Tips Sound Pressure Level
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Mon May 26, 2008 11:44
- Location: Indonesia
Re: Tips Sound Pressure Level
Mungkin bro berpikir mesin yg saya maksud itu benar2x mesin, sorry kalo mungkin waktu itu bahasa saya kurang jelas, maksud saya mesin berikut komponen yang terkait
Masalah perubahan Alternator sudah saya konfirmasikan ke bengkel resmi Toyota, sampe tukang dinamo
Beberapa hal yang mereka kemukakan:
- Menambah Amper Alternator, aman untuk mobil keluaran lama. Tapi untuk jenis mesin EFI riskan, mobil yang kelistrikannya telah memakai sistem komputer resikonya bisa fatal kalo salah perhitungan.
- Menambah jumlah Alternator, untuk alternator dengan ampere besar biasanya ukuran alternatornya pun besar, berhubung kabin mesin mobilku kecil hal itu nyaris tidak mungkin dilakukan walau menggunakan Alternator mobil-mobil Eropa yg ukurannya kecil tetapi memiliki kemampuan besar
Menambah regulator itu adalah solusi, tp ngeri juga bro bisa2x pas di gas tinggi voltase outnya melebihi 16 volt... bisa game over deh
Masalah perubahan Alternator sudah saya konfirmasikan ke bengkel resmi Toyota, sampe tukang dinamo
Beberapa hal yang mereka kemukakan:
- Menambah Amper Alternator, aman untuk mobil keluaran lama. Tapi untuk jenis mesin EFI riskan, mobil yang kelistrikannya telah memakai sistem komputer resikonya bisa fatal kalo salah perhitungan.
- Menambah jumlah Alternator, untuk alternator dengan ampere besar biasanya ukuran alternatornya pun besar, berhubung kabin mesin mobilku kecil hal itu nyaris tidak mungkin dilakukan walau menggunakan Alternator mobil-mobil Eropa yg ukurannya kecil tetapi memiliki kemampuan besar
Menambah regulator itu adalah solusi, tp ngeri juga bro bisa2x pas di gas tinggi voltase outnya melebihi 16 volt... bisa game over deh
~Black Corner~
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Tips Sound Pressure Level
dalam hal ini, pasang alternator sebagai sistem kelistrikan yg tersendiri. tidak ada hubungan dg dari kelistrikan yg existing.rein wrote:Menambah Amper Alternator, aman untuk mobil keluaran lama. Tapi untuk jenis mesin EFI riskan, mobil yang kelistrikannya telah memakai sistem komputer resikonya bisa fatal kalo salah perhitungan.
coba bayangkan ini spt pasang genset di mobil, utk nyalain 1 lampu saja.. pake kabel tersendiri.
oh tidak apa2.... oleh seorang ahli elektronik, tegangan 50 volt naik turun pun bisa di-regulate menjadi 3.7 volt stabilrein wrote:Menambah regulator itu adalah solusi, tp ngeri juga bro bisa2x pas di gas tinggi voltase outnya melebihi 16 volt... bisa game over deh
utk hal-ihwal regulate ini, bro rein baiknya datang ke expert elektro loh ya, bukan tkg dinamo atau expert otomotif.
nah, kalau ini, memang hal yg paling perlu putar otak ...bukan cuma bro rein, saya pun bisa menyerah, sesekali...hehehehrein wrote:....berhubung kabin mesin mobilku kecil hal itu nyaris tidak mungkin dilakukan walau menggunakan Alternator mobil-mobil Eropa yg ukurannya kecil tetapi memiliki kemampuan besar
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Mon May 26, 2008 11:44
- Location: Indonesia
Re: Tips Sound Pressure Level
Td siang saya udah menanyakan hal ini kepada expertnya Otomotive Electro.
Setelah melalui pembicaraan panjang, inti dari pembicaraan disarankan jangan, terutama apabila hal itu sifatnya permanent, disamping kabin mesin yang tidak memadai, biayanya besar, resikonya pun besar, toh juga untuk pemakaian lama secara maksimal untuk pemakaian arus lebih dari 15.000 watt, alternator 100amp-pun tidak akan bisa men-suply kebutuhannya. Dan dalam pemakaian hari-harinya gak mungkin juga audio dipakai secara maksimal (kurang efisien).
Apabila hanya untuk kebutuhan temporary, misalnya kontest yang memakan waktu hanya sekitar 30 detik dia menyarankan lebih baik gandeng 5 aki 120amp++ sekaligus dengan kondisi fully charged itu sudah dipastikan bisa... walau hanya untuk hitungan menit atau malah mungkin detik.
Mengenai penaikan voltase, memang bisa... tetapi iapun tidak yakin bisa bekerja maksimal seperti yang diharapkan mengingat pemakaian arus yang sangat besar.
Btw thnks bro...
Setelah melalui pembicaraan panjang, inti dari pembicaraan disarankan jangan, terutama apabila hal itu sifatnya permanent, disamping kabin mesin yang tidak memadai, biayanya besar, resikonya pun besar, toh juga untuk pemakaian lama secara maksimal untuk pemakaian arus lebih dari 15.000 watt, alternator 100amp-pun tidak akan bisa men-suply kebutuhannya. Dan dalam pemakaian hari-harinya gak mungkin juga audio dipakai secara maksimal (kurang efisien).
Apabila hanya untuk kebutuhan temporary, misalnya kontest yang memakan waktu hanya sekitar 30 detik dia menyarankan lebih baik gandeng 5 aki 120amp++ sekaligus dengan kondisi fully charged itu sudah dipastikan bisa... walau hanya untuk hitungan menit atau malah mungkin detik.
Mengenai penaikan voltase, memang bisa... tetapi iapun tidak yakin bisa bekerja maksimal seperti yang diharapkan mengingat pemakaian arus yang sangat besar.
Btw thnks bro...
~Black Corner~
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Tips Sound Pressure Level
lha iya lah bro... belum pernah kejadian mobil pake lebih dari 1 altenator...
capasitor kabarnya gimana, rein?
capasitor kabarnya gimana, rein?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Mon May 26, 2008 11:44
- Location: Indonesia
Re: Tips Sound Pressure Level
Masih dalam perjalanan bro, mungkin hari ini sampe, setelah dicoba baru dikasih ulasannyapoeticmind wrote:capasitor kabarnya gimana, rein?
~Black Corner~
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Tips Sound Pressure Level
oke, sekalian sama ulasan instalasi nya, ya bro... karena agak jarang yg pasang, jadi bisa share bareng dan masukan buat aku nih... thanks rein.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Mon May 26, 2008 11:44
- Location: Indonesia
Re: Tips Sound Pressure Level
High Performance Capacitor
Kapasitas: 68.000 uF
Voltage: 25V
Temp Range: -35C - 86 C
Tadi udah dicoba ke mobil temen, namun karena untuk pemakaian kecil belum berasa, untuk pengujian beratnya baru bisa dilakukan setelah tgl 17an, berhubung montirnya masih mudik .
Spesifikasi:Kapasitas: 68.000 uF
Voltage: 25V
Temp Range: -35C - 86 C
Tadi udah dicoba ke mobil temen, namun karena untuk pemakaian kecil belum berasa, untuk pengujian beratnya baru bisa dilakukan setelah tgl 17an, berhubung montirnya masih mudik .
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
~Black Corner~
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Tips Sound Pressure Level
persis bro!... itu yg gw maksud: utk kontest, gabung saja battery banyak2...rein wrote:Apabila hanya untuk kebutuhan temporary, misalnya kontest yang memakan waktu hanya sekitar 30 detik dia menyarankan lebih baik gandeng 5 aki 120amp++ sekaligus dengan kondisi fully charged itu sudah dipastikan bisa... walau hanya untuk hitungan menit atau malah mungkin detik.
makanya saya sempet agak heran ketika bro rein bilang paralel dg accu depan...
gw pikir, "maasa' kalau utk contest, bro rein paralelkan accu dg accu depan ?.... mana mungkiiiin....hehehe."
"oh, kalau pake accu yg paralel dg depan ini, mgkin yg dimaksud adalah yg utk pemakaian sehari2, bukan yg contest"...gitu gw mikirnya....
naah, lalu dalam kerangka (pemakaian sehari2) itulah gw ingin bertanya, lontarkan issue, dan membicarakannya...
then,....
maksud gw, utk mereka yg udah terbiasa dg "ratusan" deciBell, tentu saja kebutuhan sehari2nya berbeda dg telinga org pd umumnya.
okay, mari kita mulai dg perkiraan2 dan perhitungan2:
**sebelumnya, please dipahami bahwa hitungan2 yg akan kita lakukan berikut ini disini, bukan dg maksud show-off ya bro...
**tp bermaksud share (google-knowledge) for this our lovely SM, spy yg sangat awam pun bisa mulai paham...
bagi seorang SPL-er, utk keperluan sehari2 saja (plus sdikit show off harian), akan
diperlukan utk "buka power", sebesar katakan 8 s/d 10 % (saja) dari max power.
dlm hal 7000 watt RMS ini, maka 8% nya = kira2 560 watt RMS output power.
krn pake dua biji monoblok, berarti 1120 W
pada umumnya, power amplifier utk SPL (atau audio mobil pd umumnya), dirancang dan dibikin dg konfigurasi Class-D
yg mana, mempunyai efisiensi plg tinggi... means: mampu memproduksi output power yg besar dengan konsumsi power yg "cuma" sedikit saja.
typical, Class D power-amp akan memerlukan daya input sebesar 1/3 dr daya outputnya
**note:
**ini berbeda dg Amplifier Class-A yg "paling nggak efisien", krn power consumptionnya bisa mencapai 3.5x output powernya...
**apalagi amplifier tabung-nya para audiophile, yg bisa "nyedot" power sebesar 9x dari power outputnya.....
lanjut,
dalam hal ini 1120 W berarti memerlukan daya accu sebesar kira-kira 375 W
dan dengan voltase 12 V, maka arus yg ditariknya adalah sebesar 375 W dibagi 12 V = 31 A
plus sedikit kebutuhan daya buat perangkat lain2 kira2 jadi kebutuhan arus rata2 35 A laah..
battery, dg kapasitas 60 AH (ampere hour)... berarti battery tsb mampu mensupply listrik sebesar 60 A secara terus menerus dlm waktu 1 jam.
atau, 30 A secara terus menerus dlm waktu 2 jam.
jadi disini, kita misalkan kita pasang satu unit battery-bank, secara tersendiri dg kapasitas sebesar 60 AH.
nah, utk mensupply & recharge itu, perlu alternator tersendiri pula....berapa kapasitasnya?
okay, hitungan sederhanya, alternator yg diperlukan = harus bisa mencukupi seluruh kebutuhan daya audio, plus 1/2 dari kapasitas battery-bank.
dalam hal ini, alternator yg diperlukan = 35 A + 1/2-nya 60 AH = 65 A
*note: kalau utk kebutuhan non-audio (yaitu kelistrikan standard mobil, biasanya diperlukan alternator 40% saja dari kapasitas max beban)
*misalnya, utk mobil standar dg batt 60AH: headlamps 15A, aircon 25A, lain 10A = total 50A, maka alternator = (1/2-nya 60AH) + (40% x 50A) = 50A
*note: ada juga yg berpendapat, utk praktek realnya, nilai itu harus dikalikan 120% lagi (menjadi 120% x 65A = 78A)
nah,...kalau buat seorang SPL-er, utk audionya saja sehari2 diperlukan alternator sebesar 65A, maka
itu kan perlu nambah unit alternator... yg gw pikir, itu lbh "simple" drpd ngegedein alternator existing, dari 50A, menjadi 115A.
belum lagi kalau battery-bank yg dipasang lbh gede, misalnya 100 - 120 AH.
nha sulit abies kaan, mencari alternator kapasitas segede itu utk replace dinamo-jalan yg bawaan mobil......
selain itu, dg power supply terpisah khusus utk audio ini, advantagenya adalah tdk menggangu kelistrikan mobil, dst dst dst as i said sblmnya.
getu kali....? .... heuheheheh
maka dari itu puuut..... kan memang blm pernah ada.... naaah, siapa tau rein ini ingin eksperimen dg hal ini...poeticmind wrote:lha iya lah bro... belum pernah kejadian mobil pake lebih dari 1 altenator...
jadi,...ntar kita2 kan bisa menimba review darinya...... heuheheh
nha elu yg dulunya pengen bikin double-alternator, trus maksa2in ke gue spy bikin....
nha gue kan enggak mampu... naaah, nampaknya skrg ada rein yg bisa nerusin ide elu yg mandek di gue itu...
apalagi rein adlh seorang yg cermat.... volatage yg 14.9 volt dia perhatiin... nha kalo kita2, mana kepikiraaan.... hehuhhe...
anyway, thanks rein, udah nyempetin ngobrol panjang lebar dg konsultan electro otomotif-nya.
jadi bikin gw bisa ikut nimba ilmu darinya, lewat rein.... (senengnyaaa gw)
then, pengobrolan selipan ttg power supply ini, selesai sudah....
silakeun lanjut dg akustik things......
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Tips Sound Pressure Level
@rein : capasitor nya ga akan kerasa kalo dicoba standar aja, malah seperti ga ada efek apapun. setelah full installation baru kerasa, karena rein maen di spl, db midbass nya semakin penuh.
coba play demo yg ada vocalnya, pasti beda... yg jelas, overall suara lebih bersih.
coba play demo yg ada vocalnya, pasti beda... yg jelas, overall suara lebih bersih.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Mon May 26, 2008 11:44
- Location: Indonesia
Re: Tips Sound Pressure Level
Kirain spt iklan aki gitu loh bro, colok langsung start hahaha.poeticmind wrote:@rein : capasitor nya ga akan kerasa kalo dicoba standar aja, malah seperti ga ada efek apapun. setelah full installation baru kerasa, karena rein maen di spl, db midbass nya semakin penuh.
coba play demo yg ada vocalnya, pasti beda... yg jelas, overall suara lebih bersih.
Buat bro Poeticmind & Andy, thnks banget atas diskusinya... kita membahas sesuatu yg justru orang jarang memikirkannya dimana patokan kebanyakan orang *alat bagus hasil pasti bagus* (padahal lom tentu)...
BTW: ada yg jual SPL Meter gak?
~Black Corner~
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Tips Sound Pressure Level
SPL meter? db frekuensi meter? ada rein... tapi saya ga nyimpen contact person/toko nya. butuh?rein wrote:Kirain spt iklan aki gitu loh bro, colok langsung start hahaha.poeticmind wrote:@rein : capasitor nya ga akan kerasa kalo dicoba standar aja, malah seperti ga ada efek apapun. setelah full installation baru kerasa, karena rein maen di spl, db midbass nya semakin penuh.
coba play demo yg ada vocalnya, pasti beda... yg jelas, overall suara lebih bersih.
Buat bro Poeticmind & Andy, thnks banget atas diskusinya... kita membahas sesuatu yg justru orang jarang memikirkannya dimana patokan kebanyakan orang *alat bagus hasil pasti bagus* (padahal lom tentu)...
BTW: ada yg jual SPL Meter gak?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Mon May 26, 2008 11:44
- Location: Indonesia
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Tips Sound Pressure Level
okay rein... i let you know. tapi sabar ya...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Tips Sound Pressure Level
persis bro!.... that's why gw senang ngajak ngobrol you all.rein wrote:... kita membahas sesuatu yg justru orang jarang memikirkannya dimana patokan kebanyakan orang *alat bagus hasil pasti bagus* (padahal lom tentu)...
tepatnya...menyoal: apakah *alat mahal pasti bagus* ...... heheeh
wah racun si putic bisa makin mewabah nih: *custom is fun*.....
BTW, waktu dpt nomor 3 itu dpt brp dB bro ?
Sound Level Meter yg kadang gw lihat, adlh yg di toko alat ukur umum, bukan khusus audio...
entah yg spt itu bisa memenuhi standar kualitas rein atau nggak...tp kalau utk sekedar patokan2 pd waktu setting sih, gw pikir cukup.
SOUND LEVEL METER KM-AR-824 & SOUND LEVEL METER KM-AR_814
salah satunya di:
contact name: Jonny Sinaga... PT. Mitra Envitech.... Telp 0251-753 8483
e-mail: [email protected] ..... http://www.karya-mitra.com
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Mon May 26, 2008 11:44
- Location: Indonesia
Re: Tips Sound Pressure Level
Jauh dari standart bro, namanya juga waktu itu sebenarnya bukan persiapan utk kesana, hy sekedar hobby, persiapannya justru setelah event untuk event berikutnya, *ternyata hobby juga bisa menghasilkan prestasi* hehehe "140,...."andy1800 wrote:BTW, waktu dpt nomor 3 itu dpt brp dB bro ?
Ya alat ini cukup baik jika hy utk mengukur sebagian kemampuan, karena setahu saya alat ini kemampuan ukurnya maksimal hanya sampe 120db *tapi itupun bisa jadi sebagian tolak ukur*. Btw thnks bro...andy1800 wrote:
~Black Corner~
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 729
- Joined: Sun Jan 06, 2008 3:57
Re: Tips Sound Pressure Level
bantu meluruskan ajah..
beda efesiensi dari class AB dan class D.
class AB efesiensi hanya berkisar 60%. dimana 60% menjadi tenaga, sedangkan 40% menjadi panas.
class D efesiensi berkisar 95%. dimana 95% menjadi tenaga, sedangkan 5% menjadi panas.
jadi, watt yg di keluarkan dari ampli, sesuai dengan watt yg di hasilkan.
kalo misalnya ampli menyedot daya untuk 100w, di class D bisa keluarkan 95w.
sedangkan kalo di class A/B cman 60w.
capasitor untuk SPL = Bottle Neck.
mending tambahin aki di belakang, ataw upgrade alternator.
beda efesiensi dari class AB dan class D.
class AB efesiensi hanya berkisar 60%. dimana 60% menjadi tenaga, sedangkan 40% menjadi panas.
class D efesiensi berkisar 95%. dimana 95% menjadi tenaga, sedangkan 5% menjadi panas.
jadi, watt yg di keluarkan dari ampli, sesuai dengan watt yg di hasilkan.
kalo misalnya ampli menyedot daya untuk 100w, di class D bisa keluarkan 95w.
sedangkan kalo di class A/B cman 60w.
capasitor untuk SPL = Bottle Neck.
mending tambahin aki di belakang, ataw upgrade alternator.
JFC air filter udah tersedia.
yg berminat bisa kemarih:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 89#p223689
yg berminat bisa kemarih:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 89#p223689
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Tips Sound Pressure Level
bro Tners, kalo power 5channel itu ada monoblok nya, bener or ga? seberapa besar daya power utk ngangkat sub nya? dibanding dengan D amps stand alone?
let say, power kelas menengah lah... bukan AB class taiwan/korea.
let say, power kelas menengah lah... bukan AB class taiwan/korea.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 729
- Joined: Sun Jan 06, 2008 3:57
Re: Tips Sound Pressure Level
tidak selalu.
kudu liat dari amplinya sendiri.
biasanya ampli 5ch yg bagus, power supply untuk 4ch en ch ke 5 di bedakan.
daya yg dihasilkan dari ampli 5ch dibandingkan dengan class D.
bisa 4-5x lipat pada class D.
monoblok = ampli 1 ch. blum tentu class D.
class D = monoblok, di bbrp ampli tertentu, di gunakan untuk 4ch.
kudu liat dari amplinya sendiri.
biasanya ampli 5ch yg bagus, power supply untuk 4ch en ch ke 5 di bedakan.
daya yg dihasilkan dari ampli 5ch dibandingkan dengan class D.
bisa 4-5x lipat pada class D.
monoblok = ampli 1 ch. blum tentu class D.
class D = monoblok, di bbrp ampli tertentu, di gunakan untuk 4ch.
JFC air filter udah tersedia.
yg berminat bisa kemarih:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 89#p223689
yg berminat bisa kemarih:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 89#p223689
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Tips Sound Pressure Level
oh gitu... soalnya jarang instal power 5channel. kemaren baru dapet iseng pengen nyoba (DENON 5channel). oke, ntar dicoba lah... meski ga yakin bisa ngangkat W3.
thanks again!
thanks again!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Tips Sound Pressure Level
ahh, begitu ya...okay.okay.sip...thanks udah lurusin itu broTners wrote:bantu meluruskan ajah..
beda efesiensi dari class AB dan class D.
class AB efesiensi hanya berkisar 60%. dimana 60% menjadi tenaga, sedangkan 40% menjadi panas.
class D efesiensi berkisar 95%. dimana 95% menjadi tenaga, sedangkan 5% menjadi panas.
jadi, watt yg di keluarkan dari ampli, sesuai dengan watt yg di hasilkan.
kalo misalnya ampli menyedot daya untuk 100w, di class D bisa keluarkan 95w.
sedangkan kalo di class A/B cman 60w.
berarti referensi yg gw pakai keliru.... perhitungan gw jg jadi meleset deh...maap, maap....then, abaikan saja hitung2an gw itu.
ntar2 aja deh gw ralat hitung2nya... cari referens yg bener dl..skrg otak lg gak mau diajak kompromi neeh... hueheheh
oiya.... kemaren, rein ikut kompetisi.... gimana hasilnya ya ?... kasih kabar ya bro