kiting wrote:dear all,
numpang tanya nih...sy br aja nebus santi 01 pakenya sih enak cuman rd khawatir ama suhu mesin, dipake jarak dekat aja mesin udh pns bgt trus indikator menunjukkan hampir setengah...apa mesin santi emang gitu or ada yang gk beres? pls adv, thx
bro kiting, mesin santi (G4JS) dari sono-nya sudah ditakdirkan berkompresi tinggi dan suhu kerjanya emang relatif lebih panas dibanding suhu mesin boil lain. Tetapi jika engine-coolant systemnya normal, seharusnya ngga usah kuatir.
Indikator temperatur memang setengah kurang dikit, tetapi kalo baru sebentar jalan (dibawah 5 menit) dengan kondisi driving normal, etmperatur sudah segitu, sepertinya harus dicek ulang deh. Coba lihat di kompartemen mesin, seharusnya fan ada 2, 1 buat radiator mesin, 1 buat radiator AC. Kalo jalan dengan AC menyala, suhu akan "lama naik" tetapi normal. Biasanya kalo cruising 60-80 kph dijalan lurus, suhunya akan "bertahan" di 1/4 naik dikit, apalagi kalo jalan malam, jarum akan bertahan diangka 1/4. Baru kalo macet atau nanjak marathon, suhu akan di temperatut normal maksimum (1/2 kurang dikit). Kalo AC menyala, seharusnya fan radiator AC juga menyala. Jadi intinya sih, kalo jalan mendingan pake AC untuk membantu menjaga temperatur mesin meski dengan konsekuensi mesin agak berat dan BBM agak boros.
Tidak dianjurkan untuk melepas thermoswitch, karena mesin akan terlalu "dingin", akibatnya pembakaran ngga sempurna dan bisa membikin boros bbm.
Kalo bro kiting ragu dengan "ritual perawatan" previous owner, mendingan seluruh cairan (Oli, minyak rem, coolant, dll) dikuras habis dan diisi ulang. Biaya ngga seberapa tapi lebih aman. Penyakit dari mobil CBU apalagi yg berusia tua, cek juga kelistrikannya. Beberapa member sini sudah mengalami kejadian buruk loh...yg baru saja kejadian ya pak inoz dengan ignition coil-nya yg tewas hehehe.... Oya, jangan lupa cek timing belt. Untuk keamanan, biasanya timing belt diganti tiap kelipatan 45000KM.