KAKI-KAKI SEDAN

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

KAKI-KAKI SEDAN

Post by MitshuToyo »

Salam,

REKANS2 mau tanya nih, kalau subyek ini udah ada silahkan di gusur aja gpp.

Mau tanya tentang istilah kaki2. sebenarnya definisi ´kaki-kaki´itu terdiri dr part apa saja untuk sedan ? apa hanya sekedar shock breaker & karet2? karet2 apa aja yang termasuk ? banyak sekali kita temukan iklan mobil, bilang kalau kaki2 masih bagus, atau kaki2 harus di ganti2, atau sering banget nemuin pendapat di forum ini kaki2 honda lebih rawan dari toyota.
buat pencerahannya.. biar kalau bawa mobil ke bengkel gak ketipu atau gak bodoh2 amat.. mungkin bagi para master disini bisa bantu dengan fotto atau gambar ttg jenisnya. juga gimana cara mengecek apakah kaki2 masih bagus apa udah loyo.

many thanks
Lagi nginjek rem..
User avatar
swift
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 989
Joined: Sat Jan 13, 2007 12:46
Location: lumpia city

Re: KAKI-KAKI SEDAN

Post by swift »

kaki-kaki mah banyak macemnya bos,mungkin yang dimaksud segala komponen yang ada dibagian penggerak roda kali ya.
shocbreacker n karet(bushing ya kalo ga slah..) itu juga termasuk kaki-kaki,biasanya masalah terjadi apabila shock udah mati or bocor.kalo karet mah sama saja,udah keras or mati,jadinya mengganggu performa.
selain diatas,kayana yang masuk kaki-kaki adalah tie rod n ball joint,nah komponen ini juga vital funsinya.
biasanya kalo ada masalah pada kaki-kaki,akan timbul bunyi berisik or berdecit dari bagian kolong mobil kalo pas lagi dipake,n masalah handling,pastinya akan berkurang kenyamanannya.
kalo honda vs toyota pada kaki-kaki,memang sih kebanyakan orang bilang kaki-kaki honda lebih rawan ,mungkin karena konstruksinya yang beda.
kalo masalah pada kaki-kai sih timbul karena:
1.penggunaan Velg yang bukan ukuran aslinya alias gede,apalagi kalo sampe +3 dari ukuran asli
2.jalan yang dilalui banyak keritingnya...alias berlobang or rusak.
3.ya faktor umur dari kendaraan itu sendiri,namnya juga moving part
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: KAKI-KAKI SEDAN

Post by andy1800 »

ok,... gw coba ikut bikin list, apa saja komponen kaki-kaki sedan itu.
ini bahasa nya campur aduk ya... ada yg teknis ada yg praktis.

utk kaki bagian depan...dlm konteks kaki2 sedan, bagian depan ini adalh yg relevan:
  • - arm, ada front & rear (bs 1 assembly)...kdg ada lower & upper.. arm ini utk pergerakan naik-turun.. ada jg stabil-arm: utk minimize gejala antiroll.
    - balljoint, ada lower ada upper....ini utk pergerakan tengok kanan-tengok kiri....oh, kl sedan, uppernya ada gak ya?..lupa :e-doh: :mrgreen:
    - tie rod: tie-rod (doang) utk yg dkt ke roda, & long tie-rod (track rod balljoint) utk yg lbh ke tengah..ini sbnarnya bagian dr sistem steering.
    - coil spring
    - shock absorber atau shockbreaker (cartridge)
    - damper utk shockbreaker.... piringan besi berbalut karet, sbg interface shockbreaker dg mounting (dudukan) nya.
    - hub: as roda atau assembly poros (stator) roda...& roda nya: rotor, tempat dipasangi piringan rem dan velg.
    - bearing atau lakher, utk kaki depan: ada bagian dalam, ada luar. berbentuk eccentric.. terpisah antara kom (stator) dan rotornya.
    - utk mobil Front Wheel Drive, bisa juga termasuk: driveshaft ... adalah batang yg meneruskan tenaga mesin ke roda (depan).
kalau kaki2 belakang, biasanya tidak terlalu dipermasalahkan...krn sistemnya lbh sedrhana, melibatkan lbh sdikit parts
  • - ada swing arm, coil spring, & shock absorber.
    - bearing atau lakher, utk kaki blkang: biasanya cuma satu, berbentuk biasa, udah jadi satu assembly... lalu jg ada "laher/kom" penguncinya.
    - driveshaft: dari differential gear (gardan) ke roda.
sedangkan common parts, ada di depan maupun belakang:
  • - bushing2, yaitu silinder besi berbalut karet, utk poros2 bagian yg bergerak sedikit
    - karet-karet... berfungsi hampir sama spt bushing, tp nggak perlu sekuat bushing
sementara itu dulu,..... pesan standar: silakan yg nambah & koreksi.
nah, dari situ dapat dibayangkan, mana saja komponen yg kuat dan mana yg termasuk lemah (bisa termasuk fast moving).
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: KAKI-KAKI SEDAN

Post by MitshuToyo »

andy1800 wrote:ok,... gw coba ikut bikin list, apa saja komponen kaki-kaki sedan itu.
ini bahasa nya campur aduk ya... ada yg teknis ada yg praktis.

utk kaki bagian depan...dlm konteks kaki2 sedan, bagian depan ini adalh yg relevan:
  • - arm, ada front & rear (bs 1 assembly)...kdg ada lower & upper.. arm ini utk pergerakan naik-turun.. ada jg stabil-arm: utk minimize gejala antiroll.
    - balljoint, ada lower ada upper....ini utk pergerakan tengok kanan-tengok kiri....oh, kl sedan, uppernya ada gak ya?..lupa :e-doh: :mrgreen:

    sementara itu dulu,..... pesan standar: silakan yg nambah & koreksi.
    nah, dari situ dapat dibayangkan, mana saja komponen yg kuat dan mana yg termasuk lemah (bisa termasuk fast moving).
Kemarin bongkar2.. nemu alamat ini : nurutku bagus banget isinya, disertai gambar : http://www.carbibles.com/suspension_bible.html
Lagi nginjek rem..
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: KAKI-KAKI SEDAN

Post by andy1800 »

yup.... begitulah..... artikel itu cocok untuk yg ingin mempelajari konsep2 suspensi.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image