crita.. crita dunk....
menrut bros enakan mana sihh rem blakang pake Cakram ato Tromol dilihat dari segi perawatan n pemakaiannya ??

bila ada yang pernah merasakan pake keduanyaa mohon dicantumkan jg yahh... lengkanp dgn kendrn pa n taon brp ?
ok

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
polling nih yeeeee.........neo88 wrote:Alooww bro SMers sekalian...,
crita.. crita dunk....
menrut bros enakan mana sihh rem blakang pake Cakram ato Tromol dilihat dari segi perawatan n pemakaiannya ??berikut alasannya.. yac....h
bila ada yang pernah merasakan pake keduanyaa mohon dicantumkan jg yahh... lengkanp dgn kendrn pa n taon brp ?
ok![]()
Yang jelas kalo mau rem pakem ya rem belakang pake cakram, kalo tromol tidak bisa sepakem disc, tapi lebih lembut. Perawatan sih mirip2 cuma kalo disc harus selalu dicheck olinya, umumnya sih kalo mobil baru rutin service bengkel resmi aja cukup karena kalo udah rusak harganya lebih mahal kayanya he..he..sjamsul wrote:polling nih yeeeee.........neo88 wrote:Alooww bro SMers sekalian...,
crita.. crita dunk....
menrut bros enakan mana sihh rem blakang pake Cakram ato Tromol dilihat dari segi perawatan n pemakaiannya ??berikut alasannya.. yac....h
bila ada yang pernah merasakan pake keduanyaa mohon dicantumkan jg yahh... lengkanp dgn kendrn pa n taon brp ?
ok![]()
![]()
oh iya sorry ngga ngeliat he..he.. tapi dulu pernah punya honda supra-fit yg pake tromol kalo ngga salah, sering nabrak tuh (buat pegawai sih) jadi kalo rem lebih gampang ngesot. lebih enak disc sih. Kalo kata temen jg asal kalo pake disc gaya ngeremnya jgn selalu mendadak karena bisa cepet bocor olinya, ngga tau deh bener apa ngganeo88 wrote:Yupppp Nihhh BUAT MOTOR ONLY.... kn ditaruh di Common Topics of Motorcycle heeheheee
iya bro kalo hujan atau melewati genangan harus dipompa karena airnya masukriofhaloho wrote:Pemakaian disc brake ato tromol tergantung power motor..!
Kl kapasitas mesin motor hanya dibawah 100 cc dan speednya mentok di 80km/jam, gw rasa mending make rem yg tromol aj.. Tp harus diingat, ini untuk motor yg akselerasinya gak spontan..
Apabila power motor bs berputar ke 80 km/jam hanya dalam 2 detik.. contohnya..![]()
sepertinya lebih cocok menggunakan disc brake.. CMIIW
Contohnya lg, walaupun kapasitas mesin 50 cc dan akselerasinya sangat spontan, seharusnya make disc brake jg
Mesin motor yg udah diatas 100 cc dan akselerasinya lumayan spontan.. ada baiknya make disc brake jg...
Ada satu kekurangan tromol, ini gw rasakan saat menggunakan tiger 2000 thn 2003..
Rem terasa gak pakem saat hujan ato tromolnya terkena air...
IMHO
Kalu pada motor balap, umumnya beban maksimum rem justru ditekankan pada roda depan. Apalagi pada road race (motor bebek), dimana tapak ban yg dipakai relatif sempit. Jadi kalau ban belakang sampai sliding, otomatis bisa mengganggu kontrol roda depan. Dengan memakai rem tromol, diharapkan saat pengereman tidak terjadi sliding. Lain dgn halnya motor balap pada MotoGP, dgn tapak ban lebar, sliding tidak menjadi masalah karena masih dapat dikontrol. Apalagi di MotoGP sudah banyak digunakan piranti elektronik yg rumit. Jadi ga heran kalu kita sering lihat Danny Pedrosa ngerem sampai stoppie (roda belakang naik), atau Valentino Rossi ngerem sampai roda belakang sliding.Kayaknya rem cakram (disc brake) blakang lebih pakem daripada tromol... aku udah ganti rem tromol blakang di P200 ku dengan cakram... cuma tersisa tandatanya : kenapa di road race itu motor balap rem blakangnya kok pake tromol ??
Salah pake kampas rem kali Bro? Aku dah coba ganti kampas rem bawaan Shogun SP (Nissin) dengan Nissin Chemco. Walaupun sama2 Nissin dan produsennya sama, tapi masih lebih pakem bawaan Shogun SP dari awalnya.junox wrote:hiks hiks kok gak ada yang sependapat ma aku seh
biasanya klo kampas rem dah mo abis, mank suka ngegesek ke cakramnya oom.....coba d cek ajar1210g wrote:wah malahan mau ganti tuh rem blkang satria hiu ogud..
dari cakram ke teromol..
cakram lebih berat.. ada gesekan lebih..
coba aja diputer antara teromol ama cakram..
lebih dulu berhenti yang cakram daripada teromol..
efisiensi tenaga keknya lebih baik walaupun kecil..
mungkin ada alasan juga ke race2 gitu lebih enteng..
soalnya temen ogud ada yang drag, rem belakangnya pake teromol juga ubah dari cakram..
tapi sampe saat ini puas ajalah apa adanya.. hehehe..