Khusus TOP SPEED - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

paddock wrote:
Jokinya autobild ada yang jago,.Cari aja Fitra Eri,.Dia ikut group N,ITCC dan Jazz OMR,.
Dan biasanya test akselerasi mobil sport dan mewah ber CC besar dia yang pegang,.
orangnya pakai kacamata, kepalanya sekilas rada botak bukan bos, badannya kurus?

terakhir gua liat dia atraksi pakai ford escape di senayan, dalam acara test drive ford escape.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

With all due respect kepada semua nya (Bro Jose, LowSpeed, Paddock, GTR, dll) karena gw komentar melulu......karena gw masih dalam tahap belajar jadi tolong dikasi tau kalo teori gw salah:

Terlepas dari mobil mana yg paling kenceng, yg jadi pertanyaan gw adalah "emang kenapa sih kalo start dengan spin itu dibilang hasilnya tidak akurat?". Bukankah test 0-100 ditujukan untuk mengetahui kemampuan maksimal mobil dalam berakselerasi?
Soalnya setau saya, cara media2 dalam/luar negeri dalam mereview akselerasi atau cara pabrikan mobil untuk masukkin data akselerasi di brosurnya juga pakai test 0-100kpj dengan spin dan ini lah yg jamak dilakukan.

Walaupun untuk sebagian orang, start spin itu malah dianggap merugikan mobil2 bertransmisi MT karena pada waktu spin mobil masih diam ditempat walaupun penghitungan waktu sudah berjalan.

Kalo diliat secara teknisnya, mungkin memang speedometer agak ngaco pada waktu ban spin karena spedometer "mengira" bahwa mobil udah berjalan kencang (kalo kata bro LowSpeed speedo ngaco di 40-45kpj pertama pas spin), tapi pada saat jarum speedo menunjukkan 100kpj, ban udah tidak spin lagi dan semestinya sudah menunjukkan kecepatan realnya.
Jadi menurut teori nubie saya, tidak peduli speedo ngaco/tidak di 4--45kpj pertama, yg penting pada saat jarum menunjukkan 100kpj dan ban udah stop spin berarti udah menunjukkan real speednya dan bisa diukur waktunya dari keadaan diam.

Lain kata kalo kita ngukur akselerasi 0-40kpj......nah memang kurang tepat kalo memakai start yg spin karena hasil gak akurat.

Lagian juga kalo start gelinding gitu, gak mencerminkan kekuatan akselerasi sesungguhnya suatu mobil........karena kebanyakan variable yg "tergantung feeling si pengemudi" misalnya antara satu pengemudi ke pengemudi lainnya punya feeling yg beda sampe berapa jauh dia harus ngegelindingin mobil nya sebelom WOT, dll.....
Dan juga kayaknya test macam ini gak diakui/gak baku deh sama metode test akselerasi kebanyakan.

Kalo liat acara spt Top Gear (jeremy clarkson), pada saat mereka test mobil, startnya juga spin sampe ngebul gitu......

itu cuma teori pribadi, seperti biasa CMIIW :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

LowSpeed wrote:
MitshuToyo wrote: CK4 di presisi handling ? tul juga kali ya Bos.. Ini mobil jalan kenceng, tekuk sana tekuk sini di tikungan sempit rasanya mantap & PD.. baru tahu waktu kemarin pulang ke daerah..
basis sudah sama dengan real EVO , jadi gak heran kalau handlingnya mantap.
tinggal swap mesin + shock :) sudah simsalabim memuaskan :)
Baleno Vs CK4?

Hmm....engga tau ya mana yg menang soalnya belom pernah test, tapi setau saya CK4 itu gigi 2 dan 3 nya panjang bener enak buat nyusul di putaran tengah CMIIW
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

bro Risol1;
justru saya tidak pernah menyebutkan best 0-100kmh(atau 0-60mph) itu salah, sebaliknya malah benar.
betul, ada opini teori yg perlu diluruskan disini.

That's why mereka (most tester kelas dunia) pakai metode ini untuk best time percepatan/akselerasi paling valid.
kita bisa liat semua video2 akselerasi percepatan ini di roadandtrack, edmunds indsideline, dst dst, lebih bisa komprehensif lagi video2 bestmotoring / hot version.

Makanya GTR dan mobil2 lain pun di test dgn set : TRACTION-CONTROL nya on atau off; yg mostly terutama GTR pada itu VDC-R = Off, damper = sport, hold brake dan gas bareng (engine rpm dilock di 4000rpm spt launch control), lepas brake, dan ini udah pasti spin bisa liat semua video2nya.
Juga mobil2 "small block" US dll s/d Bugati veyron itu bisa 2,8sec juga spin.

Risol1 wrote:With all due respect kepada semua nya (Bro Jose, LowSpeed, Paddock, GTR, dll) karena gw komentar melulu......karena gw masih dalam tahap belajar jadi tolong dikasi tau kalo teori gw salah:

Terlepas dari mobil mana yg paling kenceng, yg jadi pertanyaan gw adalah "emang kenapa sih kalo start dengan spin itu dibilang hasilnya tidak akurat?". Bukankah test 0-100 ditujukan untuk mengetahui kemampuan maksimal mobil dalam berakselerasi?
Soalnya setau saya, cara media2 dalam/luar negeri dalam mereview akselerasi atau cara pabrikan mobil untuk masukkin data akselerasi di brosurnya juga pakai test 0-100kpj dengan spin dan ini lah yg jamak dilakukan.

Walaupun untuk sebagian orang, start spin itu malah dianggap merugikan mobil2 bertransmisi MT karena pada waktu spin mobil masih diam ditempat walaupun penghitungan waktu sudah berjalan.

Kalo diliat secara teknisnya, mungkin memang speedometer agak ngaco pada waktu ban spin karena spedometer "mengira" bahwa mobil udah berjalan kencang (kalo kata bro LowSpeed speedo ngaco di 40-45kpj pertama pas spin), tapi pada saat jarum speedo menunjukkan 100kpj, ban udah tidak spin lagi dan semestinya sudah menunjukkan kecepatan realnya.
Jadi menurut teori nubie saya, tidak peduli speedo ngaco/tidak di 4--45kpj pertama, yg penting pada saat jarum menunjukkan 100kpj dan ban udah stop spin berarti udah menunjukkan real speednya dan bisa diukur waktunya dari keadaan diam.

Lain kata kalo kita ngukur akselerasi 0-40kpj......nah memang kurang tepat kalo memakai start yg spin karena hasil gak akurat.

Lagian juga kalo start gelinding gitu, gak mencerminkan kekuatan akselerasi sesungguhnya suatu mobil........karena kebanyakan variable yg "tergantung feeling si pengemudi" misalnya antara satu pengemudi ke pengemudi lainnya punya feeling yg beda sampe berapa jauh dia harus ngegelindingin mobil nya sebelom WOT, dll.....
Dan juga kayaknya test macam ini gak diakui/gak baku deh sama metode test akselerasi kebanyakan.

Kalo liat acara spt Top Gear (jeremy clarkson), pada saat mereka test mobil, startnya juga spin sampe ngebul gitu......

itu cuma teori pribadi, seperti biasa CMIIW :mrgreen:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

akselerasi spin = tidak valid, ini mitos yg salah.
Secara Spin/friksi yg terjadi s/d kecepatan tinggi 60mph dan 100kmh hanya terjadi bbrp saat awal yg mengaburkan informasi speedo bbrp saat awal tsb secara speedo bekerja dari roda penggerak, setelah itu (selesai spin) speedo bekerja pd kondisi :sesuai putaran roda TANPA firksi.

akselerasi dari saat diam, berhenti total, velocity = 0 kmh baik GPS, radar, vericom, 5th wheel atau whatever
ATAU diukur pd RODA BELAKANG YG TIDAK MENGALAMI SPIN TAPI JUGA MENGALAMI PERCEPATAN
dari persis roda depan & belakang "tidak berputar" sama2 @ 0km/h,
dan persis @ 100km/h alias "sama2 berputar 100km/h" dimana saat itu SEMUA RODA SAMA DGN RODA DEPAN atau alat ukur lain @100kmh.

karena:
Permulaan akselerasi saat roda (depan) spin; kendaraan mulai bergerak sedikit bbrp kaki:
kondisi sebenarnya :
traksi = low,
friksi = besar/maksimum,
speed di roda depan(speedo) maybe 30-40kmh tergantung traksi, SPEED PADA ALAT UKUR LAIN (GPS, 5th wheel, radar, vericom, dll) = tetap bergerak perlahan naiknya dari 1,2,3,4,5,6,7,8........10,20,30, dst km/h berlangsung SAMPAI DENGAN TRAKSI FULL DAN FRIKSI TIDAK ADA lagi, saat itu SPEEDOMETER mengindikasikan speed relatif sesuai dgn alat ukur lain tsb.

Saat2 selanjutnya s/d selesai spin :
Traksi mulai naik gradually (sampai traksi maksimum, secara spin pada akselerasi sampai kecepatan tinggi terjadi hanya bbrp saat - tidak mungkin spin(slip) trus s/d 100kmh),
Friksi berkurang gradually s/d nilai=0 (sampai tidak ada sama sekali),
Sesaat itulah speed di roda depan yg mengalami perubahan friksi dan traksi tadi gradually s/d akhirnya SPIN SELESAI, selanjutnya speed roda(speedometer) relatif sesuai dg speed di GPS, Vericom, 5th wheel, or whatever.

Saat kendaraan bergerak (berpindah tempat) pada @100km/h, disini velocity sudah menunjukkan 100km/h mau diukur pakai alat apapun juga (GPS, Vericom, 5th wheel).
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

GTR wrote:akselerasi spin = tidak valid, ini mitos yg salah.
Secara Spin/friksi yg terjadi s/d kecepatan tinggi 60mph dan 100kmh hanya terjadi bbrp saat awal yg mengaburkan informasi speedo bbrp saat awal tsb secara speedo bekerja dari roda penggerak, setelah itu (selesai spin) speedo bekerja pd kondisi :sesuai putaran roda TANPA firksi.

akselerasi dari saat diam, berhenti total, velocity = 0 kmh baik GPS, radar, vericom, 5th wheel atau whatever
ATAU diukur pd RODA BELAKANG YG TIDAK MENGALAMI SPIN TAPI JUGA MENGALAMI PERCEPATAN
dari persis roda depan & belakang "tidak berputar" sama2 @ 0km/h,
dan persis @ 100km/h alias "sama2 berputar 100km/h" dimana saat itu SEMUA RODA SAMA DGN RODA DEPAN atau alat ukur lain @100kmh.

karena:
Permulaan akselerasi saat roda (depan) spin; kendaraan mulai bergerak sedikit bbrp kaki:
kondisi sebenarnya :
traksi = low,
friksi = besar/maksimum,
speed di roda depan(speedo) maybe 30-40kmh tergantung traksi, SPEED PADA ALAT UKUR LAIN (GPS, 5th wheel, radar, vericom, dll) = tetap bergerak perlahan naiknya dari 1,2,3,4,5,6,7,8........10,20,30, dst km/h berlangsung SAMPAI DENGAN TRAKSI FULL DAN FRIKSI TIDAK ADA lagi, saat itu SPEEDOMETER mengindikasikan speed relatif sesuai dgn alat ukur lain tsb.

Saat2 selanjutnya s/d selesai spin :
Traksi mulai naik gradually (sampai traksi maksimum, secara spin pada akselerasi sampai kecepatan tinggi terjadi hanya bbrp saat - tidak mungkin spin(slip) trus s/d 100kmh),
Friksi berkurang gradually s/d nilai=0 (sampai tidak ada sama sekali),
Sesaat itulah speed di roda depan yg mengalami perubahan friksi dan traksi tadi gradually s/d akhirnya SPIN SELESAI, selanjutnya speed roda(speedometer) relatif sesuai dg speed di GPS, Vericom, 5th wheel, or whatever.

Saat kendaraan bergerak (berpindah tempat) pada @100km/h, disini velocity sudah menunjukkan 100km/h mau diukur pakai alat apapun juga (GPS, Vericom, 5th wheel).
ya pemikiran saya juga begitu....persis :off_good_job:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

paddock wrote:Klo S type 3.0 malah cuma 9.6 detik di autobild
Gak tau juga pastinya ya bro......soalnya memang metode dan kondisi masing2 mobil dan juga tester pasti berbeda2 pada saat diuji apalagi tempat (baca: negara pengujian) dan track pengujian berbeda. Jadi perbedaan memang sangat mungkin, dan juga kita gak akan tau data mana yg paling tepat....cuma bisa dikira2 dengan feeling masing2 mana yg lebih masuk akal.

Kalo masih percaya sama tabloid/website luar negeri, mungkin Edmunds bisa dijadiin salah satu sumber data:
Disana sih disebut s type 3.0 2003: 0-97kpj kalo yg MT bisa dapet 7.2 detik, kalo yg AT 6 speed bisa dapet 7.5 detik......sekali lagi itu hanya gambaran garis besarnya aja.
http://www.edmunds.com/insideline/do/Dr ... leId=72343. Pengen juga nyari yg test dalam negeri, tapi gak nemu yg ngetes jag s type apalagi yg tahun lama.
Dan juga biasanya salah satu pre-condition media luar negeri dalam ngetes mobil2nya adalah: Mobilnya mobil baru, bukan mobil yg udah berumur 4 tahun. Jadi performa maksimal bisa didapat.

Soalnya kalo diliat dari spek teknisnya, rasanya s type 3.0 V6 6AT mustinya lebih cepat akselerasinya dari innova 2.7 I4 4AT, apalagi Jag jenisnya sedan bukan minibus walaupun berat mungkin hampir sama. (Autobild Indo bilangnya sama kencengnya kan 0-100kpjnya dengan Innova 2.7)
Jag juga nyemburin 235hp (240hp untuk yg tahun 2002 kebawah), torsi 299Nm, sedangkan innova 2.7 "cuma" 158hp dan 241 Nm torque.

Sbg bahan masukan aja...... :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

paddock wrote: memang simpang siur cuma it's impossible accord 3.0 bisa 6.6 detik di indo.
Z4 3.0 aja cuma 7 detik
And 530i yg magnesium 3000 cc 256 hp cuma 7.7 detik,.yang 231 Hp malah 9 detik
Z4 kalo menurut car and driver:
Yg Z4 3.0si MT Roadster ("si" artinya sport package, mesin sama dengan yg regular 3.0i cuma beda di stiffer susp, rims lebih gede, performance tires, dll): 0-97kpj bisa dapet 5.3 detik.......
http://www.caranddriver.com/reviews/hot ... _road_test
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

kan udah dibilang, bro risol1;
selain kondisi2 mobil itu;
"nguras" 100% performance nya dari tester2 beda kali; standar test media lokal mah jauh dari media asing;
contoh:
oot, Salah satu contoh standar comparison test by media luar H2 vs TLC, sampe penyok2:
http://www.autoblog.com/2008/10/15/auto ... r-vs-humm/

dulu kala, mereka juga tes Aclass batch awal sampai terbalik.

jauh deh dari standar media lokal.

at the end, gw cuma baca media lokal buat review mobil yg tidak diulas media asing alias mobil lokal dan sebagai bahan perbandingan aja dgn review2 media asing utk mobil global, ini gw biasanya liat di betmotoring, hotversion, edmunds, caranddriver, motortrend, roadandtrack, autoexpress, dll.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

Kayaknya sih gitu soalnya yg gw liat koq beda test performance/akselerasi u/ mobil yg sama bisa beda sampe 2-3 detik dibandingkan kalo dites sama media luar.

Mungkin nggak kalo gw punya teori spt ini:
Kalo media luar itu gak sayang2 ngetes mobilnya dan juga pabrikan juga gak sayang ngasi 1 atau bbrp mobil buat uji coba. Jadi pada saat ngetes, dibejek aja abis2an untuk mengetahui potensi maksimal mobil. Kalo dilihat di kolom2 spt "long term test" -nya majalah Car and Driver, itu mobil2 setelah dites kaga langsung dibalikin ke dealer; tapi diuji reliabilitynya, maintenance costnya, dll selama bertahun2 setelah mobil tsb dilaunch sama pabrikan.
Pabrikan gak sayang2 minjemin mobil karena mereka berdagang di negara2 yang punya cara berpikir "konsumen adalah raja", dan didukung dengan daya beli konsumen yg tinggi, persaingan yg ketat, konsumen yg kritis, dll..... jadi persepsi media (yg nantinya akan menjadi persepsi calon konsumen) thd suatu produk lebih diutamakan dibandingkan dengan hitung2an "kerugian" pabrikan karena meminjamkan mobil2 kepada media2 otomotif.

Contoh: misal di US, pabrikan GM yg menjual 3.9 juta mobil/suv di pasar domestik US pasti gak masalah minjemin atau ngasih bbrp mobilnya ke media2 otomotifnya untuk di tes, ya tentunya dengan harapan masy suka dan akan beli produk GM lagi.

Nah kalo di Indonesia, mungkin ngga kalo sebelum mobil dites sama media indo, terlebih dulu "dibisikin" sama ATPM bahwa ngetesnya jangan keras2, soalnya abis ini mobilnya mo dijual lagi, atau dipajang lagi di showroom, dll.........Jadinya media juga gak bebas mengekploitasi mobil sampe ke batas maksimumnya, akibatnya hasil kurang akurat?

Kalo pernah nonton acara Top Gear di TV, waktu itu Top Gear mao ngetes Ford GT pas baru keluar (US msrp $150k), akhirnya dibeli sama si jeremy clarkson (top gear) buat dites.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

kocek testernya pribadi just sanggup beli mobil sport sekelas USD 150k (harga disana) and then buat dites di tempat kerjanya dgn standar sana, review tester2 yg begini yg susah "dibeli"nya oleh ATPM, apalagi "isi media"nya.
nama2 tester begini juga udah tercatat & terkenal di semua pabrikan mobil kelas dunia, juga most pebisnis otomotif lain di dunia, yg kl hasil tesnya "macem2" sama aja bunuh diri. konsumen mereka juga banyak yg kritis dan hobby (bisa) nuntut perusahaan demi kepentingannya kalo macem2.

makanya, kadang kalo liat review media2 asing masing2 mereka hasilnya tidak terpaut jauh; tapi interestingnya klo liat review yg versi media lokal bisa mayan jauh.
mobil sport yg sama yg dites lokal dibandingin hasil tes by media asing pun kadang bisa beda mayan jauh, hmm maybe tergantung kerelaan IU nya juga sih tesnya.
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

@risol,
sama2 om risol, gua juga cupu bgt dan cetek, maaf aja kalau salah tulis :)
ini paste link yang dulu pernah gua tulis,

http://kaskus.us/showpost.php?p=38229987&postcount=223
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

vericom juga untuk menunjukkan speed mobil (selain record features) mirip : speedometer, GPS, 5th wheel; or metode lain.
hanya saja beda tingkat presisinya.

jarum loncat pd spin di roda depan saja & bbrp saat sampai spin selesai dan traksi maksimum (tanpa friksi) saat itu kecepatan di speedo pun "makin sesuai" kecepatan bergerak yg "REAL" By instrument
misal klo kita hitung percepatan @ roda belakang atau intstrumen lain 5th wheel dll (ini klo media asing test krn mereka kadang pakai instrument ini);
mobil tsb tetap mengalami percepatan dari semua (roda) diam tidak bergerak @0kmh s/d "keempat roda"/GPS/vericom/5th wheel menunjukkan 100kmh.
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

Silahkan saja bro GTR ngotot klo speedo cuma ngotot waktu spin doang terus seterusnya bener,.

Gini aja ya gue pernah nyobain sensor drag 201 meter waktu nyokap jadi panitia di ajang drag kenjeran 2005

Waktu finish speedo nunjuk 110 kpj gigi 2 dengan great corolla gue,.Tapi di sensor lintasan cuma 98 kpj,.

berarti sensor speedo cuma baca dari putaran flywheel tanpa perduli panjang lintasan yang telah dilalui dan hasilnya ga akurat,.
Sedangkan sensor kecepatan di lintasan hitung waktu mirip speed gun,.,

Ato gini aja,.Andai ada ferrari gigi 1 spin dari 0-80 km/jam spin2 ditempat terus habis itu jalan dikit sampe 100 km/jam sama evo awd yang no spin dari 0-100 km/jam hitung jarak yang ditempuh kedua mobil jauh mana dengan waktu yang sama,.Bisa2 ferari ketinggalan 2 body ma evo klo startnya bareng,.

Masalah mobil diluar indo
Woi mereka tuh aspalnya bagus,hot mix,.Kualitas BBMnya juga bagus,.
Klo lo coba tes disini jelas asilnya beda wong oksigennya sana lebih padat krena udara suhunya ga tinggi2 amat and BBMnya selain iktannya tinggi juga energi yang terkandung didalamnya lebih tinggi ketimbang disini,.

Klo accord 3.0 bisa 0-100 dalam 6.6 detik,berarti nissan 350 Z bisa disamain tuh,.

Semua orang tau klo mobil gede kaya gtu ga mungkin 0-100nya nyamain sportscar macam porsche boxster 2.7 mid engine hahaha

Klo Accord 3.0 bisa 6.6 detik kenapa ga banyak yang turun ke drag,.Bisa masuk kelas 14-15 detik tuh,.

Masalah innova 2.7 kok bisa 0-100 kpj mungkin karna faktor RWD yang spinnya jauh lebih dikit jadi ga kepangkas waktunya,.Dan hasil vericom bukan stopwatch yang ngeliat dari speedo yang errornya gede,.



hebat2 om GTR,.Saya akan rekomendasikan anda ke petinggi HPM tuk dinaikkan pangkatnya hahaha
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

om paddock, siapa bilang pellari gigi 1 cuma spin 0-80km/h :D, gigi 1 pellari bisa cover sampai 100km/h. mau dibikin spin sampai 150km/h gua rasa masih bisa.
caranya gini:
pellarinya tempelin ke tembok, trus masuk gear 1 geber degh spin terus sampai 100km/h (real speed tetap 0 km/h) trus shift ke gear 2 geber sampai 150km/h (real speed tetap 0km/h). awas temboknya harus kuat nahan.
gua jamin yang tadinya hasil tes vericom 0-100km/h butuh 3,x sec bisa dipersingkat jadi 2 sec :D

J/K

nyokap jadi panitia drag? keren amat :D
Last edited by LowSpeed on Tue Oct 28, 2008 13:25, edited 1 time in total.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

ha hah ha paling lucu nih... innova 2.7 vs jag s Type jadi sama akselerasinya karena innova RWD, emangnya lay-out Jag S-type itu apa.
paddock wrote: Masalah innova 2.7 kok bisa 0-100 kpj mungkin karna faktor RWD yang spinnya jauh lebih dikit jadi ga kepangkas waktunya,.Dan hasil vericom bukan stopwatch yang ngeliat dari speedo yang errornya gede,.



hebat2 om GTR,.Saya akan rekomendasikan anda ke petinggi HPM tuk dinaikkan pangkatnya hahaha
abenk80
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Fri Dec 28, 2007 9:52

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by abenk80 »

Sy pribadi masih lebih percaya media luar, karena pengalaman dari beberapa spesifikasi mobil yang kadang ngak bener dengan realnya.

Sebenarnya sy jg langganan Autobild...dan belakangan ini kan lg ada rubrik "long term tes" nya vios dan granmax. Jujur sy krg suka rubrik tsb, karena lebih terkesan sebagai iklan yg menuliskan kelebihan2 dari mbl yg dites...ga ada satupun kekurangannya...apa iya??? Kl pernah baca media luar, mereka kadang justru lebih menonjolkan kekurangannya daripada kelebihan...mrk lbh fair...bagus dibilang bagus, jelek dibilang jelek...

Untuk akselerasi Innova vs Jag S type, kan S type juga gerak roda belakang...urusan traksi harusnya imbang donk...tp kok Jag kalah ya??? :upss:
Last edited by abenk80 on Tue Oct 28, 2008 13:33, edited 1 time in total.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

salah lagi nih,
350z akselerasi nya ini yg pernah dibukukan :
http://www.roadandtrack.com/assets/down ... Nissan.pdf

paddock wrote:
Klo accord 3.0 bisa 0-100 dalam 6.6 detik,berarti nissan 350 Z bisa disamain tuh,.

hebat2 om GTR,.Saya akan rekomendasikan anda ke petinggi HPM tuk dinaikkan pangkatnya hahaha
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

yg ini ga perlu komen, karena cuma style komen subyektif dan offensif anda, as ussual..
paddock wrote: hebat2 om GTR,.Saya akan rekomendasikan anda ke petinggi HPM tuk dinaikkan pangkatnya hahaha
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

duh dicampur aduk lagi, ini ukur akselerasi(percepatan) dari diam sampai dengan bergerak @ kecepatan tertentu atau drag race (adu mencapai jarak tertentu)?

paddock wrote:Silahkan saja bro GTR ngotot klo speedo cuma ngotot waktu spin doang terus seterusnya bener,.

Gini aja ya gue pernah nyobain sensor drag 201 meter waktu nyokap jadi panitia di ajang drag kenjeran 2005

Waktu finish speedo nunjuk 110 kpj gigi 2 dengan great corolla gue,.Tapi di sensor lintasan cuma 98 kpj,.

berarti sensor speedo cuma baca dari putaran flywheel tanpa perduli panjang lintasan yang telah dilalui dan hasilnya ga akurat,.
Sedangkan sensor kecepatan di lintasan hitung waktu mirip speed gun,.,

Ato gini aja,.Andai ada ferrari gigi 1 spin dari 0-80 km/jam spin2 ditempat terus habis itu jalan dikit sampe 100 km/jam sama evo awd yang no spin dari 0-100 km/jam hitung jarak yang ditempuh kedua mobil jauh mana dengan waktu yang sama,.Bisa2 ferari ketinggalan 2 body ma evo klo startnya bareng,.

Klo accord 3.0 bisa 0-100 dalam 6.6 detik,berarti nissan 350 Z bisa disamain tuh,.

Semua orang tau klo mobil gede kaya gtu ga mungkin 0-100nya nyamain sportscar macam porsche boxster 2.7 mid engine hahaha

Klo Accord 3.0 bisa 6.6 detik kenapa ga banyak yang turun ke drag,.Bisa masuk kelas 14-15 detik tuh,.

hebat2 om GTR,.Saya akan rekomendasikan anda ke petinggi HPM tuk dinaikkan pangkatnya hahaha
Last edited by GTR on Tue Oct 28, 2008 13:36, edited 2 times in total.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

salah lagi nih hitungannya, accord A/T 2.4 7gen itu berapa detik utk 1/4mile nih:
http://www.caranddriver.com/reviews/hot ... age-3.html

paddock wrote: Klo Accord 3.0 bisa 6.6 detik kenapa ga banyak yang turun ke drag,.Bisa masuk kelas 14-15 detik tuh,.


hebat2 om GTR,.Saya akan rekomendasikan anda ke petinggi HPM tuk dinaikkan pangkatnya hahaha
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

bro risol, gigi 1 dan gigi 2 ck4 memang panjang, ratio gear 1 dan 2 , sama dgn hiu, tapi finalnya beda tipis, enakkan di kasih sama dgn hiu. memang betul tarikan gigi 2nya panjang sekali, tapi belum tentu cepat waktunya.
tapi percuma juga , tenaga utk gerakin gear kelewat berat, ketahuan top speednya tetap kalah dgn hiu.
dulu waktu launching lancer ck4, waktu itu ada kenziro shinozuka demo pakai evo3 :( , padahal launch ck4. saat itu gua test gigi 1nya mantap di geber sampai redline, masuk gigi 2 tenaganya gak nyambung.
yang tadinya gigi 1 bisa bikin badan nempel di jok dgn mantap, masuk gigi 2 efek badan nempel jok jadi kendor, feeling gua mgkn krn keberatan ngangkat gigi 2nya.

yang lebih hebat lagi lancer cedia 1800cc , semua gear 1-5 dan final gearnya sama persis dgn hiu. cmiiw . tapi sayang tenaga gak mendukung.
di forum sebelah ada yang post pict top lancer cedia topspeed gigi 4 190km/h, tapi masuk gigi 5 kecepatan gak bisa nambah. terbukti kalau ratio gear dan final gear yang terlalu halus , tetapi tdk didukung dgn tenaga, mubazir , malah bikin top speed drop.
jujur gua sendiri heran lancer cedia top speed cuma 190km/h.

balenonya yang 1600cc , jgn yg 1500cc.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

makanya akselerasi 0-96kmh mereka ini tanpa spin yah:
Bugatti Veyron 16.4 = 2.36sec
Caparo T1 = 2.5sec
Ultima GTR = 2.6sec
SSC Ultimate Aero TT = 2.78sec
Saleen S7 Twin Turbo = 2.8sec
Ascari A10 = 2.8sec
Ariel Atom 2 300 = 2.88sec
Caterham R500 = 2.8sec
Gumpert Apollo = 3sec
Ford RS200 Evolution = 3.07 sec
Caterham CSR 260 = 3.1sec
Ferrari 430 Scuderia = 3.1sec
Mosler MT900 Photon = 3.13sec
Ferrari Enzo = 3.14sec
McLaren F1 = 3.2sec
Koenigsegg CCX = 3.2sec
NIssan GTR R35 = 3.2sec
Chevrolet Corvette ZR1 = 3.3sec
Ford GT = 3.3sec
Nobble M400 = 3.3sec
Gillet Vertigo = 3.3sec
Lamborgini Murcielago LP640 = 3.3sec
Noble M12 GTO-3R = 3.3sec
Lamborghini Gallardo LP560-4 = 3.4sec
Lamborghini Gallardo Superlegerra = 3.4sec
Mercedes AMG CLK GTR = 3.4sec
Porsche 911 Turbo = 3.4sec
Dodge Viper SRT-10 = 3.5sec
Ferrari Scuderia (euro spec) = 3.5sec
Jaguar XJ220 = 3.5sec
dst
dst
dst

atau, ada rule semua tes akselerasi tanpa "Traction control" (traction control = off) adalah tidak valid yah...


LowSpeed wrote:om paddock, siapa bilang pellari gigi 1 cuma spin 0-80km/h :D, gigi 1 pellari bisa cover sampai 100km/h. mau dibikin spin sampai 150km/h gua rasa masih bisa.
caranya gini:
pellarinya tempelin ke tembok, trus masuk gear 1 geber degh spin terus sampai 100km/h (real speed tetap 0 km/h) trus shift ke gear 2 geber sampai 150km/h (real speed tetap 0km/h). awas temboknya harus kuat nahan.
gua jamin yang tadinya hasil tes vericom 0-100km/h butuh 3,x sec bisa dipersingkat jadi 2 sec :D

J/K

nyokap jadi panitia drag? keren amat :D
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

kalau utk sekedar mengetahui semua aspek dalam hasil test, tentu tidak ada salah membaca media luar dan dalam.
tapi khusus utk performance mobil yang beredar di indo, gua lebih percaya dgn hasil majalah lokal (tentu tidak 100%, sama juga thdp media luar) krn mobil yang di test berada di indo, dgn kondisi spec mesin , bahan bakar, cuaca dari indo semua. itu sebabnya hasil test di indo bisa beda.

seandainya hasil test mobil diluar dgn angka sekian detik, pada saat di bawa ke indonesia bisa sama hasilnya, saat itu gua baru bisa percaya, gampangkan?

kita jgn cuma di buat senang sesaat, tapi giliran kita beli yang versi indo, hasilnya tidak seperti hasil test di luar. mau ngomong ke media luar juga percuma, nanti cuma disemprot  balik "kalau mau pakai mobil yang sesuai hasil test yang gua publikasikan di media, ya beli mobil sini dong, dan tinggal di sini juga" , mabok :)

kita bisa tahu hasil test luar yang terbagus performancenya, tapi kita tidak bisa nikmatin di indo, giliran di jual di indo, spec sdh berubah, bensin memble, cuaca panas. hasilnya tentu berubah.
mau suruh media luar test di indo, bawa alat2nya sekalian :D. mau injek gas sampai kaki semutan , juga hasil nya tetap beda :D. kalau gak bisa sesuai dgn hasil test di luar, nanti gua pecat :Peace:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

LowSpeed wrote:bro risol, gigi 1 dan gigi 2 ck4 memang panjang, ratio gear 1 dan 2 , sama dgn hiu, tapi finalnya beda tipis, enakkan di kasih sama dgn hiu. memang betul tarikan gigi 2nya panjang sekali, tapi belum tentu cepat waktunya.
tapi percuma juga , tenaga utk gerakin gear kelewat berat, ketahuan top speednya tetap kalah dgn hiu.
dulu waktu launching lancer ck4, waktu itu ada kenziro shinozuka demo pakai evo3 :( , padahal launch ck4. saat itu gua test gigi 1nya mantap di geber sampai redline, masuk gigi 2 tenaganya gak nyambung.
yang tadinya gigi 1 bisa bikin badan nempel di jok dgn mantap, masuk gigi 2 efek badan nempel jok jadi kendor, feeling gua mgkn krn keberatan ngangkat gigi 2nya.

yang lebih hebat lagi lancer cedia 1800cc , semua gear 1-5 dan final gearnya sama persis dgn hiu. cmiiw . tapi sayang tenaga gak mendukung.
di forum sebelah ada yang post pict top lancer cedia topspeed gigi 4 190km/h, tapi masuk gigi 5 kecepatan gak bisa nambah. terbukti kalau ratio gear dan final gear yang terlalu halus , tetapi tdk didukung dgn tenaga, mubazir , malah bikin top speed drop.
jujur gua sendiri heran lancer cedia top speed cuma 190km/h.

balenonya yang 1600cc , jgn yg 1500cc.
Oh gitu ya.....soalnya pernah naek mobil temen CK4, pas ditarik koq rasanya enak banget, panjang banget napasnya tu mobil :mrgreen:

hahaha....ya jangan dibandingin sama hiu dong bos, tenaga nya juga dah jauh beda. IMO doang nih ya, Hiu sampe sekarang pun masih salah satu mobil yg dihormati larinya di sedan midsize walaupun udah keluar 1 dekade lalu.
Di Indo, Cuma 2 mobil regular (bukan eksotis) yg gw paling males kalo disuruh "panas2an" di tol: BMW 6 silinder sama Hiu :mrgreen: