Motor pake NOS

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Motor pake NOS

Post by gauss »

Ada yang tau gak sih motor dibawah 400cc bisa pake NOS (Nitrous Oxide System) gak sih??? Seperti CBR150R, NSR, Ninja, Tiger, Thunder atau bebek...:D
Soalnya saya sering liat moge banyak yg pake NOS, tapi kok motor kecil gak pernah liat ya??
Ada yang ngerti masalah NOS ini gak? Dan ada yang jual di Jakarta gak system untuk motor ini??
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by gauss on Thu Feb 03, 2005 15:38, edited 1 time in total.
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

Ini contoh di Yamaha R1............
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

saya pernah liat yamaha MIO di beri NOS waktu pameran.tapi ngak tau bisa jalan ato aksesoris doang nos nya.
katanya sih yang punya hobi modifikasi juga.
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Re: Motor pake NOS

Post by piterr »

gauss wrote:Ada yang tau gak sih motor dibawah 400cc bisa pake NOS (Nitrous Oxide System) gak sih??? Seperti CBR150R, NSR, Ninja, Tiger, Thunder atau bebek...:D
Soalnya saya sering liat moge banyak yg pake NOS, tapi kok motor kecil gak pernah liat ya??
Ada yang ngerti masalah NOS ini gak? Dan ada yang jual di Jakarta gak system untuk motor ini??
sebenernya sih bisa.... tapi cari yang kapasitasnya kecil dan pas untuk motor 150cc an yang susah..... orang ari NOS buat Suzuki Karimun aja dulu usahnya mintaampun.... baru belakangan ini ada yang jual.... ya gak bro?
User avatar
jihad koplo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53

Post by jihad koplo »

enggak usah pake nos, pake tabung elpiji kecil yg banyak dijual disupermarket itu loh, udah ta coba discorpio gue kan dscorpio ada lubang kecil buat pasang nos di intakenya...tinggak pake kabel karet, mainjet apa aja.....yg jadi masalah klo mau aktifin satu tangan harus mencet gasnya...padahal tenaganya gila2an rpm ampe mo balik ke awal lagi ini juga nyobanya waktu gigi netral...mungkin harus bikin tombol di kaki
Scorpio Bedebah!!
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

Kalo pake tabung gas cooker kecil itu sih memang sudah banyak yang pasang. Termasuk di CBR150R sudah ada 2 orang yang pasang. Tapi jadinya kurang rapi karena switch dan kabel-nya tidak cocok. Lagian kan malu juga kok ada tabung elpiji di motor...?? hehehe....
Kalo pake tabung asli NOS atau NX kan keren banget.....beberapa minggu yang lalu di Otomotif pernah ada yang menawarkan 1 sistem lengkap untuk mobil seharga 3jt rupiah.
Ada yang tahu untuk motor??
Boomz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Sat Jan 29, 2005 15:41
Location: jakarta

Post by Boomz »

wahhh bung jihad koplo mantap juga nihh...
gw masi belon kebayang lonjakan tenaganya kalo sampe segitunya..
User avatar
jihad koplo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53

Post by jihad koplo »

pake gaya indoneisa doong, elpijinya aja di airbrush Nos giiituu, daripada pake nos betulan dicolong orang....ini Indonesia bung, helm halfface gue yg udah retak krn jatuh aja ilang di parkiran :p

wahhh bung jihad koplo mantap juga nihh...
gw masi belon kebayang lonjakan tenaganya kalo sampe segitunya..
kayaknya juga gak gede2 baget kok itukan digigi netral klo masuk paling sekitar 12000an...klo mo mantap harus dicampur sama tabung O2 yg dipake di RS2 jiwa eheh...cuman gak tau nyarinya :p
Scorpio Bedebah!!
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

kalo motor pake NO2, dulu kan pernah ada Karisma dipasangin NO2 di Otomotif bangsa setahun yang lalu.

Tabungnya juga ada yang model ramping gitu, kok. Jadi nggak usah gede2 kayak contoh R1 yang bro gauss kasih itu.

Kalau mau coba pake sistem moge, seingat saya ada teman yang punya, dulu dipake balap. Mungkin kalo bro gauss pengen coba, nanti saya tanya saja.
Image
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

Memang sudah ada sih yang menjual NOS full system untuk motor di Kemayoran (kalo gak salah nama tokonya Hyper Speed atau apa gitu....pikun nih)....seharga 8jt-an.
Tapi saya yakin itu untuk sportbike gede 600cc keatas. Bukan untuk mocil :) 250cc kebawah.
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Ok, Gue baru nelepon, teman gue nih.

Dia dulu beli NOS pakai 4 nozzle itu US$1200. Jadi, kalo yang 8 juta itu 4 nozzle, itu sih murah.

Terus, sistem yang dia beli itu disarankan agar volume 1 silinder setidaknya 125cc. Jadi, gue bilang sih bisa2 aja kalau mau dipasang di CBR150, mengingat dia single-cylinder. Kalau di CBR250 ya so pasti nggak bisa, orang 1 ruang bakarnya cuma kira2 62cc.

Masalahnya hanya pada settingnya dan perawatan spuyernya, karena sistem ini sensitif sekali. Setting untuk narik malam dan siang hari itu bisa beda. Belum lagi kalau spuyer kotor. Kalau spuyer bensin kotor, itu bisa jadi super lean kalau sampai pakai NO2. Kalau pengalaman yang ekstrem, katanya piston pernah hilang gara2 NOS.
Image
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

waduh piston sampe hilang gimana tuh? vaporised begitu aja??hehhee
pemakaian untuk harian aja kok, bukan buat extreme...siapa tau ketemu motor 2-tak yg mau tarik2an bisa menang.... :lol:

Bro Crash, jadi dari 4 nozzle itu kita bisa pake cuma 1 doang?
User avatar
Raze
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sat Nov 20, 2004 10:58

Post by Raze »

weqs NOS? gw kira motor yg pake NOS bakal melayang... o_O O_o O_O
Image
love this car...
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

gauss wrote:waduh piston sampe hilang gimana tuh? vaporised begitu aja??hehhee
pemakaian untuk harian aja kok, bukan buat extreme...siapa tau ketemu motor 2-tak yg mau tarik2an bisa menang.... :lol:

Bro Crash, jadi dari 4 nozzle itu kita bisa pake cuma 1 doang?
Ya, bisa dibilang pistonnya sendiri pecah karena jadi super lean secara dadakan. Kompresi ya spontan tinggi banget.

Terus, kalo masalah nozzle, N2O kan disemprot langsung ke port (lihat aja diagramnya). Jadi, kalau jumlah silindernya satu, ya nozzle cuma pake 1. Kalau mau pake dua, gue sendiri nggak tahu. Nanti malah jadi terlalu lean (karena N2O pada saat pembakaran akan melepas oksigen, yang kemudian bikin pembakaran semakin lean), dan mesin juga jebol.
Image