Fortuner Main Akrobat
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Fortuner Main Akrobat
oh iyah pernah liat, kw di sana test drive tuh mesti kya gini.... hehehe.. d youtube bnyk tuh.. test drive SUV pasti treknnya ada yg kya gini...
btw.. yg di sana sih fortinnya enak tu.. ada LSDnya sma kyannya punnya kontrol traksi, yg ngankat bannya enggak ikut muter..
thx

btw.. yg di sana sih fortinnya enak tu.. ada LSDnya sma kyannya punnya kontrol traksi, yg ngankat bannya enggak ikut muter..
thx

Re: Fortuner Main Akrobat
Yg Indonesia tipe V juga ada bro...Torsen LSD, cuman...400 juta, mendingan beli sawah hehehe
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Fortuner Main Akrobat
traction control kan nda ada om? ESP gtu?
syangnnya forti tu cuma 2 .. mesin dan hargannya aja....
thx

syangnnya forti tu cuma 2 .. mesin dan hargannya aja....

thx

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Fortuner Main Akrobat
kalau traction control dlm arti spt F1, yg mendeteksi spin nya ban lalu mematikan pengapian (berhubungan dg engine management), then si Fortie 4x4 nggak dilengkapi itu.
tp, yg dia punyai adalah Torque Sensing.... dlm arti: men-sense torque kalau ada sisi roda yg "lepas"...maka lalu tenaga dialihkan ke sisi roda yg masih punya grip.
spt terlihat di video itu... ban blkg kiri yg ngegantung itu nggak muter kan...?
kalau pada diff gear yg konvensional, tentu saja roda yg muter adlh yg ngegantung...
memang bisa jg dibilang bahwa Fortie 16 tu mempunyai salah satu algoritma ESP... meskipun dlm bentuk yg sederhana, nggak secomplicated ESP yg serius, spt pada Touareg.. dimana yg di-sense adalah banyak parameter, lalu mengaktuasikannya bahkan sampai ke autobraking dsb.
selain itu, utk posisi transfer-gear HH only (dobel gardan permanen dg distribusi 60-40), Fortie 4WD jg punya LSD (yg perannya akan diambil alih oleh Torque Sensing itu td, kalau posisi transfer-gear di HL dan LL).
harganya,
bahkan kalaupun Fortienya yg ditanemi 4 ltr engine....bukannya itu tetep lbh murah dibanding Defender atau Disco, bro ?
tp, yg dia punyai adalah Torque Sensing.... dlm arti: men-sense torque kalau ada sisi roda yg "lepas"...maka lalu tenaga dialihkan ke sisi roda yg masih punya grip.
spt terlihat di video itu... ban blkg kiri yg ngegantung itu nggak muter kan...?
kalau pada diff gear yg konvensional, tentu saja roda yg muter adlh yg ngegantung...
memang bisa jg dibilang bahwa Fortie 16 tu mempunyai salah satu algoritma ESP... meskipun dlm bentuk yg sederhana, nggak secomplicated ESP yg serius, spt pada Touareg.. dimana yg di-sense adalah banyak parameter, lalu mengaktuasikannya bahkan sampai ke autobraking dsb.
selain itu, utk posisi transfer-gear HH only (dobel gardan permanen dg distribusi 60-40), Fortie 4WD jg punya LSD (yg perannya akan diambil alih oleh Torque Sensing itu td, kalau posisi transfer-gear di HL dan LL).
harganya,
bahkan kalaupun Fortienya yg ditanemi 4 ltr engine....bukannya itu tetep lbh murah dibanding Defender atau Disco, bro ?
Re: Fortuner Main Akrobat
Yang punya 4x4 kan cuman yang 2.7 VVT-i, 3.0D4D, dan 4.0 VVT-i. Midsize SUV 400 juta (baru, Indonesian market) mana yang punya Torsen LSD dan traction control sepeti bro Billy bilang? Setau saya 4WD Everest juga nggak ada traction control.billyd1773dz wrote:traction control kan nda ada om? ESP gtu?
syangnnya forti tu cuma 2 .. mesin dan hargannya aja....
![]()
thx
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Fortuner Main Akrobat
wah jelas bukan traction control d F1 om... yg sya masksud kya di trainresponse nya landi atau quadradrive II nya jeep, yg mendeteksi roda yang gantung d udara terus di rem, hasilnnya semua power akan di alih kan ke roda yang punnya traksi.andy1800 wrote:kalau traction control dlm arti spt F1, yg mendeteksi spin nya ban lalu mematikan pengapian (berhubungan dg engine management), then si Fortie 4x4 nggak dilengkapi itu.
tp, yg dia punyai adalah Torque Sensing.... dlm arti: men-sense torque kalau ada sisi roda yg "lepas"...maka lalu tenaga dialihkan ke sisi roda yg masih punya grip.
spt terlihat di video itu... ban blkg kiri yg ngegantung itu nggak muter kan...?
kalau pada diff gear yg konvensional, tentu saja roda yg muter adlh yg ngegantung...
memang bisa jg dibilang bahwa Fortie 16 tu mempunyai salah satu algoritma ESP... meskipun dlm bentuk yg sederhana, nggak secomplicated ESP yg serius, spt pada Touareg.. dimana yg di-sense adalah banyak parameter, lalu mengaktuasikannya bahkan sampai ke autobraking dsb.
selain itu, utk posisi transfer-gear HH only (dobel gardan permanen dg distribusi 60-40), Fortie 4WD jg punya LSD (yg perannya akan diambil alih oleh Torque Sensing itu td, kalau posisi transfer-gear di HL dan LL).
harganya,
bahkan kalaupun Fortienya yg ditanemi 4 ltr engine....bukannya itu tetep lbh murah dibanding Defender atau Disco, bro ?
pengalaman sya pke mobil ber LSD rupannya percuma saja LSD itu... pernah sya coba Country bokap, sya dongkrak ban blkng sebelah, kemudian TC d 2H, sya gas.. ngelos tuh, tetep aja yg muter hannya sebelah, klw d 4H-partime jelas langsung maju, klw d 4H-fulltime tetep aja cuma yg ngankat muter, karena center diffnya jadi open (partime:center diff lock, fulltime: center diff open).
penasaran nyoba mobil yang rada baruan, tidak tanggung2 grandcherokee juga sya coba.. karena defaultnnya sudah 4Fulltime kya forti, sekalian aja di ajak masuk trek oprut..... hehehe langsung kelihat axle blkng yang ada LSDnya tetep aja muter sebelah2...
jadi kyannya ni forti yg d vid rada beda dgn d indo Torque Sensing (torsen) ini berada di transfercase benar bngt om andy, saat aksel dia membagi 60:40 saat d rem menjadi 30:70. torsen juga berfungsi mengunci transfercase saat mendeteksi ada yang slip. TAPI slip yang dimana dulu?kemudian yang mana dulu yang di kunci? Torsen hannya bisa mengunci center differential d transfercase menjadi 50:50. ber arti fungsinnya merubah sistem 4fulltime ke 4Partime secara otomatis dan hannya sesaat untuk lolos dri rintangan. bearti dia tetep saja tidak bisa menjamin traksi roda kanan dan kiri. lain kasus klw torsennya ada di diff blkng atw depan. sistem jadi kya quadradrive I d Grandcherokee gen 2(WJ) yang ini baru berusaha memindahkan torsi ke roda kanan dan kiri agar bisa 50:50 fungsinnya mirip LSD tpi bukan sistem kopling, ini dgn hydrolik yg di atur komputer Quadradrive II GC gen3(WK)di tambah lagi dgn tracksioncontrol elektronik lewat rem.
konfigurasi transfercase forti itu 4H (4Fulltime)-4HLC(4partime)-4LLC(partime low lock)
torsen itu sebutan lain buat torque on demand/ torque split converter d ford escape, atw small suv 4wd(xtrail,crv) lainnya. dan prakteknnya tidak terlalu usefull. hannya mendeteksi bila slip, baru memindahkan ke sistem part-time, otomatis dan hannya sesaat. bila ingin terus menerus bisa di pindahkan tuasnnya ke partime. dan sama sekali bukan kunci kemampuan daya jelajah. tetap saja lebih aman d mode part time
bedannya forti di tambahin low gir, klw ada GV 4wd masuk indo, sistemnnya sama persis hanya model putar/tombol dan masih ada 2H klw masuk indo pasti lebih murah dri forti
hehehe yang di video enggak tau kebetuan itu kok aneh yg gantung diem.... klw itu di d bantu LSD yang ngunci bannya tidak diam tpi ikut mutar bareng dgn ban sebelahnya. beda klw itu memang d rem oleh TC... persis kya prado juga punnya TracsionControl kya gini.. bearti nambah daftar spek down kli yah?
grandvitara juga harusnnya ada tuh traction control, klw pasar asiatenggara kyannya enggak bgtu perhatian
everest, tidak ada yang namannya torsen, atau traction control, torsen tidak di perlukan di sini, karena pasar everest 4x4 untuk fleet bukan untuk harian. terlihat dri posisi jok yg 10s. sedangkan traction control di forti asia tenggara ini kyannya di cabut, karena part ini mahal, dan tidak kasat mata, sekali lagi di anggap user sini tidak membutuhkannya.
kemampuan offroadnnya gw yakin forti lebih jago d banding everest,seperti yang gw bilang masalahnnya di harga dan mesin. klw 2 hal ini bisa bersaing dgn ford gw enggak ragu ambil hati ke forti.
sedangkan ford bermasalah d panjang dan sudut approch ram over departure yg tidak sebaik forti.
semoga bisa di mengerti.

Re: Fortuner Main Akrobat
Saya mah gak ngerti off road...tapi setau saya Fortuner 4WD dimana mana sama aja. Gak pernah baca Fortuner South Africa misalnya...pake 4WD system yang lebih canggih...
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Fortuner Main Akrobat
^^
hehehe anda lihat d south africa
tak teliti rupannya ada yang lebih "gila" dan canggih dri sebuah kontrol traksi, d forti sana yang enggak ada d forti sini. hebatnnya di gunakan sebagai standar lagi... toareg kya gitu menjadikannya opsi.
yaitu ada 2 differential lock... tengah dan belakang... gearbox maticnnya juga 5 speed
prado yang ad TRCnya.. tpi enginennya malah masih 1KZ-TE GB nya 4 speed dan tampa rear difflock. gw curiga yg di indo GBnya diambil dri varian ini kimpoin dgn engine 2,7nya... TRC VSC dllnya d cabutin... juga fungsi 2nd start,torque control dll juga di cabutin.... aslinnya jauh lebih canggih dari yang di indonesia...
cuma gini aja udah tembus 400jt apa lagi di lengakpin versi ZA yg d masukin...

hehehe anda lihat d south africa
tak teliti rupannya ada yang lebih "gila" dan canggih dri sebuah kontrol traksi, d forti sana yang enggak ada d forti sini. hebatnnya di gunakan sebagai standar lagi... toareg kya gitu menjadikannya opsi.
yaitu ada 2 differential lock... tengah dan belakang... gearbox maticnnya juga 5 speed
prado yang ad TRCnya.. tpi enginennya malah masih 1KZ-TE GB nya 4 speed dan tampa rear difflock. gw curiga yg di indo GBnya diambil dri varian ini kimpoin dgn engine 2,7nya... TRC VSC dllnya d cabutin... juga fungsi 2nd start,torque control dll juga di cabutin.... aslinnya jauh lebih canggih dari yang di indonesia...
cuma gini aja udah tembus 400jt apa lagi di lengakpin versi ZA yg d masukin...

Re: Fortuner Main Akrobat
Betul juga bro billy...yg ZA 4.0 V6 4x4 autonya 5 speed dan 2 lock...
Tapi di Indonesia untuk harga 400 juta (baru) kalo liat peta persaingan dengan harga Everest masih OK lah...emang Fortuner kayanya dapet barang2 sisa Prado yang lamaan kayanya...yah harga cuman segitu mana dapet yg canggih2 kaya VSC
Tapi di Indonesia untuk harga 400 juta (baru) kalo liat peta persaingan dengan harga Everest masih OK lah...emang Fortuner kayanya dapet barang2 sisa Prado yang lamaan kayanya...yah harga cuman segitu mana dapet yg canggih2 kaya VSC
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 629
- Joined: Fri Apr 06, 2007 1:37
- Location: Jakarta Selatan
Re: Fortuner Main Akrobat
Kalo yg ini termasuk akrobat juga ? Hehehe...






ID42NER - TOYOTA FORTUNER CLUB OF INDONESIA
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Fortuner Main Akrobat
hehehe...sip dah...akrobat juga tuh....
btw, knapa nopol-nya ditutupin pak...? PeDe aja lagi....
pak rudi yg mana tuh?


btw, knapa nopol-nya ditutupin pak...? PeDe aja lagi....

pak rudi yg mana tuh?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Fortuner Main Akrobat
^^
hehehe keren gan......
walau 4x2 tetep gas pol....
btw napa tu d dongkrak?kempes ban?

hehehe keren gan......
walau 4x2 tetep gas pol....
btw napa tu d dongkrak?kempes ban?

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Fortuner Main Akrobat
klw dbanidng everest.... masalah harga di lupain aja, soalnnya dri kemewaha dan kelengkapan interior forti V menang jauh dri everest 4x4.. ada 1 point lgi yaitu mesinnya bos... klw yg 1KD-FTV harga 400jt 4x4 pasti masuk top list suv gw tu....
thx

thx

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: Fortuner Main Akrobat
billy, bener2 anda mestinya amil jurusan lain..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Fortuner Main Akrobat
fortuner bro relisar keren banget euy
akrobatnya bagus tuh
akrobatnya bagus tuh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Fortuner Main Akrobat
fortuner bro relisar keren banget euy
akrobatnya bagus tuh
akrobatnya bagus tuh
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Fortuner Main Akrobat
serem , keren euy 42 ner di bikin kek gitu, pake fender bushwacker, pelek beadlock..ban MT..buset dah keren bener fortie nya...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 629
- Joined: Fri Apr 06, 2007 1:37
- Location: Jakarta Selatan
Re: Fortuner Main Akrobat
Bukan tapi cukup memalukan, pernya lepas, karna down travel terlalu panjang harus pasang limiter strap. Untung ada liftjack kalo ngga ada ngga bisa pulang tuhbillyd1773dz wrote:^^
hehehe keren gan......
walau 4x2 tetep gas pol....
btw napa tu d dongkrak?kempes ban?

ID42NER - TOYOTA FORTUNER CLUB OF INDONESIA
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Fortuner Main Akrobat
^^
shocknnya kepanjangan yah om?
dri pada limiter strap mending, om ganti per yang lebih panjang, atau buat braket per custom, yang bisa ngiket per itu... jadi klw lgi ngulur travelnnya, pernnya enggak kemana2.... atau di buat sengaja pernnya yang bisa lepas... terus bisa balik lagi.. asik tuh.. braketnnya yg d rubah dikit...
klw 4x2 senjatannya biar tetep indehoy, memang suspensinnya terutama yg belkang mesti super lentur...
sip.. keren bngt fortinya om....
thx

shocknnya kepanjangan yah om?
dri pada limiter strap mending, om ganti per yang lebih panjang, atau buat braket per custom, yang bisa ngiket per itu... jadi klw lgi ngulur travelnnya, pernnya enggak kemana2.... atau di buat sengaja pernnya yang bisa lepas... terus bisa balik lagi.. asik tuh.. braketnnya yg d rubah dikit...
klw 4x2 senjatannya biar tetep indehoy, memang suspensinnya terutama yg belkang mesti super lentur...
sip.. keren bngt fortinya om....





thx
