan datang ke mereka dan "buktikan" sendiri gitu bro (kaya promosi aja neh) :mrgreen:

Hasil dari penggantian ban ini serasa seperti naik sedan bro...cukup hening di kabin secara sebelumnya semi pacul & sdh pada peyang jd kl lari sekitar 60-80 kpj suasana dalam kabin sgt ribut bro. Malahan ada teman yg "awam" sampe bilang kok mesinnya kasar banget nih mobil, sebelum akhirnya dia tahu bahwa suara berisik itu adalah dari kembang ban yg kasar + peyang :glodak:

So far sih cukup puas dengan ban & jasanya...hanya setir rasanya kurang lurus sedikiitt lg. Msh ada garansi spooring 2 minggu, jd pake dulu aja deh...kl ud mau habis garansinya baru datang lg alias komplain :mrgreen: :mrgreen:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

Abu2 wrote:
benzz89 wrote: @ bro Imsus: Like I told U before bro...The Module is must bro...what are u waiting for? come on..."Kompor Meleduk mode on" :big_peace:
setuju ama bro Benzz :off_good:

di mobil ane (bukan santi) dah pasang dastek unichip + dastek TM....asik beneerrrrr...........
recommended item to install.... :frm_tumbright:
@Bro Imsus...MELEDUK DEH TUH KOMPOR (ud ga pake mode2-an) :BIG: :big_peace:

@ Bro Abu2...Dastek TM itu apa yg bro? boleh sharing? maklum newbie nehh :thanks:
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by andra »

vanhouten wrote:Guys,

Numpang tanya donk... Saya suka bgt sama model new santa fe yang terbaru. Harga barunya berapa skrg yah ? Cari-cari di webnya Hyundai gak ada keterangannya euy.

Mohon kalau ada info tolong di share ya.

Thank you

Bro vanhouten, utk harga New Santa Fe yg paling murah (bensin, 5 seater) kisaran 375 juta, padahal waktu pertama kali launching hanya 315 juta, waktu itu aku udah ditawarin buat tukar tambah, tapigak jadi secara utk total Dp aja 150 juta, mobil santafe lama digargain 75 juta, masih nombok 75 juta lagi, gak kuat deh.
Image
Fly Like a Bird
kiting
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Aug 04, 2008 2:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by kiting »

Mampir dulu ah,..secara udh lama bgt gt :big_peace: apa kabar bro semua? salam kenal jg buat bro2 y br join mudah2an member kita makin bnyk en makin seru, thanks buat para master yang sharing-nya bikin ngiri jd pengen gituin santiku jg hehehe tp ya secara dipake-nya cuman sabtu minggu yang penting masih nyaman aja d :big_smoking:

Anyway lg mikir2 buat ganti shock udh sempat brows ketemu 2 merek KYB ama Monroe tp gak tau apa ini std ato bukan ada yang punya pengalaman? trus biasanya kalo ganti shock ada part laen yng mesti ngikut di ganti ya? Abis pemilu kayaknya ada libur tuh gimana apa ada renca kopdar? hm enaknya kemana ya :e-naughty:
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by andra »

Setuju kopdar neh, mana biar anggota yg baru ato yg lama yg gak pernah nongol supaya bisa ketemuan.
Image
Fly Like a Bird
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

benzz89 wrote:
Abu2 wrote:
benzz89 wrote: @ bro Imsus: Like I told U before bro...The Module is must bro...what are u waiting for? come on..."Kompor Meleduk mode on" :big_peace:
setuju ama bro Benzz :off_good:

di mobil ane (bukan santi) dah pasang dastek unichip + dastek TM....asik beneerrrrr...........
recommended item to install.... :frm_tumbright:
@Bro Imsus...MELEDUK DEH TUH KOMPOR (ud ga pake mode2-an) :BIG: :big_peace:

@ Bro Abu2...Dastek TM itu apa yg bro? boleh sharing? maklum newbie nehh :thanks:
Baru ingat...Dastek TM = Dastek Thorttle Module ya bro Abu2? Module untuk pengatur bukaan thorttle mobil bertransmisi matic spy tdk terlalu "nge-lag" pd wkt injak pedal gas. cmiiw
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Abu2 »

@benzz : betoool bos. dastek throttle Module..ngilangin (bukan ngurangin) lag pada TBW...buat manual jg bisa...sebenarnya buat mobil yg ada lag pada TBW nya, di pasang TM, ilang deh lag nya..(secara perasaan kayaknya ilang deh lag nya)
pas di injek , pas mesin bereaksi, pas mobil ngacir..
malah bisa di bikin, belum di injek pedal gas, mobil dah ngacir.....hi..hi..hi..hi. j/k :mrgreen:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by poeticmind »

kiting wrote: Anyway lg mikir2 buat ganti shock udh sempat brows ketemu 2 merek KYB ama Monroe tp gak tau apa ini std ato bukan ada yang punya pengalaman? trus biasanya kalo ganti shock ada part laen yng mesti ngikut di ganti ya? Abis pemilu kayaknya ada libur tuh gimana apa ada renca kopdar? hm enaknya kemana ya :e-naughty:
merek shock itu tergantung masing2... penggantian shock sekalian cek kaki2 dan bersih2 rem saja. kalo masih bagus, tidak ada parts lain yg diganti, yaaa hanya shock itu saja.
Image
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

wah betul bro kiting klo gak salah shock ori santi merk monroe spt punya ane, tapi aku dah ganti shock depan kiri kanan dgn KYB bikinan blanda
para master dan suhu santi bro benzz dan imsus emang jagoooonya gak ada duanya, aku hanya melongo aja smoga aku bisa jadi kayak mereka para master kungfu santi hiiiikkkk....
truskan pencerahanmu haaa... :big_weee:
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

kapan neh mo kopdar yaaa bisa di CITOZ lagi paling gampang bisa sua hari sabtu tgl 11 april setelah acara pemilu???? jam yaaa sekitar 10 agar bs dapet btmp parkir deketan, klo deket2 jam 12 penuh disana.