
Serba Serbi Ban
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye
Nes, tempat di bali nyang banyak sodaranye si esh itu namanye ape ye?.


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye
Orang Bali..aku teman di sana ,namanya Pak Putu,Pak Made juga ada,,kenal nggak Nes..?

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye
bro, nama lengkapnye Pak Putu Mayang, ama Pak Made in Bali yahhh.........hehehe...avansa wrote:Orang Bali..aku teman di sana ,namanya Pak Putu,Pak Made juga ada,,kenal nggak Nes..?


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye
yg namanya made dan putu banyak di bali.. nama saya jg made, pak avansa..avansa wrote:Orang Bali..aku teman di sana ,namanya Pak Putu,Pak Made juga ada,,kenal nggak Nes..?

Permisii
............................. 


-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Fri Jul 11, 2008 8:52
Re: Tekanan Angin Ban yang Pas...
Hmm, bro2 sekalian, mau tanya donk..
ada yang ngerti nggak?
Kalo ban kita isi angin nitrogen, saat ban kita kekurangan angin, bisa nggak kalo nitrogen itu dicampur angin biasa??
misalnya karena keadaan darurat nggak ada tempat isi nitrogen gitu..
Menurut bro2 sekalian gimana??

ada yang ngerti nggak?
Kalo ban kita isi angin nitrogen, saat ban kita kekurangan angin, bisa nggak kalo nitrogen itu dicampur angin biasa??
misalnya karena keadaan darurat nggak ada tempat isi nitrogen gitu..
Menurut bro2 sekalian gimana??


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tekanan Angin Ban yang Pas...
ndak apa2 bro, ane juga pernah mengalami hal yg sama. Daripada kaga ada, ya akhirnya isi aja.RicardoMaru wrote:Hmm, bro2 sekalian, mau tanya donk..
ada yang ngerti nggak?
Kalo ban kita isi angin nitrogen, saat ban kita kekurangan angin, bisa nggak kalo nitrogen itu dicampur angin biasa??
misalnya karena keadaan darurat nggak ada tempat isi nitrogen gitu..
Menurut bro2 sekalian gimana??![]()
Sekarang jadi males isi nitrogen, krn di rumah dah ada kompressor.


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
- Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN
Re: Tekanan Angin Ban yang Pas...
Nitrogen berat jenisnya lebih besar dari angin biasa,,, so no problem jika ban kita diisi angin biasa di ban nitrogen.. Tapi jika ada sempat buang semua ban yang anginnya campur dan ganti lagi ke nitrogen...
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tekanan Angin Ban yang Pas...
Ok deh bro, nanti ane coba.Leonhearts wrote:Nitrogen berat jenisnya lebih besar dari angin biasa,,, so no problem jika ban kita diisi angin biasa di ban nitrogen.. Tapi jika ada sempat buang semua ban yang anginnya campur dan ganti lagi ke nitrogen...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Tekanan Angin Ban yang Pas...
advan s.t. 235/60/18 from 215/65/16 31-32psi rata...dari standar 29psi rata:)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Tekanan Angin Ban yang Pas...
advan s.t. 235/60/18 from 215/65/16 31-32psi rata...dari standar 29psi rata:)
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Sun May 23, 2004 2:17
- Location: Indonesia
Re: Tekanan Angin Ban yang Pas...
sesepuh, mo nanya donk..
tekanan ban diukur pas roda gak ada beban ama roda ada beban mobil (terpasang di mobil) beda gak seh?
klo beda itu tekanan ban rekomendasi pabrik pada saat roda terpasang ato terlepas ya?

tekanan ban diukur pas roda gak ada beban ama roda ada beban mobil (terpasang di mobil) beda gak seh?
klo beda itu tekanan ban rekomendasi pabrik pada saat roda terpasang ato terlepas ya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tekanan Angin Ban yang Pas...
klo ane seh bukan sesepuh, tapi pertanyaan nt boleh juga neh. Coba nanti ane test, pada kondisi ban dilepas ama setelah dipasang ada beda apa kaga yah.ok.nextgen wrote:sesepuh, mo nanya donk..![]()
tekanan ban diukur pas roda gak ada beban ama roda ada beban mobil (terpasang di mobil) beda gak seh?
klo beda itu tekanan ban rekomendasi pabrik pada saat roda terpasang ato terlepas ya?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Tekanan Angin Ban yang Pas...
Sama dengan om sjam, sy juga bukan sesepuh, sekedar mo sharing opini aja.sjamsul wrote:klo ane seh bukan sesepuh, tapi pertanyaan nt boleh juga neh. Coba nanti ane test, pada kondisi ban dilepas ama setelah dipasang ada beda apa kaga yah.ok.nextgen wrote:sesepuh, mo nanya donk..![]()
tekanan ban diukur pas roda gak ada beban ama roda ada beban mobil (terpasang di mobil) beda gak seh?
klo beda itu tekanan ban rekomendasi pabrik pada saat roda terpasang ato terlepas ya?
Secara logika...jika ga ada yg bocor/mrembes...pembacaan tekanan ngga berubah. Itu karena kita mengukur tekanan pada ruang tertutup/kedap.
yg berbeda itu "kelihatannya" karena faktor teori relativitas. Jika ada non-load ban bertekanan anggap aja 35 PSI bentuknya utuh/bulat, diukur pake gauge pun tetap 35 PSI. Seandainya ban yg sama kemudian dikasi beban berat sampe kelihatan "kempes", kalo diukurpun masih tetap 35 PSI.
Makanya di petunjuk tekanan ban di mobil, kan ada info, kalo boil kosongan (driver aja), tekanannya sekian, kalo full-load, tekanannya harus sekian.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Sun May 23, 2004 2:17
- Location: Indonesia
Re: Tekanan Angin Ban yang Pas...
kalo saya seh kepikiran balon, cuma mampu mikir yg simpel2
klo ada balon bagian bawahnya dijepit, bagian atasnya makin keras gak?
kyanya seh makin keras ya (CMIIW), apalagi pas dah mo meletus.
sayang gak ada balon di sini jd cuma bs nebak2.
NB: balonnya diganti pelampung buat berenang jg boleh
menurut logika saya yang cupu ini kan saat ada load maka volume ban makin kecil (keliatan agak kempes), jadi tekanan udara meningkat.. tp gak yakin bener, haha..
@sjamsul:
thx bro klo dah mo repot2 ampe copot roda segala

klo ada balon bagian bawahnya dijepit, bagian atasnya makin keras gak?
kyanya seh makin keras ya (CMIIW), apalagi pas dah mo meletus.
sayang gak ada balon di sini jd cuma bs nebak2.

NB: balonnya diganti pelampung buat berenang jg boleh
menurut logika saya yang cupu ini kan saat ada load maka volume ban makin kecil (keliatan agak kempes), jadi tekanan udara meningkat.. tp gak yakin bener, haha..

@sjamsul:
thx bro klo dah mo repot2 ampe copot roda segala

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Tekanan Angin Ban yang Pas...
^^^
sebenarnya iya juga sih...kalo ruangan "mengecil" sedangkan volume dan massa tetap, logikanya tekanan akan naik, itu pasti
sama dengan halnya mengukur tekanan udara pas suhu dingin (boil blom jalan) sama dengan yg udah panas (sudah jalan jauh di siang hari terik bolong),
itu kan ruang tetap tapi volume/massa bertambah karena suhu udara naik yg mengakibatkan udara memuai, yg akhirnya tekanan jadinya naik juga
makanya dianjurkan memeriksa tekanan ban pada saat ban masih dingin/blom dipakai jalan. di petunjuk tekanan udara pada mobil pun biasanya tertulis, tekanan sekian itu pada saat ban masih dingin.
saya makanya jarang nambah angin/nitrogen kalo dah jalan jauh (diatas 5 KMan)...biasanya sekalian saya kuras sekalian/buang habis trus isi baru.
sebenarnya iya juga sih...kalo ruangan "mengecil" sedangkan volume dan massa tetap, logikanya tekanan akan naik, itu pasti
sama dengan halnya mengukur tekanan udara pas suhu dingin (boil blom jalan) sama dengan yg udah panas (sudah jalan jauh di siang hari terik bolong),
itu kan ruang tetap tapi volume/massa bertambah karena suhu udara naik yg mengakibatkan udara memuai, yg akhirnya tekanan jadinya naik juga
makanya dianjurkan memeriksa tekanan ban pada saat ban masih dingin/blom dipakai jalan. di petunjuk tekanan udara pada mobil pun biasanya tertulis, tekanan sekian itu pada saat ban masih dingin.
saya makanya jarang nambah angin/nitrogen kalo dah jalan jauh (diatas 5 KMan)...biasanya sekalian saya kuras sekalian/buang habis trus isi baru.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tekanan Angin Ban yang Pas...
Sorry bukan maksud ane copot ban, tapi didongkrak ajah salah satu ban, maka bisa didapat hasil spt yg nt tanyakan. hehehe........nextgen wrote:@sjamsul:
thx bro klo dah mo repot2 ampe copot roda segala


-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Sun May 23, 2004 2:17
- Location: Indonesia
Re: Tekanan Angin Ban yang Pas...
ah betul juga..
pinter neh bro sjamsul
pinter neh bro sjamsul

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tekanan Angin Ban yang Pas...
loh emangnye nt baru tau, klo ane tuh pinter, hehehe........... (kidding loh bro, jangan masukin di kantong eh di ati).nextgen wrote:ah betul juga..
pinter neh bro sjamsul


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Fri Jun 20, 2008 11:24
Gas Nitrogen utk Ban kita
Bros,
Saya rasa banyak diantara kita yg sekarang pake angin nitrogen di ban mobil kita. Saya pas nyoba ko ga kerasa ya bedanya dengan angin yg biasa. Sebetulnya angin yg biasa sudah mengandung kurang lebih 72% nitrogen dan selebihnya sebagian besar adalah oxygen. Keunggulan Nitrogen yg digembar-gemborkan antara lain, ride yg lebih nyaman, lebih senyap, FC lebih baik, Lebih tidak cepat gembos, lebih aman (tidak gampang panas & meledak). Trus apa bener kalo pake nitrogen tekanan ban harus dinaikkan 3-5psi dr standar? Bagaimana pengalaman bros semua?
Saya rasa banyak diantara kita yg sekarang pake angin nitrogen di ban mobil kita. Saya pas nyoba ko ga kerasa ya bedanya dengan angin yg biasa. Sebetulnya angin yg biasa sudah mengandung kurang lebih 72% nitrogen dan selebihnya sebagian besar adalah oxygen. Keunggulan Nitrogen yg digembar-gemborkan antara lain, ride yg lebih nyaman, lebih senyap, FC lebih baik, Lebih tidak cepat gembos, lebih aman (tidak gampang panas & meledak). Trus apa bener kalo pake nitrogen tekanan ban harus dinaikkan 3-5psi dr standar? Bagaimana pengalaman bros semua?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Gas Nitrogen utk Ban kita
nitrogen sepertinya lebih kering (resiko karat minim), mungkin massa air nya lebih dikit ketimbang o2/udara. jdnya tetep kalem dan ga mudah memuai seperti o2. Soal nitrogen ga mudah menyusut mungkin krn nitrogen beda volume dgn o2, lebih konsisten lah.
gampangnya gini, klo ada kompressor *yg jarang terpakai* sewkt dipake kembali, ada air ikut tersemprot.
sepengalaman gw dgn velg 18/ ban 55, gw kasih 35psi nitrogen (saat dingin/seblm jalan). Klo angin biasa 32. klo 20" ban 40 kasih 38 atau 40psi. rata2 kan max pressure 44psi on cold.
tp klo ban std, contoh kyk captiva velg 16/ban 70, gw kasih nitrogen 34 rata (msh empuk), klo pabriknya sih 33psi klo ga salah, lalu klo full load depan 33 belakang 35.
Byk yg bilang lebih empuk dari angin biasa. Mknya pas pk nitrogen gw kerasin dikit, sekedar buat jaga2 thd lobang jlnan, lagian kan ga mudah memuai.
Tp bener kok ga mudah menyusut, sempet pernah jarang pk mobil, setelah dicek, tekanan ga terlalu drop. klo sering pake pun, setelah 3bulan pemakaian hanya drop 3psi kira2.
klo ga salah, nitrogen mulai dipake di kendaraan biasa setelah sering dipake di f1 jg...
biasanya di pake jg di pesawat atau kendaraan yg ban nya sering dipake mendekati limit kekuatannya...
tetep sebaiknya cek angin at least sebulan sekali.
gampangnya gini, klo ada kompressor *yg jarang terpakai* sewkt dipake kembali, ada air ikut tersemprot.
sepengalaman gw dgn velg 18/ ban 55, gw kasih 35psi nitrogen (saat dingin/seblm jalan). Klo angin biasa 32. klo 20" ban 40 kasih 38 atau 40psi. rata2 kan max pressure 44psi on cold.
tp klo ban std, contoh kyk captiva velg 16/ban 70, gw kasih nitrogen 34 rata (msh empuk), klo pabriknya sih 33psi klo ga salah, lalu klo full load depan 33 belakang 35.
Byk yg bilang lebih empuk dari angin biasa. Mknya pas pk nitrogen gw kerasin dikit, sekedar buat jaga2 thd lobang jlnan, lagian kan ga mudah memuai.
Tp bener kok ga mudah menyusut, sempet pernah jarang pk mobil, setelah dicek, tekanan ga terlalu drop. klo sering pake pun, setelah 3bulan pemakaian hanya drop 3psi kira2.
klo ga salah, nitrogen mulai dipake di kendaraan biasa setelah sering dipake di f1 jg...
biasanya di pake jg di pesawat atau kendaraan yg ban nya sering dipake mendekati limit kekuatannya...
tetep sebaiknya cek angin at least sebulan sekali.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Gas Nitrogen utk Ban kita
Molekulnya ga mudah expand/melar seperti udara jika panas. Bukan berarti nitrogen ga bisa panas. Soal nitrogen ga mudah menyusut mungkin krn nitrogen molekul nya lebih besar lebih konsisten dr o2 sehingga lumayan ngaruh ke bentuk ban tetep stabil sewkt cornering. Makanya tekanan nitrogen lebih konstan ketimbang o2. Klo o2, kandungan air (lembab) nya msh ada, klo ban panas, kandungan air memuai jadi uap air di dlm ban dan ikut menambah pressure.
pk nitrogen, ban lebih awet, fc terbantu jd irit.
penggunaannya di motor jg sering didiskusikan di
http://www.hdforums.com/forum/frame-sus ... tires.html
tambahan info, lsg cek:
http://www.getnitrogen.org/why/index.php (sangat informatif)
http://www.getnitrogen.org/
pk nitrogen, ban lebih awet, fc terbantu jd irit.
dari http://blogs.consumerreports.org/cars/2 ... ires-.htmlQ: I have nitrogen in the tires on my Prius and noticed an immediate improvement in gas mileage of 3-5 mpg. Better gas mileage was the selling point when the dealer suggested the change. I'm interested to know why gas mileage was not part of the test.
A: Fuel economy is related to the tire's rolling resistance, which is a function of load and inflation pressure. High load or low pressure causes a tire to have higher rolling resistance and, therefore, lower fuel economy. If the nitrogen retains the pressure better than air in a tire, fuel economy might benefit. But I cannot think of another reason why fuel economy would solely improve based on using nitrogen in lieu of air. Overall, if you can maintain proper inflation pressure, then fuel economy will be optimum.
penggunaannya di motor jg sering didiskusikan di
http://www.hdforums.com/forum/frame-sus ... tires.html
tambahan info, lsg cek:
http://www.getnitrogen.org/why/index.php (sangat informatif)
http://www.getnitrogen.org/
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Gas Nitrogen utk Ban kita
Yang saya rasakan dengan mengisi nitrogen di ban mobil adalah efek bantingan sedikit lebih empuk, sebagai contoh kalau pakai angin biasa saya tidak bisa mengikuti tekanan sesuai yang diminta oleh pabrikan karena terlalu keras, tetapi dengan menggunakan nitrogen saya bisa mengikuti anjuran pabrikan tanpa merasa bantingannya keras. Satu hal lagi yang sangat saya sukai adalah ban tidak panas walaupun habis dipakai ngebut dan perjalanan jauh (pernah sampai 600 km).penyubali wrote:Bros,
Saya rasa banyak diantara kita yg sekarang pake angin nitrogen di ban mobil kita. Saya pas nyoba ko ga kerasa ya bedanya dengan angin yg biasa. Sebetulnya angin yg biasa sudah mengandung kurang lebih 72% nitrogen dan selebihnya sebagian besar adalah oxygen. Keunggulan Nitrogen yg digembar-gemborkan antara lain, ride yg lebih nyaman, lebih senyap, FC lebih baik, Lebih tidak cepat gembos, lebih aman (tidak gampang panas & meledak). Trus apa bener kalo pake nitrogen tekanan ban harus dinaikkan 3-5psi dr standar? Bagaimana pengalaman bros semua?

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 302
- Joined: Mon Jun 25, 2007 15:03
- Location: SURABAIA
Re: Gas Nitrogen utk Ban kita
Amin....gw jg pake... 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Thu Jun 28, 2007 2:26
Re: Gas Nitrogen utk Ban kita
gue jg pake n waktu isi biasanya suka di lebihin 2-3psi.. berasa lebih empuk terutama kalo lewat jln yg jelek
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Gas Nitrogen utk Ban kita
gue juga pake di ipah... gue isi depan 35 belakang 44. Biasanya 1 bulan berkurang 1 psi. Jadi nambah angin 6 bulan sekali.
sekedar info...
Yang diisi nitrogen adalah 4 ban saja yg. terpasang utk. berjalan, sedangkan ban serep diisi angin biasa saja.
Utk. serep yg. jarang/tidak pernah turun harap dihindarkan diisi nitrogen karena sifat nitrogen kering dan dingin yang akan mempercepat proses pengeringan karet ban.
Utk. ban yg. dipake, relatif baik krn. pd. saat berjalan maka ada pergesekan antara ban dgn. aspal otomatis akan timbul panas, panas ini akan dinetralisir oleh nitrogen shg. terjadi keseimbangan.
sekedar info...
Yang diisi nitrogen adalah 4 ban saja yg. terpasang utk. berjalan, sedangkan ban serep diisi angin biasa saja.
Utk. serep yg. jarang/tidak pernah turun harap dihindarkan diisi nitrogen karena sifat nitrogen kering dan dingin yang akan mempercepat proses pengeringan karet ban.
Utk. ban yg. dipake, relatif baik krn. pd. saat berjalan maka ada pergesekan antara ban dgn. aspal otomatis akan timbul panas, panas ini akan dinetralisir oleh nitrogen shg. terjadi keseimbangan.