Abu2 wrote:setelah sekian lama gak tau mau nanya apa (karena memang gak ngerti ginian), akhir nya kali ini bertanya dah gw ama prof sjamsul...
gini prof,
adakah urutan prosedur lain untuk proses mengganti aki mobil. (bukan hanya melepas dan memasang jepitan pada kutubnya).?
misalnya : setelah melepas kutub2 nya, trus aki baru dipasang, lalu ada sesuatu hal yg dilakukan perangkat lain,spt, tape,ECU, sekring ... ato lain lainn deh..
tp tulung urutannya dari awal, dan komplit yaaa...
tulung ya prof
(kayaknya pertanyaannya bikin binun yah?

)
wlp rasanya ane dah pernah tulis, tapi buat bro kite yg letaknya nun jauh disana, ane tulisin lagi deh.
Cara ini harus dilakukan dg ekstra hati-hati, begini caranye:
1. pasang kabel jumper aki dulu, spt klo mau pancing aki. Tapi ingat yah kunci kontak dlm posisi OFF.
2. Pada aki lama yg dijepit adalah kleman akinya, setelah itu baru dilepas kleman akinya. Hal ini dilakukan agar si boil kaga ampe kehilangan kontak sama aki wlp hanya sebentar aja.
3. Dengan posisi kleman aki masih terpasang, aki lama bisa diangkat n diganti dg aki baru.
4. pasang kembali kepala akinya, tapi kabel pancingnya jangan dilepas dulu ampe kedua kleman aki dah terpasang dg baik.
5. Baru deh dilepas kabel jumpernya.
Hal spt ini biasanya diterapkan pada mbl eropa, ato kelas mahal ato klo kita kaga mau menyetel ulang audio pada mbl. Juga untuk menghindarkan mengeluarkan biaya reset.
Sekali lagi yah, hal ini harus dilakukan dgn teliti n hati2 spy kaga terjadi korslet. Klo ampe korslet biaya perbaikannya bisa jadi mahal, krn ada kemungkinan akan merusak komputer mbl tsb.
Nah, kira2 ngarti apa kaga neh?.
Klo masih ada pertanyaan nt tulis lagi aja, nanti siang ato malem ane pasti balas tulisan nt, krn sekarang ane mo banting tulang dulu neh............
