10 Mobil Terlaris 2008 (Jan-Nov)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: 10 Mobil Terlaris 2008 (Jan-Nov)

Post by artoodetoo »

doq wrote:barusan baca d otomotip.......keliatannya langkah honda yg nge-set harga jd lebih mahal d banding kompetitor merupakan strategy belaka.......jadinya sekarang pd saat merk laen naekin harga, honda justru diem2 aja.....

strategy yg bagus or....?
Yang lain naek juga masih lebih murah daripada Honda. Jadi tetep blunder lah :big_slap:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: 10 Mobil Terlaris 2008 (Jan-Nov)

Post by ZombiEE »

gud car=expensive kahhhhh????
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: 10 Mobil Terlaris 2008 (Jan-Nov)

Post by Risol1 »

y_anjasrana wrote:Honda bisa bikin produk bagus, cuma di sini after sales servicenya masih kalah ma Toyota. Itu faktor penting juga. Soalnya pakai mobil bukan cuma 1-2 taun khan?

Btw kalu Honda hebat, kenapa musti mundur dari F1? Menurut yg gw liat sih, produk Honda nanggung. Sedan2nya FWD semua. Sedan kelas atas mana ada yg FWD? Mobil Honda yg RWD relatif jarang. Paling versi sport, macam NSX atau S2000. Tapi dibilang produk murah, mereka gengsi. Jadi dibuatlah Jazz versi mahal utk mengejar hatchback 200jtan kyk Latio, Focus, Golf, dll.

Produk Honda yg menarik sepertinya hanya Civic dan Accord, kombinasi kenyamanan dan sport. Filosofinya niru2 BMW boleh dunk..
Honda memang engga banyak bermain di kelas ultra luxury kaya kompetitornya Nissan atau Toyota. Honda mungkin masih menyimpan tradisi pabrikan otomotif jepang jadul.....yaitu mungkin bikin mobil yg kecil2 atau menengah aja, gak bikin yg gede2/super mewah kaya kebanyakan pabrikan eropa/amerika. Strategi tsb kayaknya juga masih diadopsi oleh mazda, mitsu, suzuki, daihatsu, subaru, dan pabrikan jepang kebanyakan.

Gw juga engga yakin apakah Honda pernah bikin mesin V8 dan diaplikasi di produk massalnya? Tapi denger2 bbrp tahun lagi akan keluar mesin V8 Honda ......tau deh bener apa engga....

Kalo mobil sedan RWD, Honda sebenernya punya Honda Legend AWD (Sebelum legend generasi terbaru, legend selalu pake RWD)
Kalo soal F1, itu kan policy pabrikan aja......bukan berarti cabut dari F1 artinya pabrikan jelek...
eresiie
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: Tue Aug 05, 2008 9:27

Re: 10 Mobil Terlaris 2008 (Jan-Nov)

Post by eresiie »

Bro Risol1 tampaknya tahu banyak tentang Honda (sorry kalo OOT),

Bro, kenapa Honda lebih banyak ngembangin mesin SOHC daripada DOHC, apa hanya untuk mengejar dimensi mesin yang kecil dan biaya produksi yg murah? Trs produknya dijual mahal?
Padahal dari postingan master2 di SM ini bisa disimpulkan bahwa dari sisi efisiensi mesin DOHC lebih baik. Bisa dikomentari, Bro Risol1?
User avatar
gemelli
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Thu Jun 28, 2007 2:26

Re: 10 Mobil Terlaris 2008 (Jan-Nov)

Post by gemelli »

Apa jadi-nya kalo Honda ngasih fitur yg komplit buat mobil buatannya? jadi Mazda-kah? atau Toyota ngurangin fiturnya? hehe
Bukan-nya perbedaan ini membuat pilihan konsumen jadi beragam? biasanya sih kita ennga bisa mendapatkan apa yg kita inginkan dalam 1 paket produk... ntah kenapa selalu aja ada yg kurang hehe :roll:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: 10 Mobil Terlaris 2008 (Jan-Nov)

Post by GTR »

karena belum ada rentang varian "sedan passanger" nya yg spec output besar spt v6turbo or v8 ke atas, variannya cuma ke n/a 4cyl dan v6.

Dgn teknologi yg ada saat ini, sedan2 bertenaga besar, sekitar >300hp masih harus adopsi RWD (* independent RWD or AWD).
Sedan2 jepang <300hp mostly adalah FWD termasuk camry / lexus ES.
seems kalo udah main ada varian yg v8 / turbo yg laris, most produsen akan adopsi Rwd; tapi klo rentang variannya yg laris yg outputnya segini (4cyl n/a), yah otomatis pakai Fwd.

Layout Rwd lebih flexible utk diaplikasikan pada produksi utk semua rentang output power sedan2 dari power kecil s/d huge, terutama sedan2 yg doyan dikeluarkan dlm rentang varian output lebar.
lantas kenapa sedan2 eropa premium yg bertenaga kelas 115-300hp juga RWD, ini juga untuk mempermudah/flexible pada adopsi basis layout drivetrain dalam memperbanyak varian2nya yg punya spec output beragam nya up to di atas 300hp (punya cylinder 6/8/lebih).
Risol1 wrote:
y_anjasrana wrote:Honda bisa bikin produk bagus, cuma di sini after sales servicenya masih kalah ma Toyota. Itu faktor penting juga. Soalnya pakai mobil bukan cuma 1-2 taun khan?

Btw kalu Honda hebat, kenapa musti mundur dari F1? Menurut yg gw liat sih, produk Honda nanggung. Sedan2nya FWD semua. Sedan kelas atas mana ada yg FWD? Mobil Honda yg RWD relatif jarang. Paling versi sport, macam NSX atau S2000. Tapi dibilang produk murah, mereka gengsi. Jadi dibuatlah Jazz versi mahal utk mengejar hatchback 200jtan kyk Latio, Focus, Golf, dll.

Produk Honda yg menarik sepertinya hanya Civic dan Accord, kombinasi kenyamanan dan sport. Filosofinya niru2 BMW boleh dunk..
Honda memang engga banyak bermain di kelas ultra luxury kaya kompetitornya Nissan atau Toyota. Honda mungkin masih menyimpan tradisi pabrikan otomotif jepang jadul.....yaitu mungkin bikin mobil yg kecil2 atau menengah aja, gak bikin yg gede2/super mewah kaya kebanyakan pabrikan eropa/amerika. Strategi tsb kayaknya juga masih diadopsi oleh mazda, mitsu, suzuki, daihatsu, subaru, dan pabrikan jepang kebanyakan.

Gw juga engga yakin apakah Honda pernah bikin mesin V8 dan diaplikasi di produk massalnya? Tapi denger2 bbrp tahun lagi akan keluar mesin V8 Honda ......tau deh bener apa engga....

Kalo mobil sedan RWD, Honda sebenernya punya Honda Legend AWD (Sebelum legend generasi terbaru, legend selalu pake RWD)
Kalo soal F1, itu kan policy pabrikan aja......bukan berarti cabut dari F1 artinya pabrikan jelek...
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: 10 Mobil Terlaris 2008 (Jan-Nov)

Post by Risol1 »

eresiie wrote: Bro, kenapa Honda lebih banyak ngembangin mesin SOHC daripada DOHC, apa hanya untuk mengejar dimensi mesin yang kecil dan biaya produksi yg murah? Trs produknya dijual mahal?
Padahal dari postingan master2 di SM ini bisa disimpulkan bahwa dari sisi efisiensi mesin DOHC lebih baik. Bisa dikomentari, Bro Risol1?
waduh, saya sih engga gitu tau banyak ttg Honda. Suhu2 lain disini lebih pantes untuk ditanyain.....

Kenapa mesin SOHC? jawabannya: saya gak tau :mrgreen:
Tapi yg pasti semua keputusan pasti udah dipikirkan dengan matang2 oleh ahli2 Honda, kalo akhirnya mereka memutuskan untuk lebih banyak pake SOHC, pasti ada alasan tersendiri.
Lagian juga IMO, Honda saat ini gak selalu lebih banyak bikin SOHC daripada DOHC, contohnya (kita liat dari mesin2 yg masih dipake di produk2 honda yg baru aja ya):
1. Mesin F series (4cyl) yg dipake di S2000 kan DOHC
2. Mesin K series (4 cyl) yg dipake di Acura RSX, Honda Civic Type R, Integra, Accord, Accord Euro, CRV, RDX, Element, dll semua nya kan DOHC
3. Mesin L series (4cyl) yg dipake di Fit/City....nah yg ini memang SOHC
4. Mesin N series (4 cyl Common Rail Diesel) yg dipake di Edix JDM juga konfigurasinya DOHC
5. Mesin R series (4 cyl) yg dipake di civic, crv pake SOHC
6. Mesin J series (6cyl) yg dipake di legend, accord V6, MDX pake SOHC....biasanya mesin 6 cyl Honda ada 2 versi SOHC buat mobil2 biasa kaya legend, MDX, Ridgeline...dan yg versi DOHC buat sports car NSX, tapi mungkin sejak NSX gak diprod lagi sejak 2005, Mesin J series pun gak dibuat lagi versi DOHCnya. CMIIW.

Jadi bisa diliat komposisi DOHC vs SOHC nya cukup berimbang.

Kalo soal dijual lebih mahal, saya rasa itu cuma strategi dagang aja. Kalo diliat dari bahan baku, labor cost, design, dll....kayaknya modal yg harus dikeluarin Honda sama aja dengan pabrikan lain. Mungkin dengan menjual produknya lebih mahal, bisa meningkatkan eksklusifitas/image Honda dibanding merek lain dan hopefully ujung2 nya bisa menggenjot sales. Soalnya Honda tau bahwa kalo mao ngelawan Toyota yg notabene adalah musuh bebuyutannya secara Head to Head, ya pasti Honda kalah karena kalah gede, kalah modal, juga kalah dari variety range produknya (Honda lebih sedikit variasi produknya)......ya IMO, sah2 aja sih kalo Honda punya strategi spt itu, Honda kan gak pernah maksa kita untuk beli produknya, keputusan akhir tetep di tangan kita. Itu juga menurut saya lho, bisa aja salah.

Ada juga SMers lain yg berasumsi bahwa Honda punya "Engineering life cycle" yg lebih cepat dari merek lain jadi perlu modal yg lebih gede jadinya ujung2nya harga jual jadi lebih mahal.......gak tau jg bener atau engganya.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: 10 Mobil Terlaris 2008 (Jan-Nov)

Post by Risol1 »

GTR wrote:karena belum ada rentang varian "sedan passanger" nya yg spec output besar spt v6turbo or v8 ke atas, variannya cuma ke n/a 4cyl dan v6.
Berarti Legend dulunya FWD ya? hehehe...kirain RWD :thanks: