Tanya Altis VVTi atau ALtis non VVTI

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Tanya Altis VVTi atau ALtis non VVTI

Post by nescafe »

mas andy pinter banget siy.. :D hehehehe.. :mrgeen:

iya, kesalahan gw memang disitu.. agak blur dalam membedakan 2 jenis belt itu..

maap yah, namanya jg amatir.. hehehe.. :D

thk mas andy!
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Tanya Altis VVTi atau ALtis non VVTI

Post by paddock »

Cairan yang disemprotkan ke belt baik V Belt maupun timing belt bukan untuk melicinkan om justru memberi daya cengkram ke belt,.Coba semprotkan ke belt biarkan sejenak,.Pasti terasa agak2 lengket,.

Biasanya kan Vbelt klo dah mau abis masa pakai mulai licin,.karena telapaknya mulai abis,.Untuk sementara bisa disemprotkan,.

Tapi memang benar klo sekali pasang dan benar seharusnya VBelt ato timing belt bebas perawatan sampai umur pakai habis,.

terkadang di stel mungkin waktu pasang mekaniknya kurang kencang jadi ketika jalan aak lama suara berdecit karena kendor,.Dan saya pernah ngalami,.
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Tanya Altis VVTi atau ALtis non VVTI

Post by MitshuToyo »

andy1800 wrote:
Risol1 wrote:
nescafe wrote:sedangkan yg (hampir) selalu terlihat secara visual kalau kita buka kap mesin adalah: fan belt...
atau lbh tepatnya disebut: V-belt...disebut begitu, krn, u know why....ya, krn bentuk (setelah) terpasang nya....
dan tidak semua "fan" belt itu dipakai utk menggerakkan fan


jadi, spt yg Ris kemukakan itu... yg paling umum bikin suara (ribut) gak enak, adalah urusan fanbelt.
nah, kalau fanbelt ini, sbg perawatannya, ada cairan (silikon?) khusus, spt yg nescafe bilang itu... yg biasa disebut dg: belt dressing.
dan belt dressing ini bukan utk timing belt loh ya.
nah, kalau fan belt, memang ada yg bisa di-stel, yaitu kencang (atau kendur) nya (tensi nya)...krn tensioner nya (if any) berjenis: fixed (by hand), atau manual.

:mrgreen: ..... :angel:
Kalau timing belt itu tertutup rapi kan Bang ? & gak perlu obat semprot2 gitu deh kayaknya..

gak perlu di semprot udah bagus ketegangannya.. (jangan pijor lho.... :e-wall: )
Lagi nginjek rem..
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Tanya Altis VVTi atau ALtis non VVTI

Post by nescafe »

hehehe.. thnks pak mitshutoyo, ga ada pijor koq, udah ada pencerahan dr bang andy.. :D
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Tanya Altis VVTi atau ALtis non VVTI

Post by paddock »

Selama kualitas tensioner bagus ga perlu di cek,.Males and ribet buka2 gtuan,.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Tanya Altis VVTi atau ALtis non VVTI

Post by andy1800 »

memang ribet abies....
kalau bukan (berjiwa) mekanik, nggak mungkin buka kompartemen timing belt itu....

harus melepas dulu fan/kipas (mekanis), bahkan mgkin radiator hood... mgkin juga harus melepas radiator-hose lbh dulu.
lalu buka seluruh v-belt....utk ini harus mengendurkan baut2 mounting Alternator, AC, & power steering....
baru lah, ketemu baut2 dr cover (plastik) timing-belt itu.

kalau bukan krn penggantian berkala, atau krn ada (parts of the system-nya) yg rusak, buat apa repot2 begitu ...... :)
so, just FYI buat yg awam:
sekali lagi, jangan sekali2 menyemprotnya dg cairan (dressing) apapun, .....
nggak perlu berusaha meng-kesat-kannya (membuat bagus daya cengkeramnya)...krn timing belt itu bergerigi,
jd boleh dibilang: timing belt adlah rantai (chain), yg tdk terbuat dr logam, tp terbuat dr kesatuan serat2/benang2 polyester.
dan spt yg bro MToyo (secara pikjor) bilang: ketegangannya (pasti) selalu (otomatis) terjaga, krn adanya sistem penegang otomastis .
(maksdunya: tensioner...heueheheh).

silakan see on thread sebelah, utk sedikit gambaran ttg timing belt:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 09#p162809 <<< PHOTO Mobil SMer
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image