Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008 - Part 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Thu Dec 27, 2007 7:38
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
gw saranin sih bro adhival segera TD a.s.a.p.
utk SX4, gw rasa cuma test MT ato AT nya aja, yg laen2nya ngga usah dipusingin.
asli, build quality SX4 bener2 top.
*gw emang pake neobal, cuma gw rasa sama aja, sama2 CKD toh hehe.
dan harusnya sih saat ini ud ngga usah parno sama transmisi MT nya SX4 yah.
gw ud coba SX4 copper MT CKD mid Juni lalu, transmisinya ud seenak neobal MT gw stlh dituning bengkel.
ud ngga perlu injek gas sampe RPM 1500-2000 lg, karena RPMnya ud ngga turun parah lg pas lepas kopling.
kalo new jazz, gw blom TD seh, cuma emang pas masuk ke cockpit tu mobil di plaza senayan, perasaan nyaman, sporty, & mewah lgs menyergap (ciehhh) hahaha..
gw pribadi malahan lbh suka posisi duduk new jazz dibanding SX4/neobal (note: jok supir dimentok-in ke paling blkg).
kata cewe gw seh leg room new jazz sama SX4 sama (posisi duduk sama2 di blkg jok supir). Makanya cewe gw tetep pro neobal (krn leg room blkgnya legaa) dan insist supaya gw ngga ganti mobil.
utk SX4, gw rasa cuma test MT ato AT nya aja, yg laen2nya ngga usah dipusingin.
asli, build quality SX4 bener2 top.
*gw emang pake neobal, cuma gw rasa sama aja, sama2 CKD toh hehe.
dan harusnya sih saat ini ud ngga usah parno sama transmisi MT nya SX4 yah.
gw ud coba SX4 copper MT CKD mid Juni lalu, transmisinya ud seenak neobal MT gw stlh dituning bengkel.
ud ngga perlu injek gas sampe RPM 1500-2000 lg, karena RPMnya ud ngga turun parah lg pas lepas kopling.
kalo new jazz, gw blom TD seh, cuma emang pas masuk ke cockpit tu mobil di plaza senayan, perasaan nyaman, sporty, & mewah lgs menyergap (ciehhh) hahaha..
gw pribadi malahan lbh suka posisi duduk new jazz dibanding SX4/neobal (note: jok supir dimentok-in ke paling blkg).
kata cewe gw seh leg room new jazz sama SX4 sama (posisi duduk sama2 di blkg jok supir). Makanya cewe gw tetep pro neobal (krn leg room blkgnya legaa) dan insist supaya gw ngga ganti mobil.

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Suzuki S Cross
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
Bro kalo lubang hawa itu baik m/t maupun a/t semua ada bro, cuman biasanya yang m/t ada sambungannya kayak selang kayak yang di gardan gitu, tapi semua ada lubang hawanya kok.aldy wrote:Tambah rame nih,,setiap mobil punya kelebihan dan kekurangan tinggal sesuaikan dengan selera dan budget.. Butuh mobil keren interior eksterior dan fitur paling lengkap(sekalian pamer paddle shift ke tetangga) di kelas compact hatchback serta tiap hari selalu need for speed(young bloody
) : ambil jazz.. Kalo pengen exterior mencolok (beda desain sama mobil yg lain) dan GC tinggi serta budget agak terbatas: ambil SX4.. Tapi kalo masalah banjir saya berani bertaruh jazz tidak ada masalah selama ketinggiannya masuk akal.. Oiya jangan lupa mobil M/T sama matic beda,,jangan dibandingkan! matic punya lubang hawa / udara dibagian atas transmisi buat dinginkan transmisi sedang M/T tidak.. Jadi kalo sama2 mobil manual melewati banjir yang tingginya masuk akal buat mobil itu sok2 aja atuh.. Apalagi jazz, Cz Hon city(M/T) saya aja lewat padahal tinggi banjirnya setengah ban kijang innova lebih..
![]()
Teleskopik adalah setir bisa dimaju mundurkan jadi lebih gampang dapet posisi ideal menyetir(ga semua mobil under 200juta punya fitur ini).. Ini juga salah satu kelebihan jazz dibanding SX4 yang cuma naik turun..
Saya cuman mau nambahin kan belum ada yang ngomong kalo selector untuk recirculated air dan fresh air punya jazz masih manual kayak mobil lama, sedangkan di sx4 maupun swift udah motorized lho, itu salah satu kelebihan sx4 yang jazz nggak punya, meskipun jazz steeringnya udah teleskopik

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
iya sama spt feature airbag, kalo pakai electric spt yg versi luar, mau harga berapa.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
Loh masak sih bro manual ada lubang hawa kayaknya enggak deh soalnya sering liat2 mobil offroad pada manual semua direndam sampai setengah body ok2 aja asal pake snorkel.. Dan transmisi ga ada yang pake snorkel.. matic pake lubang udara cz panas yg ditimbulkan lebih besar (ada gejala selip karena pakai sistem basah) selip ini yang bikin transmisi jadi panas.. Beda sama manual yang ga ada gejala selip..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
Wah bro kalo fitur motorized sirkulasi ac ga akan sangat berguna.. beda kalo teleskopik kan mempermudah driver cari posisi nyetir ideal.. No offense. Bayangkan kalo ada orang gemuk tinggi tangannya kan pendek.. naik SX4 kakinya bakal nekuk biar tangannya bisa megang setir cz setir ga bisa maju.. Lebih General (setiap orang bisa nyesuaikan) gitu posisi nyetir njezz..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 718
- Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
silahkan beli bro... ditunggu komplen pertamanya, huehehehe....
Apri-AIC212
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
kalo cuma mau liat komplain, silakan liat di milis member nya , disana banyak dan berjibun ga habis2 atuh, daripada disini...
mobil apa yah yang ngga ada...
mobil apa yah yang ngga ada...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 718
- Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
enakan di sini..
kan bisa dapat pencerahan dari para expert seperti bro GTR.....
kan bisa dapat pencerahan dari para expert seperti bro GTR.....
Apri-AIC212
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
komplain pertama kan udah berjibun tuh, upping price...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Thu Mar 13, 2008 12:27
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
^^
halo bro
pa kabar ?
long time no see
do u remember me ?
btw,
kemaren gue ke showroomnya Suzuki di Pulogadung,
setelah ngobrol2 dgn salesnya,
ditawarin test drive SX-4 matic,
IMHO SX-4 emang bagus sih,
Akselerasi biasa aja,
tapi....
- handling mantap,
- mesin halus & merdu,
- built quality oke,
- gear-change AT halus bgt,
- bantingan suspensi pas buat gue
- kabinnya cukup senyap
jadi pengen nih
to suzuki
anyway...
konon, mnrt kepala bengkel, transmisinya ud Electronically Controlled
trus iseng2 gue buka kap mesin,
ternyata ATF-nya msh menggunakan DEXRON III (tertera di dipstic ATF-nya),
halo bro

pa kabar ?
long time no see

do u remember me ?

btw,
kemaren gue ke showroomnya Suzuki di Pulogadung,
setelah ngobrol2 dgn salesnya,
ditawarin test drive SX-4 matic,
IMHO SX-4 emang bagus sih,
Akselerasi biasa aja,
tapi....
- handling mantap,
- mesin halus & merdu,
- built quality oke,
- gear-change AT halus bgt,
- bantingan suspensi pas buat gue
- kabinnya cukup senyap

jadi pengen nih


anyway...
konon, mnrt kepala bengkel, transmisinya ud Electronically Controlled
trus iseng2 gue buka kap mesin,
ternyata ATF-nya msh menggunakan DEXRON III (tertera di dipstic ATF-nya),

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
kebanyakan mobil memang dexron III, a/t modern require up to dexron III H
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Thu Mar 13, 2008 12:27
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
^^
no problem buat gue,
mau pake oli ATF jenis apa juga
keuntungannya,
DEXRON III murah & mudah didapat
klo gue sih vote for SX-4
Honda New Jazz ??
agak ragu sih, honda jazz cuma unggul di speed aja
faktor2 lain blm tau,
yg udah2,
Honda di Indonesia itu durability-nya agak kurang,
& spare-part agak mahal
berbeda bgt dgn Honda di US sono, yg konon,
one of the most reliable car
no problem buat gue,

mau pake oli ATF jenis apa juga

keuntungannya,
DEXRON III murah & mudah didapat

klo gue sih vote for SX-4
Honda New Jazz ??
agak ragu sih, honda jazz cuma unggul di speed aja
faktor2 lain blm tau,
yg udah2,
Honda di Indonesia itu durability-nya agak kurang,
& spare-part agak mahal
berbeda bgt dgn Honda di US sono, yg konon,
one of the most reliable car
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 718
- Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Suzuki S Cross
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
ATFnya udah T -IV tertulis di buku service manual, bukan owner's manual, tertulis mobil 3309 atau suzuki atf 3317lonelyguy wrote:^^
halo bro![]()
pa kabar ?
long time no see![]()
do u remember me ?![]()
btw,
kemaren gue ke showroomnya Suzuki di Pulogadung,
setelah ngobrol2 dgn salesnya,
ditawarin test drive SX-4 matic,
IMHO SX-4 emang bagus sih,
Akselerasi biasa aja,
tapi....
- handling mantap,
- mesin halus & merdu,
- built quality oke,
- gear-change AT halus bgt,
- bantingan suspensi pas buat gue
- kabinnya cukup senyap![]()
jadi pengen nih![]()
to suzuki
anyway...
konon, mnrt kepala bengkel, transmisinya ud Electronically Controlled
trus iseng2 gue buka kap mesin,
ternyata ATF-nya msh menggunakan DEXRON III (tertera di dipstic ATF-nya),
di website mobil 1 mobil 3309 adalah termasuk T-IV bukan dexron III
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Thu Mar 13, 2008 12:27
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
^^
T-IV kan toyota/lexus punya ?
kok aneh ya,
di bagian kepala dipstick ATF-nya yg berwarna merah itu,
tertulis "DEXRON III"
mana yg bener nih ?
dipstick ato buku service manual ?
T-IV kan toyota/lexus punya ?


kok aneh ya,
di bagian kepala dipstick ATF-nya yg berwarna merah itu,
tertulis "DEXRON III"
mana yg bener nih ?

dipstick ato buku service manual ?

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Suzuki S Cross
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
Toyota memang udah agak lama menggunakan ATF yang Type T-IV, sedangkan suzuki baru GV,Swift,SX4 dan SX4 sedan. Sebelumnya ATFnya semua dexron IIIlonelyguy wrote:^^
T-IV kan toyota/lexus punya ?![]()
![]()
kok aneh ya,
di bagian kepala dipstick ATF-nya yg berwarna merah itu,
tertulis "DEXRON III"
mana yg bener nih ?![]()
dipstick ato buku service manual ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
kalo T-IV sudah ada slip-lock, kalo ada tertera harus ini, harus diikuti or kurang optimal kerja a/t nya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
hah??cuma menang di speed?kalo cuma menang di speed mah Jazz ga bakal selaris itu..fitur2 macem ultra seat jelas sangat membantulonelyguy wrote:^^
no problem buat gue,![]()
mau pake oli ATF jenis apa juga![]()
keuntungannya,
DEXRON III murah & mudah didapat
klo gue sih vote for SX-4
Honda New Jazz ??
agak ragu sih, honda jazz cuma unggul di speed aja
faktor2 lain blm tau,
yg udah2,
Honda di Indonesia itu durability-nya agak kurang,
& spare-part agak mahal
berbeda bgt dgn Honda di US sono, yg konon,
one of the most reliable car
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Mon Jun 30, 2008 4:10
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
SaebaRyo wrote:gw saranin sih bro adhival segera TD a.s.a.p.
utk SX4, gw rasa cuma test MT ato AT nya aja, yg laen2nya ngga usah dipusingin.
asli, build quality SX4 bener2 top.
*gw emang pake neobal, cuma gw rasa sama aja, sama2 CKD toh hehe.
dan harusnya sih saat ini ud ngga usah parno sama transmisi MT nya SX4 yah.
gw ud coba SX4 copper MT CKD mid Juni lalu, transmisinya ud seenak neobal MT gw stlh dituning bengkel.
ud ngga perlu injek gas sampe RPM 1500-2000 lg, karena RPMnya ud ngga turun parah lg pas lepas kopling.
kalo new jazz, gw blom TD seh, cuma emang pas masuk ke cockpit tu mobil di plaza senayan, perasaan nyaman, sporty, & mewah lgs menyergap (ciehhh) hahaha..
gw pribadi malahan lbh suka posisi duduk new jazz dibanding SX4/neobal (note: jok supir dimentok-in ke paling blkg).
kata cewe gw seh leg room new jazz sama SX4 sama (posisi duduk sama2 di blkg jok supir). Makanya cewe gw tetep pro neobal (krn leg room blkgnya legaa) dan insist supaya gw ngga ganti mobil.
Minggu besok rencana mo TD jazz, rencananya yg tipe S A/T doank. Kalo TD X-over masih nunggu konfirmasi. Hari senin kemaren dijanjiin minggu depan ini, tp belom tau harinya. Baru hari minggu nanti sy akan telepon lagi. Gak enak hati juga kalo ampir tiap hari nanyain ini terus. Lagian juga emang baru ada waktu setelah sabtu besok ini. Padahal sih sy sudah bilang kalo sy gak keberatan nyamperin any suzuki dealer di ja-ta-de-bek yg bisa TD A/T & M/T sekaligus, tp salesnya tetap mo usahain utk sy gak jauh2 ke dealer suzuki yg lain. Baik sih begitu, tp efeknya jadi agak lama nih. Tp gpp, asal bisa tetap TD at last minggu depan ini. Well, let see lah gmana nanti....
Masih tetap pada pilihan X-over, walau belum 100% final, jd tetap berpeluang utk tipe2 yg lain walau kayanya kecil. Bukan cuma jazz, tp bisa juga neobal, dsb.
Sempet nanya sama salesnya soal "anehnya" transmis MT X-over, trus sy bilang bahwa sy dapet info dari forum2 spt ini kalo masalah ini sudah bisa "diatasi", tp katanya kalo mo tuning tunggu 1000 km / service pertama, kalo tuning dari awal ato sebelum pemakaian bisa kena biaya lagi, Bener begitu?? Tp soal biaya ini belum bisa dikonfirmasi.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
Oiya bro adhival saya ada saran kalo pengen ngetes agresifitas mesin n transmisi jangan lupa pake Mode S jangan D bahkan coba aja sekalian paddle shiftnya.. Pokoknya naik mobil honda jangan setengah2,, saya kalo nyetir ni mobil bejek aja baru kerasa bedanya sama mobil lain.. Tapi jalan lengang tentunya..he8
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 438
- Joined: Sat May 05, 2007 5:48
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
oli transmisi sx4 sangat murah, seliterya ga ampe 30rb
perpindahan giginya jg halus kek transmisi mobil lain yg punya embel2 "modern"
setau saya oli transmisi beberapa mobil jepang sudah pake yg bagus punya yg harga 150rb / liter kayak mobil2 eropa gitu..
bener2 harga yg ga masuk akal, oli kok harga 150rb/liter, emangnya ada campuran air liur dewa kali ye
lalu utk TD mbl Honda, emang harus di geber abis, soalnya emang karakter mesin honda yg boyo di bawah, kenceng di putaran atas. jadi tau bener kemampuannya seberapa.
perpindahan giginya jg halus kek transmisi mobil lain yg punya embel2 "modern"
setau saya oli transmisi beberapa mobil jepang sudah pake yg bagus punya yg harga 150rb / liter kayak mobil2 eropa gitu..
bener2 harga yg ga masuk akal, oli kok harga 150rb/liter, emangnya ada campuran air liur dewa kali ye
lalu utk TD mbl Honda, emang harus di geber abis, soalnya emang karakter mesin honda yg boyo di bawah, kenceng di putaran atas. jadi tau bener kemampuannya seberapa.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
gue punya udah 22rb lebih, masih aja belum beres itu problem di gigi satu. kayaknya sih emang perlu re program ECU, terlalu miskin kayaknya campuran BBM di rpm 600 kebawah. sejak kemaren gw masukin ke beress lagi, gw inepin sampe beres pokoknya. idle up nya juga kebalik tuh, kalo a/c on, rpm gak naik, malah turun dan setelah menyentuh 600rpm maka mesin bergetar... mekanik nya aja bingung.adhival wrote:
Sempet nanya sama salesnya soal "anehnya" transmis MT X-over, trus sy bilang bahwa sy dapet info dari forum2 spt ini kalo masalah ini sudah bisa "diatasi", tp katanya kalo mo tuning tunggu 1000 km / service pertama, kalo tuning dari awal ato sebelum pemakaian bisa kena biaya lagi, Bener begitu?? Tp soal biaya ini belum bisa dikonfirmasi.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 88
- Joined: Fri May 16, 2008 8:00
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
milis membernya dimana ya bro gtr?GTR wrote:kalo cuma mau liat komplain, silakan liat di milis member nya , disana banyak dan berjibun ga habis2 atuh, daripada disini...
mobil apa yah yang ngga ada...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 88
- Joined: Fri May 16, 2008 8:00
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
ada yg tau berat jazz 2008 ga?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Thu Mar 13, 2008 12:27
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
lonesnake wrote: Toyota memang udah agak lama menggunakan ATF yang Type T-IV, sedangkan suzuki baru GV,Swift,SX4 dan SX4 sedan. Sebelumnya ATFnya semua dexron III
lah...GTR wrote:kalo T-IV sudah ada slip-lock, kalo ada tertera harus ini, harus diikuti or kurang optimal kerja a/t nya
di dipstick ATF-nya SX-4 & Neo-Bal, jelas2 tertera (DEXRON III)
coba buka kap mesinnya, trus liat deh "tulisan" dibagian dipstick ATF-nya
tau dipstick kan ?

contoh lain:
@lonesnake & GTRlucky_strike_21 wrote:oli transmisi sx4 sangat murah, seliterya ga ampe 30rb
perpindahan giginya jg halus kek transmisi mobil lain yg punya embel2 "modern"
setau saya oli transmisi beberapa mobil jepang sudah pake yg bagus punya yg harga 150rb / liter kayak mobil2 eropa gitu..
bener2 harga yg ga masuk akal, oli kok harga 150rb/liter, emangnya ada campuran air liur dewa kali ye
lalu utk TD mbl Honda, emang harus di geber abis, soalnya emang karakter mesin honda yg boyo di bawah, kenceng di putaran atas. jadi tau bener kemampuannya seberapa.
tuh kan bener,
DEXRON III itu harganya kurang lebih 30rb

klo T-IV mana ada yg harga segitu
