Serba Serbi Ban

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Gas Nitrogen utk Ban kita

Post by esh »

Prive wrote:
esh wrote:Mau tambah nitrogen gratis, hanya ada di kelapa gading, namanya lotus, arah keluar pintu 3. :big_peace:
wuihh gratis ya, lalu yg bayarnya apanya ya Om, pintu 3 itu yg mau ke pegangsaan/IGI ya, btw Om esh di gading juga ya
Saya kebetulan kalau sedang ada di Jakarta sering di Kelapa Gading :)
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by gmx »

angkat lagi thread lama ya..

beberapa bulan lalu, ban mobil gw bocor kena paku, udah ditambal di bengkel ban yang lumayan bagus.. bulan lalu ban ini sering kurang angin, biasa isi sampai 35 psi dalam beberapa hari berkurang sampai 22 psi tapi ngga pernah sampai abis. 2 hari lalu gw isi lagi jadi 35 psi, malemnya waktu nyuci ketauan kalo tambalannya bocor alus.. tadi ke bengkel ban deket kantor, dia ngga bisa memperbaiki tambalan dan disarankan ke bengkel ban lain yang bisa

di bengkel ban itu, tambalan sebelumnya dicabut, dibersihkan, dikerok dan ditambal pakai potongan ban, kemudian dari bagian dalam ban ditambal dengan potongan penambal seperti kalo nambal ban dalam dan dipanaskan kira2 30 menit sampai tambalan itu menyatu, ya seperti nambal ban dalam gitu lah..

timbul pertanyaan, cara nambal seperti ini, aman ga ya? gw agak ragu juga, tapi tadi banyak juga mobil2 yang nambal gitu di bengkel itu, ada G Klasse juga..

sebagai info, mobil yg bannya gw tambal itu ban kiri belakang dueller A/T ukuran 31x10.5 R15 tekanan 35 psi, bobot mobil kira2 2 ton (beban kosong), biasanya di tol lari 120-140.. gw tau ban kayak gitu mestinya diganti, tapi lagi ga dana nih.. gw khawatir juga soalnya itu mobil minggu depan mau jalan luar kota ke jateng
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by GTR »

bro,
kalo gw, paling prefer cara kaya gitu, fix lebih permanen & tidak merusak ban, cuma aja ada cost bongkar pasang & balancing ulang.
paling kesel kalo bengkel bannya ga bisa "tambal dalam" dan ditambal cara "tambal tubeless biasa" malah di tusuk2 pake alat; yg ada dalam jangka waktu panjang / kembang makin tipis, bikin "meletak/retak" melebar bagian itu kadang bisa bocor lagi.
gmx wrote:angkat lagi thread lama ya..

beberapa bulan lalu, ban mobil gw bocor kena paku, udah ditambal di bengkel ban yang lumayan bagus.. bulan lalu ban ini sering kurang angin, biasa isi sampai 35 psi dalam beberapa hari berkurang sampai 22 psi tapi ngga pernah sampai abis. 2 hari lalu gw isi lagi jadi 35 psi, malemnya waktu nyuci ketauan kalo tambalannya bocor alus.. tadi ke bengkel ban deket kantor, dia ngga bisa memperbaiki tambalan dan disarankan ke bengkel ban lain yang bisa

di bengkel ban itu, tambalan sebelumnya dicabut, dibersihkan, dikerok dan ditambal pakai potongan ban, kemudian dari bagian dalam ban ditambal dengan potongan penambal seperti kalo nambal ban dalam dan dipanaskan kira2 30 menit sampai tambalan itu menyatu, ya seperti nambal ban dalam gitu lah..

timbul pertanyaan, cara nambal seperti ini, aman ga ya? gw agak ragu juga, tapi tadi banyak juga mobil2 yang nambal gitu di bengkel itu, ada G Klasse juga..

sebagai info, mobil yg bannya gw tambal itu ban kiri belakang dueller A/T ukuran 31x10.5 R15 tekanan 35 psi, bobot mobil kira2 2 ton (beban kosong), biasanya di tol lari 120-140.. gw tau ban kayak gitu mestinya diganti, tapi lagi ga dana nih.. gw khawatir juga soalnya itu mobil minggu depan mau jalan luar kota ke jateng
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by gmx »

ban saya yg bocor lagi itu emang sebelumnya ditambal dengan cara "tambal tubeless biasa" ditusuk pake alat gitu bro, tadi udah tambal lagi dengan cara "tambal dalam" itu, emang sih biayanya lebih tinggi daripada tambal "tubeless biasa". tadi tambal dalam 1 ban, trus 1 ban lagi bongkar pasang karena pentilnya kurang kenceng dari dalam, kena 50rb

jadi "tambal dalam" itu aman ya bro?
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by GTR »

IMO, lebih aman.
yg udah2, ex tambalan tubeless model tusuk2 gitu sebagian ga kuat permanen, terutama wear seiring juga dgn wear nya kembang ban (karet sumpelannya itu juga kena makan lama2).
yg keliatan kalo udah botak, kadang pada ex tambalan tusuk gitu ada yg bikin ban meletak/retak agak memanjang berupa garis sekitar 5-10cm.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by gmx »

thx masukannya bro, jadi lebih pede deh sekarang
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by doq »

naah lbh bagus cara 'tambal dalem' tu oom, lebih awet soale karet buat tambelan yg d posisikan d dalem itu justru akhirnya bakal nutup lobang yg bocor lbh kuat karena d bantu tekanan angin dr ban cmiiw............negatifnya mungkin balance ban jd berubah sedikit :ungg: .......ky nya seh......hehehehehehe :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by sjamsul »

GTR wrote:IMO, lebih aman.
yg udah2, ex tambalan tubeless model tusuk2 gitu sebagian ga kuat permanen, terutama wear seiring juga dgn wear nya kembang ban (karet sumpelannya itu juga kena makan lama2).
yg keliatan kalo udah botak, kadang pada ex tambalan tusuk gitu ada yg bikin ban meletak/retak agak memanjang berupa garis sekitar 5-10cm.
makanya saat nambal ban tubeless perhatikan tulisan ane di awal2. Bacalah dg teliti, spy kaga terjadi hal2 yg tidak diinginkan.
Selama ini ane kaga pernah mengalami hal yg demikian, krn selain ane tau cara nambal yg baik n benar, ane juga pake bahan penambal n lem khusus yg baik kualitasnye.
Bagian yg pernah ditambal kemudian bisa bocor lagi, kemungkinannya adalah pemakaian bahan tambalan n lem yg kaga bagus, shg bisa mengakibatkan terjadinya kebocoran pada bagian yg ditambal.

klo retak pada ban itu bisa aja terjadi klo kondisi pada ban dah kaga bagus, wlp kaga ada bekas tambalan. Makanya klo kondisi ban dah botak, sebaiknya diganti dg yg baru, krn harga mbl lebih mahal daripada harga ban. Jadi jangan ampe dah ada kejadian baru deh pada nyesel. tul ga? :e-think: :e-think: :e-think:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by y_anjasrana »

Nambahin dikit

Gw pernah baca kalu ada teknik tambal dalam. Kalu yg dari luar, pakai cacing karet yg lengket. Kalu yg dari dalam, pakai semacam paku karet. Paku karet itu ditancepin kelubang, dari sebelah dalam. Ada ukurannya sesuai ukuran lubang. Setelah dipasang, tambalan dijamin rapat, karena kena tekanan angin dari dalam. Istilah ngetopnya, tambal TIPTOP sesuai dgn nama bengkel yg pelopor tambal seperti ini. Skrg udah ada beberapa bengkel ban yg sedia tambal model ini. Kalu ga salah di sekitar radio dalam dan ciledug. Yg terakhir ga ngerti juga kenapa ada, pdhl ga begitu ngetop soal mobil. Kalu di daerah lain ga ngerti juga.

Btw utk pak dosen Sjamsul, kompresor mini ada banyak macemnya koq. Ada yg bodynya plastik, ada yg dari logam. Yg logam (rada berat) harganya sekitar 500-600ribuan, sepertinya tahan banting. Kalu ada duit lebih, silahkan beli yg ini. Dilihatnya juga mantaphh... (Di jameson ada koq - kalu pak dosen ga tau kebangetan deh..)

Yg dari plastik juga macem2. Kalu yg di Ace, kebanyakan merk koido, harga sekitar 200-300rb. Lumayan awet juga. Gw punya dua. Yg satu udah hampir 3 tahun ga pernah ada masalah. Baek2 aja tuh. Yg satu lagi baru setaun, juga baek-baek saja.

Memang ada satu jenis lagi, yg dijual di Carefour, lebih murah lagi. Dari bentuknya saja, sudah tidak meyakinkan. Kelihatannya pembuatannya rada asal. Mungkin ini yg pak dosen Sjamsul liat.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by sjamsul »

y_anjasrana wrote:Nambahin dikit

Gw pernah baca kalu ada teknik tambal dalam. Kalu yg dari luar, pakai cacing karet yg lengket. Kalu yg dari dalam, pakai semacam paku karet. Paku karet itu ditancepin kelubang, dari sebelah dalam. Ada ukurannya sesuai ukuran lubang. Setelah dipasang, tambalan dijamin rapat, karena kena tekanan angin dari dalam. Istilah ngetopnya, tambal TIPTOP sesuai dgn nama bengkel yg pelopor tambal seperti ini. Skrg udah ada beberapa bengkel ban yg sedia tambal model ini. Kalu ga salah di sekitar radio dalam dan ciledug. Yg terakhir ga ngerti juga kenapa ada, pdhl ga begitu ngetop soal mobil. Kalu di daerah lain ga ngerti juga.

Btw utk pak dosen Sjamsul, kompresor mini ada banyak macemnya koq. Ada yg bodynya plastik, ada yg dari logam. Yg logam (rada berat) harganya sekitar 500-600ribuan, sepertinya tahan banting. Kalu ada duit lebih, silahkan beli yg ini. Dilihatnya juga mantaphh... (Di jameson ada koq - kalu pak dosen ga tau kebangetan deh..)

Yg dari plastik juga macem2. Kalu yg di Ace, kebanyakan merk koido, harga sekitar 200-300rb. Lumayan awet juga. Gw punya dua. Yg satu udah hampir 3 tahun ga pernah ada masalah. Baek2 aja tuh. Yg satu lagi baru setaun, juga baek-baek saja.

Memang ada satu jenis lagi, yg dijual di Carefour, lebih murah lagi. Dari bentuknya saja, sudah tidak meyakinkan. Kelihatannya pembuatannya rada asal. Mungkin ini yg pak dosen Sjamsul liat.
klo nt mo nambain jangan dikit2, banyak2 juga kaga apa2.......... hehehe........

cara tambal ban spt itu sih memang cukup baik, tapi kurang praktis. Klo pas lagi kena pakunye di luar kota gimana, apakah nt mo keliling buat cari tukang nambal ban yg menggunakan cara tsb?.
Selain itu bannya juga harus dibuka dulu n pengerjaannya juga memakan waktu relatip lbh lama selain lbh mahal, makanya cara spt ini dah banyak ditinggalkan, krn lbh repot, juga balancing pada ban akan berubah lbh banyak dibandingkan dg memakai tambalan yg spt cacing (yg nt maksud).
Nah yg nt maksud dg TIP TOP itu adalah merk dagang jenis tambalan tsb bukan nama toko. Adanya di jl. ketapang. Memang toko tsb adalah pelopor TIP TOP, selain toko juga sbg importir.

kompressor mini yg nt maksud apakah yg dicolokin ke cigarette lighter ato yg pake listrik neh? :e-think: :e-think: Krn sbg seorang dosen, ane kudu teliti dalam membaca n memberikan tanggapan atas tulisan yg nt tulis................ huehehehehe............. :big_weee: :big_weee:
klo yg pake cigarette lighter, wlp dari merk yg bagus n harganya mahal ane kaga mo pake (biarpun dikasi gratis). Kenapa? karena secara jam terbangnya (klo benar2 diukur) kaga bakalan tahan lama, so ane lbh suka pake yg manual. Ane pake pompa injak (spt yg ane dah pernah tulis) merk hella yg 2 tabung. Ane lbh yakin, krn kaga usah pake listrik, cuma pake sayur asem ama nasi aja buat yg ngompain bannye. Selain itu klo yg pake lighter itu kelemahannya adalah klo kondisi akinya dah pas2an stroomnye ntar dikhawatirkan saat mo starter mbl kaga bisa, jadi harus dorong lagi mblnya.............. ayooo dorong.....................

klo yg pake listrik, kapasitarnya apakah yg 1/4 pk?. klo benar maka harus sedikit sabar buat isi anginnye, krn kecil jadi memerlukan waktu yg relatip lbh lama. Selain itu merknya apa, trus kompressor tsb apakah pake oli di mesinnye. Ada sejenis kompressor mini yg kaga pake oli di mesinnye, jadi hanya mengandalkan lapisan teflon aja. Ane pernah beli di ace hardware. Umurnya kaga tahan lama, wlp harganye relatip mahal. Akhirnya ane retur aja ke ace hardware setelah diperbaiki 2 x, tapi masih bermasalah.
Akhirnye ane beli aja kompressor yg 1/2 PK merk swan dg memakai mesin bensin honda sbg penggerak kompresornye. Ampe sekarang masih ok, krn selain dipake buat nambal ban ato tambah angin ban, kompressor tsb juga ane pake buat nyemprot nyamuk di sekitar rumah ane. Jadi fungsinya bisa lbh banyak.

Nah, klo yg nt punya itu dibilang awet, ane sih percaya aja, krn dalam setahun kepakenye khan bisa diitung, trus klopun ampe dipake paling2 cuma sebentar aja khan. Coba klo nt pakenye terus2an dalam sehari kira2 5 jam aja, ane rasa kaga ampe sebulan juga dah rusak. hayoo....................... :big_peace: :big_peace:
eNeR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1266
Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
Location: 64112

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by eNeR »

wah ini tambal menambal ban mobil ya?
sayangnya aku cuma bisa nambal ban motor ama sepeda pake vulkanisir, jadi... numpang lewat doank, xe xe xe
...
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by y_anjasrana »

Nah, klo yg nt punya itu dibilang awet, ane sih percaya aja, krn dalam setahun kepakenye khan bisa diitung, trus klopun ampe dipake paling2 cuma sebentar aja khan. Coba klo nt pakenye terus2an dalam sehari kira2 5 jam aja, ane rasa kaga ampe sebulan juga dah rusak. hayoo.......................
Beda dunk, kelas alat utk level bengkel dgn level rumahan. Boro2 kompresor, utk tang yg ga pake mesin2an aja udah beda qualitynya. Yg penting khan penempatannya aja. Pakailah produk sesuai dengan peruntukannya. Jgn sampai alat utk emergency dipakai utk ngebengkel. Ya sebentar aja jebol. Khan ban bocor ga sampe tiap harii. Gimana seh pak dosen....

:big_weee:
lo yg pake listrik, kapasitarnya apakah yg 1/4 pk?. klo benar maka harus sedikit sabar buat isi anginnye, krn kecil jadi memerlukan waktu yg relatip lbh lama.
Kalu ga sabaran, ada cara yg gampang supaya pengisian lebih cepat. Dongkrak aja, biar posisi roda ngambang, atau tidak kena tekanan mobil. Utk ini kalu pingin cepet lagi, ya selalu siapin dongkrak buaya. Pake ukuran 2 ton (yg kecil) jg udah cukup koq. Ya kecuali bawaannya truk, jelas ga kuat dunk....

:big_peace:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by gmx »

tadi mobilnya gw pake jalan seharian isi 7 orang dewasa, sekali2 lari di tol menyentuh 120, aman .. :mrgreen:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by sjamsul »

y_anjasrana wrote:
Beda dunk, kelas alat utk level bengkel dgn level rumahan. Boro2 kompresor, utk tang yg ga pake mesin2an aja udah beda qualitynya. Yg penting khan penempatannya aja. Pakailah produk sesuai dengan peruntukannya. Jgn sampai alat utk emergency dipakai utk ngebengkel. Ya sebentar aja jebol. Khan ban bocor ga sampe tiap harii. Gimana seh pak dosen....

:big_weee:

Kalu ga sabaran, ada cara yg gampang supaya pengisian lebih cepat. Dongkrak aja, biar posisi roda ngambang, atau tidak kena tekanan mobil. Utk ini kalu pingin cepet lagi, ya selalu siapin dongkrak buaya. Pake ukuran 2 ton (yg kecil) jg udah cukup koq. Ya kecuali bawaannya truk, jelas ga kuat dunk....

:big_peace:
maksud ane spy nt itu kaga ampe 2 x beli barang yg tujuannya sama, gitu lohhh.....
khan sbg seorang doseeennnn itu harus menganjurkan yg terbaik buat mahasiswanye, terutama mahasiswa dari sm............... huehehehe.............

klo dongkrak buaya sih selalu siap di boil ane, siapa tau nanti ketemu yg alus2. Jadi udah siap buat nolongin. tul ga? :e-think:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by sjamsul »

gmx wrote:tadi mobilnya gw pake jalan seharian isi 7 orang dewasa, sekali2 lari di tol menyentuh 120, aman .. :mrgreen:
ati2 loh bro, di tol nt kaga boleh lari2, apalagi lari berame2 ampe 7 orang............ :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: .....
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by gmx »

:big_weee:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by doq »

oom sjamsuuullll.......wakakakakak :big_slap: :big_weee: :big_weee: :mrgreen: :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by esh »

Ternyata lucu juga om ane :mrgreen:
eNeR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1266
Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
Location: 64112

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by eNeR »

kwakakakakakakakakaka
...
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by y_anjasrana »

Pak dosen musti bisa melucu dunk. Biar mahasiswanya ga ngintipin spg mobil mlulu....

Kekekekz.... :big_weee:
Accurate V5 Accounting System Consultant
eNeR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1266
Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
Location: 64112

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by eNeR »

cara nambal ban dalam (pake vulkanisir),
gosok dulu bagian yg bocor pake amplas/gergaji besi,
kemudian kasih lem khusus made in dewe (karet vulkanisir + bensin/mitan, biasanya baru jd lem setelah 12-15jam),
kemudian tempel bagian yg sudah dikasih lem tadi dg karet vulkanisir secukupnya,
taruh di alat pres,
lapisi vulkanisir td pake kertas rokok atau kaleng bekas cola yg sudah dibentuk segi empat,
kemudian beri alat pemanas pada atasnya (bisa pake setrika (yg nyala lho) atau seker bekas bis yg dikasih mitan dan dibakar)
setelah sekitar 15menit, langsung masukkan ke air.
kalo sempurna akan berbentuk mirip ban, tp kalo tidak sempurna akan terlihat bolong2
...
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by sjamsul »

eNeR wrote:cara nambal ban dalam (pake vulkanisir),
gosok dulu bagian yg bocor pake amplas/gergaji besi,
kemudian kasih lem khusus made in dewe (karet vulkanisir + bensin/mitan, biasanya baru jd lem setelah 12-15jam),
kemudian tempel bagian yg sudah dikasih lem tadi dg karet vulkanisir secukupnya,
taruh di alat pres,
lapisi vulkanisir td pake kertas rokok atau kaleng bekas cola yg sudah dibentuk segi empat,
kemudian beri alat pemanas pada atasnya (bisa pake setrika (yg nyala lho) atau seker bekas bis yg dikasih mitan dan dibakar)
setelah sekitar 15menit, langsung masukkan ke air.
kalo sempurna akan berbentuk mirip ban, tp kalo tidak sempurna akan terlihat bolong2
cara tambal spt ini dah jarang dilakukan, krn agak lama n lbh repot. Klo mo lbh praktis ada cara lainnye yg kaga usah pake dibakar segala.
Begini caranye:
setelah ban dalam dilepas, maka langkah pertama adalah mencabut media yg bikin kempes ban misalkan paku. Setelah itu bagian yg terkena paku digosok dg alat spt amplas, tapi bukan amplas, melainkan ada alat khusus buat menggosoknye. Kemudian bagian yg sdh digosok tsb dikasih lem khusus buat tambal ban dalam, biarkan mengering sekitar 1 menit aja, lalu ditempelkan tambalannya dg bahan spt karet tipis. Salah satu merk yg terkenal adalah tip top, selain itu ada juga merk lain. Sesudah ditempelkan maka bagian tsb ditekan2 dg alat khusus juga, yg gunanye adalah spy nempelnye jadi lbh kuat. Lalu dipasang kembali deh. Setelah terpasang perhatikan posisi pentilnye harus tegak lurus, jangan ampe miring krn bisa merusak kepala pentil tsb. Kmd tinggal dipompa. Jangan lupa perhatikan tekanan angin yg pas. :e-whistle:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by poeticmind »

sebenarnya media apapun utk menggosok dihalalkan... intinya mendapatkan serabut kasar pada karet ban. di tukang ban memang ada alat khusus bikinan sendiri seperti parutan kelapa dll. gergaji besi bisa juga dipakai.
gunanya adalah agar penempelan lebih sempurna dan awet. alias bukan di bidang yg halus/licin... karena mudah lepas.
Image
eNeR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1266
Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
Location: 64112

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by eNeR »

maaf nih ya, berdasarkan pengalaman... kalo tambalan yg 'tiptop' itu tidak kuat panas, dan lebih cocok di isi pake nitrogen, bila untuk pemakaian luar kota lebih mudah bocor, sudah banyak kasus kok, 7 dari 10 tiptop lepas lg karetnya bila ban-nya panas
aku udah sering liat, karena aku juga tukang tambal, xe xe xe
...
eNeR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1266
Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
Location: 64112

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by eNeR »

maaf nih ya, berdasarkan pengalaman... kalo tambalan yg 'tiptop' itu tidak kuat panas, dan lebih cocok di isi pake nitrogen, bila untuk pemakaian luar kota lebih mudah bocor, sudah banyak kasus kok, 7 dari 10 tiptop lepas lg karetnya bila ban-nya panas
aku udah sering liat, karena aku juga tukang tambal, xe xe xe
...