Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Ingin merubah A/V sistem, elekrik dan lampu di kendaraan anda? Tanyakan disini..

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by sjamsul »

Nah, mumpung saya baru membahas bagian kecil saja, kalau2 ada yg keberatan tlg sampaikan disini atau pm saya aja. Asalkan alasannya masuk akal, kalau perlu saya akan menghentikan pembahasan mengenai lampu halogen ini. Tapi kalau tidak maka saya akan meneruskan pembahasan ini.
Ke depannya saya akan berusaha memberikan gambaran yg lebih jauh lagi hal2 yg berkaitan dg tulisn saya ini. Contohnya saja, di forum di luar sm ini ada tulisan yg mengatakan untuk memasang klakson aja diperlukan kabel serabut berdiameter 5 m/m.
Saya jadi bingung neh, kenapa untuk memasang klakson aja sampai diperlukan kabel serabut sampai berdiameter 5 m/m. Dan saya yakin sekali klo nyang menuliskannya tidak mengerti sama sekali mengenai kabel. Dan sayangnya juga di tulisan itu tidak dijelaskan apa yg dimaksud dengan kabel serabut 5 m/m.
Nah, kalau hal ini dibiarkan siapa yg pada akhirnya dirugikan?.
Silakan para pembaca memberikan komentarnya. Ditunggu lho.............
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by nescafe »

lanjut terus pak sjamsul..

dan jgn lupa buat kupi dan sedia rokok.. :D
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by nescafe »

pak sjamsul, bagaimana dengan lampu H.I.D, apakah memiliki ketahanan yg sama dengan bohlam lampu standar?
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by sjamsul »

nescafe wrote:pak sjamsul, bagaimana dengan lampu H.I.D, apakah memiliki ketahanan yg sama dengan bohlam lampu standar?
Klo yg dimaksud adalah hid yg asli itu biasanya pakai kotak kecil yg klo kaga salah namanya ballast. Fungsinya adalah merubah tegangan dc 12 volt menjadi kira-kira 20000 (dua puluh ribu) volt ac.
makanya coba deh bandingkan bohlam hid dan bohlam biasa. Pada bohlam biasa misalkan H4 akan terlihat kawat wolframnya itu menyambung, jadi klo kawatnya putus bohlam akan mati, tapi pada bohlam hid tidak terlihat adanya kawat. Tapi kenapa bisa nyala ya?. Iya krn di dalamnya terdapat sejenis gas yg bernama xenon (klo tidak salah nulisnya). Makanya banyak orang menyebut bohlam xenon.

Mengenai umur lampu HID yg sebenarnya adalah sekitar 2000 jam, jadi kira2 10 kali lipat dari umur bohlam biasa (misalkan H4 100/90w). Ini berdasarkan spec dari merk2 terkenal seperti Philip dan Hella. Tapi sekarang ini banyak beredar bermacam2 merk dengan harga relatip sangat murah jika dibandingkan dg merk terkenal tsb. Apalagi si penjual berani memberikan garansi sampai 1 tahun.
Menurut saya klo bohlam ini dipakai biasa2 saja dalam arti kata tidak seperti contoh saya diatas, maka umurnya bisa bertahan lebih dari 5 tahun.
Ada beberapa kelemahan dari bohlam xenon ini, tapi jangan takut saat ini saya masih berpikir dulu apakah perlu dibahas apa tidak. Takut2 klo ada nyang marah2 lagi, ntar minum kopinye jadi kaga tenang.
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by nescafe »

hmm.. iya2 agak gak enak ya kalau menjelaskan? i know why..

tp, gw prefer dijelaskan aja pak sjamsul, namanya jg forum.. adu pendapat sudah jadi bagian di dalamnya..
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
HyundaiTucson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Sun Dec 30, 2007 11:56
Location: Pejaten - Jakarta

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by HyundaiTucson »

Kalau klakson standar pabrikan bisa tahan lama, 4 s/d 5 tahun. Kalau klakson after market (Hella, dsb) masalah umum di relay atau sikring.

2 bulan lalu sy ganti klakson jazz dgn Hella, dan umur nya cuma 2 hari saja. Masalah nya bukan dgn sikring, dan juga bukan dgn relay. Tapi karena di pasang terlalu rendah (posisi klakson jazz ada di ujung bawah bemper depan) dan klakson nya kemasukan air - pas musim hujan. Untung bengkel nya mau ngerti dan dapat penggantian gratis dan posisi nya di rubah di dalam ruangan mesin. Alhasil, skrg jadi jarang ngelakson, masalah nya suara nya masuk ke kabin :mrgreen:
Cheers,
HT
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by sjamsul »

HyundaiTucson wrote:Kalau klakson standar pabrikan bisa tahan lama, 4 s/d 5 tahun. Kalau klakson after market (Hella, dsb) masalah umum di relay atau sikring.

2 bulan lalu sy ganti klakson jazz dgn Hella, dan umur nya cuma 2 hari saja. Masalah nya bukan dgn sikring, dan juga bukan dgn relay. Tapi karena di pasang terlalu rendah (posisi klakson jazz ada di ujung bawah bemper depan) dan klakson nya kemasukan air - pas musim hujan. Untung bengkel nya mau ngerti dan dapat penggantian gratis dan posisi nya di rubah di dalam ruangan mesin. Alhasil, skrg jadi jarang ngelakson, masalah nya suara nya masuk ke kabin :mrgreen:
Pasti yg diganti adalah klakson hella jenis keong bukan supertone horn.
Itulah yg akan saya tekankan disini adalah product knowledge. Dalam hal ini si penjual kurang memahami karakter dari produk tsb. Klakson tsb sebenarnya tidak mati hanya kemasukan air saja. Jadi tinggal ditiup saja dengan kompressor, maka dapat dipastikan klakson dapat hidup kembali. Kenapa demikian?. Krn membran si klakson tertutup oleh air yg menyebabkan klakson tidak dapat berteriak alias bunyi. Saya pernah membongkar klakson tsb dan di dalamnya terdapat sejenis lembaran seperti karet tipis. Nah kalau karet tipis ini kena air maka klakson kaga bunyi.
Selain itu perlu diperhatikan juga pemasangan relaynya benar apa tidak. Bagaimana caranya?.
Gampang sekali, tinggal lihat apakah pengambilan stroomnya langsung ke aki atau tidak. Kalau di kutub positip aki tidak ada kabel yg mensuplai ke relay, sebaiknya anda langsung balik ke bengkel tsb untk memperbaikinya, sebab klau tidak akan ada penyakit yg lain. Penyakit lain apa?. Coba tanyakan ke bengkel resmi honda krn saya tidak enak membahasnya disini. Penyakit yg saya maksud khusus untuk mobil jazz. ok.
nb: kalau mau tiup klakson harus pakai air compressor, jangan suruh bro nes nyang niupin, takut2 klo bibinya jatuh, khan kite2 bisa pada repot..........hehehehe............. :ngacir: .........
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by nescafe »

ahh.. masalah yg sama jug sempat terjadi di jazz kakak gw yg memasang klakson tipe seperti itu.. untung besoknya servis dan langsung ditangani.. :D

ahh,, pak sjamsul ini, kalau nyetir mobil gak pernah pakai klakson khan? cukup teriak saja, khan suara pak sjamsul sudah seperti klakson... :e-whistle:

........ :ngacir:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
HyundaiTucson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Sun Dec 30, 2007 11:56
Location: Pejaten - Jakarta

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by HyundaiTucson »

Betul bro Sjam. Hella nya yg model keong. sudah di tiup2 dgn kompresor tetap tidak bunyi2, dan (untung nya) mereka akui bahwa tidak seharus nya di tempat kan di bawah untuk jenis klakson ini.

Soal kabel positif dari relay, di sambung ke kepala aki :e-pray:
Cheers,
HT
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by satyr »

sjamsul wrote:sorry sebelumnya, maksud ane itu sama2 putus. getu lho..

Nah, tolong dong jelasin buat nambah2 elmu, klo ane salah kan bisa belajar lagi. Trus klo kaga sengaja kena tangan bagaimana cara mengatasinya?..... :thanks:
bersihkan pakai thinner jg cukup

btw soal HID. betul bohlamnya teoritis bisa 2000 jam. tp pada kenyataan ga seperti itu...

rata2 bulb HID mulai meredup di umur 4-5 tahun

HID menyala karena gas xenon di dalamnya berpendar akibat tegangan tinggi (itulah gunanya ballast)

detil lengkap lebih baik lihat di how stuff works

pasti lebih detil penjelasannya

jgn sampai salah source .... nanti jadi kacau pemahamannya
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by sjamsul »

nescafe wrote:hmm.. iya2 agak gak enak ya kalau menjelaskan? i know why..

tp, gw prefer dijelaskan aja pak sjamsul, namanya jg forum.. adu pendapat sudah jadi bagian di dalamnya..
ok, saya akan coba. Mudah2an kaga ada yg tersinggung ya.


Setahu saya bohlam xenon itu, awalnya banyak dipakai untuk mobil mewah. Sekarang mobil kelas menengahpun sdh banyak yg mengadopsinya. Tapi tahukah anda bahwa lampu xenon itu sebenarnya penggunaannya untuk apa?. Kalau tidak salah adalah untuk salju, maksudnya klo di luar negeri sononye khan ada musim salju, jadi lampu ini sangat efektif untuk dipakai pada saat kondisi jalan bersalju. Di negara kita kapaaaan ada saljunya?. Belum lagi klo ketemu hujan lebat, maka bisa agak membahayakan klo tidak mau disebut berbahaya. Kenapa?. Krn sinar yg dihasilkan akan dipantulkan kembali oleh air hujan, shg membuat pengemudinya menjadi kesiloan.
Tapi kenapa kok banyak sekali dipakai, terutama oleh anak2 muda?. Jawabannya siple aja kok, yaitu demi gengsi. kenapa kok gengsi?. Iyalah, pernah saya mendengarkan pembicaraan beberapa anak muda yg dg bangganya menceritakan klo ia baru saja membeli lampu ini dg harga sekian jt (dalam hati saya hanya tertawa aja).
Pada saat sebelum lampu xenon ini berkembang begitu pesatnya, saya pernah dikasih contoh oleh sebuah pabrik lampu di Taiwan, tapi saya tolak begitu melihat spec yg diberikan krn menurut saya bisa merugikan diri sendiri. Kenapa, khan enak bisa dikaseh gratis?. Menurut saya tidak enak, krn saya sendiri yg akan memakainya dan menurut saya bisa membahayakan. Coba saja bayangkan, klo lagi jalan ke luar kota dan kebetulan di arah yg berlawanan ada bis. Lalu secara tidak sengaja kita menyalakan lampu jauh dgn maksud supaya jalan terlihat lebih jelas, tapi secara tidak sengaja pula tindakan kita menyalakan lampu jauh akan mengakibatkan si sopir bis menjadi kesiloan. Bayangkan saja apa yg kemungkinan akan terjadi.
Menurut saya pribadi, lampu itu gunanya adalah untuk penerangan saja. Tidak lebih. Tapi penerangan apa yg dimaksud?. Penerangan yg cukup untuk kita melihat ke jalan supaya kita dapat mencapai tempat tujuan dgn selamat. Kalau lampu standard dirasa kurang terangkita dapat mengganti dg kapasitas yg lebih besar dg penambahan relay lampu tentunya, asalkan penyetelan lampunya jangan terlalu tinggi, shg bisa mengganggu pengemudi di arah yg berlawanan.
Nah bro kira2 bagaimana pendapat ente?.
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by satyr »

sjamsul wrote:
nescafe wrote:pak sjamsul, bagaimana dengan lampu H.I.D, apakah memiliki ketahanan yg sama dengan bohlam lampu standar?
Klo yg dimaksud adalah hid yg asli itu biasanya pakai kotak kecil yg klo kaga salah namanya ballast. Fungsinya adalah merubah tegangan dc 12 volt menjadi kira-kira 20000 (dua puluh ribu) volt ac.
makanya coba deh bandingkan bohlam hid dan bohlam biasa. Pada bohlam biasa misalkan H4 akan terlihat kawat wolframnya itu menyambung, jadi klo kawatnya putus bohlam akan mati, tapi pada bohlam hid tidak terlihat adanya kawat. Tapi kenapa bisa nyala ya?. Iya krn di dalamnya terdapat sejenis gas yg bernama xenon (klo tidak salah nulisnya). Makanya banyak orang menyebut bohlam xenon.

Mengenai umur lampu HID yg sebenarnya adalah sekitar 2000 jam, jadi kira2 10 kali lipat dari umur bohlam biasa (misalkan H4 100/90w). Ini berdasarkan spec dari merk2 terkenal seperti Philip dan Hella. Tapi sekarang ini banyak beredar bermacam2 merk dengan harga relatip sangat murah jika dibandingkan dg merk terkenal tsb. Apalagi si penjual berani memberikan garansi sampai 1 tahun.
Menurut saya klo bohlam ini dipakai biasa2 saja dalam arti kata tidak seperti contoh saya diatas, maka umurnya bisa bertahan lebih dari 5 tahun.
Ada beberapa kelemahan dari bohlam xenon ini, tapi jangan takut saat ini saya masih berpikir dulu apakah perlu dibahas apa tidak. Takut2 klo ada nyang marah2 lagi, ntar minum kopinye jadi kaga tenang.
Kelemahan bohlam HID Xenon adalah : tidak bisa start up secepat bohlam halogen .. kurang cocok untuk aplikasi BEAM. selain itu tipe bohlam ini butuh kelistrikan yg lebih stabil dari lampu pijar (lampu berfilamen).

kalau di lampu biasa... daya yg kurang paling menyebabkan redup.. kalau HID bisa gagal start up = tidak menyala.

dan jgn salah. lampu2 watt besar (90/100 apalagi 100/130 dan 100/140) itu umurnya lebih pendek dari bohlam 55/60 watt
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by sjamsul »

HyundaiTucson wrote:Betul bro Sjam. Hella nya yg model keong. sudah di tiup2 dgn kompresor tetap tidak bunyi2, dan (untung nya) mereka akui bahwa tidak seharus nya di tempat kan di bawah untuk jenis klakson ini.

Soal kabel positif dari relay, di sambung ke kepala aki :e-pray:
Yg saya bingung apakah dari awal mereka tidak kasih masukan, klo jenis ini dipakai di mobil honda jazz bisa bikin merepotkan?.
Saran saya klo ke depannya tidak mau direpotkan oleh masalah klakson, sebaiknya ditukar aja deh.
Atau dipindahkan ke mobil yg lain klo ada dan diganti dengan jenis yg model disc, misalkan merk bosch atau merk hella jenis yg disc. Di mobil sendiri saya pakai jenis hella supertone horn, yg sampai sekarang sudah berumur lebih dari 8 tahun dan masih baik kondisinya, walaupun sudah agak berkarat tapi teriakannya masih kencang dibandingkan ama teriakan bro nes. hahaha........

Jangan lupa kabel ini dilengkapi sikring apa tidak. Mengenai detilnya mengenai klakson akan saya bahas kemudian, setelah membahas masalah lampu. ok
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by satyr »

sjamsul wrote:
nescafe wrote:hmm.. iya2 agak gak enak ya kalau menjelaskan? i know why..

tp, gw prefer dijelaskan aja pak sjamsul, namanya jg forum.. adu pendapat sudah jadi bagian di dalamnya..
ok, saya akan coba. Mudah2an kaga ada yg tersinggung ya.


Setahu saya bohlam xenon itu, awalnya banyak dipakai untuk mobil mewah. Sekarang mobil kelas menengahpun sdh banyak yg mengadopsinya. Tapi tahukah anda bahwa lampu xenon itu sebenarnya penggunaannya untuk apa?. Kalau tidak salah adalah untuk salju, maksudnya klo di luar negeri sononye khan ada musim salju, jadi lampu ini sangat efektif untuk dipakai pada saat kondisi jalan bersalju. Di negara kita kapaaaan ada saljunya?. Belum lagi klo ketemu hujan lebat, maka bisa agak membahayakan klo tidak mau disebut berbahaya. Kenapa?. Krn sinar yg dihasilkan akan dipantulkan kembali oleh air hujan, shg membuat pengemudinya menjadi kesiloan.
Tapi kenapa kok banyak sekali dipakai, terutama oleh anak2 muda?. Jawabannya siple aja kok, yaitu demi gengsi. kenapa kok gengsi?. Iyalah, pernah saya mendengarkan pembicaraan beberapa anak muda yg dg bangganya menceritakan klo ia baru saja membeli lampu ini dg harga sekian jt (dalam hati saya hanya tertawa aja).
Pada saat sebelum lampu xenon ini berkembang begitu pesatnya, saya pernah dikasih contoh oleh sebuah pabrik lampu di Taiwan, tapi saya tolak begitu melihat spec yg diberikan krn menurut saya bisa merugikan diri sendiri. Kenapa, khan enak bisa dikaseh gratis?. Menurut saya tidak enak, krn saya sendiri yg akan memakainya dan menurut saya bisa membahayakan. Coba saja bayangkan, klo lagi jalan ke luar kota dan kebetulan di arah yg berlawanan ada bis. Lalu secara tidak sengaja kita menyalakan lampu jauh dgn maksud supaya jalan terlihat lebih jelas, tapi secara tidak sengaja pula tindakan kita menyalakan lampu jauh akan mengakibatkan si sopir bis menjadi kesiloan. Bayangkan saja apa yg kemungkinan akan terjadi.
Menurut saya pribadi, lampu itu gunanya adalah untuk penerangan saja. Tidak lebih. Tapi penerangan apa yg dimaksud?. Penerangan yg cukup untuk kita melihat ke jalan supaya kita dapat mencapai tempat tujuan dgn selamat. Kalau lampu standard dirasa kurang terangkita dapat mengganti dg kapasitas yg lebih besar dg penambahan relay lampu tentunya, asalkan penyetelan lampunya jangan terlalu tinggi, shg bisa mengganggu pengemudi di arah yg berlawanan.
Nah bro kira2 bagaimana pendapat ente?.
nah kan jadi aneh lagi..... :mrgreen:

kalo emang buat SALJU, kenapa pabrikan2 mobil skr mengaplikasikan HID sebagai std untuk mobil tropis?

HID std yg OPTIMAL adalah di kisaran 4300 K (warm white color) .. dengan Color Temp segitu, hujan masi bisa ditembus dan tentu aman buat daily tanpa SALJU (kalo ga aman.. bos tuntut aja tuh Honda, Toyota, Nissan, Suzuki, BMW, dll di Indonesia)


okay. di mana sisi ga amannya?

HID baru dikatakan 100% SAFE jiga diaplikasikan dengan HEADLAMP khusus yg di design bisa menerima pola sinar HID (tidak harus proyektor.. tp sebaiknya memang proyektor).

Penggantian ini biasa disebut retrofit HID replacement ... sementara di Indonesia mayoritas (gw yakin 99%) hanya menggunakan sistem HID Conversion kit.

Kelemahannya adalah: GLARE yg dihasilkan bohlam HID sangat besar dikarenakan karena brightness yg berada di kisaran 3000 lumens. (dibandingkan lampu std yg hanya 900-1000 lumens untuk low beam).

Cara pengaplikasian HID yg 100% ideal adalah dengan RETROFIT. knapa cara ini kurang populer? MAHAL dan WASTING TIME. tp inilah yg ideal...

so .. gw ga setuju kalo HID dibilang hanya untuk daerah bersalju...


satu lagi. di sini cenderung PAMER WARNA. HID warna biru, ungu, pink, hijau, dll itu NOT LEGAL di eropa. yg ideal adalah 4300-5000 K. maksimal 6000 K. knapa di sini jadi berkesan fashion? sekedar info.. HID Ungu dan Pink itu tingkat brightnessnya hanya di kisaran 1900-2000 lumens ....

itulah yg bikin gw ga pernah anjurkan customer ambil HID > 6000 K. gw selalu sarankan 4300 dan 6000 K

dan salah kaprah berikutnya adalah penggunaan HID untuk foglamp. Gw pernah baca di website PIAA. foglamp paling ideal adalah HALOGEN kuning. knapa? u know lah ya. penggunaan HID di foglamp = useless..

ini yg biasa gw informasikan pada calon customer spy tepat guna dalam milih barang (kecuali mrk ngotot ya mau gmn lagi) :mrgreen:
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by sjamsul »

satyr wrote:
sjamsul wrote:
nescafe wrote:pak sjamsul, bagaimana dengan lampu H.I.D, apakah memiliki ketahanan yg sama dengan bohlam lampu standar?
Klo yg dimaksud adalah hid yg asli itu biasanya pakai kotak kecil yg klo kaga salah namanya ballast. Fungsinya adalah merubah tegangan dc 12 volt menjadi kira-kira 20000 (dua puluh ribu) volt ac.
makanya coba deh bandingkan bohlam hid dan bohlam biasa. Pada bohlam biasa misalkan H4 akan terlihat kawat wolframnya itu menyambung, jadi klo kawatnya putus bohlam akan mati, tapi pada bohlam hid tidak terlihat adanya kawat. Tapi kenapa bisa nyala ya?. Iya krn di dalamnya terdapat sejenis gas yg bernama xenon (klo tidak salah nulisnya). Makanya banyak orang menyebut bohlam xenon.

Mengenai umur lampu HID yg sebenarnya adalah sekitar 2000 jam, jadi kira2 10 kali lipat dari umur bohlam biasa (misalkan H4 100/90w). Ini berdasarkan spec dari merk2 terkenal seperti Philip dan Hella. Tapi sekarang ini banyak beredar bermacam2 merk dengan harga relatip sangat murah jika dibandingkan dg merk terkenal tsb. Apalagi si penjual berani memberikan garansi sampai 1 tahun.
Menurut saya klo bohlam ini dipakai biasa2 saja dalam arti kata tidak seperti contoh saya diatas, maka umurnya bisa bertahan lebih dari 5 tahun.
Ada beberapa kelemahan dari bohlam xenon ini, tapi jangan takut saat ini saya masih berpikir dulu apakah perlu dibahas apa tidak. Takut2 klo ada nyang marah2 lagi, ntar minum kopinye jadi kaga tenang.
Kelemahan bohlam HID Xenon adalah : tidak bisa start up secepat bohlam halogen .. kurang cocok untuk aplikasi BEAM. selain itu tipe bohlam ini butuh kelistrikan yg lebih stabil dari lampu pijar (lampu berfilamen).

kalau di lampu biasa... daya yg kurang paling menyebabkan redup.. kalau HID bisa gagal start up = tidak menyala.

dan jgn salah. lampu2 watt besar (90/100 apalagi 100/130 dan 100/140) itu umurnya lebih pendek dari bohlam 55/60 watt
kurang cocok u/ aplikasi beam maksudnya apa bro?. Klo yg dimaksud jalan siang kurang cocok gitu.
kalau jenis hid nya ada 2 jenis, yaitu ada lampu jauh dan lampu dekat, maka hal ini sudah bisa diatasi. yg jadi masalah klo lampu ini hanya dilengkapi motor saja, untuk membedakan lampu jauh dan lampu dekat. Mengenai kelistrikan saya rasa tidak masalah, krn bohlam ini hanya memerlukan daya hanya 35 watt saja (klo tidak salah).

kalau di lampu biasa bisa redup, penyebabnya ada beberapa hal. Dan saya kurang mengerti yg dimaksud dengan " daya yg kurang ".
Mungkin yg dimaksud adalah kurang ground,atau kabel rlynya kurang bagus, jadi daya yg disuplai ke bohlam kurang bagus pula. Hati2 aja, klo sekarang ini banyak beredar kbl rly lampu nyang kurang bagus, hanya dari luarnya saja terlihat kabelnya besar, tapi isinya banyak yg terbuat dari alumunium yg dilapis ato dibungkus dg tembaga. Hal ini cukup banyak mengelabui konsumen. Iya apa iya?.
Mengenai redup atau menjadi kurang terang, buat bohlam nampaknya sudah biasa. kenapa?. krn sinar yg dihasilkan oleh bohlam akan menurun seiring dg dipakinya bohlam tsb sebelum akhirnya menjadi mati. Belum bisa dipastikan kapan penurunan itu dimulai, tapi yg pasti bohlam apapun dg harga berapapun rumus ini tetap berlaku, baik bohlam biasa maupun xenon yg asli sekalipun. Jadi jangan heran klo bohlam diganti baru akan terlihat lebih terang dari sebelumnya walaupun diganti dg daya yg sama. Dan sebagai tambahan mengenai umur bohlam standard jenis H4 60/55 watt adalah sekitar 400 jam. Mengenai detailnya akan saya sampaikan besok, krn ketinggalan di tempat kerja. ok.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by sjamsul »

@satyr:
coba baca sekali lagi dengan teliti tulisan saya, baru kasih komentar jangan defense dulu. Perhatikan klo saya menulis pada saat lampu xenon belum berkembang spt sekarang ini. Saat itu kira2 sudah 10 th yg lalu. Dan klo saya tulis sekarang sdh diadopsi oleh mbl kelas menengah itu bearti sdh disesuaikan dg kondisi disene (mudah2an).
Sorry bro ane kaga bermaksud menyinggung neh, klo ade salah2 kate mohon dimaapin ye bro. Ane cuma sekedar kaseh masukan aja kok, krn banyak temen2 ane udah pada kapok. Kenapa?. krn klo bohlamnya putus harganya relatif mahal dan klo jalan siang trus mau ngebim jadi agak riskan tuh.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by evolution21 »

klakson serabut 5mm? ngaco banget montirnya, microwave yg tegangan tinggi saja ga sampe 5mm.... swt

pak sjamsul, sebenenrya penekanan anda pada ketidak puasan terhadap produk atau penjualnya?

hal ini agar pembahasan berikutnya lebih terfokus
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by sjamsul »

evolution21 wrote:klakson serabut 5mm? ngaco banget montirnya, microwave yg tegangan tinggi saja ga sampe 5mm.... swt

pak sjamsul, sebenenrya penekanan anda pada ketidak puasan terhadap produk atau penjualnya?

hal ini agar pembahasan berikutnya lebih terfokus
sekali2 baca deh di forum di luar sm (cari sendiri yah), klo kaga ketemu pm saya aja.

kedua2nya, spy pembeli dan penjual tidak saling tuding mengenai brg yg dijualnya. Jadi saya tidak berpihak kepada salah satunya.

Mengenai kabel serabut ini, nanti akan saya coba bahas pula.
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by satyr »

sjamsul wrote:@satyr:
coba baca sekali lagi dengan teliti tulisan saya, baru kasih komentar jangan defense dulu. Perhatikan klo saya menulis pada saat lampu xenon belum berkembang spt sekarang ini. Saat itu kira2 sudah 10 th yg lalu. Dan klo saya tulis sekarang sdh diadopsi oleh mbl kelas menengah itu bearti sdh disesuaikan dg kondisi disene (mudah2an).
Sorry bro ane kaga bermaksud menyinggung neh, klo ade salah2 kate mohon dimaapin ye bro. Ane cuma sekedar kaseh masukan aja kok, krn banyak temen2 ane udah pada kapok. Kenapa?. krn klo bohlamnya putus harganya relatif mahal dan klo jalan siang trus mau ngebim jadi agak riskan tuh.
coba deh ente liat mengenai std HID . D1, dan yg skr D2.... (mungkin skr udah ada jg D4)...

apa disebutkan mengenai salju? kalau memang ada..tolong informasikan di sini beserta URL sumber yg terpercaya. karena saya jg bukan pakar lampu, tp tetep masi perlu belajar. kasi masukan boleh bos, seperti yg gw bilang... tp tolong pastikan kalau statement yg dibuat itu benar.. jgn sampe orang jadi bingung...

terus terang saya aja jadi binun.
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by sjamsul »

ok,ok, saya akan coba cariin faktanya yah, soalnya udah lebih dari 10 th yg lalu. Jadi mudah2an aja saya keleru. Dalam perkembangannya mungkin saja sekarang sudah lebih baik lagi jika dibandingkan dg 10 th yg lalu.
Jadi untuk sementara pembahasan mengenai xenon saya tunda dulu. Padahal terlepas dari masalah penggunaannya, masih cukup banyak yg akan saya bahas mengenai bohlam xenon ini antara lain: umur / life time yg diberikan oleh si pabrik. Selain itu klo pakai bohlam jenis ini, trus ngebim pada siang hari bagaimana seharusnya, dll

Pesan saya u/ bro Satyr, dg tulisan ini saya mengharapkan supaya ke depannya hubungan melalui internet ini menjadi lebih baik lagi, alias tidak saling benci satu dg yg lain, krn point yg saya tuju bukan untuk memojokkan anda. ok thanks.
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by nescafe »

pak sjamsul, apakah bohlam yg sudah mati dapat di-restore kembali?
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by sjamsul »

Di-restore itu maksudnya apa neh?.
klo yg dimaksud dibuat hidup lagi ya kga bisa atuh nes, ntar kasian pabrik lampu klo bohlam dah mate dibikin hidup lagi. Bisa bangkrut atuh si pabriknya......hehehe........
Tapi klo yg dimaksud untuk disimpan buat kenang2an yg boleh2 aja taroin di boil, gunanya ya buat nimpukin bis2 luar kota klo jalannye pada ngaco, ya ngak?.
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by satyr »

gw jg ga merasa terpojok pak sjamsul. gw cuma ga pengen anak2 sini dapet informasi yg kurang tepat. that's all.

wakakak.. dibikin hidup kembali...

nes loe ada2 aja. wakaka
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by nescafe »

@satyr dan sjamsul: boleh donk gw berpikiran bsa di restore, dalam rangka penghematan.. :e-snooty:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?

Post by sjamsul »

@satyr:
Bro, emang lokasi ente beneran di bandung, soalnye dari kecil gw paling seneng ama nih kota. Dan yg paling gw suka klo berbelanja ke pasar kota kembang. Nanti klo kebetulan ane ke Bandung boleh dong nih mampir2, kali aje dibekelin ama peuyem bandung. hehehe.........