Kalo udah nyentuh garis merah (biasanya disertai engine check nyala), udah nggak rekomen jalan dan wajib ganti tuh kang acep. Yg kita takutin itu kalo engine check nya nyala ditengah jalan, mau berhenti nunggu derek/mekanik malas. Berhubung mesin tetap jalan, terus kita paksa jalan. Bisa2 piston macet/patah, dll yg serem2asepkadek wrote:sharing soal oil pressure juga nih, dulu sempet khawatir juga dgn o/p yg setelah panas ada dibawah 250 malah kadang2 ada di sekitar 120 kpa, sempet nanya ke BD meraka bilang juga masih acceptable, asal jgn di garis merah (+/_ 80 kpa) jarumnya, sayang waktu itu ga kepikiran nanya lagi kalo di garis merah itu disebabkan oleh apa dan efeknya terhadap mesin gimana? mungkin om Uch bisa membantu.
Itu sebabnya saya lebih rekomen kalo udah tanda2 oil pump lemah tekanannya, langsung dicek aja. Siapa tau cuman masalah sirkulasi doang yg kurang lancar. The worst case nya khan "cuman" ganti pompa sekitar Rp 800 (info terakhir dari mas agri diatas). Siklusnya bertahun2 koq. Anggap aja itu meng"cover" biaya ganti olie kebo yg relatif murah dibanding boil2 sekarang yg banyak minta olie sintetik yg rp 100 ribu per liter...
