To: Abu2, gambar booster kabel yg anda kirim nampaknya dari jenis yg biasa2 aja, kalau mau yg bagus cari aja di bagan jaya motor di pasar palmerah (bukan promosi lho). Kalau tdk salah ada yg panjangnya 7,5 mtr. Jadi kalau mau pancing di jalan macet atau di jalan tol, tidak usah mobil bersebelahan atau berhadap2an cukup satu mobil di depan yg satu lagi di belakangnya krn panjang kabel jumper 7,5 mtr pasti cukup. Apalagi kalau kita punya 2 mobil di garasi, yg depan mau keluar sedangkan yg di belakangnya mogok, maka dengan kabel pancing yg 7,5 mtr kita tidak usah repot tinggal pancing aja. ok.sjamsul wrote:bagaimana caranya memancing aki di jalan yg macet / ramai, apakah harus bawa 2 aki atau siap2 diomelin orang, krn bikin macet?.Abu2 wrote:ikutan kasi tau dengan gambar yah....
kalo aki ngdrop, Kita dapat meminta bantuan mobil teman untuk ‘memancing’ (jump start) dengan cara menggunakan kabel besar (booster cable).
Namun ternyata tidak sembarangan melakukan Jump Start!
Ikuti cara tersebut dibawah:
Gambar 2. Jump Start Procedure
Pastikan mobil yang mogok tidak menyalakan apapun (lampu, AC, tape, dsb),
Hubungkan kabel positif (+) ke terminal positif (+) accu yang soak.
Hubungkan kabel positif (+) ke terminal positif (+) accu yang baik.
Hubungkan kabel negatif (-) ke terminal negatif (-) accu yang baik.
Hubungkan kabel negatif (-) ke body atau rangka jauh dari posisi accu.
Nyalakan mesin mobil yang Accu-nya baik sekitar 30 detik
Nyalakan mesin mobil yang Accu-nya soak.
Setelah mesin sudah menyala, lepas hubungan kabel kebalikan dari langkah di atas.
Mengapa kabel negatif (-) dihubungkan ke body/frame mobil yang accunya soak dan harus jauh dari accu itu sendiri?
Hal ini disebabkan karena accu yang soak mengeluarkan gas yang mudah terbakar, gas tersebut bisa tersulut oleh kontak (percik api) ketika kabel negatif (-) dipasang dekat dengan accu.
Beberapa kejadian terjadi demikian hingga membakar wajah / anggota tubuh akibat gas yang terbakar.
Semoga membantu.
sumber : SAFT7
Sharing Jumper aki yang benar
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Sharing Jumper aki yang benar
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Sharing Jumper aki yang benar
kabel dg kualitas spt itu, dan panjang segitu.... pasti harganya sekitar 800 ribu.... ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Sharing Jumper aki yang benar
iya sih, lebih panjang mgkn bisa jadi lebih baik..
tp prinsip ane, mending cek seluruh kondisi mobil setiap harinya, termasuk air batere, utk menghindari kegagalan fungsi aki..
Mas Andy, beneran tuh harga kabel booster 800k..? koq jadi mirip2 harga aki baru tuh..
tp prinsip ane, mending cek seluruh kondisi mobil setiap harinya, termasuk air batere, utk menghindari kegagalan fungsi aki..

Mas Andy, beneran tuh harga kabel booster 800k..? koq jadi mirip2 harga aki baru tuh..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Sharing Jumper aki yang benar
kita tunggu saja info dari bro samsul
iya bang...
harga bahan saja, utk kabel besar, katakan saja permeter harganya 50 rb....
nah, itu kan 2 utas, masing-masing 7.5 mtr.
jadi, 15 meter = 750 rb
belum jepit buaya nya itu...belum kemasannya....
belum profit margin nya 30% ...
wah, bisa2 lebih mahal lagi deh...
kalau di BTS kan sering jg tu bang, pake kabel2 gede yg bagus.... kabel utk battery back-up itu.
memang nggak murah loh...
iya bang...
harga bahan saja, utk kabel besar, katakan saja permeter harganya 50 rb....
nah, itu kan 2 utas, masing-masing 7.5 mtr.
jadi, 15 meter = 750 rb
belum jepit buaya nya itu...belum kemasannya....
belum profit margin nya 30% ...
wah, bisa2 lebih mahal lagi deh...
kalau di BTS kan sering jg tu bang, pake kabel2 gede yg bagus.... kabel utk battery back-up itu.
memang nggak murah loh...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Sharing Jumper aki yang benar
gak jauh beda harganya jika membeli batere baru dong 
tp buat kondisi darurat (yg terjadi hanya sesekali) mgkn ya pakai barang yg simple, murah dan usefull aja)
NB : panntesan sering banget kabel grounding BTS sering di colong...

tp buat kondisi darurat (yg terjadi hanya sesekali) mgkn ya pakai barang yg simple, murah dan usefull aja)
NB : panntesan sering banget kabel grounding BTS sering di colong...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Sharing Jumper aki yang benar
memang....Abu2 wrote:NB : panntesan sering banget kabel grounding BTS sering di colong...

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31
Re: Sharing Jumper aki yang benar
Bro & senior semua,Abu2 wrote:gak jauh beda harganya jika membeli batere baru dong
tp buat kondisi darurat (yg terjadi hanya sesekali) mgkn ya pakai barang yg simple, murah dan usefull aja)
NB : panntesan sering banget kabel grounding BTS sering di colong...
Ane bukannya alergi dengan metode jumpper, tapi yang perlu diperhatikan adalah :
1. Penjepit atau Clippernya....lebih baik kita gunakan yang model terbaik ( lihat gbr )
2. Kabelnya juga harus yang terbaik kalo ada sih yg untuk cable welding tuh... dan jangan pula terlalu panjang.
Untuk start boil dibutuhkan arus yang cukup besar ( ya kalo stating induction motor 3-7x dari kondisi biasa )....jadi kualitas kable harus sesuai AWG dan jangan terlalu panjang
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Sharing Jumper aki yang benar
Wadoh dapat aku baru dua...andy1800 wrote:kabel dg kualitas spt itu, dan panjang segitu.... pasti harganya sekitar 800 ribu.... ?
Jadi tambahan kesimpulan kabel - dari aki penjumper tidak harus di hubungkan ke terminal - (negatif) aki mobil yang akan di jumper.
Dan di hubungkan ke body dan agak jauh dari aki ,lebih safety..


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Sharing Jumper aki yang benar
wadoh......
mo kenalan ma ce chakep aja repot amat ya
harus bener2 worthed ney.................................................



harus bener2 worthed ney.................................................


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Sharing Jumper aki yang benar
dear andy1800: harganya kira2 500 ribuan( kira-kira 1 tahun yg lalu saya beli). Menurut saya harga segitu adalah harga yg relatif murah dibandingkan dengan fungsinya. Dengan modal kabel pancing tsb, maka kalau kita mau nolongin cewe2 yg coantik tidak malu2in. Kenapa?. Saya pernah pakai kabel pancing yg abal2, harganya kira2 dibawah 100 rb, malah ada yg cuma 50 rb, begitu mau dipakai ternyata tidak bisa, bahkan kabelnya pada panas. Sejak itu saya keliling cari kabel pancing yg baik dan ternyata ada juga yg jual dengan kwalitas yg menurut saya sangat bagus. Jepitan akinya berbeda dgn yg lain. Jepitan akinya kuat untuk menjepit kepala aki, sehingga tidak akan terjadi percikan api. Percikan api bisa terjadi kalau jepitan akinya tdk bagus.andy1800 wrote:kita tunggu saja info dari bro samsul
iya bang...
harga bahan saja, utk kabel besar, katakan saja permeter harganya 50 rb....
nah, itu kan 2 utas, masing-masing 7.5 mtr.
jadi, 15 meter = 750 rb
belum jepit buaya nya itu...belum kemasannya....
belum profit margin nya 30% ...
wah, bisa2 lebih mahal lagi deh...
kalau di BTS kan sering jg tu bang, pake kabel2 gede yg bagus.... kabel utk battery back-up itu.
memang nggak murah loh...
Tapi ada kelemahannya nih dear andy1800 yaitu kalau para tetangga mobilnya mogok, dapat dipastikan akan mencari saya, krn mereka tahu saya punya kabel pancing yg bagus. Tapi baiknya adalah hubungan antar tetangga akan menjadi lebih akrab. Apalagi kalau ada tetangga yg coantik, bisa dipakai untuk pdkt. He..he..he....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Sharing Jumper aki yang benar
Kuruma wrote:Bro & senior semua,Abu2 wrote:gak jauh beda harganya jika membeli batere baru dong
tp buat kondisi darurat (yg terjadi hanya sesekali) mgkn ya pakai barang yg simple, murah dan usefull aja)
NB : panntesan sering banget kabel grounding BTS sering di colong...
Ane bukannya alergi dengan metode jumpper, tapi yang perlu diperhatikan adalah :
1. Penjepit atau Clippernya....lebih baik kita gunakan yang model terbaik ( lihat gbr )
2. Kabelnya juga harus yang terbaik kalo ada sih yg untuk cable welding tuh... dan jangan pula terlalu panjang.Untuk start boil dibutuhkan arus yang cukup besar ( ya kalo stating induction motor 3-7x dari kondisi biasa )....jadi kualitas kable harus sesuai AWG dan jangan terlalu panjang
Last edited by sjamsul on Thu Aug 28, 2008 4:52, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Sharing Jumper aki yang benar
setuju deh ama bang Sjamsul....beli kabel booster yg bagus, banyak manfaatnya, apalagi kalo jadi sering nolongin yg bening2 dan cakep2...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Sharing Jumper aki yang benar
Lho jangan yg cakep2 aja, mobil mertuapun kalo lagi butuh yg ditolongin juga atuh. kalo engga entar kualat lho. He..he..he....Abu2 wrote:setuju deh ama bang Sjamsul....beli kabel booster yg bagus, banyak manfaatnya, apalagi kalo jadi sering nolongin yg bening2 dan cakep2...
Oh iya kalau pada mau sharing lagi ane punya pengalaman menarik nih. Bagaimana caranya supaya kepala aki tidak mudah korosif atau jamuran yg bisa menyebabkan stater mobil jadi agak susah, padahal aki belum terlalu lama dibeli. Tapi sharingnya nanti malam ya, krn saya mau kerja dulu untuk mencari sesuap nasi. He..he..he... lagi.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Sharing Jumper aki yang benar
ha..ha..h.ah.a....siaaappp bang Sjamsull
di tunggu berbagi sharing nya (eitt.......sharing itu artinya berbagi khan?)
dan ditunggu juga sharing sesuap nasi nya.....he...he.h.e.he.h.e.h
di tunggu berbagi sharing nya (eitt.......sharing itu artinya berbagi khan?)
dan ditunggu juga sharing sesuap nasi nya.....he...he.h.e.he.h.e.h
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Sharing Jumper aki yang benar
permisi.. pingin tanya niy, kalau untuk menghilangkan kerak2 di kepala aki pakai apa yah? apakah bsa dengan air panas untuk melunturkan kerak?
Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Sharing Jumper aki yang benar
ooo ya ya.... 500 rb ya ?.... sukurlah kalau begitu.. sukurlah kalau tebakan saya keliru..... 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Sharing Jumper aki yang benar
Yoa Bro Sjamsul..tank banget ngingetin..Btw kabelnya itu kanibal dari kabel elektik aki dan kasih mulut buaya baru...apa yang terjadi kalau aku keburu praktekin dan yang terjadi justru pesta kembang api,,,,wadoh jadi kesimulanya gagal pembekalan.
Bro nes kalau orang bingkil nyaranin untuk nyiram pakai air panas ,trus berihin pakai lap.jangan lupa kaih gemuk atau grease unuk mencegah munculnya keputihan di terminal aki.
Bro nes kalau orang bingkil nyaranin untuk nyiram pakai air panas ,trus berihin pakai lap.jangan lupa kaih gemuk atau grease unuk mencegah munculnya keputihan di terminal aki.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Sharing Jumper aki yang benar
sjamsul wrote:Lho jangan yg cakep2 aja, mobil mertuapun kalo lagi butuh ya ditolongin juga atuh. kalo engga entar kualat lho. He..he..he....Abu2 wrote:setuju deh ama bang Sjamsul....beli kabel booster yg bagus, banyak manfaatnya, apalagi kalo jadi sering nolongin yg bening2 dan cakep2...
Oh iya kalau pada mau sharing lagi ane punya pengalaman menarik nih. Bagaimana caranya supaya kepala aki tidak mudah korosif atau jamuran yg bisa menyebabkan stater mobil jadi agak susah, padahal aki belum terlalu lama dibeli. Tapi sharingnya nanti malam ya, krn saya mau kerja dulu untuk mencari sesuap nasi. He..he..he... lagi.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Sharing Jumper aki yang benar
dear abu2 & para pembaca sekaligus, untuk membuat kepala aki menjadi tetap baik sebaiknya tidak menggunakan air panas, krn kalo kesirem urusannya jadi repot, belon lagi musti masak dulu air supaya panas, sehingga berakibat pemborosan energi apalagi harga gas yg sdh mahal. Oleh sebab itu kita tinggalkan cara pakai air panas.
Cara yg terbaik adalah: pertama lepas dulu kepala akinya. Urutan melepas kepala aki jangan sampai terbalik. Saya ulangi lagi deh cara melepas kepala aki. Mula2 lepas dulu terminal negatip (-). Kenapa?. Karena kalo kita melepas yg positip dulu dan secara tidak sengaja kunci pas atau kunci ring nya menyentuh bodi mobil, maka akan terjadi korslet dan akan sangat berbahaya. Nah kalo kita mau memasang kepala aki maka yg positip duluan baru yg negatip (-).
Kedua: kepala akinya diampelas sampai bersih di bagian kontak pointnya.
Ketiga: ini yg paling penting, sebelum memasang kepala aki yg pos, terlebih dulu dibuatkan ring dari plastik, lalu diolesi gemuk baru dipasangkan ke aki tsb. Baru setelah itu dipasang kepala akinya (kleman aki). Untuk yg negatip caranya sama. Mengapa demikian?. Jamur di kepala aki terjadi akibat ada rembesan dari bawah kleman aki, maksudnya adalah kepala aki terbuat dari timah dan timah tidak bisa bersenyawa dengan plastik (body aki terbuat dari plastik). Makanya jamur di kleman aki biasanya dimulai dari bagian bawah kepala aki. Untuk mencegahnya dibuatkan ring dari plastik untuk mencegah kepala aki terkena rembesan aki zuur dari aki itu sendiri. Setelah dipasang ring dan kepala aki tsb, barulah di bagian luarnya dioleskan gemuk.
Mudah-mudahan penjelasan saya ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekaligus eh sekalian.
NB: buat dear abu2 & pembaca yg lain saya ada tips lagi nih, yaitu bagaimana supaya umur aki bisa bertahan lebih lama lagi. Tapi seperti biasa, saya akan bahas besok malam, krn saat ini sakit mah saya lagi kambuh. Biasa kalo abis hujan sakit mah saya suka kambuh. maah...maah...maah.......
Cara yg terbaik adalah: pertama lepas dulu kepala akinya. Urutan melepas kepala aki jangan sampai terbalik. Saya ulangi lagi deh cara melepas kepala aki. Mula2 lepas dulu terminal negatip (-). Kenapa?. Karena kalo kita melepas yg positip dulu dan secara tidak sengaja kunci pas atau kunci ring nya menyentuh bodi mobil, maka akan terjadi korslet dan akan sangat berbahaya. Nah kalo kita mau memasang kepala aki maka yg positip duluan baru yg negatip (-).
Kedua: kepala akinya diampelas sampai bersih di bagian kontak pointnya.
Ketiga: ini yg paling penting, sebelum memasang kepala aki yg pos, terlebih dulu dibuatkan ring dari plastik, lalu diolesi gemuk baru dipasangkan ke aki tsb. Baru setelah itu dipasang kepala akinya (kleman aki). Untuk yg negatip caranya sama. Mengapa demikian?. Jamur di kepala aki terjadi akibat ada rembesan dari bawah kleman aki, maksudnya adalah kepala aki terbuat dari timah dan timah tidak bisa bersenyawa dengan plastik (body aki terbuat dari plastik). Makanya jamur di kleman aki biasanya dimulai dari bagian bawah kepala aki. Untuk mencegahnya dibuatkan ring dari plastik untuk mencegah kepala aki terkena rembesan aki zuur dari aki itu sendiri. Setelah dipasang ring dan kepala aki tsb, barulah di bagian luarnya dioleskan gemuk.
Mudah-mudahan penjelasan saya ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekaligus eh sekalian.
NB: buat dear abu2 & pembaca yg lain saya ada tips lagi nih, yaitu bagaimana supaya umur aki bisa bertahan lebih lama lagi. Tapi seperti biasa, saya akan bahas besok malam, krn saat ini sakit mah saya lagi kambuh. Biasa kalo abis hujan sakit mah saya suka kambuh. maah...maah...maah.......
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Sharing Jumper aki yang benar
ternyata air panas ndak disareken tho.. selama ini gw pakai air panas n amplas..
wah, dapet ilmu lg hr ini.. trmakasih bro sjamsul!
ehh.. btw, emang hujan ada hubungannya sama sakit magh?
tp keren jg yah, meskipun sakit, msh online and msh bsa sharing ilmu.. hehehe..
wah, dapet ilmu lg hr ini.. trmakasih bro sjamsul!

ehh.. btw, emang hujan ada hubungannya sama sakit magh?
tp keren jg yah, meskipun sakit, msh online and msh bsa sharing ilmu.. hehehe..
Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Sharing Jumper aki yang benar
tidak bisa dibilang bermanfaat ....sjamsul wrote:Mudah-mudahan penjelasan saya ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekaligus

tp, bermanfaat sangat !!!
heuheeheee....

wahai para pendengar sekaliaaan.....sjamsul wrote:Tapi seperti biasa, saya akan bahas besok malam, krn saat ini sakit mah saya lagi kambuh.
Biasa kalo abis hujan sakit mah saya suka kambuh. maah...maah...maah.......
maaaasa' kita udah sedemikian excited-nya berharap dpt ilmu sbentar lagi .....eh, ternyata mlh hrs nungguin pak dosennya maah-maah-an dulu ?...

pada mau ??... nungguin di dekat (aki-aki, .... eh,..muda-mudi) yg lg maah-maah-an ??...
hahahahaa....

ya deeeeh,.... kita tetap tekun dan setia menanti kok.....

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Sharing Jumper aki yang benar
Iyah neh..keburu ce mobil mogok di samber orang....we ke ke...Bro Makanya musim hujan ini selalu siap sedia payung dan jass hujan..

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Sharing Jumper aki yang benar
Terimakasih buat para pembaca yg budiman, senang sekali kalau pengalaman saya bisa bermanfaat buat kita semua. Sebetulnya cukup banyak pengalaman yg bisa saya bagi dg para pembaca, tapi khusus malam ini saya akan berbagi mengenai bagaimana caranya agar aki bisa bertahan lebih lama umurnya. Mungkin tulisan ini akan ditentang oleh para penjual aki, krn omset mereka akan berkurang. Tapi kalau pikiran mereka terbuka, maka tulisan ini akan sangat bermanfaat buat mereka (penjual aki) dan para pemakai aki tentunya.
Kalau kita membeli mobil baru, pada umumnya umur aki lebih panjang dibandingkan kalau kita sudah pernah menggantinya. Mengapa demikian?. Menurut survey yg saya lakukan dengan cara bertanya kepada beberapa orang teman di pabrik perakitan mobil, aki pada mobil baru harus distroom terlebih dahulu baru dipasang ke mobil tsb. Jadi aki pada saat mau dipakai stroomnya sudah full charge. Berbeda dengan kebiasaan kita pada saat membeli aki maunya diisi langsung harus bisa distarter
kalau tidak bisa distarter maka kita bisa beranggapan aki tsb jelek mutunya. Makanya ada iklan yg mengatakan bahwa isi langsung stater. Saya tidak habis berpikir kenapa pabrik aki kok tidak menganjurkan yg terbaik buat konsumennya. Menurut hasil pengamatan saya dan bisa dibuktikan bahwa aki baru seharusnya distroom terlebih dahulu sampai full charge baru boleh dipakai, sehingga umur aki bisa bertahan paling sialnya 2 th. Kalau lagi tidak sial bisa diatas 3 th. Dengan catatan perawatan akinya harus baik, artinya air aki jangan sampai kering. Dan penambahan air aki sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau suhu aki lagi dingin. Jangan sampai mobil baru dipakai bepergian terus ditambahkan air aki, maka akan berpengaruh kepada umur aki tsb.
Nah supaya umur aki bisa bertahan diatas 3 th, saya menambahkan cairan pengawet aki atau vitamin aki namanya power batt pada saat pertama kali aki tsb diisi aki zuur. Tapi cukup sulit mencari power batt tsb, krn tidak semua toko aki menjual power batt tsb (mungkin takut omsetnya turun). Dan ini bukan promosi lho, cuma sekedar informasi saja berdasarkan pengalaman saya.Ok.
Sekali lagi mudah2an tulisan saya ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekaligus.
NB: besok akan saya bahas lagi mengenai pembuktian kalau aki baru sebaiknya distroom dulu.
salam hangat buat andi1800, abu2, nescafe (mudah2an 3in1 original,krn itu adalah favorit saya) dan para pembaca yg budiman. thanks.
Kalau kita membeli mobil baru, pada umumnya umur aki lebih panjang dibandingkan kalau kita sudah pernah menggantinya. Mengapa demikian?. Menurut survey yg saya lakukan dengan cara bertanya kepada beberapa orang teman di pabrik perakitan mobil, aki pada mobil baru harus distroom terlebih dahulu baru dipasang ke mobil tsb. Jadi aki pada saat mau dipakai stroomnya sudah full charge. Berbeda dengan kebiasaan kita pada saat membeli aki maunya diisi langsung harus bisa distarter
kalau tidak bisa distarter maka kita bisa beranggapan aki tsb jelek mutunya. Makanya ada iklan yg mengatakan bahwa isi langsung stater. Saya tidak habis berpikir kenapa pabrik aki kok tidak menganjurkan yg terbaik buat konsumennya. Menurut hasil pengamatan saya dan bisa dibuktikan bahwa aki baru seharusnya distroom terlebih dahulu sampai full charge baru boleh dipakai, sehingga umur aki bisa bertahan paling sialnya 2 th. Kalau lagi tidak sial bisa diatas 3 th. Dengan catatan perawatan akinya harus baik, artinya air aki jangan sampai kering. Dan penambahan air aki sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau suhu aki lagi dingin. Jangan sampai mobil baru dipakai bepergian terus ditambahkan air aki, maka akan berpengaruh kepada umur aki tsb.
Nah supaya umur aki bisa bertahan diatas 3 th, saya menambahkan cairan pengawet aki atau vitamin aki namanya power batt pada saat pertama kali aki tsb diisi aki zuur. Tapi cukup sulit mencari power batt tsb, krn tidak semua toko aki menjual power batt tsb (mungkin takut omsetnya turun). Dan ini bukan promosi lho, cuma sekedar informasi saja berdasarkan pengalaman saya.Ok.
Sekali lagi mudah2an tulisan saya ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekaligus.
NB: besok akan saya bahas lagi mengenai pembuktian kalau aki baru sebaiknya distroom dulu.
salam hangat buat andi1800, abu2, nescafe (mudah2an 3in1 original,krn itu adalah favorit saya) dan para pembaca yg budiman. thanks.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Sharing Jumper aki yang benar
hmm.. iya yah, aki gw bsa bertahan 3 tahun karena distroom dulu..
berarti, yg yg sekarang (udah ganti) ketahanannya kurang lama donk? wakz!
iya bos, yg 3in1 original
bro sjamsul magh-nya sudah sembuh?
berarti, yg yg sekarang (udah ganti) ketahanannya kurang lama donk? wakz!

iya bos, yg 3in1 original

bro sjamsul magh-nya sudah sembuh?

Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Sharing Jumper aki yang benar
Tetangga saya umur akinya saat ini sdh 3,5 th dan masih bisa dipakai tuh (panther th 94).nescafe wrote:hmm.. iya yah, aki gw bsa bertahan 3 tahun karena distroom dulu..
berarti, yg yg sekarang (udah ganti) ketahanannya kurang lama donk? wakz!
iya bos, yg 3in1 original
bro sjamsul magh-nya sudah sembuh?
bro nes, mag saya udah sembuh kan paginya sdh minum nescafe 3in1 yg original lagi. he..he..he...