Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
bro uch dan para dukun kebo semua.. mo curhat penomena di kebo saya neh..
ini menyangkut tentang jurus maut menyergap kebo, pada salah satu poin dijelaskan bahwa indicator voltase kebo yang sehat harus di angka 14 v lebih dikit. nah apa kondisinya saat kontak ON mesin nyala aja? atau saat kontak ON mesin belum nyala itu jarum tetep harus di 14 v ?? kebetulan kebo saya baru ganti accu, tapi 14 v dicapai kalo mesin nyala aja dan AC + audio off. kalo AC + audio nyala turun satu setrip dari 14 v. nah kalo kunci kontak ON saja tanpa mesin nyala cuman ada di posisi satu setrip setelah pertengahan 9 - 14 v (lihat pict). abnormal kah kebo saya? kira2 apanya yg bermasalah? sekedar inpo, kebo udah dicek pake alat yg dicolokin di bawah dashboard dan pengisi listrik ndak masalah kata BD..
tolong pencerahan dari bro uch dan para sesepuh kebo semua ya..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
hanblaze wrote:bro semua ... tadi sewaktu ke bengkel dan liat liat blazer orang ..baru nyadar kalau header kebo ane gak standard lagi alias sudah modifikasi 4-1 ... apakah itu yang menyebabkab borosnya bensin ya????
waktu ke bandung minggu kemaren lewat ciater kok agak lemot ya..tapi di jalan lurus ok banget...apa itu juga pengaruh header tadi ya??pencerahan pease..
eh ya kalau ganti header ori berapaan Om...trims
biasanya header dikecilkan dengan tujuan supaya lebih irit dalam pemakaian BBM , dengan catatan bukan asal kecilkan sembarangan ada perhitungan2 khusus dilihat dari CC mesin , panjang knalpot dlsb.
kl jalan nanjak lemot jalan lurus ok patut diberikan perhatian plat koplingnya jangan2 sdh tipis ,ini juga salah satu yg menyebabkan boros dlm pemakaian BBM.
bro hanbaze denger2 mau dijual ya kebonya ? apa sy salah liat ......
Kalo saya ngga salah duga, tadi siang kita ketemu di tempat cucian mobil. Saya mau nyapa tapi saya takut salah orang, walaupun blazernya seperti pada foto yang pernah di posting, bedanya lampu buletnya udah ngga ada ganti jadi kotak, tapi ciri lainnya ada spion kecil di kiri depan, spion 4x4, montera dgn interior LT, ban grandtrack seperti yang pernah pak uch ceritakan. Tadi saya ngga lama di cucian karena adik saya udah keburu sms saya ngajak ke BD, walaupun mobil saya sampai sore dikerjain di tempat cucian itu. BD penuh banget hari ini ya, sampe ngga dapet tempat
Mobil Saya memang bukan blazer, tapi saya baca2 forum ini sejak beberapa bulan yang lalu saat saya niat ganti mobil dan tertarik dgn blazer walaupun akhirnya yang saya pilih bukan blazer, namun saya tetap suka dgn blazer, dan akhirnya adik saya yang pake blazer setelah saya pengaruhi utk pake blazer dan baca2 forum ini.
Blazer adik Saya ini Montera 2000 yang tergolong sangat bagus kondisinya, rawatan Pak Dony sejak masih di Hang Tuah sampai BD, dapetnya atas rekomendasi dari orang2 BD dari salah satu anggota BIC yang melepas tunggangannya karena mau pindah ke luar daerah. Awalnya keluhannya adalah boros, bisa mencapai 1:6 dalam kota tapi jarang kena macet dan driving style yang konvensional (adik saya yang bawa, kalo saya cenderung agresif, tapi saya bisa dibilang belum pernah drive mobil itu). Kira2 minggu lalu di cek dan ternyata CO-nya hanya 4%, setelah itu distel lagi dapet tambahan 30% jadi 34%, namun katanya masih kerasa boros, makanya tadi mau di cek lagi di BD. Tapi karena BD penuh, dan Saya penasaran, jadi di ukur lagi FC-nya, diisi full tank, lalu dibawa di tol JORR bolak balik Lenteng Agung - Tanjung Priok, diisi full tank lagi ternyata untuk jarak 64,6 km hanya habis 6.88 liter Premium.
Mohon pencerahan dari para senior, apakah untuk Montera thn 2000 berisi 2 orang dipakai di tol yang lancar dengan kecepatan 100-120km/jam, FC 1:9,4 itu wajar? Menurut Saya wajar, mungkin kalau kecapatan 80-90km/jam rpm bisa dapet 1:10-11. Untuk pemakaian dalam kota nanti senin akan diukur lagi.
Memang kalo di jalan macet, dari AC keluar bau bensin, mungkin ini yang mesti diperhatikan nanti di BD.
Berarti bener ya om uch waktu itu sama jagoannya. Saya belum mampu pake mercy om, mobil saya SUV merah yang om sempet liat2 mesinnya. Lain kali kalo ketemu saya sapa deh om
bro uch wah lg mandiin kebo kok gak mampir kerumah udah deket tuh sebrang2an sama rumah saya tempat nyuci mobilnya , lain kali kl lewat trus liat kebo merah dibengkel lg parkir disamping AHUAT AC jangan sungkan utk mampir bro, kebetulan kebo gw lg dandan2 mau ikut lebaran juga pasti keliatan ko dari jalan . salam kenal buat bro gmx berarti rumah juga gak jauh2 ya bro sekitaran sunday market.
Selamat siang...! saya sudah lebih dari seminggu mengikuti tulisan - tulisan di forum ini karena kebetulan punya niat beli blazer jd coba2 cari tahu dulu sebelum beli.....kemaren2 belum berani nulis krena memang mobilnya belum dapet, alhamdulilah sabtu kemaren mobilnya dah dapet...blazer montera th 2000 SOHC, tp waktu buka mesin agak bingung juga krn sepengetahuan saya SOHC itu identik dengan karburator dan DOHC dengan injection..(pernah punya Timor DOHC), nah blazer saya kok SOHC tp ga pake karburator tp mesinnya injection....mohon pencerahan dari master2nya blaziiee.....
kan tidak korelasi langsung, antara pasokan bahan bakar dan valve train.
DOHC dulu juga ada yg karbu, corolla twincam.
mobil SOHC banyak sekali yg injection koq pak..
bro uch yg terhormat...
thanks udah menjawab pertanyaan saya di atas, yg membawa saya dari sebuah dilema menjadi suatu keyakinan
saya hampir saja beli alternator baru.. dan beli volt stabilizer lengkap sama ground wire nya gara2 penasaran mo ngobatin penomena (pikir saya penyakit) kebo saya di atas. berarti kebo saya masih normal kan bro?
nah sekalian mau tanya lg ke bro uch dan sesepuh kebo, untuk kebo yg udah tua kaya kebo saya (97), apa dengan memasang volt stabilizer + ground wire bisa membantu dalam hal kelisrikan? tolong diberikan pencerahan ya..
satu lagi, belakangan oli mesin saya cepet banget berkurang (belom lama ini udah ganti packing carter di BD), apa yg jd penyebabnya? padahal mesin kering tidak ada yg menetes. tp dalam 3 minggu ini saya udah refill 800ml oli baru, apa oli saya cepet banget menguapnya? saat ini yg dipakai oli global petro america (BD yg pilih saat ganti packing carter). trus saya baca2 di forum ini ada yg jual kaya pelumas tp fungsinya bukan pelumas melainkan melapisi kembali komponen yg aus (merk nya XADO), apa dengan "pelumas" tersebut bisa membantu jika ada keausan berlebih yg mungkin menyebabkan oli mesin kebo saya ikut terbakar ya?
tanya2 lagi boleh yach? maklum anak baru di salah satu tulisan (lupa siapa yg post) salah satu penyakit si kebo ini adalah overheat, maximum disebut overheat pada suhu berapakah? klo untuk mobil2 jepang kan lebih dari setengah sudah ngebul, nah klo si kebo ini sampai berapa? biar tahu kapan harus minggir ke tepi jalan...krena setahu saya klo panas dipaksakan bisa hancur semua mesin....mohon pencerahannya bro........
salam kenal bro java, semua mesin blazer SOHC & DOHC sdh menggunakan sistem ijection, mesin blazer memang lbh panas dibanding mesin2 mobil jepang , pada saat jalan normal suhu mesin sekitar 97 drjt c, pada saat jalan macet begitu mesin mencapai suhu 103 drjt c , elektrik fan yg kedua akan menyala dan mesin akan turun lg kesuhu normal (selama fan tdk dijumper) dan AC dlm keadaan hidup, kl semua sistem ok selang2 radiator tdk ada yg bocor jangan takut dengan yg namanya over heat.
Wew..mantabh......makin rame aja neh thread.......salam kenal buat bro GMX, Java, GTR, Bay, dan lainnya...............selamat bergabung di dunia komunitas kebo yang penuh dengan keluhan , tapi mempunyai persaudaraan yang erat........
Untuk segala keluhan tentang kebo, silakan di panggil aja Om Uch yang merupakan sesepuh dan paling sepuh jagain ini thread (padahal aslinya masih ABG loh....), atau bro Riadi yang juga punya pengetahuan mumpuni tentang kebo (welkam to BIC bro riadi), sementara buat keluhan pengemudinya mungkin saya bisa bantu, walaupun mak erot sudah meninggal, tapi di markas curut bandung masih ada cucu kesayangannya....atau kalo perlu di curut bandung juga punya konsultan dari on clinic...hehehehehehe
Oh iya, satu lagi, disini juga ada Om Tumis yang merupakan salah satu pejabat BIC, jadi segala pertanyaan mengenai organisasi dan keanggotaan BIC bisa langsung ditanyain ke beliau......
@bro popohansip pogansip
Asli gw cekikikan banget baca postingnya.
Koreksi dikit ah...gw bukan pejabat BIC, tapi volunteer ikut bantu di organisasi...gara gara teman disini juga nggak mau jadi volunteer.
Karena hoby gw sering sok akrab sama siapa aja, jadi sama teman teman pengurus gw ditaruh dibagian internal BIC, Jadi kalau gw ke markas Curut Bandung, Yogya, Cilacap, Cirebon, Jatim bisa tersalurkan hoby gw yang suka sok akrab....
kalau urusan anggota ada yang ngurusin di Bidang informasi & keanggotaan email aja di [email protected]
Jangan ke gw nanyanya yach.....lha gw udah cukup pusing gara gara hoby sok akrab gw, koq jadinya serasa celebrities ya??
....mulai nggak benar nich hobby..hick
@gmx
oohh...yg pajero.. Pas liat2 mesin saya lagi mikir2 tuh. Next time mungkin mobil saya ini aja Terus gw bingung, ini mobil ban nya sama dengan blazer tapi koq tinggi banget ?
@riadi
Iya nih Pak. Gw lupa kemarin. Kayakya awal2 kenal di SM saya udah janji suatu saat akan berbagi kopi manis dan kawan2nya ya.. Moga2 cepat terealisasi...
(sssstt...jangan sampe didengar Tumis dan Pogansip. Biasanya mereka nggak mau kalah, pengen ikut.)
Salam jumpa para kebo mania, ini posting saya yang kedua.
setelah saya ikuti selama lebih kurang 3 bulan belakangan ini saya jadi sangat tertarik dengan boil ini. (sepertinya sudah mulai teracuni dengan segala kelebihan kebo ini). Ada keinginan besar untuk memiliki boil ini, terus terang saya masih terus mencarinya. Mungkin karena tempat tinggal saya yang jauh dari komunitas blazer, jadi saya masih berfikir untuk meminang sang kebo. terutama bengkel yang biasa menangaini biol ini ndak bisa sembarangan, Saya tinggal di Aceh. Mohon percerahannya
trus harga pasaran nih biol sekarang ini berapa ya ? ada yang nawarin LT 1999 85jt nego
juga yang menjadi menarik saya baca bahwa safety belt aktif, apa yang di maksud dengan "aktif" disini ?
gimana caranya mendaftar menjadi anggota BIC ?
Apakah harus punya kebo dulu baru boleh menjadi anggota BIC ?
bro kuncir72, kl baca2 dipostingan dimilis nya BIC kayaknya ada yg punya kebo tingal dilhoksumawe tuh, untuk harga pasaran kl jakarta utk tahun segitu kisaran 50-60 jtan tergantung kondisi.
yg dimaksud safety belt aktif jadi pada saat mobil berjalan dalam kecepatan tertentu lalu ngerem mendadak safety belt otomatis akan kencang dengan sendirinya jadi driver maupun passenger yg disamping seolah2 terikat badanya dikursi (tidak terdorong kedepan) akibat hentakan.
utk jadi anggota BIC sekarang ini memang khusus utk komunitas penunggang kebo katanya si kedepan akan terbuka utk siapa saja coba tanyakan hal ini ke bro tumis keris.
@uch
Ban-nya 31 om, standardnya aja.. Om uch waktu itu abis dari mana, kok kayak abis off road.. Kalo ga salah Om uch abis itu ke BD tapi ga dapet tempat jadi parkir depan bengkel pug otoklinik. Tadinya saya dan adik mau mampir ke BD, tapi karena penuh ga dapet parkir jadi bablas aja
Sebenernya ga enak juga nih saya, mobilnya bukan kebo tapi ikutan ramein trit ini, ya at least di rumah ada satu kebo dan ikut ngerawatinnya
Pengen cerita dikit waktu hunting kebo ini, saya sampe ngga masuk kerja 2 hari, menjelajah seputar jakarta dari PMK, Klp gading, cipinang, kalimalang, kebon jeruk, fatmawati, ciputat dsb, udah liat belasan kebo tapi ga ada yang sreg di hati. Akhirnya Saya dan adik mampir ke BD waktu udah mau tutup, waktu itu di BD lagi ada kebonya bro tumiskeris lagi bertengger dengan gagahnya. Ngobrol2 dengan Yulianto, dan akhrinya dihubungi ke Agriadi (pasti kenal dengan Agri kan?). Sekarang tunggangan Agri jadi tunggangan adik saya
Waktu serah terima, Agri pesen supaya jangan sampe putus dari BIC, pastinya dgn bro2 semua. Nanti kalo ada touring lagi, pengen ikutan juga..
wah racun nya bro uch mulai menyebar lg ....... .......bro gmx maaf bukan mau mendahului sesepuh saya diforum ini kebetulan saya juga pake spion yg dipasang dikebonya Om uch....itu akibat racun yg diatebar kemana2 .......itu spion blazer 4x4 bisa dibeli dirensen motor ITC fatmawati , di buana sakti warung buncit juga ada kyknya, waktu saya beli langsung ke GM, mestinya Om uch dapet diskon khusus tuh kl beli sparepart buat kebonya ibarat nya member get member .......
@ Bro Kuncir...kalo gak salah di aceh ada juga sesepuh BIC, kalo gak salah namanya pak Rizal, mungkin Om Uch atau Om Tumis lebih tahu siapa beliau, dan bisa ngasih kontak nya. Mengenai safety belt, setau saya ada perbedaan cara kerjanya ama mobil jepang. jadi safety belt gak akan ngunci kayak safety belt mobil jepang kalo hanya ditarik secara cepat saja, safety belt si kebo akan mengunci pada saat ada badan si kebo bergoyang atau ada hentakan saja, jadi gak akan langsung ngunci kalo hanya talinya aja yang di hentakkan....ah....takut salah gw...om Uch...ato Om Riady silakan jelaskan dengan bahasa teknis.....karena safety belt kebo saya cuman bakalan ngonci kalo yang makenya cewek cakep ajah................
@ GMX, makasih dah ngasih kesempatan gw ngomporin....gak lengkap rasanya kalo spion kebo kagak diganti ama spion nyang dipake ama Om Uch ato Om Riady....kalo di bandung masih ada yang standar, dah pasti dipatahin rame2..........
pogansip wrote:
@ GMX, makasih dah ngasih kesempatan gw ngomporin....gak lengkap rasanya kalo spion kebo kagak diganti ama spion nyang dipake ama Om Uch ato Om Riady....kalo di bandung masih ada yang standar, dah pasti dipatahin rame2..........
nah ketauan tuh siakang teh .......pernah jadi korban dipatahin spionnya ya............we...ke......ke......ke.....
pogansip wrote:
@ GMX, makasih dah ngasih kesempatan gw ngomporin....gak lengkap rasanya kalo spion kebo kagak diganti ama spion nyang dipake ama Om Uch ato Om Riady....kalo di bandung masih ada yang standar, dah pasti dipatahin rame2..........
nah ketauan tuh siakang teh .......pernah jadi korban dipatahin spionnya ya............we...ke......ke......ke.....
waduh ampuuunnnn bro.... klo ketemu punya ane yg masih pake ori... jgn dipatah2in ya.... soalnya klo pake yg punya 4x4, kebo ane kagak bisa masuk kandangnya bos... pake ori aja sering kepentok ama kusen2nya...
gmx wrote:....waktu itu di BD lagi ada kebonya bro tumiskeris lagi bertengger dengan gagahnya. Ngobrol2 dengan Yulianto, dan akhrinya dihubungi ke Agriadi (pasti kenal dengan Agri kan?).
@Bro GMX
Dapat kebo si Agri, wuaduh mantab, mulus habis....itu kebo jarang disiksa touring secara Agri kagak doyan touring.
Ayo dimainkan kebo nya.
@bro Kuncir72
Coba email ke [email protected] dibantuin untuk jadi anggota. Ini urusan Aryo, tapi sayang dia nggak masuk diforum ini.
Benar spt kata bro pogansip, ada rekan di Lhoksuemawe yaitu Rizal Arifin.
@bro GTpras
Stts...yang hampir matahin spion bro pogansip sebenarnya para Mpus suruhan gw, ...ngumpul sama Mpus koq spionnya CUPU, malu maluin banget. Sekarang dia lagi cari sarana balas dendam
Justru pakai 4X4 bisa dilipat dunk...kompor
@bro Andy1800 sang moderator
Agri & Riadi dua jenis mahluk yang berbeda rupa tapi masih satu nenek moyang
TumisKeris wrote:@Bro GMX
Dapat kebo si Agri, wuaduh mantab, mulus habis....itu kebo jarang disiksa touring secara Agri kagak doyan touring.
Ayo dimainkan kebo nya.
@bro Kuncir72
Coba email ke [email protected] dibantuin untuk jadi anggota. Ini urusan Aryo, tapi sayang dia nggak masuk diforum ini.
Benar spt kata bro pogansip, ada rekan di Lhoksuemawe yaitu Rizal Arifin.
@bro GTpras
Stts...yang hampir matahin spion bro pogansip sebenarnya para Mpus suruhan gw, ...ngumpul sama Mpus koq spionnya CUPU, malu maluin banget. Sekarang dia lagi cari sarana balas dendam
Justru pakai 4X4 bisa dilipat dunk...kompor
@bro Andy1800 sang moderator
Agri & Riadi dua jenis mahluk yang berbeda rupa tapi masih satu nenek moyang
Mkasih infonya @bro Tumis Keris, juga pencerahan dari @bro Pogansip, bro@ Riadi 33b.
bye the way klo ada yang mo lepas kebonya mohon info