Perlakuan thd aki & embel2nye....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by Abu2 »

setelah sekian lama gak tau mau nanya apa (karena memang gak ngerti ginian), akhir nya kali ini bertanya dah gw ama prof sjamsul...
gini prof,
adakah urutan prosedur lain untuk proses mengganti aki mobil. (bukan hanya melepas dan memasang jepitan pada kutubnya).?

misalnya : setelah melepas kutub2 nya, trus aki baru dipasang, lalu ada sesuatu hal yg dilakukan perangkat lain,spt, tape,ECU, sekring ... ato lain lainn deh..
tp tulung urutannya dari awal, dan komplit yaaa...


tulung ya prof



(kayaknya pertanyaannya bikin binun yah? :e-think: )
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Abu2 wrote:setelah sekian lama gak tau mau nanya apa (karena memang gak ngerti ginian), akhir nya kali ini bertanya dah gw ama prof sjamsul...
gini prof,
adakah urutan prosedur lain untuk proses mengganti aki mobil. (bukan hanya melepas dan memasang jepitan pada kutubnya).?

misalnya : setelah melepas kutub2 nya, trus aki baru dipasang, lalu ada sesuatu hal yg dilakukan perangkat lain,spt, tape,ECU, sekring ... ato lain lainn deh..
tp tulung urutannya dari awal, dan komplit yaaa...


tulung ya prof



(kayaknya pertanyaannya bikin binun yah? :e-think: )
wlp rasanya ane dah pernah tulis, tapi buat bro kite yg letaknya nun jauh disana, ane tulisin lagi deh.
Cara ini harus dilakukan dg ekstra hati-hati, begini caranye:
1. pasang kabel jumper aki dulu, spt klo mau pancing aki. Tapi ingat yah kunci kontak dlm posisi OFF.
2. Pada aki lama yg dijepit adalah kleman akinya, setelah itu baru dilepas kleman akinya. Hal ini dilakukan agar si boil kaga ampe kehilangan kontak sama aki wlp hanya sebentar aja.
3. Dengan posisi kleman aki masih terpasang, aki lama bisa diangkat n diganti dg aki baru.
4. pasang kembali kepala akinya, tapi kabel pancingnya jangan dilepas dulu ampe kedua kleman aki dah terpasang dg baik.
5. Baru deh dilepas kabel jumpernya.

Hal spt ini biasanya diterapkan pada mbl eropa, ato kelas mahal ato klo kita kaga mau menyetel ulang audio pada mbl. Juga untuk menghindarkan mengeluarkan biaya reset.
Sekali lagi yah, hal ini harus dilakukan dgn teliti n hati2 spy kaga terjadi korslet. Klo ampe korslet biaya perbaikannya bisa jadi mahal, krn ada kemungkinan akan merusak komputer mbl tsb.

Nah, kira2 ngarti apa kaga neh?. :e-think: :e-think:
Klo masih ada pertanyaan nt tulis lagi aja, nanti siang ato malem ane pasti balas tulisan nt, krn sekarang ane mo banting tulang dulu neh............ :mrgreen:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by Abu2 »

ok ok cukup jelas..
trus, ada info jika mengganti aki, tanpa memakai aki jumper ?

pengerjaan untuk reset ECU, Audio dll....? gimana caranya?
mana resikonya lebih tinggi , mengganti aki langsung, atau mengganti dgn memakai aki jumper?
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by Abu2 »

eh...

yg nomor 4. pasang kembali......dst...

kapan yah dibukanya?
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by neo88 »

mecoba membantu... prop.. yg masi sibuk banting tulang Image.. tp bukan bermaksud menggurui lhoo....
sjamsul wrote: 3. Dengan posisi kleman aki masih terpasang, aki lama bisa diangkat n diganti dg aki baru.
dari langkah ke 3, yg neo bold itulahh saat dibukanya... heeheee :mrgreen:

smoga membantu...
maklumm prop kalo menjelaskan kite jd pada ga level... so.. musti teliti.. bacanyaa kalo ga.. bakalan LEWAT dehhh
:big_peace:

bukan begitu prop....? Image
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by Abu2 »

thanks neng Neo......gimana caranya ucapain thanks ama Neng neo yah....

emang nih si pak prof, di kiranya ane se lepel ama dia.. :frm_bang_head: :frm_bang_head:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Abu2 wrote:ok ok cukup jelas..
trus, ada info jika mengganti aki, tanpa memakai aki jumper ?

pengerjaan untuk reset ECU, Audio dll....? gimana caranya?
mana resikonya lebih tinggi , mengganti aki langsung, atau mengganti dgn memakai aki jumper?
mungkin yg dimaksud dik abu itu adalah tanpa memakai kabel jumper bukan aki jumper.

klo untuk reset ECU harus yg punya alatnye baru bisa, sedangkan reset audio tergantung ama merknya, coba aja tanyain ama yg pasang saat pemasangan n penyetelan audio, trus nt catat setelannye, spy saat ganti aki setelannye bisa balik spt semula.

resiko lbh tinggi dipandang dari sudut mana neh?. ntar klo salah kaseh komentar ane diprotes, khan ane bisa stress nehhhhh..........
Jadi ane kaseh jawabannye dari 2 sudut yg berbeda neh:
1. Klo secara orang awam sebaiknye serahkan aja ama beresnya, jadi nt kaga ada resiko.
2. Klo secara seorang propessssioooonallll spt seorang propesssooooorrrrr aki yg pasti adalah mengganti pake kabel jumper, krn selain ane dah punya kabel jumper yg terbaik (menurut ane n para pemakenye) juga didukung oleh ketelitian dlm memasang aki. Khan namanye aja dah propesssooorrrrr aki..... hehehe......... ane kaboer dulu ahhh takut dibilang sombong lagi neh..................... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Abu2 wrote:thanks neng Neo......gimana caranya ucapain thanks ama Neng neo yah....

emang nih si pak prof, di kiranya ane se lepel ama dia.. :frm_bang_head: :frm_bang_head:
gampang aja kok, nt tinggal beliin aja aki basah buat motornye neng neo.........hehehe......

makanye klo mo selepel ama ane gampang aja sih, tinggal baca yg teliti n klo masih kurang jelas nt tanya lagi ampe jelas n ane kaga bakalan bosen deh menjelaskannya........, ampe nt benar2 ngarti................ :big_smoking:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

neo88 wrote:mecoba membantu... prop.. yg masi sibuk banting tulang Image.. tp bukan bermaksud menggurui lhoo....
sjamsul wrote: 3. Dengan posisi kleman aki masih terpasang, aki lama bisa diangkat n diganti dg aki baru.
dari langkah ke 3, yg neo bold itulahh saat dibukanya... heeheee :mrgreen:

smoga membantu...
maklumm prop kalo menjelaskan kite jd pada ga level... so.. musti teliti.. bacanyaa kalo ga.. bakalan LEWAT dehhh
:big_peace:

bukan begitu prop....? Image
tepat sekali, wah seneng deh ane ada yg bantuin. Ini adalah contoh pembaca yg baik n teliti. :cupss:

benar sekali neh neng neo, sekali lagi :cupss:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by doq »

kok sy jd merinding ya ngebayangin oom sjamsul cipika-cipiki sm neo....
















................ :ngacir: :glodak:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

doq wrote:kok sy jd merinding ya ngebayangin oom sjamsul cipika-cipiki sm neo....
................ :ngacir: :glodak:
khan ceritanye neo itu spt gambar avatarnye...........jadi neng neo........ :frm_bang_head: :frm_bang_head: :ngacir: :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by doq »

oom sjamsul.........oom sjamsul.............inget ama bu sjamsul yaaaaa :e-naughty: :big_weee:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by Abu2 »

Berarti kalo mau ganti batere, ya perlu aki lain buat dijumper khan? Nah pd saat dijumper spt pak prof bilang, batre lama dicopot dan diganti ama batre baru. Itu dgn kondisi kable jumper masih terhubung ke klem kabel aki, dan suply tenaga ke mobil tdk terputus.
Artinya, dalam konteks kalimat ini, ada 3 biji batre yg sdg dibicarakan. Bener gak prof?
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by doq »

kayanya cuma perlu 2 aki tu oom, yaitu aki yg baru dan aki yg mau d ganti(msh nempel d mobil) :e-think:
mungkin lebih simpelnya gini kali ya.......

-sebelum kabel pada aki yg lama d cabut........ambil dulu kabel jumper yg panjangnya cukup(positip-negatip)

-kabel jumper d sambungin ke masing2 terminal aki yg baru

-lalu ujung masing2 kabel jumper yg masih bebas, d sambung ke klem(kabel) positip-negatip pada aki yg lama..........inget........d sambung ke klem lho.....bukan ke terminal aki yg lama

-trus......... klem yg menempel di aki yg lama baru boleh d cabut......

STOP!! ........................ berarti kondisinya sekarang = kabel positip-negatip mobil dalam keadaan terlepas dari aki lama................................................tapiiii klem-nya
terhubung dengan kabel jumper....................yg juga terhubung ke terminal positip-negatip aki baru

so...aki lama bisa d angkut keluar n di gantiin sama aki baru.....tanpa perlu mengalami gangguan elektronik lainnya




bener g ya penjelasan sy? :e-think:
uda panjang lebar malahan salah ney...... :e-doh:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by neo88 »

ntu... berdasarkan pengalaman... diskusi ama ente.... Image
sjam wrote: gampang aja kok, nt tinggal beliin aja aki basah buat motornye neng neo.........hehehe......
wahh.. mubasirr atu prop neo kan dahh beli... yg blon ban heehehehee..... :big_weee:
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Abu2 wrote:Berarti kalo mau ganti batere, ya perlu aki lain buat dijumper khan? Nah pd saat dijumper spt pak prof bilang, batre lama dicopot dan diganti ama batre baru. Itu dgn kondisi kable jumper masih terhubung ke klem kabel aki, dan suply tenaga ke mobil tdk terputus.
Artinya, dalam konteks kalimat ini, ada 3 biji batre yg sdg dibicarakan. Bener gak prof?
Bukan 3 biji batre, tapi cukup 2 aja. 1 buah yg lama (yg akan diganti), satu lagi ama aki baru (yg akan dipasang ke mbl). Begitu........maksudnye...... :mrgreen:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

doq wrote:kayanya cuma perlu 2 aki tu oom, yaitu aki yg baru dan aki yg mau d ganti(msh nempel d mobil) :e-think:
mungkin lebih simpelnya gini kali ya.......

-sebelum kabel pada aki yg lama d cabut........ambil dulu kabel jumper yg panjangnya cukup(positip-negatip)

-kabel jumper d sambungin ke masing2 terminal aki yg baru

-lalu ujung masing2 kabel jumper yg masih bebas, d sambung ke klem(kabel) positip-negatip pada aki yg lama..........inget........d sambung ke klem lho.....bukan ke terminal aki yg lama

-trus......... klem yg menempel di aki yg lama baru boleh d cabut......

STOP!! ........................ berarti kondisinya sekarang = kabel positip-negatip mobil dalam keadaan terlepas dari aki lama................................................tapiiii klem-nya
terhubung dengan kabel jumper....................yg juga terhubung ke terminal positip-negatip aki baru

so...aki lama bisa d angkut keluar n di gantiin sama aki baru.....tanpa perlu mengalami gangguan elektronik lainnya




bener g ya penjelasan sy? :e-think:
uda panjang lebar malahan salah ney...... :e-doh:
betul banget neh, nt mengerti maksud penjelasan ane n nt bisa bikin lbh simple jawabannye.
:thanks:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by Abu2 »

Hmmmm...trus setelah batere lama di copot, kondisi terakhir mnrt penjelasan om doq dan prof adlh, kabel jumper ada di +- aki baru, dan ujung yg lain, menjepit klem kabel aki bawaan mobil.
Trus di biarin gitu ajakah? Koq gak ada lanjutannya..? :e-think: ... :D
Kabel aki bawaan mobil(yg dijepit oleh kabel jumper dibagian klemnya) khan msh harus dipasang ke kutub +- nya..

Lanjutin dong yg lengkap... :D..biar yg nubie kayak gw bs paham dgn jelas....hi..hi....hi
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Abu2 wrote:Hmmmm...trus setelah batere lama di copot, kondisi terakhir mnrt penjelasan om doq dan prof adlh, kabel jumper ada di +- aki baru, dan ujung yg lain, menjepit klem kabel aki bawaan mobil.
Trus di biarin gitu ajakah? Koq gak ada lanjutannya..? :e-think: ... :D
Kabel aki bawaan mobil(yg dijepit oleh kabel jumper dibagian klemnya) khan msh harus dipasang ke kutub +- nya..

Lanjutin dong yg lengkap... :D..biar yg nubie kayak gw bs paham dgn jelas....hi..hi....hi
Nampaknya dah cukup jelas, tapi klo kaga ngarti juga silahkan nt datang ke tempat ane. Nanti ane jelasin sejelas2nye. :big_weee:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by doq »

curiga oom abu2 lg ngerjain ney........... :big_slap:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

doq wrote:curiga oom abu2 lg ngerjain ney........... :big_slap:
nampaknya sih begitu neh.......... :big_smoking:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by Abu2 »

Lah, itu cerita terakhir khan kondisinya batre lama dah dilepas,
Dan batre baru blm terpasang, ttp kabel jumper masih terpasang di batere baru, dan ujung kabell jumper yg lain, masih menjepit, kleman kabel betre bawaan mobil.

Nah, apa langsung pasang aja tu kabel batre ke batere/aki yg baru, dgn kondisi kabel jumper masih menjepit?

Gak beranilah ane ngerjain.....ane khan org baik2....
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Abu2 wrote:Lah, itu cerita terakhir khan kondisinya batre lama dah dilepas,
Dan batre baru blm terpasang, ttp kabel jumper masih terpasang di batere baru, dan ujung kabell jumper yg lain, masih menjepit, kleman kabel betre bawaan mobil.
iya deh, setelah itu aki baru dipasang di boil, trus kleman akinya juga dipasang dulu kedua2nya sebelum akhirnya kabel jumper dilepas. Jadi intinye tuh, perhatikan yah, boil tsb kaga boleh kehilangan sumber daya yg berasal dari aki, spy nt kaga usah reset lagi.
Ngarti apa kaga neh?. :e-think: :e-think:
Klo maseh kaga ngarti juga ntar ane bilangin boss andy loh, klo ane dikerjain ama si abu2......... hiks.........
Abu2 wrote:Gak beranilah ane ngerjain.....ane khan org baik2....
kata siapa?. :big_weee: :big_weee:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by Abu2 »

Nah gitu dong prop, jd prop itu kudu detil dan yg lengkap. Kalo gini, ane pun jd ngerti sengerti2nya. :D, makasih ya prop,

Oh ya, yg bilang ane baik ya ane sendirilah...khan td ane yg nge post...gimane sehprop ini??? :P
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by Abu2 »

Nah gitu dong prop, jd prop itu kudu detil dan yg lengkap. Kalo gini, ane pun jd ngerti sengerti2nya. :D, makasih ya prop,

Oh ya, yg bilang ane baik ya ane sendirilah...khan td ane yg nge post...gimane sehprop ini??? :P