Khusus TOP SPEED - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

Risol1 wrote:
paddock wrote:Klo start dengan spin sangat akurat start aja di atas mesin dyno,.wakakaka
makanya bro Paddock liat lagi tulisan saya diatas.....
saya gak bilang sangat akurat, tapi sangat valid sbg metode pengetesan (apalagi dibanding metode gelinding)

karena begini:
Kalo mao bener2 mendapat hasil terbaik/tercepat untuk 0-100kpj, semua mobil terutama yg MT harusnya pake launch control kaya yg dipake sama mobil2 sekelas ferrari. karena launch control itu bisa mengkalkulasi scr elektronik kombinasi antara traksi dan tenaga terbaik pada saat start, jadi start gak pake spin dan mobil start sendiri....kita gak perlu lakukan apa2.....)

Kontrol traksi saja sebenernya tidak cukup untuk mendapat hasil waktu terbaik karena:
kalo kontrol traksi ON, spt kata bro roadtrain99, mobil akan berasa ngeden pada waktu kita bejek gas pada saat akselerasi karena kontrol traksi akan interfere......, Kalo kita OFF kan, maka mobil akan spin.
Jadi memang yg paling ideal itu kalo kita pake Launch Control........

TAPI.....gimana kalo kita ngetes mobil2 yg gak punya kedua fitur itu?? (launch control dan kontrol traksi)....macam sekelas accord/galant/soluna, dll??
Kalo kedua fitur gak ada, berarti kita cuma punya satu cara yg paling valid yaitu start dengan spin.....

Kalo ngetes mobil yg punya kontrol traksi, bisa dibikin 2 kategori sebenernya:
kontrol traksi OFF dan kontrol traksi ON.........nah menurut saya keduanya cukup valid karena gak ada interfensi dari "faktor feeling" si tester.
Tapi majalah2 (termasuk juga majalah2 dalam negeri yg ente lebih percayai), gw bilang juga memakai cara kontrol traksi OFF (cara spin) karena biasanya hasil lebih cepat.
prinsipnya launch tuh dibuat untuk mengurangi kesalahan start akibat driver misal spin yg kelamaan dll,.
Tapi untuk pembalap mahir,launch control ga perlu,bahkan waktunya bisa lebih cepat dari LC..

Btw kebanyakan memang LC lebih cepat ketimbang non LC walau ga semua juga..

Tapi gue ga setuju klo start yang valid dengan cara spin. Yang terbaik justru ditengah2nya,.Ga spin juga ga terlalu lambat kaya kita keluar parkir..

Klo spin itu cara paling valid,spin sekalian aja di mesin dyno
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

@ Risol
Masalah Jaguar 3000 cc kok kalah ma Innova 2.7
Padahal 240 HP vs 160an HP

Benernya ga kalah sih karna jaguar dapet 9,4 detik innovanya dapet 9,7 detik
Gini ye,Hp tinggi ga selalu kenceng,.Pengalaman di sentul 130 Hp bisa menang lawan 180 atau 200 hp,.Ga percaya? membernya orang sini juga kok yang punya 130 hp,.

Bisa jadi
1.Kesalahan driver waktu start ato bawa jaguar,sedangkan yg bawa innova lebih pinter

2.Bobot jaguar lebih besar.Paling berat justru waktu dari diem ke gerak.Karena harus melawan 2 gaya berturut2 yaitu gesekan saat koefisien gesekan statis dan dilanjutkan kinetis waktu gerak.Nah bobot disini yang sangat mempengaruhi
Dengan mobil macam Celica 2ZZGE 0-100 kph bisa nyamain Ford Mustang (bukan yang GT 500 loh)

3.Gearboks dan karakter mesin..Banyak mobil dengan cc besar dan daya besar terhambat oleh transmisi.Misal Aston martin vanquish 6000 cc V12 yang bisa ditempel 360 Modena (3600 cc V8) tuk 0-100 km/h
Mungkin di jaguar ngejar halus jadi hasil akselerasi sedikit lambat
Ingat power mesin dalam kenyataan ga linear dengan kecepatan atau waktu yang dihasilkan karna masih banyak aspek lain..
jangankan Innova yang 2.7,gue juga heran Jaguar bisa kalah ma Civic 2.0 matik klo sama2 liat test autobild

4.Mungkin juga ATPMnya ga rela mobilnya digeber2..
Maklum penjualan mereka di Indo berapa sih? Ga banding ma mobilnya klo rusak karna sering digeber2 ma media.
Tapi harusnya ga sih,justru mereka untung klo digeber2 karna hasil akselerasinya jadi bagus.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

paddock wrote: Makanya bro definisikan spin Loe.,

Lu sendiri bilang hasil spin sangat valid,tapi spin kaya gimana? menurut gue spin sampe 40 km/h tuh sudah worse,.

Makanya itu karena lu ga berikan penjelasan mengenai spin yang valid,ya gue bilang klo spin sampe 100 km/h (mungkin spin diatas es,bisa dihitung valid dunk)

Jangan anda menyalahkan orang lain tapi berkaca dan koreksi dulu pernyataan anda..Bisa jadi yang salah bukan saya saja tapi anda juga salah.
Yg ngomong spin dari 0-45kpj itu bro LowSpeed. Gw sih cuma ikutin aje maonya kubu lu....
neh lu liat sendiri:
LowSpeed wrote: video 1: accord bro jose gen7 2.4L M/T
hitungan gua 0 - 100km/h = 8.0 sec (isi 2 orang, start dengan high rpm , spin banyak 0-40-45 km/h)
http://kaskus.us/showpost.php?p=35208376&postcount=25
Gw gak pernah buat2 sendiri tuh informasi spin sampe 45kpj......soalnya gw orangnya percaya aja sama omongan orang sampe terbukti bullsh*t. jadi kalo mo komplain ttg spin, kompalin ke bro LowSpeed, karena gw cuma ngikutin aja dari pernyataan bro LowSpeed.

Sekali lagi yg gw tanya cuma simple: "Kenapa waktu speedo nunjukin 100kpj dan udah berjalan normal alias ban engga spin (walaupun mobil start dengan cara spin di 0-45kpj pertama), elu bisa bilang bahwa mobil tetep bukan jalan di kecepatan realnya (100kpj)???......elu gak pernah kasi jawaban yg masuk logika, yg ada malah ngomong ke sana kemari.
Kalo lu bisa kasi jawaban yg memuaskan dan masuk logika, gw udah diem dari kemaren2......

Pernyataan mana yg elo mao gw tarik? sebutin disini!
Gw orangnya cukup fair, kalo emang gw salah ngomong/salah data, gw tarik.....
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

paddock wrote:Ngapain juga start mobil selalu spin,justru merugikan waktu.Coba buka rpm di 2500,klo kondisi ban baik juga kaga spin.
Mobil gue buka di 3000 rpm juga ga spin.Mungkin ferrari buka di 5000 ga spin who knows?

Bisa buyar deh klo semua media otomotif ikutin cara loe klo 0-100 km/h musti pake spin..

Ga semua tester majalah otomotif di sini geblek sampe spin2 panjang ato ga perlu
Klo sekelas Fitra Eri pembalap sentul masak spin seh?
Klo sekelas kita masih wajarlah spin..
Jah....dari kemaren gw juga udah setuju sama point ente.....coba cek comments gw kemaren2.
spin malah memperlambat waktu....
Gw juga gak pernah bilang tester sini geblek2.

Kalo memang bisa start tanpa spin dan YAKIN BAHWA STARTNYA BISA MENGKOMBINASI/MENGAKOMODIR TRAKSI TERBAIK DENGAN POWER MAKSIMAL, ya bagus lah....berarti orang itu feeling di kakinya udah bisa menyamai ke-presisian launch control yg diatur scr elektronik, TAPI yg bisa kayak gitu gak banyak bro......Tester2 luar juga gak pada bisa, buktinya dia2 orang juga di-spin startnya. Tapi yg gw bilang itu, start spin mrpk metode yg valid, apalagi dibanding start gelinding (jalanin dulu mbl pelan, lalu langsung di bejek......karena deviasi nya lebih banyak).

Biasanya media juga pake spin (gw gak pernah liat wartawan otomotif indo ngetes mobil, tapi kalo media luar biasanya dispin). Nah sekarang dibalik aja deh, ente tau darimana tuh wartawan metodenya kaga di-spin?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

paddock wrote: prinsipnya launch tuh dibuat untuk mengurangi kesalahan start akibat driver misal spin yg kelamaan dll,.
Tapi untuk pembalap mahir,launch control ga perlu,bahkan waktunya bisa lebih cepat dari LC..
betul gw setuju, tapi yg namanya mobil semakin liar tenaganya (baca: gede), semakin susah buat start dengan benar, makanya mobil2 sekelas ferrari, lambo lah yg dipakein launch control. Tapi bagaimana pun juga pake LC tetep lebih presisi startnya daripada pembalap ahli sekalipun karena tetep aja orang gak bisa lawan system, kecuali mungkin testernya ferrari (orang yg ngerti bener, maenan sehari2....)
paddock wrote: Tapi gue ga setuju klo start yang valid dengan cara spin. Yang terbaik justru ditengah2nya,.Ga spin juga ga terlalu lambat kaya kita keluar parkir..
Klo spin itu cara paling valid,spin sekalian aja di mesin dyno
sekali lagi gw gak pernah bilang spin = metode PALING VALID, gw cuma bilang spin metode yg VALID/SANGAT VALID.
Dari kemaren gw juga bilang yg paling tepat ATAU YG PALING CEPAT WAKTU PEROLEHANNYA itu yg tengah2 (baca: pake launch control, atau menurut bro Paddock startnya seorang pembalap yg bisa mengatur kombinasi traksi terbaik pada power terbesar alias sebenernya ya launch control juga). Gw udah bilang itu kemaren2, tapi yg gw bilang juga bahwa mobil2 kaya accord/galant gak ada fitur LC dan juga testernya punya skill yg gak bisa nyamai system LC.
JAdi gimana?? ya menurut gw paling tepat di-spin daripada cara gelinding.......Jangan dibalik2 argumennya bro.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

paddock wrote:@ Risol
Masalah Jaguar 3000 cc kok kalah ma Innova 2.7
Padahal 240 HP vs 160an HP

Benernya ga kalah sih karna jaguar dapet 9,4 detik innovanya dapet 9,7 detik
Gini ye,Hp tinggi ga selalu kenceng,.Pengalaman di sentul 130 Hp bisa menang lawan 180 atau 200 hp,.Ga percaya? membernya orang sini juga kok yang punya 130 hp,.

Bisa jadi
1.Kesalahan driver waktu start ato bawa jaguar,sedangkan yg bawa innova lebih pinter

2.Bobot jaguar lebih besar.Paling berat justru waktu dari diem ke gerak.Karena harus melawan 2 gaya berturut2 yaitu gesekan saat koefisien gesekan statis dan dilanjutkan kinetis waktu gerak.Nah bobot disini yang sangat mempengaruhi
Dengan mobil macam Celica 2ZZGE 0-100 kph bisa nyamain Ford Mustang (bukan yang GT 500 loh)

3.Gearboks dan karakter mesin..Banyak mobil dengan cc besar dan daya besar terhambat oleh transmisi.Misal Aston martin vanquish 6000 cc V12 yang bisa ditempel 360 Modena (3600 cc V8) tuk 0-100 km/h
Mungkin di jaguar ngejar halus jadi hasil akselerasi sedikit lambat
Ingat power mesin dalam kenyataan ga linear dengan kecepatan atau waktu yang dihasilkan karna masih banyak aspek lain..
jangankan Innova yang 2.7,gue juga heran Jaguar bisa kalah ma Civic 2.0 matik klo sama2 liat test autobild

4.Mungkin juga ATPMnya ga rela mobilnya digeber2..
Maklum penjualan mereka di Indo berapa sih? Ga banding ma mobilnya klo rusak karna sering digeber2 ma media.
Tapi harusnya ga sih,justru mereka untung klo digeber2 karna hasil akselerasinya jadi bagus.
OK....karena gw juga gak bisa membuktikan terbalik (gak pernah bawa Innova 2.7 ataupun gak pernah ngukur), ya OKlah karena kalo diterusin cuma jadi debat kusir (your words against mine, gak ada bukti...cape gw-nya).

cuma ngingetin aja, kemaren ente bilang jag itu 9.6 seconds, hari ini 9.4 seconds. Gw jg gak pernah bilang kalah, gw bilang sama cepetnya.
paddock wrote:Klo S type 3.0 malah cuma 9.6 detik di autobild
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

makanya kan saya bilang sebelumnya:
tetap prinsip yg dihitung itu :
dari bergerak @100kmh sampai berhenti total @0kmh, walaupun sebagian roda locking (sebagian waktu tempuh tanpa traksi).

yah prinsip hitung ini sama juga sebaliknya : dari diam sampai bergerak @100kmh,
kondisi yg sama loosing traction alias mengaburkan speedo; tapi tidak sesaat setelah grip alias diam (dalam hal deselerasi) atau grip (lengket melaju) kalo dalam hal aselerasi.

paddock wrote:
GTR wrote:masih belum mengerti ya;
saat mobil masih diam, kecepatannya berapa ? = 0kmh kan.
kemudian berakselerasi dgn spin (loosing traksi berkurang bbrp saat awal);
saat sudah bergerak mencapai 100kmh, kecepatannya berapa? = 100kmh

waktu tempuh terbaik meraih bergerak @ kecepatan ini (100kmh) yg diukur.

sekali lagi ini meraih percepatan, bukan jarak; kalo meraih jarak itu = drag race.

atau dibalik;
mobil tanpa ABS deselerasi(hardbraking) dari 100kmh to 0kmh, anggap saja baru sebagian (sekitar 50%) dari waktu tempuh nya sebagian roda2nya sudah "locking" speedo @0kmh (tanpa traksi), namun tetap bergerak sampai perlahan akhirnya berhenti.
tetap prinsip yg dihitung itu :
dari bergerak @100kmh sampai berhenti total @0kmh, walaupun sebagian roda locking (sebagian waktu tempuh tanpa traksi).

paddock wrote: Klo start dengan spin sangat akurat start aja di atas mesin dyno,.wakakaka
Gue belum pernah sampe mengunci..Klo dari komen anda bahwa
sensor speedo bukan di flywheel bro, tapi setelah "lewat" gear; kalo di flywheel nanti naik turun speedonya ikut naik turun rpm mesin/pedal gas atuh.

Berarti klo ban mengunci,berarti gear juga berhenti berputar=speedometer 0 juga kan?
Klo dari 100 kpj direm sampe mengunci dan berhenti,berarti seharusnya speedo=0 km/h
Padahal masih ada perpindahan.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

Sampai bannya berdecit-decit dan ngebul di atas roller dyno yah? gimana caranya ya.
bener bro spin, tapi yg ada bukan "spin" tapi "spinnning" krn roller dyno itu yg berputar (spinning).
paddock wrote: Klo start dengan spin sangat akurat start aja di atas mesin dyno,.wakakaka
Last edited by GTR on Thu Oct 30, 2008 7:25, edited 1 time in total.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

kan udah dibilang; kalo speedo itu sudah error/simpangan sekian persen; sama aja cara tesnya, dgn memasukkan faktor simpangan tadi.
klo greco tsb 12,24%, tes aja (versi speedo great corolla tadi) 0 s/d ~113kmh, realnya kan ~100kmh.

interesting, great corolla (juga mobil2 lama tahun 90an lain, tapi tidak terlalu besar pada mobil2 keluaran baru even avanza) error speedonya banyak, might be "korupsi" FC dan service cost belasan persen.


paddock wrote:
GTR wrote:sensor speedo bukan di flywheel bro, tapi setelah "lewat" gear; kalo di flywheel nanti naik turun speedonya ikut naik turun rpm mesin/pedal gas atuh.

great corolla mencata error segitu juga bukan karena spin kan; tapi memang simpangan spt juga hampir semua speedometer, tapi kita bukan membicarakan simpangan disini.
walaupun speedo great corolla kalo sampai menyimpang lebih dari 12% agak aneh juga secara avanza aja tidak sampai segitu.
OK asumsi menyimpang segitu persen, maka yg dites (real 0-100) pada speedo memang harusnya adalah 0 s/d ~113kmh.
paddock wrote: Waktu finish speedo nunjuk 110 kpj gigi 2 dengan great corolla gue,.Tapi di sensor lintasan cuma 98 kpj,.

berarti sensor speedo cuma baca dari putaran flywheel tanpa perduli panjang lintasan yang telah dilalui dan hasilnya ga akurat,.
Sedangkan sensor kecepatan di lintasan hitung waktu mirip speed gun,.,
Oh berarti mobil normalnya ga sampe 12 persen kesalahannya yah? Dan greco gue error yah? klo ini gimana? makanya jangan sok tahu
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

Risol1 wrote:
paddock wrote: Makanya bro definisikan spin Loe.,

Lu sendiri bilang hasil spin sangat valid,tapi spin kaya gimana? menurut gue spin sampe 40 km/h tuh sudah worse,.

Makanya itu karena lu ga berikan penjelasan mengenai spin yang valid,ya gue bilang klo spin sampe 100 km/h (mungkin spin diatas es,bisa dihitung valid dunk)

Jangan anda menyalahkan orang lain tapi berkaca dan koreksi dulu pernyataan anda..Bisa jadi yang salah bukan saya saja tapi anda juga salah.
Yg ngomong spin dari 0-45kpj itu bro LowSpeed. Gw sih cuma ikutin aje maonya kubu lu....
neh lu liat sendiri:
LowSpeed wrote: video 1: accord bro jose gen7 2.4L M/T
hitungan gua 0 - 100km/h = 8.0 sec (isi 2 orang, start dengan high rpm , spin banyak 0-40-45 km/h)
http://kaskus.us/showpost.php?p=35208376&postcount=25
Gw gak pernah buat2 sendiri tuh informasi spin sampe 45kpj......soalnya gw orangnya percaya aja sama omongan orang sampe terbukti bullsh*t. jadi kalo mo komplain ttg spin, kompalin ke bro LowSpeed, karena gw cuma ngikutin aja dari pernyataan bro LowSpeed.

Sekali lagi yg gw tanya cuma simple: "Kenapa waktu speedo nunjukin 100kpj dan udah berjalan normal alias ban engga spin (walaupun mobil start dengan cara spin di 0-45kpj pertama), elu bisa bilang bahwa mobil tetep bukan jalan di kecepatan realnya (100kpj)???......elu gak pernah kasi jawaban yg masuk logika, yg ada malah ngomong ke sana kemari.
Kalo lu bisa kasi jawaban yg memuaskan dan masuk logika, gw udah diem dari kemaren2......

Pernyataan mana yg elo mao gw tarik? sebutin disini!
Gw orangnya cukup fair, kalo emang gw salah ngomong/salah data, gw tarik.....
Loh gue kan ga bilang elo yang spin sampe 45 km/h,.Gue cuma tanya definisi spin yang elo anggep tuh spin sampe kecepatan berapa?
Tentang ada kata spin sampe 40 km/h itu cuma perumpamaan yang gue tarik dari om Low speed ketika naek accord bro jose,dan gue bilang itu start yang jelek,.sensi amat sih,.

Kubu?,Please,jangan fitnah,.Klo ga gtu lu diem aja,.gue sama sekali ga ada kubu2an,.Tarik tuh omongan lu
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

Bro GTR,anda kok jadi melebar ke tahun pembuatan mobil sih?
Link saya kasih apa kurang cukup mengakomodir pembuktian kesalahan anda?
Mulai mobil jebot sampai tahun 2004 juga ada,.

Wong renault scenic aja masih bisa error,.LIAT YANG JELAS LINKNYA
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

GTR wrote:Sampai bannya berdecit-decit dan ngebul di atas roller dyno yah? gimana caranya ya.
bener bro spin, tapi yg ada bukan "spin" tapi "spinnning" krn roller dyno itu yg berputar (spinning).
paddock wrote: Klo start dengan spin sangat akurat start aja di atas mesin dyno,.wakakaka
Waduh sampeyan ini gimana seh?

Klo dyno kan mobilnya berhenti tapi speedometer jalan,.
Klo kita pasang GPS kan tetep 0km/h karena tidak ada perpindahan
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

GTR wrote:makanya kan saya bilang sebelumnya:
tetap prinsip yg dihitung itu :
dari bergerak @100kmh sampai berhenti total @0kmh, walaupun sebagian roda locking (sebagian waktu tempuh tanpa traksi).

yah prinsip hitung ini sama juga sebaliknya : dari diam sampai bergerak @100kmh,
kondisi yg sama loosing traction alias mengaburkan speedo; tapi tidak sesaat setelah grip alias diam (dalam hal deselerasi) atau grip (lengket melaju) kalo dalam hal aselerasi.

paddock wrote:
GTR wrote:masih belum mengerti ya;
saat mobil masih diam, kecepatannya berapa ? = 0kmh kan.
kemudian berakselerasi dgn spin (loosing traksi berkurang bbrp saat awal);
saat sudah bergerak mencapai 100kmh, kecepatannya berapa? = 100kmh

waktu tempuh terbaik meraih bergerak @ kecepatan ini (100kmh) yg diukur.

sekali lagi ini meraih percepatan, bukan jarak; kalo meraih jarak itu = drag race.

atau dibalik;
mobil tanpa ABS deselerasi(hardbraking) dari 100kmh to 0kmh, anggap saja baru sebagian (sekitar 50%) dari waktu tempuh nya sebagian roda2nya sudah "locking" speedo @0kmh (tanpa traksi), namun tetap bergerak sampai perlahan akhirnya berhenti.
tetap prinsip yg dihitung itu :
dari bergerak @100kmh sampai berhenti total @0kmh, walaupun sebagian roda locking (sebagian waktu tempuh tanpa traksi).




Gue belum pernah sampe mengunci..Klo dari komen anda bahwa
sensor speedo bukan di flywheel bro, tapi setelah "lewat" gear; kalo di flywheel nanti naik turun speedonya ikut naik turun rpm mesin/pedal gas atuh.

Berarti klo ban mengunci,berarti gear juga berhenti berputar=speedometer 0 juga kan?
Klo dari 100 kpj direm sampe mengunci dan berhenti,berarti seharusnya speedo=0 km/h
Padahal masih ada perpindahan.
Klo ban memang bener2 mengunci sampai tidak berputar sudah pasti speedometer turun kembali ke 0 km/h,.Tapi klo kita ukur pake GPS tidak karena masih ada perpindahan
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

Risol1 wrote:
paddock wrote:@ Risol
Masalah Jaguar 3000 cc kok kalah ma Innova 2.7
Padahal 240 HP vs 160an HP

Benernya ga kalah sih karna jaguar dapet 9,4 detik innovanya dapet 9,7 detik
Gini ye,Hp tinggi ga selalu kenceng,.Pengalaman di sentul 130 Hp bisa menang lawan 180 atau 200 hp,.Ga percaya? membernya orang sini juga kok yang punya 130 hp,.

Bisa jadi
1.Kesalahan driver waktu start ato bawa jaguar,sedangkan yg bawa innova lebih pinter

2.Bobot jaguar lebih besar.Paling berat justru waktu dari diem ke gerak.Karena harus melawan 2 gaya berturut2 yaitu gesekan saat koefisien gesekan statis dan dilanjutkan kinetis waktu gerak.Nah bobot disini yang sangat mempengaruhi
Dengan mobil macam Celica 2ZZGE 0-100 kph bisa nyamain Ford Mustang (bukan yang GT 500 loh)

3.Gearboks dan karakter mesin..Banyak mobil dengan cc besar dan daya besar terhambat oleh transmisi.Misal Aston martin vanquish 6000 cc V12 yang bisa ditempel 360 Modena (3600 cc V8) tuk 0-100 km/h
Mungkin di jaguar ngejar halus jadi hasil akselerasi sedikit lambat
Ingat power mesin dalam kenyataan ga linear dengan kecepatan atau waktu yang dihasilkan karna masih banyak aspek lain..
jangankan Innova yang 2.7,gue juga heran Jaguar bisa kalah ma Civic 2.0 matik klo sama2 liat test autobild

4.Mungkin juga ATPMnya ga rela mobilnya digeber2..
Maklum penjualan mereka di Indo berapa sih? Ga banding ma mobilnya klo rusak karna sering digeber2 ma media.
Tapi harusnya ga sih,justru mereka untung klo digeber2 karna hasil akselerasinya jadi bagus.
OK....karena gw juga gak bisa membuktikan terbalik (gak pernah bawa Innova 2.7 ataupun gak pernah ngukur), ya OKlah karena kalo diterusin cuma jadi debat kusir (your words against mine, gak ada bukti...cape gw-nya).

cuma ngingetin aja, kemaren ente bilang jag itu 9.6 seconds, hari ini 9.4 seconds. Gw jg gak pernah bilang kalah, gw bilang sama cepetnya.
paddock wrote:Klo S type 3.0 malah cuma 9.6 detik di autobild
memang saya mengattack anda karena pernyataan funny klo start spin itu valid,.

masalah jag,oke saya lupa,barusan buka majalah lagi waktunya emang 9,6 second,.Finish?
Terserah anda menganggap ini debat kusir,debat ga penting dll,.Salah sendiri anda ikutan,eh sekarang anda capek,anda menganggap capek anda karena debat ma saya,.
Klo ga mau capek yah ga usah ikutan dari awal,.
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

Risol1 wrote:
paddock wrote: prinsipnya launch tuh dibuat untuk mengurangi kesalahan start akibat driver misal spin yg kelamaan dll,.
Tapi untuk pembalap mahir,launch control ga perlu,bahkan waktunya bisa lebih cepat dari LC..
betul gw setuju, tapi yg namanya mobil semakin liar tenaganya (baca: gede), semakin susah buat start dengan benar, makanya mobil2 sekelas ferrari, lambo lah yg dipakein launch control. Tapi bagaimana pun juga pake LC tetep lebih presisi startnya daripada pembalap ahli sekalipun karena tetep aja orang gak bisa lawan system, kecuali mungkin testernya ferrari (orang yg ngerti bener, maenan sehari2....)
paddock wrote: Tapi gue ga setuju klo start yang valid dengan cara spin. Yang terbaik justru ditengah2nya,.Ga spin juga ga terlalu lambat kaya kita keluar parkir..
Klo spin itu cara paling valid,spin sekalian aja di mesin dyno
sekali lagi gw gak pernah bilang spin = metode PALING VALID, gw cuma bilang spin metode yg VALID/SANGAT VALID.
Dari kemaren gw juga bilang yg paling tepat ATAU YG PALING CEPAT WAKTU PEROLEHANNYA itu yg tengah2 (baca: pake launch control, atau menurut bro Paddock startnya seorang pembalap yg bisa mengatur kombinasi traksi terbaik pada power terbesar alias sebenernya ya launch control juga). Gw udah bilang itu kemaren2, tapi yg gw bilang juga bahwa mobil2 kaya accord/galant gak ada fitur LC dan juga testernya punya skill yg gak bisa nyamai system LC.
JAdi gimana?? ya menurut gw paling tepat di-spin daripada cara gelinding.......Jangan dibalik2 argumennya bro.
launch control ga bisa dikalahkan?

Bisa! Coba ente lawan launch controlnya Audi A3 turbo,.

OOT Dikit
Launch controlnya F1 kan dulu diciptakan supaya semua pembalap bisa start bareng jadi ga ada kecelakaan gara2 nabrak mobil didepannya yang belum jalan/telat jalan
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

Risol1 wrote:
paddock wrote:Ngapain juga start mobil selalu spin,justru merugikan waktu.Coba buka rpm di 2500,klo kondisi ban baik juga kaga spin.
Mobil gue buka di 3000 rpm juga ga spin.Mungkin ferrari buka di 5000 ga spin who knows?

Bisa buyar deh klo semua media otomotif ikutin cara loe klo 0-100 km/h musti pake spin..

Ga semua tester majalah otomotif di sini geblek sampe spin2 panjang ato ga perlu
Klo sekelas Fitra Eri pembalap sentul masak spin seh?
Klo sekelas kita masih wajarlah spin..
Jah....dari kemaren gw juga udah setuju sama point ente.....coba cek comments gw kemaren2.
spin malah memperlambat waktu....
Gw juga gak pernah bilang tester sini geblek2.

Kalo memang bisa start tanpa spin dan YAKIN BAHWA STARTNYA BISA MENGKOMBINASI/MENGAKOMODIR TRAKSI TERBAIK DENGAN POWER MAKSIMAL, ya bagus lah....berarti orang itu feeling di kakinya udah bisa menyamai ke-presisian launch control yg diatur scr elektronik, TAPI yg bisa kayak gitu gak banyak bro......Tester2 luar juga gak pada bisa, buktinya dia2 orang juga di-spin startnya. Tapi yg gw bilang itu, start spin mrpk metode yg valid, apalagi dibanding start gelinding (jalanin dulu mbl pelan, lalu langsung di bejek......karena deviasi nya lebih banyak).

Biasanya media juga pake spin (gw gak pernah liat wartawan otomotif indo ngetes mobil, tapi kalo media luar biasanya dispin). Nah sekarang dibalik aja deh, ente tau darimana tuh wartawan metodenya kaga di-spin?

Hahaha Launch control rata2 diset justru sedikit dibawah torque maksimal,.Klo distel maksimal tetep aja spin2,.
Anda pernah beli Launch module buat piggyback dastek ga? Semua tunernya pasti set di bawah torque maksimal dan itupun ditest juga apa masih spin ato ga,.klo masih spin diturunin lagi menjauhi torque maksimal,.Tanya aja rev ato taqwa

gue ga pernah bilang start yang baik di torque/power maksimal,.Yang gue tulis adalah start yg baek ya ga spin tapi juga ga terlalu lambat,.Anda pasti ngerti kan dimana posisi itu?

memang start terbaik di torque maksimal tapi itu kan teori,.kenyataannya susah diwujudkan bila tanpa spin yang wasting time
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

http://saft7.com/?p=270

bro GTR,kunjungi link ini,.

Mobil tahun baru aja errornya ada yang gede,.hehe

Jangan ngeles pake kata "mobil tahun ,,,klo mobi baru sudah ga seperti itu"

justru anda keliatan melebar tuk menghindari omongan anda dulu bahwa speedo ma GPS hanya terpaut 2-3%,.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

ha3 lucu nih, tes dyno tapi diukur melaju pakai GPS, ada lagi hal begini...
iya di atas dyno, speedo jalan, mobil diam / bergerak 0kmh; ini ga ada orang yg tau yah?
masa hasil di atas dyno lantas mobilnya dibilang bergerak/melaju = 200kmh atau percepatan 0-100kmh sekian detik ha3.

Sekarang, dari posting anda :
di atas mesin dyno, gimana caranya bikin mobil "spin" dari rollernya ?
paddock wrote:
GTR wrote:Sampai bannya berdecit-decit dan ngebul di atas roller dyno yah? gimana caranya ya.
bener bro spin, tapi yg ada bukan "spin" tapi "spinnning" krn roller dyno itu yg berputar (spinning).
paddock wrote: Klo start dengan spin sangat akurat start aja di atas mesin dyno,.wakakaka
Waduh sampeyan ini gimana seh?

Klo dyno kan mobilnya berhenti tapi speedometer jalan,.
Klo kita pasang GPS kan tetep 0km/h karena tidak ada perpindahan
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

GTR wrote:ha3 lucu nih, tes dyno tapi diukur melaju pakai GPS, ada lagi hal begini...
iya di atas dyno, speedo jalan, mobil diam / bergerak 0kmh; ini ga ada orang yg tau yah?
masa hasil di atas dyno lantas mobilnya dibilang bergerak/melaju = 200kmh atau percepatan 0-100kmh sekian detik ha3.

Sekarang, dari posting anda :
di atas mesin dyno, gimana caranya bikin mobil "spin" dari rollernya ?
paddock wrote:
GTR wrote:Sampai bannya berdecit-decit dan ngebul di atas roller dyno yah? gimana caranya ya.
bener bro spin, tapi yg ada bukan "spin" tapi "spinnning" krn roller dyno itu yg berputar (spinning).
Pertanyaan aneh yang ga perlu dijawab
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

paddock wrote:http://saft7.com/?p=270

bro GTR,kunjungi link ini,.

Mobil tahun baru aja errornya ada yang gede,.hehe

Jangan ngeles pake kata "mobil tahun ,,,klo mobi baru sudah ga seperti itu"

justru anda keliatan melebar tuk menghindari omongan anda dulu bahwa speedo ma GPS hanya terpaut 2-3%,.
Melenceng cuma 2-3%?

:big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

paddock wrote:Loh gue kan ga bilang elo yang spin sampe 45 km/h,.Gue cuma tanya definisi spin yang elo anggep tuh spin sampe kecepatan berapa?
Tentang ada kata spin sampe 40 km/h itu cuma perumpamaan yang gue tarik dari om Low speed ketika naek accord bro jose,dan gue bilang itu start yang jelek,.sensi amat sih,.
Gw ngerti elo engga bilang gw yg spin......
Gw cuma bilang, yg ngasi definisi spin itu bukan gw, gw cuma ikutin kubu lu maonya apa......
Buat gw start spin itu adalah spin yg normal.......dan menurut gw waktu kubu lu bilang spin 0-45kpj masih masuk diakal.
Jadi waktu gw mengemukakan pendapat gw "kenapa pada saat speedo nunjukkin 100, elo masih bilang salah walaupun roda udah berenti spin dari 45kpj??", gw pake tu contoh dari kubu lu sendiri.

Nah sekarang gw lagi nungguin jawaban dari lu......yg inti pertanyaan gw lu gak jawab2, adanya malah elu pelintir2 ke spin 0-100 3 meter pake ferrari lah, spin di dyno lah......Kalo engga bisa jawab bilang aja blak2an, lebih gw hormatin jawaban lu dan pasti gw diem sendiri.
paddock wrote:sensi amat sih,.
Nah yg begini sebaiknya dihilangin nih, karena disini kita diskusi. Dalam berdiskusi, lu cukup nyampein aja pendapat lu...titik...gak usah komen yg kaya gini, kecuali elu lagi arisan....boleh lu ngerumpi, OK? :mrgreen:
paddock wrote: Kubu?,Please,jangan fitnah,.Klo ga gtu lu diem aja,.gue sama sekali ga ada kubu2an,.Tarik tuh omongan lu
Kata "Kubu" itu gak ada makna negatifnya sama sekali, waktu gw ngomong kubu bukan berarti gw menyerang lu, gw menganggap kubu sebagai "satu kelompok yg mempunyai pandangan/ideologi yg sama" dan gak ada yg salah/konotasi negatif dengan kata itu.......

Dan kalo lu baca postingan2 lu diatas, terbukti elu punya pendapat/ideologi yg sama dengan bro Lowspeed (yg bilang spin sampe 45kpj dan yg jujur aja gw hargai pendapatnya makanya gw pake sebagai contoh di pertanyaan gw)
Kalo elo gak mao dibilang kubu, OK....lu mao dibilang apa? nah siapa yg sensi sekarang? Kata di bahasa indonesia yg baku aja elu permasalahin


Jelasin dulu apa arti "fitnah", buktiin dulu bahwa gw nyebarin fitnah, baru gw ralat, soalnya dengan menyebut seseorang fitnah, tapi tak terbukti, berarti lu juga memfitnah gw.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

paddock wrote:Tentang ada kata spin sampe 40 km/h itu cuma perumpamaan yang gue tarik dari om Low speed ketika naek accord bro jose,dan gue bilang itu start yang jelek,.sensi amat sih,.
Itu bukan cuma perumpamaan, itu hasil analisa bro LowSpeed (yg menurut gw cukup masuk akal).....gw cuma pake doang di pertanyaan gw......
nih lu liat lagi deh
LowSpeed wrote: video 1: accord bro jose gen7 2.4L M/T
hitungan gua 0 - 100km/h = 8.0 sec (isi 2 orang, start dengan high rpm , spin banyak 0-40-45 km/h)
http://kaskus.us/showpost.php?p=35208376&postcount=25
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

paddock wrote:memang saya mengattack anda karena pernyataan funny klo start spin itu valid,.
masalah jag,oke saya lupa,barusan buka majalah lagi waktunya emang 9,6 second,.Finish?,.
Silakan kalo memang niatnya mao attack tulisan saya. Kalo saya sih tujuannya ingin berdiskusi supaya saya atau anda jadi nambah ilmu......
paddock wrote: Terserah anda menganggap ini debat kusir,debat ga penting dll,.Salah sendiri anda ikutan,eh sekarang anda capek,anda menganggap capek anda karena debat ma saya,.
Klo ga mau capek yah ga usah ikutan dari awal,.
jujur aja sebenernya gw belom terlalu puas sama jawaban lu, tapi berhubung gw juga gak ada bukti (cuma logika gw secara umumnya aja yg bilang bahwa sedan dgn mesin lebih gede, tenaga lebih gede, torsi lebih gede, AT lebih canggih, sama2 standard, sama2 baru, dites oleh media yg sama SEMESTINYA LEBIH KENCANG dari Minibus toyota kijang yg mesinnya lebih kecil, tenaga lebih kecil, torsi lebih kecil, AT yg gak lebih pinter).....gitu aja.
NAh berhubung gak ada bukti, gw mending OK in aja pendapat lu daripada debat kusir.

KAlo lu kan beda, si GTR nyadur dari majalah luar yg bilang accord gen7 V6 bisa dibawah 7 detik, elu bantah abis2an walaupun elu juga gak punya bukti YG BISA BILANG SEBALIKNYA......malahan "bukti" yg elu pake tuh malah ngebandingin dengan merek lain dan elu bilang "merek si anu aja cuma 7 detik, gak mungkin accord samain, dsb"....yg menurut gw kurang sahih bukti lu buat menunjukkan bahwa accord gen7 V6 gak bisa dibawah 7 detik.

Tapi pas giliran gw bilang jag stype koq bisa sama dengan innova, elu juga mati2an ngasi bukti yg menurut gw kurang masuk akal atau mengcopy dari kesimpulan gw sendiri, misalnya:
1. driver yg gak pengalaman: lah kan ditest sama majalah yg sama??, gw sih berasumsi majalah tsb punya driver2 yg kualitasnya ampir sama pula DAN dengan metode pengukuran yg sama pula. Lagian juga mobil AT tuh tinggal dibejek doang koq kalo untuk 0-100.
2. Elu bilang ATPM jag gak kasi kalo di test dgn berat, lah itu kan cuma mengkopi jawaban gw kemaren. Itu asumsi gw kenapa hasil test majalah indo bisa beda sama majalah luar, berarti elu setuju dong?
berarti elu setuju dong bahwa kemampuan realnya jag gak ditest oleh majalah indo, yg mengakibatkan hasil testnya gak akurat?
Nih ente punya omongan:
paddock wrote: Bisa jadi
1.Kesalahan driver waktu start ato bawa jaguar,sedangkan yg bawa innova lebih pinter

4.Mungkin juga ATPMnya ga rela mobilnya digeber2..
Maklum penjualan mereka di Indo berapa sih? Ga banding ma mobilnya klo rusak karna sering digeber2 ma media.
Tapi harusnya ga sih,justru mereka untung klo digeber2 karna hasil akselerasinya jadi bagus.
Nah Capenya gw disitu, karena ngomong sama lu entar kebalik2 lagi.....jadi gw pikir entar aja deh tunggu punya bukti, gak cuap2 asal2an.
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

Risol1 wrote:
paddock wrote:memang saya mengattack anda karena pernyataan funny klo start spin itu valid,.
masalah jag,oke saya lupa,barusan buka majalah lagi waktunya emang 9,6 second,.Finish?,.
Silakan kalo memang niatnya mao attack tulisan saya. Kalo saya sih tujuannya ingin berdiskusi supaya saya atau anda jadi nambah ilmu......
paddock wrote: Terserah anda menganggap ini debat kusir,debat ga penting dll,.Salah sendiri anda ikutan,eh sekarang anda capek,anda menganggap capek anda karena debat ma saya,.
Klo ga mau capek yah ga usah ikutan dari awal,.
jujur aja sebenernya gw belom terlalu puas sama jawaban lu, tapi berhubung gw juga gak ada bukti (cuma logika gw secara umumnya aja yg bilang bahwa sedan dgn mesin lebih gede, tenaga lebih gede, torsi lebih gede, AT lebih canggih, sama2 standard, sama2 baru, dites oleh media yg sama SEMESTINYA LEBIH KENCANG dari Minibus toyota kijang yg mesinnya lebih kecil, tenaga lebih kecil, torsi lebih kecil, AT yg gak lebih pinter).....gitu aja.
NAh berhubung gak ada bukti, gw mending OK in aja pendapat lu daripada debat kusir.

KAlo lu kan beda, si GTR nyadur dari majalah luar yg bilang accord gen7 V6 bisa dibawah 7 detik, elu bantah abis2an walaupun elu juga gak punya bukti YG BISA BILANG SEBALIKNYA......malahan "bukti" yg elu pake tuh malah ngebandingin dengan merek lain dan elu bilang "merek si anu aja cuma 7 detik, gak mungkin accord samain, dsb"....yg menurut gw kurang sahih bukti lu buat menunjukkan bahwa accord gen7 V6 gak bisa dibawah 7 detik.

Tapi pas giliran gw bilang jag stype koq bisa sama dengan innova, elu juga mati2an ngasi bukti yg menurut gw kurang masuk akal atau mengcopy dari kesimpulan gw sendiri, misalnya:
1. driver yg gak pengalaman: lah kan ditest sama majalah yg sama??, gw sih berasumsi majalah tsb punya driver2 yg kualitasnya ampir sama pula DAN dengan metode pengukuran yg sama pula. Lagian juga mobil AT tuh tinggal dibejek doang koq kalo untuk 0-100.
2. Elu bilang ATPM jag gak kasi kalo di test dgn berat, lah itu kan cuma mengkopi jawaban gw kemaren. Itu asumsi gw kenapa hasil test majalah indo bisa beda sama majalah luar, berarti elu setuju dong?
berarti elu setuju dong bahwa kemampuan realnya jag gak ditest oleh majalah indo, yg mengakibatkan hasil testnya gak akurat?
Nih ente punya omongan:
paddock wrote: Bisa jadi
1.Kesalahan driver waktu start ato bawa jaguar,sedangkan yg bawa innova lebih pinter

4.Mungkin juga ATPMnya ga rela mobilnya digeber2..
Maklum penjualan mereka di Indo berapa sih? Ga banding ma mobilnya klo rusak karna sering digeber2 ma media.
Tapi harusnya ga sih,justru mereka untung klo digeber2 karna hasil akselerasinya jadi bagus.
Nah Capenya gw disitu, karena ngomong sama lu entar kebalik2 lagi.....jadi gw pikir entar aja deh tunggu punya bukti, gak cuap2 asal2an.
Gue gak maksa lu Percaya,.

gue coba menjawab kemungkinan kenapa akselerasi jaguar s type bisa tidak jauh berbeda menurut Autobild,.

Di awal post itu kan gue tulis BISA JADI
Gue cuma mengutarakan pendapat,ga percaya ya udeh,.

Justru di post itu gue berusaha calm down,dengan tulisan bisa jadi itu gue secara tersirat minta pendapat yang laen,.
Klo lu bilang gue maksain lu percaya,ngapaen juga gue maksa lu,.Ga ada kepentingan/manfaat sama sekali,.Toh kita juga ga kenal secara langsung,.
Gtu aja kok repot,.
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

Risol1 wrote:
paddock wrote:Loh gue kan ga bilang elo yang spin sampe 45 km/h,.Gue cuma tanya definisi spin yang elo anggep tuh spin sampe kecepatan berapa?
Tentang ada kata spin sampe 40 km/h itu cuma perumpamaan yang gue tarik dari om Low speed ketika naek accord bro jose,dan gue bilang itu start yang jelek,.sensi amat sih,.
Gw ngerti elo engga bilang gw yg spin......
Gw cuma bilang, yg ngasi definisi spin itu bukan gw, gw cuma ikutin kubu lu maonya apa......
Buat gw start spin itu adalah spin yg normal.......dan menurut gw waktu kubu lu bilang spin 0-45kpj masih masuk diakal.
Jadi waktu gw mengemukakan pendapat gw "kenapa pada saat speedo nunjukkin 100, elo masih bilang salah walaupun roda udah berenti spin dari 45kpj??", gw pake tu contoh dari kubu lu sendiri.

Nah sekarang gw lagi nungguin jawaban dari lu......yg inti pertanyaan gw lu gak jawab2, adanya malah elu pelintir2 ke spin 0-100 3 meter pake ferrari lah, spin di dyno lah......Kalo engga bisa jawab bilang aja blak2an, lebih gw hormatin jawaban lu dan pasti gw diem sendiri.
paddock wrote:sensi amat sih,.
Nah yg begini sebaiknya dihilangin nih, karena disini kita diskusi. Dalam berdiskusi, lu cukup nyampein aja pendapat lu...titik...gak usah komen yg kaya gini, kecuali elu lagi arisan....boleh lu ngerumpi, OK? :mrgreen:
paddock wrote: Kubu?,Please,jangan fitnah,.Klo ga gtu lu diem aja,.gue sama sekali ga ada kubu2an,.Tarik tuh omongan lu
Kata "Kubu" itu gak ada makna negatifnya sama sekali, waktu gw ngomong kubu bukan berarti gw menyerang lu, gw menganggap kubu sebagai "satu kelompok yg mempunyai pandangan/ideologi yg sama" dan gak ada yg salah/konotasi negatif dengan kata itu.......

Dan kalo lu baca postingan2 lu diatas, terbukti elu punya pendapat/ideologi yg sama dengan bro Lowspeed (yg bilang spin sampe 45kpj dan yg jujur aja gw hargai pendapatnya makanya gw pake sebagai contoh di pertanyaan gw)
Kalo elo gak mao dibilang kubu, OK....lu mao dibilang apa? nah siapa yg sensi sekarang? Kata di bahasa indonesia yg baku aja elu permasalahin


Jelasin dulu apa arti "fitnah", buktiin dulu bahwa gw nyebarin fitnah, baru gw ralat, soalnya dengan menyebut seseorang fitnah, tapi tak terbukti, berarti lu juga memfitnah gw.
Gini aja deh,gue berpendapat bahwa secara perpindahan belum tentu 0-100 km/h yang startnya spin,entah mau spin sampe 100km/h atau cuma sampe 45 km/h tidak sama dengan start yang no spin alias nggelinding dll,.

ketika lu permasalahkan bahwa jawaban gue ga valid dll,.Itu terserah anda,.

Dan ketika gue ga setuju bahwa data akselerasi spin itu tidak valid,itu juga terserah gue,.

Klo anda mengklaim bahwa mungkin gue asbun dll,gue sama sekali ga permasalahkan itu,.

gini aja,.

@all semua SMERS jangan percaya dengan tulisan gue tentang akselerasi 0-100 km/h yang diawali spin diawal karena gue hanya berpendapat karena sesuai teori gue dengan pengalaman gue sendiri yang mungkin kredibilitasnya dipertanyakan,.