eresiie wrote:
Bro, kenapa Honda lebih banyak ngembangin mesin SOHC daripada DOHC, apa hanya untuk mengejar dimensi mesin yang kecil dan biaya produksi yg murah? Trs produknya dijual mahal?
Padahal dari postingan master2 di SM ini bisa disimpulkan bahwa dari sisi efisiensi mesin DOHC lebih baik. Bisa dikomentari, Bro Risol1?
waduh, saya sih engga gitu tau banyak ttg Honda. Suhu2 lain disini lebih pantes untuk ditanyain.....
Kenapa mesin SOHC? jawabannya: saya gak tau
Tapi yg pasti semua keputusan pasti udah dipikirkan dengan matang2 oleh ahli2 Honda, kalo akhirnya mereka memutuskan untuk lebih banyak pake SOHC, pasti ada alasan tersendiri.
Lagian juga IMO, Honda saat ini gak selalu lebih banyak bikin SOHC daripada DOHC, contohnya (kita liat dari mesin2 yg masih dipake di produk2 honda yg baru aja ya):
1. Mesin F series (4cyl) yg dipake di S2000 kan DOHC
2. Mesin K series (4 cyl) yg dipake di Acura RSX, Honda Civic Type R, Integra, Accord, Accord Euro, CRV, RDX, Element, dll semua nya kan DOHC
3. Mesin L series (4cyl) yg dipake di Fit/City....nah yg ini memang SOHC
4. Mesin N series (4 cyl Common Rail Diesel) yg dipake di Edix JDM juga konfigurasinya DOHC
5. Mesin R series (4 cyl) yg dipake di civic, crv pake SOHC
6. Mesin J series (6cyl) yg dipake di legend, accord V6, MDX pake SOHC....biasanya mesin 6 cyl Honda ada 2 versi SOHC buat mobil2 biasa kaya legend, MDX, Ridgeline...dan yg versi DOHC buat sports car NSX, tapi mungkin sejak NSX gak diprod lagi sejak 2005, Mesin J series pun gak dibuat lagi versi DOHCnya. CMIIW.
Jadi bisa diliat komposisi DOHC vs SOHC nya cukup berimbang.
Kalo soal dijual lebih mahal, saya rasa itu cuma strategi dagang aja. Kalo diliat dari bahan baku, labor cost, design, dll....kayaknya modal yg harus dikeluarin Honda sama aja dengan pabrikan lain. Mungkin dengan menjual produknya lebih mahal, bisa meningkatkan eksklusifitas/image Honda dibanding merek lain dan hopefully ujung2 nya bisa menggenjot sales. Soalnya Honda tau bahwa kalo mao ngelawan Toyota yg notabene adalah musuh bebuyutannya secara Head to Head, ya pasti Honda kalah karena kalah gede, kalah modal, juga kalah dari variety range produknya (Honda lebih sedikit variasi produknya)......ya IMO, sah2 aja sih kalo Honda punya strategi spt itu, Honda kan gak pernah maksa kita untuk beli produknya, keputusan akhir tetep di tangan kita. Itu juga menurut saya lho, bisa aja salah.
Ada juga SMers lain yg berasumsi bahwa Honda punya "Engineering life cycle" yg lebih cepat dari merek lain jadi perlu modal yg lebih gede jadinya ujung2nya harga jual jadi lebih mahal.......gak tau jg bener atau engganya.