Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
^^^
kemungkinan itu masih yg semi-synth om, belum yg fully-synth
kalo depannya masih 10 (misalnya 10-40), most definitely masih semi-synth, kalo yg fully-synth biasanya depannya sdh 5 atau malah 0
cmiiw
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
akhirnya saya liat dgn seksama...ini mesin nge-tesnya sama dgn yg saya liat..secara prinsip cara kerjanya sama...load on rotating bearing..as if the bearing is the engine....yg mnrt saya sgt tidak akurat...di test ini..ga ada combustion sama sekali..(prinsip dasar mesin dgn piston)...blm lagi parameter2 lainnya..cmiiw
lonelyguy wrote:
klo oli Royal Purple sih gak usah diragukan...
yg semi synth-nya jauuuuuuuuhhhhhh lebih baik dari Mobil 1 termahal sekalipun
liat aja di tret ini....page 24
agak bingung juga....kalo emang merk2 yg sudah "berakar" dianggap kalah jauh yah? Trus kenapa
> ferrari lebih sreg ke Shell?
> Merc sreg ke Mobil1?
> Mitsu&Hyundai ke Repsol?
> Ford sreg ke Castrol?
> dll
bukan hanya sekedar sponsorship atau kerjasama, tetapi produknya bener-bener dipake di racing/lomba.
Segede-gedenya pabrik oli mau sumbang dana buat sponsor racing, tapi kalo barangnya busuk dan ga layak lomba, toh saya kira sebuah tim ga berani gegabah asal tunjuk produsen oli. Ato saya yg terlalu naif nih hehehe
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
ngomong2 soal oli neh, ane mau share sedikit menurut pengalaman ane.
Biasanya klo abis ganti oli yg terasa adalah tarikan lebih enak ato lebih enteng, bener ngak?. Hayoo ngaku aja dah.
nah, itu bearti oli yg diganti adalah tipe mineral oil atau semi sintetis, tapi klo yg beneran full synthetic, walaupun abis ganti oli tarikan terasa sama saja spt belum ganti oli. Hal ini disebabkan krn oli synthetic lebih baik mutunya, tapi krn masalah harga jadi agak berkurang deh peminatnya (mungkin lho).
Sebagai perbandingan aja nih, pada saat oli biasa misalkan castrol atau caltex harganya baru rp 7,500/lt. oli synthetic sudah mencapai rp 35 rb pe liter ( sekitar th 89-90).
Saat itu yg ane coba adalah merk Agip & merk Motul.
Seiring dg perkembangan teknologi, sekarang ini banyak ditemukan merk2 lain yg mengaku oli full synthetic dg berbagai macam keunggulan,dst, dst, shg membuat pusing dalam hal memilih olie. Oleh sebab itu akhirnya ane memutuskan pake oli pertamina aja deh dan diganti tiap 3000 km.
btw oli dg kekentalan yg sangat encer itu bukankah diperuntukkan di daerah dingin supaya lebih gampang distater?. Klo disini seh sae 15w/40 atau 20w/50 menurut ane sih sudah cukup. ok
mo minta sharingnya lagi nih...sebenarnya penambahan "oil additive" setiap kita ganti oli tu bermanfaat ga sih? terutama jika sudah pake oli yg semi-synth atau mala full-synth? kan ada tuh, seperti kalo bensin ada OB kalo di oli juga ada yg namanya Oil Additive
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
tunggu2...
nampaknya dari halaman depan sampai kemari, blm ada yg mereview ttg petronas Syntium 1000 atau Syntium 3000... yg adalah oli fully sintetik, dg spec SM...
dengan begitu, mestinya worth it.... krn harga yg masih cukup terjangkau....
sedangkan yg lain2 fully syntheticnya tp spec nya "cuma" SL, & harganya 120rb up per liter.
(misalnya Shell Helix Ultra, Castrol Edge.... they're SL)
tentu saja petronas bilang Fully Synthetic itu bisa dipercaya, ......bukan spt oli artis yg bilang bahwa produknya jg fully sintetis tp harganya mlh dibawah dino-oil.
ada yg pernah pakai Syntium Series ?
oh, belum bang jombi....
makanya, pengen pake Syntium.... tp koq disini blm pada ngebahasnya... apa saja ketidakunggulannya..
apa kerugiannya pake Syntium yg SM...dibanding Castrol atau Shell yg SL
bagimana pola riset & develpoment mereka:
apakah Petronas R&D nya berbasiskan (kondisi) Asia... ?
ataukah Castrol & Shell punya R&D yg mengacu pada kondisi Asia atau ke Eropa saja ...?
dibedakan kah produk2 masing2 produsen itu, antara utk pasar ASia, dg pasar Eropa/North America... ?
misalnya sama2 Castrol Edge, tp beda "ramuan" yg utk asia, dan beda lagi utk eropa.. ?
andy1800 wrote:oh, belum bang jombi....
makanya, pengen pake Syntium.... tp koq disini blm pada ngebahasnya... apa saja ketidakunggulannya..
apa kerugiannya pake Syntium yg SM...dibanding Castrol atau Shell yg SL
dulu gw pake buat terrano 15W-50 syntium 1000..
kerugiannya.. menurut gw mahal (meskipun sudah API SM) dan sulit didapat.. kebanyakan yg available 15W-50 syntium 800 (semi sintetis) untung ada SSD dekat rumah, jd gw order sama mereka..