KIJANG EFI SUSAH START...HELP

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
indrayandi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 99
Joined: Mon Apr 21, 2008 8:00
Location: pekanbaru

KIJANG EFI SUSAH START...HELP

Post by indrayandi »

need to help neh bro

kijang efi taon 2001 kapasitas 1800 cc ku semula gampang banget start....lalu 3 bulan terakhir ini kayaknya mulai bermasalah start....
kalo mo start mesin kaya berat...ngek...ngek...ngekk....kadang sampai 4 kali baru mesin hidup terutama saat mobil sudah jalan nah mo start susah banget...nervous kalo brenti diSPBU mesin susah idup jadinya diklaksoni mobil yg antri.

saya memvonis akinya bermasalah (semula GS 50Z) nah sudah saya ganti GS hybrid 50Z...tapi seminggu kemudian masalahnya muncul lagi :e-wall:

saya browsing diforum tetangga...infonya :
1. ada salah pada stel fur dan na pada delco sehingga mesin berat start pada awalnya tapi enteng kemudian (saya kurang faham sebab motor starter ngga pernah dikutak kutik)
2. bushing starter aus sehingga anker starter sudah tidak dapat berputar pada sumbunya maka perputarannya menjadi sangat berat (masak seh???)
3. saya inget2 lagi sebelum datang masalah susah starter saya sempet ganti alarm krn alarm asli kijang udah ngga fungsi lagi...apa ada hubungannya dgn masalah salah pasang kabel ya (info ini dari situ bengkel gratis.com dan ada taruna efi dgn masalah yang sama).....apa ada kemungkinan begitu ya?

tolong bro pendapat dan masukannya krn ngga nyaman juga mudik dgn mobil yg susah start....thanks :off_team:
just sijinem user
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: KIJANG EFI SUSAH START...HELP

Post by andy1800 »

mestinya, dg bekal kemungkinan2 ttg penyebabnya tsb, ...udah cukup utk pergi ke bengkel dan minta diberesin.
ok, since gw nggak pegang lsg,...maka gw coba2 berparanormal deh....

kans yg plg mudah diatasi, ...dan kebetulan IMO kans terbesar awal masalahnya, adalh kemungkinan no.2 .....:
yaitu: bushing starter aus sehingga anker starter sudah tidak dapat berputar pada sumbunya maka perputarannya menjadi sangat berat (masak seh???)

jadi, sebaiknya bongkar saja dulu.... setelah dibongkar semestinya akan lbh ketahuan kenapa2nya.
- bahkan sebelum urusan bushing, instruksikan ke bengkel utk lihat "carbon brush" nya lbh dulu... atau dlm bahasa bengkel disebut "kul" nya....lsg ganti saja. toh gak terlalu mahal (mgkin sktar 40rb kalau Ori toyota...kalau TW sekitar 15 rb jg dah dapet).

- jg instruksikan utk llihat jalur kabel & grounding buat motor-starter itu lbh dulu.
- lalu, bushing (dan laher/bearing) jg silakan diganti.... lalu cobakan saja...

itu dulu saja.
mikir nothing to lose aja deh, ....bongkar dulu itu motor-stater .....
yg penting ada action dulu.
at least ntar kalau salah, yg ptg udah ada usaha yg dilakukan.


nanti, baru lah setelahnya itu, (krn lbh rumit, krn hrs urut2 kabel), maka step kedua kita lakukan...yaitu: bongkar (dilepas) dulu alarmnya.
sedangkan kemungkinan no.1 itu, ...emmm...gw asumsikan masih kecil peluangnya....

maksudnya: kalaupun meleset timing pengapian nya, berdasar pengalaman harusnya nggak segitunya berat.
sedikit meluruskan mindset, no.1 itu nggak ada hubungannya dg motor-starter ya bro...
ignition-timing, itu hubungannya dg "delko"/distributor
(lbh tepatnya krn biasanya di dalam delco itu, ada pulser yg menjadi umpan buat CDI, utk membangkitkan pengapian ke busi).
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: KIJANG EFI SUSAH START...HELP

Post by paddock »

mungkin dinamo starternya lemah,.
Coba cek aja,.
Atau Koil juga lemah,.
saya pernah kaya gtu ternyata Koilnya dah lemah,.
dedenpurnama
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Tue Aug 19, 2008 5:26

Re: KIJANG EFI SUSAH START...HELP

Post by dedenpurnama »

2. bushing starter aus sehingga anker starter sudah tidak dapat berputar pada sumbunya maka perputarannya menjadi sangat berat (masak seh???)

menurut saya masalah nya ada di No.2 BRO!!!
Mobil Timor DOHC gw juga menghadapi masalah yang sama persis ama Kijang EFI loe!!
Truzz gw bawa ke bengkel, dichek dinamo staternya, ternyata anker staternya udah aus (tipis), dia saranin ganti atau repair aja, lalu gw suruh repair aja dengan di "SOLDER" ulang biar ada giginya hingga memudahkan perputaran.
Berbekal ongkos repair dinamo stater cuma 50rb doank!!! Timmy gw bisa check gurrr lageeee!!!!! :off_good_job:
Tapi dia bilang paling ga nyampe setaon-an durable nya....
Gw nabung dulu deh bwt beli dinamo stater baru..
Geeto Bosss mudah2an ngebantu!!
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: KIJANG EFI SUSAH START...HELP

Post by avansa »

Kalau saya yang mengalami hal ini,tentu yang pertama saya curigai AkI,ternyata sudah di ganti yang baru,jadi aki udah saya lewatkan,dinamo stater,blushing stater tetap seh jadi perhatian utama,tapi sebelon membongkar itu semua ,saya dahulukan tune up.mungkin ada masalah di pendistribusian BBM ,kalau udah tune up tetep aja stater susah ,baru stater ,blushing,dinamo,altenator suruh montir memeriksanya.
Image
User avatar
indrayandi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 99
Joined: Mon Apr 21, 2008 8:00
Location: pekanbaru

Re: KIJANG EFI SUSAH START...HELP

Post by indrayandi »

setelah mencermati advice dari sesepuh SM akhirnya pas week end diri berteguh hati nyari bengkel spesialis dinamo (abis makin parah neh...hampir udah ngga mo stater!!)

begitu sampe dibengkel (sambil full berdoa agar mesin ngga mati dijalan) langsung masuk UGD....dokter spesialis bedah dinamo langsung beraksi... :ngacir:

nah Ketahuan ternyata...kul, karbon brus dah rontok semua...tinggal jelaganya aja....ya iyalah makanya starter susah banget....setelah di diagnosa ternyata kabel dari aki ternyata ada bagian yg luka di pangkal kutub negatif aki sehingga makin lama makin goyang kedudukannya ...sehingga aliran listrik dari aki ngga stabil (kabel negatif puanas bro).

untunglah kebetulan om dokter dinamo punya limbah dinamo kijang yg kondisi ok...langsung kanibal ke kijang gw....kedudukan kepala kabel pada aki di perkuat

dah akhirnya kijang efi gw dah ceeek guuur.....(sembuh total.....aduh rugi ganti aki nehhhh)

thanks atas partisipasinya ya bro...diriku telah tenang mo mudik :off_good:
just sijinem user