mas sjamsul benar kok... hanya menurut saya voltage kendaraan yg perfect pada waktu berjalan adalah 14,4volt. dibawah itu artinya ada sortage.. tapi sampai 12,XX masih ditolerir (hati2...), 13,XX normal. setiap daerah/negara pada pabrikan otomotifnya tidak sama, ada yg pas 12volt dalam keadaan diam dan bergerak, ada yg seperti di indo... yaitu 12volt(engine off)-14,4volt(engine running) -- idealnya lho...
nah, utk bermain komponen tambahan ini sangat berpengaruh... anggap penggunaan car computer atau audio atau sistem lampu atau di ambulance atau yg lainnya. 14,4volt harus stabil. semendara org menggunakan batcap atau VSS atau sejenisnya utk itu.
dan, ini berpengaruh pada lampu. misalnya sekarang lagi model2nya pake led, orang umumnya membuat rangkaian utk led 12volt. ini salah, seharusnya utk 14,4volt (mendekati). makanya banyak pengunaan led yg cepat putus. berbeda dengan lampu led cabin yg hanya sekali2 dipasang, pasti awet... tapi jika led yg menyala konstan seperti lampu senja, tidak kuat.
ini juga berlaku pada lampu import yg berlabel 12volt, mungkin di negara asal nya tidak masalah...tapi berbeda dengan di indo, bukan 12volt, tapi 14,4volt.
di setiap komponen elektronik tambahan utk kendaraan, selalu disebut voltage 12-14volt (misal head unit), or just 12volt (misal lampu), or 12-24volt (misal charger), or else.
... dan tergantung jenis mobil, pada mobil lama ada pengaturan pengisian dari altenator (ket-out or apa namanya...), pada mobil baru sdh diatur sama komp.
so, menurut saya (rasanya) adalah wajar jika beberapa jenis lampu bisa awet (amin...) atau cepat putus.
maap kalo salah ya, mas... masih belajar.
