Sharing Jumper aki yang benar

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by andy1800 »

^ noooo problem

lanjuuuttttt
:e-dance:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by frandika »

@pak sjamsul
pak, maap saya mo curhat neh. sebulan yg lalu accu mobil saya (blazer 97) jebol dan ganti baru.
kejadiannya accu mulai drop setelah saya pasang head unit baru. awalnya saya berpikir memang udah
waktunya kali accu lama itu diganti (padahal setelah saya tanya ke yg punya mobil pertama itu accu
baru umur 3 bulan :e-doh: ). nah accu yg baru saya beli GS ASTRA, sekarang kaya mulai drop juga.
alternator dan tetek bengek pengisi setrum udah saya cek di bengkel hasilnya masih baik. nah yg jadi
pertanyaan: apa memang bisa gara2 pasang head unit baru (tanpa power dan speaker standar boil)
accu dan kelistrikan jadi nge-drop?
thanks..
-------#BIC-701#--------
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by sjamsul »

frandika wrote:@pak sjamsul
pak, maap saya mo curhat neh. sebulan yg lalu accu mobil saya (blazer 97) jebol dan ganti baru.
kejadiannya accu mulai drop setelah saya pasang head unit baru. awalnya saya berpikir memang udah
waktunya kali accu lama itu diganti (padahal setelah saya tanya ke yg punya mobil pertama itu accu
baru umur 3 bulan :e-doh: ). nah accu yg baru saya beli GS ASTRA, sekarang kaya mulai drop juga.
alternator dan tetek bengek pengisi setrum udah saya cek di bengkel hasilnya masih baik. nah yg jadi
pertanyaan: apa memang bisa gara2 pasang head unit baru (tanpa power dan speaker standar boil)
accu dan kelistrikan jadi nge-drop?
thanks..
Jawab: tidak masalah.
Klo pengisian sdh dicek dan tidak ada masalah, maka kemungkinannya adalah cara pasang head unitnya yg kurang baik. Jadi ada kemungkinan pada saat posisi kunci off, head unit masih menyala atau stand by padahal sdh dimatikan. Kemungkinan lainnya adalah tali kipas kendor atau kurang kenceng jadi walaupun masih mengisi tapi daya yg dihasilkan relatif lebih rendah. Atau bisa juga ada alat tambahan yg dipasang yg hidup terus2an, sehingga menyedot daya dari aki tsb. Untuk memastikannya sebaiknya balik lagi ke tempat pemasangan head unit tsb dan minta diperiksa ulang apakah ada kabel2 yg kurang baik pemasangannya.
NB: di mbl saya pakai 2 bh power dan perlengkapannya, head lamp berdaya besar. Lo beam 200 w dan hi beam 500 w sampe sekarang tidak ada masalah tuh. Dan klo ada pertanyaan lainnya tulis aja disini, nanti malam akan saya coba membahasnya. OK.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by sjamsul »

andy1800 wrote:^ noooo problem

lanjuuuttttt
:e-dance:
ok bos...........
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by doq »

sjamsul wrote:
Abu2 wrote:asssiikkk...jadi interaktif nih topik nyaa....

hayo hayo bung mikeportnoy...eehhh...bung Mitshu........masuk akal juga tuh kasus di PUG..
tp apakah gosongnya kabel memang di yakini sebagai akibat dari penggantian ampere aki tsb?

kalo di andai andai, untuk upgrade penambahan aki ini misal dari 40A ke 70A, sama dan mirip2 seperti upgrade listrik rumah, dari 1300A ke 2400A..bener gak ya...??
Dear Abu2, gosongnya kabel bisa disebabkan krn cara menjepit kabelnya tidak sempurna atau krn kabelnya diganti dg kwalitas yg tidak baik. Jadi hanya bodi kabelnya saja yg besar, sedangkan isinya sedikit / kecil, shg menjadi panas dan bisa menyebabkan terjadinya kebakaran.
Pada umumnya toko2 aki yg ada sekarang ini jarang sekali menyediakan crimping tool yg baik, shg kalo mau mengganti kleman aki lantas skun kabelnya diganti tidak bisa menjepit dgn baik, krn tidak adanya alat pendukung untuk menjepit skun tsb. Akibatnya seperti yg saya jelaskan diatas, bisa menyebabkan terjadinya kebakaran.
Sdh diatas 15 th saya menerapkan cara ini dan alhasil tidak ada satupun yg menjadi terbakar krn penggantian aki menjadi yg lebih besar. Klo mau bukti akan saya berikan contoh. ok
Klo listrik rumah di upgrade, maka mcb nya kan diganti juga.

naaahhh......itu dia yg menjadi pertanyaan oom.........

system kelistrikan pada mobil (kabel2, ecu dll) di design sedemikian rupa utk menerima besaran arus listrik yg udah di set dalam batasan tertentu ,katakanlah 60 ampere.
klo nantinya menggunakan accu melebihi 60 ampere, secara logika tentunya akan ada kekacauan pada system kelistrikan kendaraan.....bukan begitu?
klo tdk salah, tiap2 jenis kabel-pun punya batas ketahanan terhadap arus listrik cmiiw........ :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by sjamsul »

@ doq, jangan dicampur adukan antara kapasitas aki dan batasan besaran arus listirk yg dipakai.
Untuk memudahkan mencernanya saya misalkan dispenser air. Isinya yg galon kira-kira 20 lt. Klo kita mau minum, maka kita akan menuangkannya ke dalam gelas baru diminum, tapi klo isinya kebanyakan bagaimana?. Ya tumpah bener kan. Nah supaya tidak tumpah maka kita isi secukupnya baru kita minum. Nah kabel juga begitu, klo suatu alat memerlukan tenaga katakanlah 5 amper ( 60 watt), maka dengan kapasitas 5 amper alat itu akan bekerja dg baik. Dan daya yg disediakan oleh aki tidak akan membuat alat itu menjadi 20 amper, krn hanya memerlukan 5 amper. Sama juga seperti tangki bensin, klo dari kapasitas 30 lt dirubah menjadi 50 lt apakah pemakaian bensin akan berpengaruh thd daya tempuh per kilometernya.
Bagaimana ngarti apa tidak, nanti malam jangan lupa sebelum tidur cuci kaki, tangan dan juga jangan lupa menggosok gigi sebelum tidur. Supaya besok tidak terlambat masuk sekolah dan menjadi anak yg pin............ter.............
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by doq »

ooooooo gitu ya.....sorry oom, klo soal listrik ngartinya cuman kesetrom doank kekekekekekeke
eeet....sebelon bobo minum cucu dulu donk ah.......gmana si oom ini.......................... :ngacir:

trus gmana dengan system pengisian aki pd kendaraan yg di set dalam keadaan standarnya(misal) 60 ampere?

apa nantinya bakal sia2 klo aki d ganti dg (misal)70 ampere? karena pengisian hanya dibatasi sampai 60 ampere ? sorry oom banyak nanya.........masih bego ney :ungg: :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by sjamsul »

Nah ane dapet cara laen lagi nih utk menjelaskannya. Misalkan listrik rumah dari daya 1300 watt lalu dinaikkan dayanya menjadi katakanlah 3500 watt, saya mau tanya belik neh, apakah tv, kulkas, dan perabotan elektronik lainnya akan menjadi rusak ?. Yg ada malah tagihan listriknya menjadi mahal. Jadi kesimpulannya adalah klo aki mau diganti dengan kapasitas yg lebih besar atowa bahasa perancis kunonye di upgrade, maka tidak akan merusak mobil itu sendiri. Dijamin. Selama voltagenya sama yaitu 12 volt.
Tapi upgrade aki tidaklah selalu diperlukan, selama tidak ada penambahan aksesories yg berlebihan, tergantung keperluan dan yg paling penting tergantung dari kekuatan kantong kita sendiri. ok.
Mudah2 an pada ngarti, soalnye udah cape neh punya murid yg pade kaga ngarti. He..he..he........
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by doq »

banyak belajar biar lebuih ngarti------------------>Image
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by sjamsul »

@ doq,
ngak apa2 kok banyak bertanya akan membuat kita menjadi pinter dan yg menjawabnya akan menjadi lebih pinter lagi. Jadi jangan ragu2 bertanya daripada nantinya malah nyesel, klo terjebak dalam kondisi yg salah.
Pengisian aki itu otomatis, klo ada beban banyak akan menyesuaikan besarnya daya yg akan diberikan ke aki dari alternator. Istilahnya alternator akan menjaga supaya aki dalam keadaan selalu full charge. Makanya simaklah tulisan saya sebelum2nya di forum ini, klo aki baru itu sebaiknya distroom dulu baru dipakai, supaya umur aki akan lebih panjang. Tapi toko aki belum tentu mau menganjurkan hal ini, kenapa?. Krn mereka tidak mau ambil pusing, aki cepat mati maka lebih baik, tinggal kita saja yang harus rajin membeli aki. Selain itu belum tentu mereka punya charger yg baik untuk menyetroom aki.
Udah ah nanti yg jualan aki bisa marah ke ane nich. Sorry sebelumnya disini ane hanya menjelaskan saja, supaya para pemake aki bisa lebih ngarti aja, tidak salah kaprah mengenai aki. ok.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by sjamsul »

doq wrote:banyak belajar biar lebuih ngarti------------------>Image
nah begitu donk, btw udah bikin pr ape belon, ayo belajar jangan maen komputer aja. Sapa tau besok ada ulangan mendadak. ......... :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by doq »

sjamsul wrote:@ doq,
ngak apa2 kok banyak bertanya akan membuat kita menjadi pinter dan yg menjawabnya akan menjadi lebih pinter lagi. Jadi jangan ragu2 bertanya daripada nantinya malah nyesel, klo terjebak dalam kondisi yg salah.
Pengisian aki itu otomatis, klo ada beban banyak akan menyesuaikan besarnya daya yg akan diberikan ke aki dari alternator. Istilahnya alternator akan menjaga supaya aki dalam keadaan selalu full charge. Makanya simaklah tulisan saya sebelum2nya di forum ini, klo aki baru itu sebaiknya distroom dulu baru dipakai, supaya umur aki akan lebih panjang. Tapi toko aki belum tentu mau menganjurkan hal ini, kenapa?. Krn mereka tidak mau ambil pusing, aki cepat mati maka lebih baik, tinggal kita saja yang harus rajin membeli aki. Selain itu belum tentu mereka punya charger yg baik untuk menyetroom aki.
Udah ah nanti yg jualan aki bisa marah ke ane nich. Sorry sebelumnya disini ane hanya menjelaskan saja, supaya para pemake aki bisa lebih ngarti aja, tidak salah kaprah mengenai aki. ok.

ok ok.........selama ini bayangan saya alternator hanya akan mengisi aki sesuai keadaan standar saja.......berarti sifatnya flexibel ya.....bisa mengisi aki hingga full, walaupun aki d ganti dg ampere yg lebih besar dr standar

tambah elmu deh saya...... :e-clap:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by nescafe »

waduh.. banyak banget ilmunya niy, harus belajar lg nigh.. Image
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by nescafe »

pak sjamsul, sebenarnya apa sih yg membuat ada tipe2 aki berbeda untuk tiap mobil? ada yg ukuran kecil (seperti di jazz), ukran yg sedang, dsb...
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by nescafe »

sjamsul wrote:
nescafe wrote:hohoho.. oke pak sjamsul :D
hmm.. masalah perkabelan? enaknya dibuat thread baru lg.. :D
oh iya pak sjamsul, sekarang ini khan ada indikator (tertanam di aki) yg menunjukkan kondisi aki, apakah inidikator ini cukup akurat? menunjukkan keadaan semua cell atau hanya menunjukkan keadaan satu cell saja?
ooh, kiraiin memperpanjang aki bsa ke mak erot.. wkwkkwkwkw... :mrgreen:

@doq: pak sjamsul baru muncul malam hari, jd sabar yah mas untuk jawabannya.. :D
Lumayan akurat, tapi hanya untuk menunjukkan kondisi aki secara keseluruhan, klo mau mengetahui setiap cell, maka dipakai hydrometer untuk mengetahui keadaan berat jenis tiap-tiap cell. Jadi harus satu per satu ditestnya. Ok.
hmm.. waktu aki saya drop, saya melihat ke indikator aki, menunjukkan warna hijau (kondisi baik), koq bsa pak?
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by sjamsul »

nescafe wrote:pak sjamsul, sebenarnya apa sih yg membuat ada tipe2 aki berbeda untuk tiap mobil? ada yg ukuran kecil (seperti di jazz), ukran yg sedang, dsb...
Karena pabrik menyesuaikan antara kebutuhan listrik dan pasokan listriknya. Jadi untuk mobil yg standard dan tidak ada penambahan aksesories, maka sebenarnya aki tidak perlu di upgrade. Tapi banyak atau kebanyakan para pemakai mobil suka menambahkan aksesories pada mblnya, shg pemakaian stroom menjadi lebih besar pula. Untuk mengimbanginya, maka aki di upgrade dg kapasitas yg lbh besar. Upgrade aki dg yg lebih besar juga tidak terlalu perlu klo kondisi alternatornya baik. Lantas kenapa masih banyak yg mengupgrade dgn yg lbh besar kapasitasnya?.
Pada saat aki mulai lemah, maka cadangan stroomnya akan lebih banyak dibandingkan dg yg kapasitas yg lebih kecil. Jadi klo mbl susah distarternya, maka jumlah starter yg bisa dikerjakan oleh aki akan lbh banyak.
Nah klo mobil mogok akibat kehabisan stroom biasanya kan didorong (u/ manual transmision), bagaimana cara mendorongnya?. Hayo siapa yg bisa jawab akan saya berikan hadiah berupa segelas kopi nescafe 3 in 1 (ambil sama bang kopi eh bang nes). He..he...he...
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by nescafe »

sambil injak kopling dan dalam posisi gear 2, benar pak?
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by sjamsul »

@nescafe:
yg dimaksud ngedrop itu bagaimana ya?. klo yg dimaksud ngedrop itu pada saat distarter mesinya tidak mau berputar alias hanya berbunyi: cek..cek...cek, maka bisa dipastikan penyebabnya bukan aki, melainkan hal lain. Bisa dari bendix yg kurang baik, jadi stroom dari aki tidak bisa menggerakkan bendix, shg mobil tidak bisa berputar alias tidak bisa distarter. Pemecahannya periksa dinamo starter ke tukang dinamo. Atau bisa juga berasal dari relay anti starter alarm yg sdh kurang baik (biasa disebut cut off relay atau relay 87a) atau bisa juga dari kepala aki yg kotor dan berjamur (kerak putih bukan kerak telor).
Indikasi aki sdh lemah klau distarter itu masih berputar, tapi putarannya lemah sekali, jadi perlu tenaga manusia untuk menghidupkannya yaitu dg cara didorong. Tinggal meminta rekan2 SMer aja untuk mendorongnya. Ayo doroooong..........
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by andy1800 »

^ itu bukan cara dorong nes...... :e-doh:
tp malah cara nyetirnya.
ah, malu2in aja lu, sbg momod-asisten....
:off_no:

kalau cara dorong yg benar:
kedua telapak tangan ditaruh di buritan mobil..... lalu, agak condongkan badan ke depan...
lalu, .....ya kerahkankan saja tenaga, sekuat2nya.
begituuuh !
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by nescafe »

sjamsul wrote:@nescafe:
yg dimaksud ngedrop itu bagaimana ya?. klo yg dimaksud ngedrop itu pada saat distarter mesinya tidak mau berputar alias hanya berbunyi: cek..cek...cek, maka bisa dipastikan penyebabnya bukan aki, melainkan hal lain. Bisa dari bendix yg kurang baik, jadi stroom dari aki tidak bisa menggerakkan bendix, shg mobil tidak bisa berputar alias tidak bisa distarter. Pemecahannya periksa dinamo starter ke tukang dinamo. Atau bisa juga berasal dari relay anti starter alarm yg sdh kurang baik (biasa disebut cut off relay atau relay 87a) atau bisa juga dari kepala aki yg kotor dan berjamur (kerak putih bukan kerak telor).
Indikasi aki sdh lemah klau distarter itu masih berputar, tapi putarannya lemah sekali, jadi perlu tenaga manusia untuk menghidupkannya yaitu dg cara didorong. Tinggal meminta rekan2 SMer aja untuk mendorongnya. Ayo doroooong..........
maksud saya ngedrop, ketika aki sudah lemah.. jd, waktu menyalakannya perlu didorong..
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by nescafe »

andy1800 wrote:^ itu bukan cara dorong nes...... :e-doh:
tp malah cara nyetirnya.
ah, malu2in aja lu, sbg momod-asisten....
:off_no:

kalau cara dorong yg benar:
kedua telapak tangan ditaruh di buritan mobil..... lalu, agak condongkan badan ke depan...
lalu, .....ya kerahkankan saja tenaga, sekuat2nya.
begituuuh !
yeee.. kalau itu gak usah ditanyaiin lg.. :2gunfire:

gw pikir, pak sjamsul menanyakan cara mendorong yg revolusioner.. makanya dye bertanya cara mendorongnya gmana.. kali2 pak sjamsul mau mengeluarkan ilmunya lg..

gitu loh mas.. :2gunfire:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by sjamsul »

nescafe wrote:sambil injak kopling dan dalam posisi gear 2, benar pak?
Kurang tepat. Kenapa?. kunci kontak harus dalam posisi on, klau tidak sampe bandungpun klo didorong terus kaga bakalan idup. Kedua: sebaiknya posisi gear itu netral, supaya yg mendorongnya tidak berat. Nah klo sdh cukup kencang barulah dimasukkan ke gigi 2 dan mbl bisa idup.
Hal ini nampaknya perlu diingat, spy tenaga yg dikeluarkan untuk mendorong mobil jadi lebih kecil atau lebih ringan. Apalagi klo yg mendorong mbl itu orangnya ceking2 atau tidak gemuk khan kesian.
Juga jangan lupa untuk menghidupkan mobil dg cara didorong hanya boleh untuk mobil manual, klo mbl automatic transmission tidak boleh harus di pancing. OK
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by nescafe »

sjamsul wrote:
nescafe wrote:sambil injak kopling dan dalam posisi gear 2, benar pak?
Kurang tepat. Kenapa?. kunci kontak harus dalam posisi on, klau tidak sampe bandungpun klo didorong terus kaga bakalan idup. Kedua: sebaiknya posisi gear itu netral, supaya yg mendorongnya tidak berat. Nah klo sdh cukup kencang barulah dimasukkan ke gigi 2 dan mbl bisa idup.
Hal ini nampaknya perlu diingat, spy tenaga yg dikeluarkan untuk mendorong mobil jadi lebih kecil atau lebih ringan. Apalagi klo yg mendorong mbl itu orangnya ceking2 atau tidak gemuk khan kesian.
Juga jangan lupa untuk menghidupkan mobil dg cara didorong hanya boleh untuk mobil manual, klo mbl automatic transmission tidak boleh harus di pancing. OK
maaf pak, lupa diketik, asumsi saya posisi kunci sudah berada di posisi on..
nah, kalau mobil dengan transmisi otomatis bagaimana carannya? ada trik2 khusus kah?
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by nescafe »

@andy1800: tuh kan, diberitahu cara yg benar... gmana ney pak momod bos.. Image
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by MitshuToyo »

sjamsul wrote:@nescafe:
yg dimaksud ngedrop itu bagaimana ya?. klo yg dimaksud ngedrop itu pada saat distarter mesinya tidak mau berputar alias hanya berbunyi: cek..cek...cek, maka bisa dipastikan penyebabnya bukan aki, melainkan hal lain. Bisa dari bendix yg kurang baik, jadi stroom dari aki tidak bisa menggerakkan bendix, shg mobil tidak bisa berputar alias tidak bisa distarter. Pemecahannya periksa dinamo starter ke tukang dinamo. Atau bisa juga berasal dari relay anti starter alarm yg sdh kurang baik (biasa disebut cut off relay atau relay 87a) atau bisa juga dari kepala aki yg kotor dan berjamur (kerak putih bukan kerak telor).
Indikasi aki sdh lemah klau distarter itu masih berputar, tapi putarannya lemah sekali, jadi perlu tenaga manusia untuk menghidupkannya yaitu dg cara didorong. Tinggal meminta rekan2 SMer aja untuk mendorongnya. Ayo doroooong..........
Kwakkwakkwak glek... Bro Nescafe kualat sama gw ngerjain di tread sebelah... sekarang ganti di kerjain Om Sjamsul di tread ini...

Hayoo lari kemanaa... :snipersmile: ....................... :ngacir:
Lagi nginjek rem..