[HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Fri Jul 18, 2008 2:30
[HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
Ada yang pernah make mobil2 di atas?
Please masukan nya, secara keseluruhan mana yg paling worthed..?
Thanks!!
nb: pemakaian ringan, paling 2 hari / mg =)
Please masukan nya, secara keseluruhan mana yg paling worthed..?
Thanks!!
nb: pemakaian ringan, paling 2 hari / mg =)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
@dive2blue:
hi-cost vs low-cost (bukan cuma FC aja), tergantung sendiri sih...
hi-cost vs low-cost (bukan cuma FC aja), tergantung sendiri sih...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
maksudnya dipake buat kemana nih? tujuan beli mobil untuk apa?
"worth" diukur dari mana?
"worth" diukur dari mana?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
budget 60 jutaan ya mending honda city z atau corolla kl ga mau puyeng. beresin sktr 5 jutaan udah siap pake. irit dan gampang dirawat. kelistrikan jg relatif bagus.
406 koplingnya keras, mobil jg kelistrikannya ringkih. aneh peugeot dari dulu masalahnya itu2 aja, temperatur tinggi..dari dulu sampe sekarang masih aja jadi problem..cooling fan ditaronya di depan radiator...gimana ngga kacau
Audi lebih ga jelas lagi, FWD tapi mesin manjang (kaya renault 18TL). dijamin bakalan banyak PRnya. gearboxnya ga ada yang brani jamin overhaulnya, dan lagi mahal.
mau rada gaya coba cek2 w124 (boxer) yang matic, tapi cari bahan yang bagus jadi ga kebanyakan PR.
Cari dan bawa orang yang ngerti sebelum cari2 mobil second, salah2 nyari bahan dapetnya malah bahan celaan, bahan lelucon..hehe
406 koplingnya keras, mobil jg kelistrikannya ringkih. aneh peugeot dari dulu masalahnya itu2 aja, temperatur tinggi..dari dulu sampe sekarang masih aja jadi problem..cooling fan ditaronya di depan radiator...gimana ngga kacau

Audi lebih ga jelas lagi, FWD tapi mesin manjang (kaya renault 18TL). dijamin bakalan banyak PRnya. gearboxnya ga ada yang brani jamin overhaulnya, dan lagi mahal.
mau rada gaya coba cek2 w124 (boxer) yang matic, tapi cari bahan yang bagus jadi ga kebanyakan PR.
Cari dan bawa orang yang ngerti sebelum cari2 mobil second, salah2 nyari bahan dapetnya malah bahan celaan, bahan lelucon..hehe

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
he2 makanya grill & bumper nya dilebarin lubang2nya sampai kaya mulut terbuka lebar yah, biar adem juga kali ya... sampe segitunya..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
begitulah om...sampe 407 baru dibilang faux ferrari gara2 bumper depannya..bumper opening hampir sama lebar sama frontal area...lagian front overhangnya jg kelewatan, naik ramp dikit mentok2 dah. keseluruhan desainnya sih front heavy.
karena cooling fan nya tipe push di depan, jadi udara panas di ruang mesin tidak terbilas keluar...otomatis suhu diruang mesin naik tinggi...belum lagi exhaustnya di belakang (bawah kaca depan) sedang mobil FWD umumnya ditaro di depan (blakang radiator). sudah jelas elektronik + kabel + mesin kepanasan terus.
cooling fan tipe push kerjanya jg lebih keras dibanding yang pull..karena adanya di depan jadi menghambat airflow.
audi lagi, FWD tapi mesin memanjang, transaxle dibelakang, akhirnya jadi maju semua mesinnya (front overhang nambah)...lagi2 front heavy. b
pokoknya mendingan jangan dah..cari yang kira2 desainnya sederhana dan terbukti bagus aja.
kecuali kalau iseng, cari citroen pallas atau DS...buat hobi...hehe
karena cooling fan nya tipe push di depan, jadi udara panas di ruang mesin tidak terbilas keluar...otomatis suhu diruang mesin naik tinggi...belum lagi exhaustnya di belakang (bawah kaca depan) sedang mobil FWD umumnya ditaro di depan (blakang radiator). sudah jelas elektronik + kabel + mesin kepanasan terus.
cooling fan tipe push kerjanya jg lebih keras dibanding yang pull..karena adanya di depan jadi menghambat airflow.
audi lagi, FWD tapi mesin memanjang, transaxle dibelakang, akhirnya jadi maju semua mesinnya (front overhang nambah)...lagi2 front heavy. b
pokoknya mendingan jangan dah..cari yang kira2 desainnya sederhana dan terbukti bagus aja.
kecuali kalau iseng, cari citroen pallas atau DS...buat hobi...hehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
mobil2 jepang sekarang justru exhaustnya memang di bawah kaca depan, masuk di bawah dashboard dalam kabin malah...
ini lebih bagus buat Intake air temperature, drpd jalur udara masuk udah bekas tercemar panas exhaust di depan.
ruang mesin mobil2 jepang rata2 malah lebih sempit dari peugeot kali ya, spt jazz/city gitu tapi adem2 aja temp nya.
avanza juga yg panasnya spt "neraka"(katanya, blm pernah kesitu), juga adem2 aja deh.
ini lebih bagus buat Intake air temperature, drpd jalur udara masuk udah bekas tercemar panas exhaust di depan.
ruang mesin mobil2 jepang rata2 malah lebih sempit dari peugeot kali ya, spt jazz/city gitu tapi adem2 aja temp nya.
avanza juga yg panasnya spt "neraka"(katanya, blm pernah kesitu), juga adem2 aja deh.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
kalau soal jalur exhaust sih gua pikir lebih ke kemudahan packaging, efesiensi termis sih kurang lebih aja toh head jg crossflow dan radiasi panas kurang lebih sama karena jarak intake - exhaust sama aja. kl exhaust dibelakang lebih mudah packagingnya, belum lagi soal distribusi berat. paling peredam panas aja ditambahin.
soal panas ruang mesin ya karena itu...jepang kipasnya pull semua..jadi sekalian ngebilas ruang mesin...kalo peugeot tipe push...di depan radiator..
soal panas ruang mesin ya karena itu...jepang kipasnya pull semua..jadi sekalian ngebilas ruang mesin...kalo peugeot tipe push...di depan radiator..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
beda bro..
Intake air temperatur ini bener2 diperhatiin produsen, city dan yg facelift itu aja disempurnakan di bagian itu, termasuk juga dimajukan sedikit radiatornya ke depan memperbesar engine bay dan dibalik arah putaran fan nya agar meniup menjauhi box Air filter nya & hasilnya siginifikan loh.
contohnya artikel ini:
http://asia.vtec.net/Reviews/05CityMMC/index.html
Intake air temperatur ini bener2 diperhatiin produsen, city dan yg facelift itu aja disempurnakan di bagian itu, termasuk juga dimajukan sedikit radiatornya ke depan memperbesar engine bay dan dibalik arah putaran fan nya agar meniup menjauhi box Air filter nya & hasilnya siginifikan loh.
contohnya artikel ini:
http://asia.vtec.net/Reviews/05CityMMC/index.html
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Wed Jun 04, 2008 0:12
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
Berikut saya dapatkan website tentang car survey, smoga dapat menjadi bahan masukan.
http://www.carsurvey.org/review_88116.html
http://www.carsurvey.org/review_88116.html
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
iya juga sih cold air induction jadinye...suhu intake serendah mungkin suhu exhaust setinggi mungkin jadi efesiensi thermisnya maksimum (dari delta Temperature x massa jenis ).
mesin2 sekarang sih (apalagi honda) kan lean burn jadi panas banget..makanya rubahan dikit begitu sudah diiklanin gede2an sama pabrikan..soalnya tu mesin relatif udah ga bisa diapa2in lagi..marginnya rendah dalam artian mesin secara keseluruhan sudah beroperasi di 80-90% dari kapasitasnya..jadi sedikit peluang modifikasi buat naikin performa. ada rusak dikit/overheat ya jebol kemana mana.
kalau mobil jaman dulu kan marginnya gede,(terutama dari ketebalan dan jenis bahan) jadi diuprek2 bisa naek performanya..dan ngga jebol.
jaman sekarang ini ya mobil jadi appliance/komoditi aja, beli baru, pake, 5 taun buang...udah mau rusak semua soalnya...atau terlalu mahal/rumit untuk dirawat.
mesin2 sekarang sih (apalagi honda) kan lean burn jadi panas banget..makanya rubahan dikit begitu sudah diiklanin gede2an sama pabrikan..soalnya tu mesin relatif udah ga bisa diapa2in lagi..marginnya rendah dalam artian mesin secara keseluruhan sudah beroperasi di 80-90% dari kapasitasnya..jadi sedikit peluang modifikasi buat naikin performa. ada rusak dikit/overheat ya jebol kemana mana.
kalau mobil jaman dulu kan marginnya gede,(terutama dari ketebalan dan jenis bahan) jadi diuprek2 bisa naek performanya..dan ngga jebol.
jaman sekarang ini ya mobil jadi appliance/komoditi aja, beli baru, pake, 5 taun buang...udah mau rusak semua soalnya...atau terlalu mahal/rumit untuk dirawat.
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Fri Jul 18, 2008 2:30
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
City Z 60 jt an dpt ya boss? gw kira 70an lebih..(gw cari yg thn 2000 ke atas)iwang wrote:budget 60 jutaan ya mending honda city z atau corolla kl ga mau puyeng. beresin sktr 5 jutaan udah siap pake. irit dan gampang dirawat. kelistrikan jg relatif bagus.
406 koplingnya keras, mobil jg kelistrikannya ringkih. aneh peugeot dari dulu masalahnya itu2 aja, temperatur tinggi..dari dulu sampe sekarang masih aja jadi problem..cooling fan ditaronya di depan radiator...gimana ngga kacau![]()
Audi lebih ga jelas lagi, FWD tapi mesin manjang (kaya renault 18TL). dijamin bakalan banyak PRnya. gearboxnya ga ada yang brani jamin overhaulnya, dan lagi mahal.
mau rada gaya coba cek2 w124 (boxer) yang matic, tapi cari bahan yang bagus jadi ga kebanyakan PR.
Cari dan bawa orang yang ngerti sebelum cari2 mobil second, salah2 nyari bahan dapetnya malah bahan celaan, bahan lelucon..hehe
iya seh PUG 406 kabarnya begitu, tp kata orang juga kalo yg keluaran thn 2000 ke atas sudah O.K??
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
Subject: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
wah, nampaknya ini salah alamat bro...heheh
mgkin bro kira gw pernah pake 406.... oh, belum pernah.....gw pernah punyanya 505 GR '83
jadi nampaknya nggak tepat kalau utk tips & info ttg 406
tp sekedar IMO, bg yg nggak suka menyentuh mesin sendiri, gw sangat tidak menyarankan bro2 utk pakai Pug (atau mobil2 eropa lainnya).
sedangkan kalau saya, memang jg punya semacam asisten mekanik utk ngurus mobil...tp saya pun tetap sbg chief mekanik loh... hehehe.... jd kalau diperlukan, saya pun akan ngolong sendiri jg ke bawah mobil...
naah, maka buat yg macem gw gini, yg memang kesenangannya tu begitu, mobil apapun nggak terlalu masalah...terutama utk mobil kegemaran.
kalau utk mobil harian (meskipun kalau bro pakainya 2x perweek), gw tetap pakai jepang punya...apalagi utk mobil2 yg sudah berumur.
hehe..ini memang nampak seolah2 menakut2i...tp boleh deh kalau dibilang begitu adanya...
soalnya, bagi bro2 yg mengaku buta soal mesin, ini bisa menjadi urusan yg melelahkan....
kalau bagi yg bro2 kemudian kuat mental, baru lah gw tega merekomend utk silakan pakai Pug.
Pug, pro side
secara umum, memang kendaraan yg Engineered To Be Enjoyed.
-suspensinya menjadi legenda kenyamanan...
-stabilitas handling diakui byk orang.
-desain interior yg lapang
-build material bagus, baik interior, exterior, maupun kaki.... bahan logam2 yg dipakai memang bukan KW2...selama ini blm ada parts genuine dan aftermarket yg bikinan lokal atau cina atau TW...paling umum bikinan Italy punya.... ini konsekuensinya harganya sedikit lbh tinggi drpd parts KW....tp kalau dibanding parts genuine jepang, ya sama saja... bahkan Euro biasanya lbh satabil dibanding Yen (daka).
itu saja pro nya. lainnya contra...hehehe
jadi, contra side nya
masalah utama Pug di Indonesia adalh Mesinnya...selain hal itu, no problem.
engine Pug adalah sensitif, terutama utk Pug stlh th 2000an, sensitif terhadap kualitas bahan bakar.
nampaknya ada semacam sensor2 yg "melarang" engine nya utk minum bahan bakar di bawah standar.
sensitif yg lain adlh ttg setelan2nya.
yaitu misalnya: mapping utk pengapian, supply BBM,
terutama dlm hubunagnnya dg sistem kompensasi2 sbg bagian dr sistem penyempurna akselesari atau peng-ekonomis BBM, dan sistem kompensasi environment friendly/Euro-sekian.
overheat, adalah problem lumrah di Pug, spt telah dikemukakan beberapa bro2......
jadi diperlukan kreatifitas tersendiri utk menjinakkannya.
kira2 begitu bro...
bila berminat thd Pug,....salah satu spesialis dealer Pug bekas yg boleh dijadikan referensi adalah http://www.peugeot-refiauto.com
silakan dilihat2 disana.
kalau jakartapeugeotclub, dulu sekretariatnya di bilangan Tebet, rumah pak ketuanya...tp gw jg blm pernah kesana siih..
oiya, ini mohon ijin, gw publish di forum aja ya bro...biar kl ada yg berminat ngurus Pug, bisa sekalian ikut dengerin..
demikian ceramah panjang lebar.... hehehe
halo juga Mr dive2blue =)dive2blue wrote:Dear Mr. Andy1800 =)
Mo nanya2 nih soal PUG 406 (thn 2000 ke atas):
harga 2nd nya <70jt skrg dpt ga ya di Jkt?
berhubung gw 'buta' soal mesin, kira2 buat ngerawat PUG 406 1/2 mati ga
nih?
thx a lot...kalo punya tips atau info2 lain ttg PUG 406, dgn senang hati
mendengarkan =))
wah, nampaknya ini salah alamat bro...heheh
mgkin bro kira gw pernah pake 406.... oh, belum pernah.....gw pernah punyanya 505 GR '83
jadi nampaknya nggak tepat kalau utk tips & info ttg 406
tp sekedar IMO, bg yg nggak suka menyentuh mesin sendiri, gw sangat tidak menyarankan bro2 utk pakai Pug (atau mobil2 eropa lainnya).
sedangkan kalau saya, memang jg punya semacam asisten mekanik utk ngurus mobil...tp saya pun tetap sbg chief mekanik loh... hehehe.... jd kalau diperlukan, saya pun akan ngolong sendiri jg ke bawah mobil...
naah, maka buat yg macem gw gini, yg memang kesenangannya tu begitu, mobil apapun nggak terlalu masalah...terutama utk mobil kegemaran.
kalau utk mobil harian (meskipun kalau bro pakainya 2x perweek), gw tetap pakai jepang punya...apalagi utk mobil2 yg sudah berumur.
hehe..ini memang nampak seolah2 menakut2i...tp boleh deh kalau dibilang begitu adanya...
soalnya, bagi bro2 yg mengaku buta soal mesin, ini bisa menjadi urusan yg melelahkan....
kalau bagi yg bro2 kemudian kuat mental, baru lah gw tega merekomend utk silakan pakai Pug.
Pug, pro side
secara umum, memang kendaraan yg Engineered To Be Enjoyed.
-suspensinya menjadi legenda kenyamanan...
-stabilitas handling diakui byk orang.
-desain interior yg lapang
-build material bagus, baik interior, exterior, maupun kaki.... bahan logam2 yg dipakai memang bukan KW2...selama ini blm ada parts genuine dan aftermarket yg bikinan lokal atau cina atau TW...paling umum bikinan Italy punya.... ini konsekuensinya harganya sedikit lbh tinggi drpd parts KW....tp kalau dibanding parts genuine jepang, ya sama saja... bahkan Euro biasanya lbh satabil dibanding Yen (daka).
itu saja pro nya. lainnya contra...hehehe
jadi, contra side nya
masalah utama Pug di Indonesia adalh Mesinnya...selain hal itu, no problem.
engine Pug adalah sensitif, terutama utk Pug stlh th 2000an, sensitif terhadap kualitas bahan bakar.
nampaknya ada semacam sensor2 yg "melarang" engine nya utk minum bahan bakar di bawah standar.
sensitif yg lain adlh ttg setelan2nya.
yaitu misalnya: mapping utk pengapian, supply BBM,
terutama dlm hubunagnnya dg sistem kompensasi2 sbg bagian dr sistem penyempurna akselesari atau peng-ekonomis BBM, dan sistem kompensasi environment friendly/Euro-sekian.
overheat, adalah problem lumrah di Pug, spt telah dikemukakan beberapa bro2......
jadi diperlukan kreatifitas tersendiri utk menjinakkannya.
kira2 begitu bro...
bila berminat thd Pug,....salah satu spesialis dealer Pug bekas yg boleh dijadikan referensi adalah http://www.peugeot-refiauto.com
silakan dilihat2 disana.
kalau jakartapeugeotclub, dulu sekretariatnya di bilangan Tebet, rumah pak ketuanya...tp gw jg blm pernah kesana siih..
oiya, ini mohon ijin, gw publish di forum aja ya bro...biar kl ada yg berminat ngurus Pug, bisa sekalian ikut dengerin..
demikian ceramah panjang lebar.... hehehe
Last edited by andy1800 on Fri Jul 18, 2008 7:52, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
maintenance nya lebih mudah dan murah city sih..
rehab mesin & kaki ke awal, 5 jt an maybe udah beres.
rehab mesin & kaki ke awal, 5 jt an maybe udah beres.
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Fri Jul 18, 2008 2:30
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
Wahh thanks bgt bro, thats very helpfullandy1800 wrote:Subject: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
halo juga Mr dive2blue =)dive2blue wrote:Dear Mr. Andy1800 =)
Mo nanya2 nih soal PUG 406 (thn 2000 ke atas):
harga 2nd nya <70jt skrg dpt ga ya di Jkt?
berhubung gw 'buta' soal mesin, kira2 buat ngerawat PUG 406 1/2 mati ga
nih?
thx a lot...kalo punya tips atau info2 lain ttg PUG 406, dgn senang hati
mendengarkan =))
wah, nampaknya ini salah alamat bro...heheh
mgkin bro kira gw pernah pake 406.... oh, belum pernah.....gw pernah punyanya 505 GR '83
jadi nampaknya nggak tepat kalau utk tips & info ttg 406
tp sekedar IMO, bg yg nggak suka menyentuh mesin sendiri, gw sangat tidak menyarankan bro2 utk pakai Pug (atau mobil2 eropa lainnya).
sedangkan kalau saya, memang jg punya semacam asisten mekanik utk ngurus mobil...tp saya pun tetap sbg chief mekanik loh... hehehe.... jd kalau diperlukan, saya pun akan ngolong sendiri jg ke bawah mobil...
naah, maka buat yg macem gw gini, yg memang kesenangannya tu begitu, mobil apapun nggak terlalu masalah...terutama utk mobil kegemaran.
kalau utk mobil harian (meskipun kalau bro pakainya 2x perweek), gw tetap pakai jepang punya...apalagi utk mobil2 yg sudah berumur.
hehe..ini memang nampak seolah2 menakut2i...tp boleh deh kalau dibilang begitu adanya...
soalnya, bagi bro2 yg mengaku buta soal mesin, ini bisa menjadi urusan yg melelahkan....
kalau bagi yg bro2 kemudian kuat mental, baru lah gw tega merekomend utk silakan pakai Pug.
Pug, pro side
secara umum, memang kendaraan yg Engineered To Be Enjoyed.
-suspensinya menjadi legenda kenyamanan...
-stabilitas handling diakui byk orang.
-desain interior yg lapang
-build material bagus, baik interior, exterior, maupun kaki.... bahan logam2 yg dipakai memang bukan KW2...selama ini blm ada parts genuine dan aftermarket yg bikinan lokal atau cina atau TW...paling umum bikinan Italy punya.... ini konsekuensinya harganya sedikit lbh tinggi drpd parts KW....tp kalau dibanding parts genuine jepang, ya sama saja... bahkan Euro biasanya lbh satabil dibanding Yen (daka).
itu saja pro nya. lainnya contra...hehehe
jadi, contra side nya
masalah utama Pug di Indonesia adalh Mesinnya...selain hal itu, no problem.
engine Pug adalah sensitif, terutama utk Pug stlh th 2000an, sensitif terhadap kualitas bahan bakar.
nampaknya ada semacam sensor2 yg "melarang" engine nya utk minum bahan bakar di bawah standar.
sensitif yg lain adlh ttg setelan2nya.
yaitu misalnya: mapping utk pengapian, supply BBM,
terutama dlm hubunagnnya dg sistem kompensasi2 sbg bagian dr sistem penyempurna akselesari atau peng-ekonomis BBM, dan sistem kompensasi environment friendly/Euro-sekian.
overheat, adalah problem lumrah di Pug, spt telah dikemukakan beberapa bro2......
jadi diperlukan kreatifitas tersendiri utk menjinakkannya.
kira2 begitu bro...
bila berminat thd Pug,....salah satu spesialis dealer Pug bekas yg boleh dijadikan referensi adalah http://www.peugeot-refiauto.com
silakan dilihat2 disana.
kalau jakartapeugeotclub, dulu sekretariatnya di bilangan Tebet, rumah pak ketuanya...tp gw jg blm pernah kesana siih..
oiya, ini mohon ijin, gw publish di forum aja ya bro...biar kl ada yg berminat ngurus Pug, bisa sekalian ikut dengerin..
demikian ceramah panjang lebar.... hehehe

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
bang andy,
kalo bumper depannya pug dilepas, cukup menolong utk avoid overheat ga?

kalo bumper depannya pug dilepas, cukup menolong utk avoid overheat ga?


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
emangnya, bumpernya dilepas mau loe pakai buat hola hup ya bro ?
............
kekekekekkeke
............


kekekekekkeke
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
biar adem mesinnya dong bos.... 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
hehehe..iya
so,
nampaknya, proses desain Pug, belum mempertimbangkan pasar Asia secara serius.
terutama dlam hal overheat ini.
krn desainnya mengacu pada iklim eropa, maka, alih2 mesinnya dibikin "adem", tp malah dibikin supaya menghindari freezing...
misalnya:
-desain waterpump yg memompanya lambat
-ada yg water inlet ke radiatornya malah dari bawah... jd, utk air bergerak ke atas diperlukan dorongan waterpump, alih2 lbh mengandalkan gravitasi.
-mgkin benar jg spt yg dibilang bro iwang itu: arah kipasnya adlah push, bukan pull
-sistem thermostatnya, nampaknya jg malah bikin mesin cepat panas. itu sbnarnya bagus, tp masalahnya, kl sistem mendinginkannya lambat, ya berabe.
desain spt itu sbnarnya nggak sulit diatasi... cuma perlu dimodifikasi dikit....
tp nampaknya, astra peugeot gak punya sumber daya mencukupi utk hal itu.
jadi, terpaksa deh, masing2 user yg harus me-redesain cooling system nya....
dan sebaiknya, utk hal itu, jangan shortcut yg lbh didahulukan....spt: gedein atau bikin dobel kipas, bikin gede radiator, cabut thermostat, dsb
tapi much better bila dimulai dr titik awal yg mendasar....ini bisa dimulai dg mengacu kpd mobil jepang.
misalnya:
-cari waterpump jepang yg bisa dicangkokkan ke pug...
-lalu aliran air ke radiator dibikin sama dg mesin jepang...
-radiatornya cari yg kapasitas radiasinya didesain utk iklim asia.
-kipasnya cari jepang punya yg sistemnya pull....
-dst
so,
nampaknya, proses desain Pug, belum mempertimbangkan pasar Asia secara serius.
terutama dlam hal overheat ini.
krn desainnya mengacu pada iklim eropa, maka, alih2 mesinnya dibikin "adem", tp malah dibikin supaya menghindari freezing...
misalnya:
-desain waterpump yg memompanya lambat
-ada yg water inlet ke radiatornya malah dari bawah... jd, utk air bergerak ke atas diperlukan dorongan waterpump, alih2 lbh mengandalkan gravitasi.
-mgkin benar jg spt yg dibilang bro iwang itu: arah kipasnya adlah push, bukan pull
-sistem thermostatnya, nampaknya jg malah bikin mesin cepat panas. itu sbnarnya bagus, tp masalahnya, kl sistem mendinginkannya lambat, ya berabe.
desain spt itu sbnarnya nggak sulit diatasi... cuma perlu dimodifikasi dikit....
tp nampaknya, astra peugeot gak punya sumber daya mencukupi utk hal itu.
jadi, terpaksa deh, masing2 user yg harus me-redesain cooling system nya....
dan sebaiknya, utk hal itu, jangan shortcut yg lbh didahulukan....spt: gedein atau bikin dobel kipas, bikin gede radiator, cabut thermostat, dsb
tapi much better bila dimulai dr titik awal yg mendasar....ini bisa dimulai dg mengacu kpd mobil jepang.
misalnya:
-cari waterpump jepang yg bisa dicangkokkan ke pug...
-lalu aliran air ke radiator dibikin sama dg mesin jepang...
-radiatornya cari yg kapasitas radiasinya didesain utk iklim asia.
-kipasnya cari jepang punya yg sistemnya pull....
-dst
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
yah ganti aja mobilnya dgn yg jepun punya bro.....





-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
iya....bisa juga begitu...
ganti pake mobil Jepun....lalu suspensinya ganti semua, mengacu ke Pug
begitu kaan ? ....
.........

ganti pake mobil Jepun....lalu suspensinya ganti semua, mengacu ke Pug
begitu kaan ? ....

.........




-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 438
- Joined: Sat May 05, 2007 5:48
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
Jakarta Peugeot Refi Auto yang di kebon jeruk itu???
wah gw rada kapok kesana
kenapa????
pernah pengalaman pas lagi iseng liat2 koleksi mobil die
gw tanya, yg ini bagus ga? (sambil menunjuk 1 unit peugeot warna biru)
dia jawab kondisinya sangat baik
gw coba masuk tu mobil
ternyata.........
MIDnya error
pintunya ga bisa nutup
tuas lampu seinnya rusak
iiih ngeri
gw langsung .....................
Saran :
gimanapun juga namanya beli mobil second, harus bawa orang ahli yg bisa dipercaya. APALAGI KALO BELI MOBIL EROPA!!!!!
wah gw rada kapok kesana
kenapa????
pernah pengalaman pas lagi iseng liat2 koleksi mobil die
gw tanya, yg ini bagus ga? (sambil menunjuk 1 unit peugeot warna biru)
dia jawab kondisinya sangat baik
gw coba masuk tu mobil
ternyata.........
MIDnya error
pintunya ga bisa nutup
tuas lampu seinnya rusak
iiih ngeri
gw langsung .....................

Saran :
gimanapun juga namanya beli mobil second, harus bawa orang ahli yg bisa dipercaya. APALAGI KALO BELI MOBIL EROPA!!!!!
Last edited by lucky_strike_21 on Fri Jul 18, 2008 9:08, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
itu peugeot tahunnya berapa dulu dong...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 438
- Joined: Sat May 05, 2007 5:48
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
lupa gw, tapi sekitar 2002 - 2004GTR wrote:itu peugeot tahunnya berapa dulu dong...
kejadian taun 2007 awal pas gw kesananya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: [HELP!] A4'98 / PUG 406'00 or City Z??
nah..udah ada satu testimony negatif buat refi....
bagus itu, sbg inputan.
selain refi, mana lagi ya bro, yg spesialis jualan Pug ?
bagus itu, sbg inputan.
selain refi, mana lagi ya bro, yg spesialis jualan Pug ?