EvoFreaks wrote:ini mobil sebenernya buat nyaingin sapa si boz2 sekalian??
kalo ma innova, cc kalah gede.
kalo ma GL, harga beda agak jauh.
kalo dibandrol dibawah 200jt, bisa2 makan jazz.
hehehe....makanya gw bilang honda mungkin mao memanfaatkan kesempatan spt ini, mumpung saingan yg "sama dan sebangun" nya belum nongol.
IMO, dibanding produk Innova dan GL (2 kompetitor utama freed), mungkin HPM mengharapkan masyarakat menilai bahwa honda freed ini:
1. Punya bodi yg besarnya diantara innova dan GL (kebanyakan komplain orang no 1 ttg GL adalah kabinnya yg cukup sempit terutama kurang lebarnya). Freed walaupun gak panjang (leg room pasti dikorbanin), tapi ketolong tinggi (dan mungkin lebar), jadi mustinya headroom dan shoulder room lebih baik dari GL.
2. FC mungkin sama atau sedikit lebih boros dari GL, tapi yg pasti lebih irit dari innova (lagi2 komplain orang no 1 ttg Innova adalah FC nya)
3. Model stylingnya yg lebih fresh, sekarang ini kan MPV2 pada berlomba2 bikin model yg kaya kotak sabun (kalo bahasa marketingnya "model alphard"), nah freed kan modelnya jg menuju ke sana.
Sementara trend "sporty" MPV macam GL, stream, wish, dll udah mulai bergeser ke boxy MPV. HPM ketolong jg dengan model innova yg udah mulai "basi" karena udah lalu lalang sejak hampir 5 tahun lalu.
4. Image dan prestis merek honda. Artinya walaupun produk yg dijual semestinya dikategorikan sekelas APV/Luxio (mini MPV 1500cc), tapi karena merek Honda, jadi konsumen masih bisa menerima kalo freed disejajarkan dengan innova atau GL (yg 1.8 sekalipun). Terlihat jg Honda mao membidik pasar yg beda dengan APV/Luxio misalnya terlihat dari tidak adanya option MT, dll....
Nah, masalah utamanya adalah harga.....mampukah harga freed yg diprediksi bakalan dibanderol di atas 200jt bisa "membutakan" calon pembelinya dengan keunggulan2 diatas?
IMO, kalo dibanderol sedikit diatas jazz sih kemungkinan besar bakalan laku, tapi kalo diatas city engga tau jg deh......hehehehe
