Car Detailing Lounge - Part 02
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
sempat baca di forumsebelah.com, mengenai cara menghilangkan jamur berat dan baret halus...
katanya untuk menghilangkan total, mesti dikikis clearcoatnya yah? agar jamur dan swirl hilang total....
utuk mengikis mesti pake obat yg punya daya cutting , dan mesti pake mesin dengan pad tertentu, dan juga skill yg mumpuni...
mohon di koreksi jika salah, dgn penjelsan tambahan ..dan mohon di iyakan jika benar..
biar pemahaman nya pas...
katanya untuk menghilangkan total, mesti dikikis clearcoatnya yah? agar jamur dan swirl hilang total....
utuk mengikis mesti pake obat yg punya daya cutting , dan mesti pake mesin dengan pad tertentu, dan juga skill yg mumpuni...
mohon di koreksi jika salah, dgn penjelsan tambahan ..dan mohon di iyakan jika benar..
biar pemahaman nya pas...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Wed Aug 06, 2008 3:44
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
Pertama-tama, jamur itu ada 2 jenis. Stage 1 ama stage 2. Stage 1 itu masih ada di atas permukaan vernish, umurnya masih belum terlalu lama. Stage 2 itu uda etching/mengendap di bawah permukaan.
Stage 2 itu memang harus dikikis clear coatnya, kalau enggak ya gak bisa ilang.
Mengenai obat-2an, memang sebagai detailer harus lengkap, mulai dari compound, polishing dan finishing. Pad nya juga harus ready untuk menghadapi segala jenis kondisi.
Mesin juga harus pake rotary, hasil DA gak akan sesempurna rotary dalam segi compounding sanding marks, removing swirl marks juga.
Stage 2 itu memang harus dikikis clear coatnya, kalau enggak ya gak bisa ilang.
Mengenai obat-2an, memang sebagai detailer harus lengkap, mulai dari compound, polishing dan finishing. Pad nya juga harus ready untuk menghadapi segala jenis kondisi.
Mesin juga harus pake rotary, hasil DA gak akan sesempurna rotary dalam segi compounding sanding marks, removing swirl marks juga.
Failure is just another stepping stone to success.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2541
- Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
sipppgioprivatemove wrote:ya dibersihin dulu baru pake trim detailer ndi. biar lebih bagus ngeresep obat nya.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2541
- Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
langsung praktek aj bro abu" pake mesinAbu2 wrote:sempat baca di forumsebelah.com, mengenai cara menghilangkan jamur berat dan baret halus...
katanya untuk menghilangkan total, mesti dikikis clearcoatnya yah? agar jamur dan swirl hilang total....
utuk mengikis mesti pake obat yg punya daya cutting , dan mesti pake mesin dengan pad tertentu, dan juga skill yg mumpuni...
mohon di koreksi jika salah, dgn penjelsan tambahan ..dan mohon di iyakan jika benar..
biar pemahaman nya pas...
tar langsung dpt ilmu ny dari pada teori bikin binggung


master gio siap tuh ngajarin si GV


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
ha..ha..ha....belm berani lah ngerjain sendiri, ilmu praktek blm mumpuni
...mesti didampingi ama guru dulu...he...he..he.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 381
- Joined: Wed Jun 11, 2008 8:37
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
Hmm.. Ntar gw coba. Gw juga ada obat jamur. Tapi sabun colek duluan dah. Safety first..gioprivatemove wrote:kalau trim sih gw biasa pake IPA atau obat jamur. air sabun kayaknya bisa, asal pake sikat gigi.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 381
- Joined: Wed Jun 11, 2008 8:37
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
PC n UDM gerakannya cuma orbital bro. Jadi pad gak muter. Nah, 3 mesin yg gw sebut kemaren selain orbital, pad nya juga muter kayak rotary. Cuma RPMnya rendah. Max si makita yg 670 RPM. Jadi bener2 dual action n dibilang hampir menyamai rotary tapi lebih aman..buatandi wrote: udm tanpa rotary maksud ny bro??
itu kan DA juga
tenaga lebih power full dari PC loh
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2541
- Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
justru kalo DA ada gerakan ngorbitddoctor wrote:PC n UDM gerakannya cuma orbital bro. Jadi pad gak muter. Nah, 3 mesin yg gw sebut kemaren selain orbital, pad nya juga muter kayak rotary. Cuma RPMnya rendah. Max si makita yg 670 RPM. Jadi bener2 dual action n dibilang hampir menyamai rotary tapi lebih aman..buatandi wrote: udm tanpa rotary maksud ny bro??
itu kan DA juga
tenaga lebih power full dari PC loh
kalo rotary baru muter aj
kalo makita itu bisa DA dan rotary kan ada switch ny
kalo yang bener" DA itu FLEX 3401 karena tenaga ny gede..

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 381
- Joined: Wed Jun 11, 2008 8:37
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
Jadi gini bro. Kalo dual action PC n UDM kan gerakannya ngorbit tapi pad nya sendiri gak berputar (rotary/circular). Nah 3 mesin itu ngorbit sekaligus rotary dengan RPM rendah.
Makita B06040 punya dua mode.
1. Cuma orbit aja kayak PC, UDM
2. Orbit + rotary
kalo yang lain mode ke dua aja.
Makita B06040 punya dua mode.
1. Cuma orbit aja kayak PC, UDM
2. Orbit + rotary
kalo yang lain mode ke dua aja.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
nahh.. jd pak dokter mau beli yg mana? 

Permisii
............................. 


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
sip! td udah kering and udah siap diapakai lg.. lembutnya msh sama seperti waktu beli baru.. hehehe..buatandi wrote:kalo di petunjuk ny ada ya gpp bro nesnescafe wrote:umm.. i dont think so, menurut gw terry itu jenis handuk and setelah gw cuci kliatan bener bedanya dengan MF..buatandi wrote:gak boleh boss
kayak ny MF juga degh cuma jenis ny terry
g si gak pernah pake pelembut ma pemutih
cuci ny pake air anget di rendem sama sabun caer care 4
knapa gw pakai pelembut, soalnya gw bca petunjuk di bagian belakang bungkusnya.. hehehe..
nah.. sip2, gw jg pake air anget buat nyuci MF.. cuman klo lg banyak yg dicuci, pake mesin cuci.. hehehe..

Permisii
............................. 


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
o'ya, sebetulnya untuk velg, treatmentnya bagaimana siy?
1. untuk velg dengan finishing polish (velg GV, velg accord, dll)
2. untuk velg dengan finishing paint (velg CR-V, velg jazz, dll)
3. untuk velg dengan finishing chrome
sebetulnya, ada treatment khususnya masing2 ga yah?
1. untuk velg dengan finishing polish (velg GV, velg accord, dll)
2. untuk velg dengan finishing paint (velg CR-V, velg jazz, dll)
3. untuk velg dengan finishing chrome
sebetulnya, ada treatment khususnya masing2 ga yah?
Permisii
............................. 


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 381
- Joined: Wed Jun 11, 2008 8:37
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
@nescafe
Rencananya ya beli yang dual action antara 3 itu. Yang paling murah G220. Tapi kok 3 juta ya. Berarti flex berapa nyampe sini. Itu yang mau ditanyain dulu...
Rencananya ya beli yang dual action antara 3 itu. Yang paling murah G220. Tapi kok 3 juta ya. Berarti flex berapa nyampe sini. Itu yang mau ditanyain dulu...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 381
- Joined: Wed Jun 11, 2008 8:37
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
Sesuaikan aja dengan finishingnya bro. Kalo jazz gw juga gw wax velgnya. Katanya sih semua yang bercat ya di perlakukan seperti cat.nescafe wrote:o'ya, sebetulnya untuk velg, treatmentnya bagaimana siy?
1. untuk velg dengan finishing polish (velg GV, velg accord, dll)
2. untuk velg dengan finishing paint (velg CR-V, velg jazz, dll)
3. untuk velg dengan finishing chrome
sebetulnya, ada treatment khususnya masing2 ga yah?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2541
- Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
kalo paint sama aj kayak ny body bro kan di cat juganescafe wrote:o'ya, sebetulnya untuk velg, treatmentnya bagaimana siy?
1. untuk velg dengan finishing polish (velg GV, velg accord, dll)
2. untuk velg dengan finishing paint (velg CR-V, velg jazz, dll)
3. untuk velg dengan finishing chrome
sebetulnya, ada treatment khususnya masing2 ga yah?

kalo polish ma chrome g si gosok aj pake TW chrome polish yang murmer

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Wed Mar 23, 2005 6:16
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
OH NOOOOO...
motor gua ternyata pas diliat banyak swirl marknya di tangi......
minta tolong dong kasih step2 buat ilangin swirl mark, perlu bahan apa aja, step2nya gimana?
tolong yah....... miris hati gua liat motor gua berswirl mark
motor gua ternyata pas diliat banyak swirl marknya di tangi......
minta tolong dong kasih step2 buat ilangin swirl mark, perlu bahan apa aja, step2nya gimana?

tolong yah....... miris hati gua liat motor gua berswirl mark

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2541
- Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
pake Dc1 juga ilang boss kalo lom parahgozila wrote:OH NOOOOO...
motor gua ternyata pas diliat banyak swirl marknya di tangi......
minta tolong dong kasih step2 buat ilangin swirl mark, perlu bahan apa aja, step2nya gimana?![]()
tolong yah....... miris hati gua liat motor gua berswirl mark

ato cleaner wax juga bisa
bis itu wax degh kinclong lagi

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 381
- Joined: Wed Jun 11, 2008 8:37
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
Ya kayak kata bro buatandi. Kalo gak pakek scratchx deh. Yang jelas gak di pakein mesin kali ya. Hehe..gozila wrote:OH NOOOOO...
motor gua ternyata pas diliat banyak swirl marknya di tangi......
minta tolong dong kasih step2 buat ilangin swirl mark, perlu bahan apa aja, step2nya gimana?![]()
tolong yah....... miris hati gua liat motor gua berswirl mark
N bener, wax aja bro. 2-3 layer gitu. Biar gak gampang lecet. Lagian gak ada 2 menit kali molesnya ya..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Wed Mar 23, 2005 6:16
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
nah itu dia bro, selama ini abis cuci pasti selalu timpa pake TW kaleng ijo, tapi tadi pas liat dibawah sinar matahari kok udah mulai ada baret2 alusnya gitubuatandi wrote:pake Dc1 juga ilang boss kalo lom parahgozila wrote:OH NOOOOO...
motor gua ternyata pas diliat banyak swirl marknya di tangi......
minta tolong dong kasih step2 buat ilangin swirl mark, perlu bahan apa aja, step2nya gimana?![]()
tolong yah....... miris hati gua liat motor gua berswirl mark
ato cleaner wax juga bisa
bis itu wax degh kinclong lagi


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Wed Mar 23, 2005 6:16
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
kayanya cepet banget? perasaan gua buthu waktu sekitar 1/2 jeman dehddoctor wrote:Ya kayak kata bro buatandi. Kalo gak pakek scratchx deh. Yang jelas gak di pakein mesin kali ya. Hehe..gozila wrote:OH NOOOOO...
motor gua ternyata pas diliat banyak swirl marknya di tangi......
minta tolong dong kasih step2 buat ilangin swirl mark, perlu bahan apa aja, step2nya gimana?![]()
tolong yah....... miris hati gua liat motor gua berswirl mark
N bener, wax aja bro. 2-3 layer gitu. Biar gak gampang lecet. Lagian gak ada 2 menit kali molesnya ya..
apa ada yang salah sama cara wax gua yah?

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
1/2 jam untuk satu kali apply polesan, lalu di buff?
yg dipoles tangki doank niy?
yg dipoles tangki doank niy?
Permisii
............................. 


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 381
- Joined: Wed Jun 11, 2008 8:37
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
Yoi, lama banget bro kalo cuma tanki. Tapi kalo semotor sih masih masuk akal..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2541
- Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
cara cuciny boss yang salah kalo ada swwirlgozila wrote:nah itu dia bro, selama ini abis cuci pasti selalu timpa pake TW kaleng ijo, tapi tadi pas liat dibawah sinar matahari kok udah mulai ada baret2 alusnya gitubuatandi wrote:pake Dc1 juga ilang boss kalo lom parahgozila wrote:OH NOOOOO...
motor gua ternyata pas diliat banyak swirl marknya di tangi......
minta tolong dong kasih step2 buat ilangin swirl mark, perlu bahan apa aja, step2nya gimana?![]()
tolong yah....... miris hati gua liat motor gua berswirl mark
ato cleaner wax juga bisa
bis itu wax degh kinclong lagi
makanya jadi bingung sebenernya cara waxnya salah atu salah pake wax yah?

pake air ma kanebo aj yah
gak pake samphoo

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 381
- Joined: Wed Jun 11, 2008 8:37
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
Gw salah ternyata. Tu G220 harganya 149 poundsterling. So 3 juta masuk akal. Kalo dollar mungkin nyampe 230-250.
Weks.. Kalopun jadi, kayaknya ni paling reasonable. Atau B&D aja ya. Walah.... Bingung.
Weks.. Kalopun jadi, kayaknya ni paling reasonable. Atau B&D aja ya. Walah.... Bingung.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Wed Mar 23, 2005 6:16
Re: Car Detailing Lounge - Part 02
semotor maksud guaddoctor wrote:Yoi, lama banget bro kalo cuma tanki. Tapi kalo semotor sih masih masuk akal..

