Perkeruh suasana ah...
Masih mending ngomongnya VTi, masih nyerempet2 dikit deh... Daripada disebutnya Vtech
http://www.vtech.com/
Kaboooorrrr
Ah... Tapi gak tega juga... Ikutan nimbrung deh.
Kehebatan VTi? Gak ada, itu istilah trim mobil Honda jaman dahulu. Ada VTi yang standar, VTi-S untuk kelas menengah, dan VTi-L untuk kelas premium... Seinget gw. Skema penamaan ini udah ditinggalkan Honda Indonesia, tapi masih diadopsi oleh negara2 lain seperti Malaysia dan Australia. Kenapa? Karena Honda Indonesia kadut. Civic di Australia, terutama di daerah almamater kampus gw (New South Wales), ada trim level VTi untuk yang biasa dan VTi-L untuk yang mahal. Bedanya di 6 disc CD-Changer, airbag, bangku belakang 60:40 dan pelek 15".
Sebenernya model2 Honda yang ada di Indonesia itu trim level yang teratas semuanya, jadi gak perlu dikasih istilah2 keren lagi. Civic lokal itu udah setara VTi-L dan EX di luar negeri, begitu juga dengan Accord. Untuk CR-V, banyak negara mengemis kepada Honda untuk dikasih 6MT (terutama Amerika), tapi gak digubris, sementara CR-V Indo/Asia dapet.
Nah, untuk mesin. Kayaknya udah pada tau semua lah soal mekanisme kerja mesin katup variabel, gw cuma mau tambahin aja. Terdapat dua sistem kerja mekanis katup variabel, yaitu "cam phasing" dan "cam changing". Untuk mesin VTEC, dia itu sistemnya cam changing, mesin dengan dua karakteristik yang berbeda, putaran mesin pelan untuk irit, putaran mesin edan untuk tenaga. VTEC sendiri sudah mengatur timing
DAN lama bukaan klep, sementara mesin katup variabel standar (VVT, VVT-i, dsb) belum mengatur lama bukaan klep. Toyota sendiri baru mengimplementasi lama bukaan klep pada mesin VVTL-i (Variable Valve Timing & Lift Intelligent).
Untuk mesin i-VTEC Honda mengadopsi sistem cam phasing karena sekarang ini mesin tidak lagi punya kepribadian ganda, namun lebih mengarah ke arah pembagian kurva tenaga yang rata. Sebelumnya, kurva tenaga mesin VTEC itu datar sampai mekanisme pengaturan klep aktif, dan terasa
"tendangan VTEC" yang hampir setara dengan tendangan maut satria baja hitam

Tapi gak semua orang suka dengan hal ini karena tenaga maksimal baru tercapai pada putaran mesin tinggi. Buat yang pernah make Civic Ferio terus diisi orang gendut 4 biji terus jalan didaerah puncak pasti bisa berbagi cerita yang seru dan mendebarkan... Terutama pas tanjakan.
Mekanisme cam changing i-VTEC akhirnya "menjinakkan" VTEC dengan meratakan tenaga di jenjang putaran mesin bawah hingga atas. Buat para "enthusiast"... Apa ya istilah bahasanya? Penjinakkan VTEC ini dihujat ampe sembelih domba muda dan ayam bekisar oleh para enthusiast, tapi apa mau dikata, toh yang beli mobil 80% tidak pernah memaksimalkan mobilnya setiap saat (data angka asal tembak aja, jangan percaya, gw aja gak percaya).
Alhasil, rata2 mesin VVT konvensional seperti VVT-i Toyota dan VVT Suzuki itu cam phasing, karena penggunaan mekanisme katup variabel cam changing itu mengganggu dalam penggunaan sehari2.
Akhir kata, tulisan ini IMHO dan AFAICR, jadi CMIIW, so TTYL, BFN.