
Hasil (mengerikan) crash test sedan China
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
itu mobil china buat dimana, ndy? hehehe pasti teknologi / safetynya beda lah... 


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
mirip banget sama ini bodynyaandy1800 wrote:anyway,
hasil crash test spt yg dikemukakan oleh TS itu, tidak berlaku (lagi) utk mobil2 (bukan sedan) China ini kah ???
spin022 wrote:tidak seperti saudara-nya Great Wall Wingle, yang sudah beredar disini, tapi menurut gw bentuknya kurang menarik...
masih lebih menarik ini, Great Wall Hover
http://www.chinacarforums.com/forum/sho ... .php?t=856
in italy....

tadinya gw pikir mirip sama Axiom.... ternyata bodynya kayanya memang sama...Seperti Chery QQ dgn Daewoo Matiz/ Chevy Spark
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
sori oot... axiom seperti nama company ya... apa sama? gue baru denger di unit kendaraan... kalo engine sih pernah baca.

-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Fri Jul 25, 2008 17:56
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
nambahin bro,setau g baleno safetynya bagus bro walau tanpa abs ato airbag.pernah ada tabrakan baleno meluncur sekitar 100kmh menabrak mobil didepannya yg rem mendadak di tol dan bentuk mobil baleno seperti hasil test diatas,kap mesin ama mesin2nya mundur semua dan supir mengemudi tanpa menggunakan safetybelt tapi semuanya selamat lo tanpa ada luka2 sedikit pun hanya encok2 seminggu dan buktinya lagi supirnya masih hidup,sang supir masih bisa menuliskan posting di thread ini hehehehe.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
apa ucapan selamat yg tepat ya....?
emmm....ya udah, gini aja:
mari bersulang bro, krn selamat dr kecelakaan berat itu.
........bukan
bir...........
emmm....ya udah, gini aja:
mari bersulang bro, krn selamat dr kecelakaan berat itu.
........bukan

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
Ikutan crash test juga (17-07-2008), CR-V 2.4 2008, kilometer belum 1000 KM pada saat melaju di luar kota kecepatan 60 - 70 km/h ditubruk motor GL Pro dari samping kiri depan (searah tiba2 belok kanan habis). Hasilnya bumper depan kiri rusak, kap mesin penyok, fender kiri rusak berat, kaca spion kiri hancur karena terlipat dan menghantam kaca samping depan, pintu dan list depan dan belakang kiri penyok, panel pintu depan + belakang lepas. Kerugian materi lebih dari 20 juta. Kesimpulan: ternyata mobil jaman sekarang betul2 didesain safety untuk orang yang ditabrak, buktinya pengendara motornya tidak luka berat, motornya rusak ringan (tidak sebanding dengan kerusakan CR-V). Mobil sudah opname di Fraton - Surabaya. 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1401
- Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
Setau saya, model dr Great Wall Hover memang menjiplak Isuzu Axiom. Isuzu Axiom adanya di Amerika.
Kalo tertarik modelnya, berharap saja Vanther baru yg akan segera hadir modelnya mirip Axiom.
Kalo tertarik modelnya, berharap saja Vanther baru yg akan segera hadir modelnya mirip Axiom.
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
@esh
whalaaa.... ditungguin, cukup lama nggak nongol, ...ternyata ada bad news....
semoga bengkel & asuransi nya bagus, sehingga nanti setelah CRV 1000km nya opname, bisa kembali sprti sediakala....
dan segala urusannya beres dg lancar...
stay calm & cool down as usual, bro...
........
........
whalaaa.... ditungguin, cukup lama nggak nongol, ...ternyata ada bad news....
semoga bengkel & asuransi nya bagus, sehingga nanti setelah CRV 1000km nya opname, bisa kembali sprti sediakala....
dan segala urusannya beres dg lancar...
stay calm & cool down as usual, bro...
........

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
Untung pengendara motornya nggak apa apa..coba kalau sampai koit pa juga hrus opname di rumah sakit..wadoh..soalnya nabraknya dari samping kiri DEPAN...

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
gue baru nyadar, baleno mobil china? nah lho...iyotss wrote:nambahin bro,setau g baleno safetynya bagus bro walau tanpa abs ato airbag.pernah ada tabrakan baleno meluncur sekitar 100kmh menabrak mobil didepannya yg rem mendadak di tol dan bentuk mobil baleno seperti hasil test diatas,kap mesin ama mesin2nya mundur semua dan supir mengemudi tanpa menggunakan safetybelt tapi semuanya selamat lo tanpa ada luka2 sedikit pun hanya encok2 seminggu dan buktinya lagi supirnya masih hidup,sang supir masih bisa menuliskan posting di thread ini hehehehe.


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
Saya hanya bisa pasrah terima nasib, soalnya secara posisi saya tidak disalahkan oleh pihak polisi dan saksi, tetapi sesuai dengan peraturan lalu lintas di negara kita yang tercinta ini, yang lebih besar harus kalah. Bengkelnya adalah salah satu yang terbaik di Surabaya, sebab ada ferari kecelakaan dibawanya ke bengkel ini. Asuransinya pakai Artha Graha, tapi belum ada kerjasama. Terima kasih om andyandy1800 wrote:@esh
whalaaa.... ditungguin, cukup lama nggak nongol, ...ternyata ada bad news....
semoga bengkel & asuransi nya bagus, sehingga nanti setelah CRV 1000km nya opname, bisa kembali sprti sediakala....
dan segala urusannya beres dg lancar...
stay calm & cool down as usual, bro...
................

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
Iya om avansa, saya bersyukur pengendara sepeda motornya tidak luka parah dan tetap sadar. Pada prinsipnya yang namanya musibah itu sama2 tidak dikehendaki oleh kedua belah pihak walaupun ada unsur keteledoran dari salah satu atau kedua belah pihak. Tapi dengan kejadian ini saya semakin tahu betapa ringkihnya mobil jaman sekarang, padahal CR-V masih dibilang hasil crash test-nya bagus, trus bagaimana ya dengan yang dibilang hasil crash test-nya nggak bagus.avansa wrote:Untung pengendara motornya nggak apa apa..coba kalau sampai koit pa juga hrus opname di rumah sakit..wadoh..soalnya nabraknya dari samping kiri DEPAN...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
IMO, hasil crash test bagus artinya meminimalkan potensi terlukanya si pengendara mobil (bukan mobilnya). Gimana caranya? ya mobil harus mampu menyerap sebanyak mungkin impact benturan artinya besi2 mobil akibatnya harus lebih "hancur" supaya pengemudi lebih safe.esh wrote: Tapi dengan kejadian ini saya semakin tahu betapa ringkihnya mobil jaman sekarang, padahal CR-V masih dibilang hasil crash test-nya bagus, trus bagaimana ya dengan yang dibilang hasil crash test-nya nggak bagus.
Jadi wajarlah, kalo di mobill2 sekarang ini, korban kecelakaan bisa langsung jalan keluar dari mobil walaupun mobil terlihat ringsek.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
... dan disinilah pentingnya asuransi kendaraan, agar tidak terlalu berat pada akhirnya. itu yg kedua.
yang pertama adalah asuransi jiwa dan kesehatan.
sangat disesalkan, tidak ada penyuluhan dari pemerintah soal asuransi... selama ini informasi tersebut hanya dari brochures dan pihak insurance company. padahal, jika kita wise memilih ada insurance yg tidak terlalu mahal kok...
soal rekanan insurance dengan beberapa bengkel, saya bersyukur karena insurance kendaraan saya membebaskan dimana saja kendaraan saya akan dibenarkan selama ada kwitansi dan surat rujukan dari bengkel yg dipilih.
yang pertama adalah asuransi jiwa dan kesehatan.

sangat disesalkan, tidak ada penyuluhan dari pemerintah soal asuransi... selama ini informasi tersebut hanya dari brochures dan pihak insurance company. padahal, jika kita wise memilih ada insurance yg tidak terlalu mahal kok...
soal rekanan insurance dengan beberapa bengkel, saya bersyukur karena insurance kendaraan saya membebaskan dimana saja kendaraan saya akan dibenarkan selama ada kwitansi dan surat rujukan dari bengkel yg dipilih.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
Ayo kampanyekan Asuransi....kalau akau udah ikut OM ..yang allrisk..kata salesnya seh...nyenggol garansi ,lecet dikit..complain! wuih..tapi sukur ampe sekarang masih ok ok aja.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
asuransi jiwa, sebenarnya ini sudah "dipaksakan", bundled pd waktu bikin SIM....
idealnya, mirip spt AsTek (Jamsostek) dan Asuransi Jiwa pas bikin SIM itu ....
semestinya diwajibkan kaya' gitu...
mgkin di beberapa negara maju, sudah spt itu adanya..... (mohon info, bro'ss yg pada tinggal di LN maju)
ttg asuransi, maslaahnya, mgkin pemerintah "tidak berani" menyuluhkan (dan mewajibkan), krn itu akan menjadi bumerang.
kenapa begitu?..krn sistem besarnya (sistem yg berkaitan dg itu), tidak ditata secara komprehensif.
pdhal, sistem besarnya itu, seharusnya menjadi tggung jawab dr si managemen (regulator/pemerintah), ..
kalau dia menyuluhkan doang, tanpa memberesi hal2 yg menjadi tggung jawabnya itu, tentu saja pemerintah bakalan mati kutu sendiri diserang kanankiri.
memang masih banyak hal2 insurance yg blm diwajibkan di negri ini....termasuk jg AsuransiPensiun, Asuransi Hipotik, dll
yg pada akhirnya itu diurusi sendiri2 oleh masing2 individu atau masing2 organisasi tempat bekerja.
seperti:
PNS,...organisasi induknya adalah pemerintah,...dan pemerintah bikin Taspen utk ngurusi hal itu.
TNI,...organisasi induknya adalah pemerintah...lalu dibikinlah Asabri
Pegawai PLN,....bikin sendiri yayasan dana pendiun PLN (?)
Astra,...mgkin bikin yayasan (atau perusahaan) asuransi pensiun sendiri jg......dll
mgkin, pemerintah blm mau mewajibkan itu, salah satunya jg berkaitan dg kemampuan daya beli masyarakat....
hal2 spt itu kemudian benar2 menjadi simalakama.
spt asuransi jiwa waktu bikin SIM itu.. atau Jasa Raharja buat seluruh pemakai jalan,...kl dibikin tanggungannya gede, ...
maka (preminya) akan jadi jauh lbh mahal... nah, org2 (yg bikin SIM, bayar ongkos transport, dll) bakalan pada teriak kan?
sedagkan kalau (asuransi2) itu dibikin optional,...itu jg bukanlah kebijakan yg mengarah ke sistem positif.
then,
coba, kalau ada bro'ss yg punya gambaran global: seharusnya tata-sistem-asuransi-nasional itu bagaimana...mohon dikemukakan.
idealnya, mirip spt AsTek (Jamsostek) dan Asuransi Jiwa pas bikin SIM itu ....
semestinya diwajibkan kaya' gitu...
mgkin di beberapa negara maju, sudah spt itu adanya..... (mohon info, bro'ss yg pada tinggal di LN maju)
ttg asuransi, maslaahnya, mgkin pemerintah "tidak berani" menyuluhkan (dan mewajibkan), krn itu akan menjadi bumerang.
kenapa begitu?..krn sistem besarnya (sistem yg berkaitan dg itu), tidak ditata secara komprehensif.
pdhal, sistem besarnya itu, seharusnya menjadi tggung jawab dr si managemen (regulator/pemerintah), ..
kalau dia menyuluhkan doang, tanpa memberesi hal2 yg menjadi tggung jawabnya itu, tentu saja pemerintah bakalan mati kutu sendiri diserang kanankiri.
memang masih banyak hal2 insurance yg blm diwajibkan di negri ini....termasuk jg AsuransiPensiun, Asuransi Hipotik, dll
yg pada akhirnya itu diurusi sendiri2 oleh masing2 individu atau masing2 organisasi tempat bekerja.
seperti:
PNS,...organisasi induknya adalah pemerintah,...dan pemerintah bikin Taspen utk ngurusi hal itu.
TNI,...organisasi induknya adalah pemerintah...lalu dibikinlah Asabri
Pegawai PLN,....bikin sendiri yayasan dana pendiun PLN (?)
Astra,...mgkin bikin yayasan (atau perusahaan) asuransi pensiun sendiri jg......dll
mgkin, pemerintah blm mau mewajibkan itu, salah satunya jg berkaitan dg kemampuan daya beli masyarakat....
hal2 spt itu kemudian benar2 menjadi simalakama.
spt asuransi jiwa waktu bikin SIM itu.. atau Jasa Raharja buat seluruh pemakai jalan,...kl dibikin tanggungannya gede, ...
maka (preminya) akan jadi jauh lbh mahal... nah, org2 (yg bikin SIM, bayar ongkos transport, dll) bakalan pada teriak kan?
sedagkan kalau (asuransi2) itu dibikin optional,...itu jg bukanlah kebijakan yg mengarah ke sistem positif.
then,
coba, kalau ada bro'ss yg punya gambaran global: seharusnya tata-sistem-asuransi-nasional itu bagaimana...mohon dikemukakan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
^ Bos, ini lagi membahas asuransi mana nih? jiwa, kesehatan, kendaraan, ??? .....atau ujung2 nya jadi "asuransi" jaminan sosial?
-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
Mo sharing dikit, hasil "crash test" Mitsubishi Lancer '82.
Obyek test menggunakan properti pribadi.

Waktu itu bokap lagi jalan di daerah Buncit. Pas lagi macet, "dicium" sama Metro Mini dari belakang, trus depan "cium" Espass.
Bagasi remuk, depan: bumper pecah, grill pecah. Engine bay nggak tersentuh sama sekali.
Mungkinkah boil2 lama lebih safe? Kali diliat-liat si di bawah mesin masih ada sasis. Kayaknya mobil ini sasisnya belum monokok. Sasisnya mirip2 Kijang Super gitu.
Obyek test menggunakan properti pribadi.


Waktu itu bokap lagi jalan di daerah Buncit. Pas lagi macet, "dicium" sama Metro Mini dari belakang, trus depan "cium" Espass.
Bagasi remuk, depan: bumper pecah, grill pecah. Engine bay nggak tersentuh sama sekali.
Mungkinkah boil2 lama lebih safe? Kali diliat-liat si di bawah mesin masih ada sasis. Kayaknya mobil ini sasisnya belum monokok. Sasisnya mirip2 Kijang Super gitu.
no signature
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
mobil lama lebih safe utk siapa nih.... kalo mobil makin tua sih makin sulit remuk bodynya klo "ciuman" ringan dgn obyek lain... krn tidak bisa "crumple" zones...
Tp mobil yg tidak punya bagian "crumple" juga bahaya buat sendiri sih kalo "ciuman(tabrakan) parah", bayangkan kalo mobil f1 tabrakan tapi tidak "crumple".
Memang mobil sedan lama itu masih pakai ladder, mirip juga dgn semua merk lain bro; kecuali yg FWD, udah pada monoc.
Tp mobil yg tidak punya bagian "crumple" juga bahaya buat sendiri sih kalo "ciuman(tabrakan) parah", bayangkan kalo mobil f1 tabrakan tapi tidak "crumple".
Memang mobil sedan lama itu masih pakai ladder, mirip juga dgn semua merk lain bro; kecuali yg FWD, udah pada monoc.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
Crumple zone bikin mobil kelihatan ringkih sekali. Positifnya, IMO, bagi yang pernah lihat hasil crumple zone akan lebih berhati2 karena secara psikologis merasa mobilnya gampang hancur.GTR wrote:mobil lama lebih safe utk siapa nih.... kalo mobil makin tua sih makin sulit remuk bodynya klo "ciuman" ringan dgn obyek lain... krn tidak bisa "crumple" zones...
Tp mobil yg tidak punya bagian "crumple" juga bahaya buat sendiri sih kalo "ciuman(tabrakan) parah", bayangkan kalo mobil f1 tabrakan tapi tidak "crumple".
Memang mobil sedan lama itu masih pakai ladder, mirip juga dgn semua merk lain bro; kecuali yg FWD, udah pada monoc.

Seperti ini contohnya:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
Kalau di LN yang negara maju tentunya...Asuransi kayaknya udah menjadi pos pengeluaran wajib.andy1800 wrote:asuransi jiwa, sebenarnya ini sudah "dipaksakan", bundled pd waktu bikin SIM....
idealnya, mirip spt AsTek (Jamsostek) dan Asuransi Jiwa pas bikin SIM itu ....
semestinya diwajibkan kaya' gitu...
mgkin di beberapa negara maju, sudah spt itu adanya..... (mohon info, bro'ss yg pada tinggal di LN maju)
.
bagi semua warga yang tinggal di sana,saya ambil contoh Korea Selatan,saya pernah tinggal di sana.
Pemerintah lewat instansi terkait bertindak ke badan badan non pemerintah sebagai penekan untuk memberikan fasilitas asuransi.
Contoh seorang karyawn di perusahaan swasta,di setiap gaji akhir bulan selalu di potong asuransi Kesehatan,dan pensiun. dan pemberi kerja atau pengusaha masih juga memberi fasilitas ke karyawan dengan membayar asuransi kecelakaan,asuransi pensiun, asuransi pesangon.
Untuk Mobil saat pegurusan surat surat mobil,mewajibkan untuk ikut asuransi kecelakaan dan asuransi kehilangan,pokoknya allrisk. Kalau misal mobil kita tekena crass test yang tidak di sengaja,tinggal masuk benkel yang di tunjuk dan kita masih dapet fasilitas mobil pinjaman untuk pengganti sementara mobil kita di perbaiki.jadi jangan heran di sana orang tidak pernah pusing mikir garansi mobil, mobil di taroh di mana aja yang penting ada tempat,bukan tidak ada maling di sana tapi karena asuransi mereka jadi pede.
Tapi menurut saya,nggak beda dengan negara kita,cuman yang jadi masalah kesadaran ,pengusaha kurang,dan kesadaran Pemerintah untuk menekan juga minim,dan yang lebih ketara,kecilnya pendapatan warga.Jadi biarpun punya mobil tapi karena pendpatanya pas pasan,memilih pasang kunci rahasia atau alrm anti maling dari pada asuransi.

-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
Lebih aman bagi orang2 di dalam mobil. Zaman baheula mana kepikiran safety bwt pedestrian?GTR wrote:mobil lama lebih safe utk siapa nih.... kalo mobil makin tua sih makin sulit remuk bodynya klo "ciuman" ringan dgn obyek lain... krn tidak bisa "crumple" zones...
Tp mobil yg tidak punya bagian "crumple" juga bahaya buat sendiri sih kalo "ciuman(tabrakan) parah", bayangkan kalo mobil f1 tabrakan tapi tidak "crumple".
Memang mobil sedan lama itu masih pakai ladder, mirip juga dgn semua merk lain bro; kecuali yg FWD, udah pada monoc.
no signature
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
mobil2 crumple kan kabinnya dibuat kokoh, body=crumple, kabin=kokoh.
kalo tanpa bagian crumple, saat tabrakan keras, akan kena srtuktur body sampai kemana2 (bisa ikut berubah ke bagian2 lain bisa sampai tengah/belakang) seperti contoh sedan china di depan ini kan; kalo crumple, cuma sebagian aja.
kalo tanpa bagian crumple, saat tabrakan keras, akan kena srtuktur body sampai kemana2 (bisa ikut berubah ke bagian2 lain bisa sampai tengah/belakang) seperti contoh sedan china di depan ini kan; kalo crumple, cuma sebagian aja.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Tue Feb 27, 2007 15:39
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
GTR wrote:mobil2 crumple kan kabinnya dibuat kokoh, body=crumple, kabin=kokoh.
kalo tanpa bagian crumple, saat tabrakan keras, akan kena srtuktur body sampai kemana2 (bisa ikut berubah ke bagian2 lain bisa sampai tengah/belakang) seperti contoh sedan china di depan ini kan; kalo crumple, cuma sebagian aja.
gw pernah liat tabrakan maut di middle east (Abu-dhabi UAE). antara Sedan Toyota Tercel Versus Nissan New Armada (SUV)...,hasilnya badan Toyota Tercel terbelah jadi 2 bagian, bagian mesin terpisah complete dari body cabin. 4 penumpang sedan tewas seketika...sementara New Armada hanya mengalami ringsek bagian sebelah kiri (setir kiri) dan pengemudinya cuma luka di jidat dan tangan,masih dalam posisi duduk menyetir tapi shock berat melihat 4 nyawa melayang di depan matanya....
dari sini gw ambil kesimpulan bahwa kendaraan SUV masih lebih aman dibanding sedan...(mungkin karena faktor dimensi dan berat kendaraan)
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
mm.. crumple zone bukannya buat ngebantu menyebarkan energi benturan ya? bersama dengan bar besi di depan blok mesin (biasanya bagian belakang bemper), jadi benturannya diserap oleh bar itu disebarkan ke bagian samping bukan tengah.. begitu juga dengan crumple zone didesain agar eksterior yang tertabrak terlepas ke samping bukannya ke arah kabin atau bodyparts yang lain.. bener nggak sih?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...