LIVINA X-GEAR vs SX4

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
lucky_strike_21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 438
Joined: Sat May 05, 2007 5:48

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by lucky_strike_21 »

piterr wrote:setuju bro, X-Gear kalo menurut gw blunder gede nya Nissan tuh, maksa banget bentuknya, apalagi kalo dilihat dari belakang.... weleeeh gak cocok banget. kalo terpaksa beli x-gear musti ganti velg gede ban tebel tuh.

masih jauh mending livina XR, murah, lebih cakep lagi.....
SETUJU!!!
dah dari dulu gw pengen ngomong ini tapi takut di cerca ma pecinta x-gear hueuehuehue
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by HilmanZ »

Blunder nissan si saya rasa bukan..tapi saya rasa itu kerakusan Nissan mau melahap berbagai kelas dengan "LIVINA" project nya..gak heran kalo Livina XR + X-GEAR nya masih belum bisa ngalahin merek2 lain di kelas nya..
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by Midi_Amp »

HilmanZ wrote:gak heran kalo Livina XR + X-GEAR nya masih belum bisa ngalahin merek2 lain di kelas nya..
Bukannya sudah ya? Livina XR setau gw sekarang pemesannya lumayan tinggi. X-Gear juga gw udah liat wara wiri di daerah rumah (kelapa gading) + kantor (slipi). Di kantor bahkan udah ada 2 X-Gear di tempat parkir... Heran... Padahal gaji di tempat gw kecil :roll:

Gw sih sempet jajal X-Gear pada akhirnya dan gw cuma bisa bilang... Wew...

Iya... Wew.

Gw sebelumnya belum pernah nyobain Livina maupun Grand Livina, jadi bener2 kesan pertama. Posisi duduk meskipun gak punya pengatur ketinggian duduk udah pas, jarak kemudi dari bangku ke roda setir cukup baik juga. Pilar C yang terlihat dari luar lurus tegak dan jelek ternyata sangat bagus untuk orang yang mau masuk dan keluar dari pintu belakang. Dibanding Jazz, ruang duduk baris kedua + bagasi lebih besar X-Gear, gw ukur ini langsung pake payung. Kebetulan salah satu orang yang pake X-Gear itu temen gw, jadi di tempat parkiran langsung diparkir sebelah2an dan langsung dibandingin.

Gw sih gak pernah peduli penampilan luar mobil, tapi X-Gear ini oke juga diliat dari depan. Tercium banget aroma SUV, grill serupa dengan X-Trail/Pathfinder. Tapi sisa bodi kit-nya berasa maksa sih, jadi kesannya lebar gak perlu gitu dibagian fender. Tapi side panel masih oke lah. Dari belakang... Halah, jelek banget. Emang dari pertama gw gak suka pantatnya Livina/Grand Livina. Tapi bemper-nya oke. Soal ban kecil... Gak terlalu keliatan sih kalau dilihat secara langsung, kalau dilihat gambarnya di Internet sih keliatan kecil. Lagipula bukannya rim + ban diameter kecil = konsumsi bensin lebih baik? Kalau seandainya lebih ringan ya.

Tarikan mesin... Kok berasa kosong ya dibawah? Gw kudu gas ampe 2500-3000rpm baru gak ngelitik setelah ganti gigi. Temen gw sih bilang kalau mesin Livina dikasih premium ya begitu, jadi lemot di putaran bawah. Menurut dia sih bakal dikasih pertamax/super setelah 5000 Km, supaya mesinnya terbiasa dulu ama bensin jelek, baru dikasih bagus, bisa jadi lebih irit... Emang gitu? Tambahnya lagi, mesin baru gak boleh dikasih oli sintetis karena seal2 mesin butuh mineral dari oli non sintetis supaya gak mudah getas.

Menarik lah X-Gear. Belum gw bandingin langsung ama SX-4 sih, karena di kantor gak ada yang pake. Lagipula sedang digalakkan bike to work.
mulzz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Sat May 17, 2008 13:18

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by mulzz »

SX4 matic teknologi maticnya apa yah??kalo jazz kan cvt.
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by satyr »

emang livina tuh kopong bgt tarikan bawahnya

dah pernah test drive gw
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by HilmanZ »

Midi_Amp wrote:
HilmanZ wrote:gak heran kalo Livina XR + X-GEAR nya masih belum bisa ngalahin merek2 lain di kelas nya..
Bukannya sudah ya? Livina XR setau gw sekarang pemesannya lumayan tinggi. X-Gear juga gw udah liat wara wiri di daerah rumah (kelapa gading) + kantor (slipi). Di kantor bahkan udah ada 2 X-Gear di tempat parkir... Heran... Padahal gaji di tempat gw kecil :roll:
Di urutan penjualan April mini MPV masih bercokol Jazz no 1,Yaris no 2.Livina XR baru no 3 nya..angka nya saya lupa tapi Jazz bda agak jauh sm Yaris.and XR jg ga tlalu dkt Yaris..pemesanannya lmyn tapi msh ga sanggup melewatin pemain lama Honda and Toyota :beer: :beer:
ShadowLenZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 348
Joined: Mon May 19, 2008 4:17

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by ShadowLenZ »

satyr wrote:emang livina tuh kopong bgt tarikan bawahnya

dah pernah test drive gw
Tumben :mrgreen:

Biasanya menjatuh2kan produknya Suzuki tyr :mrgreen: :mrgreen:
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by satyr »

gw sih objektif2 aja

jelek ya jelek

bagus ya bagus

kan gw jg pernah bilang sx4 dengan harga segitu masuk akal daripada beli livina

gw cuma butuh segala sesuatu sesuai fakta. kalo ada yg menyimpang/rasanya sulit diterima.. ya tentu gw penasaran. that's all
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
ShadowLenZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 348
Joined: Mon May 19, 2008 4:17

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by ShadowLenZ »

satyr wrote:gw sih objektif2 aja

jelek ya jelek

bagus ya bagus

kan gw jg pernah bilang sx4 dengan harga segitu masuk akal daripada beli livina

gw cuma butuh segala sesuatu sesuai fakta. kalo ada yg menyimpang/rasanya sulit diterima.. ya tentu gw penasaran. that's all
Gw berpendapat gitu soalnya di halaman berapa Neo Baleno loe tiba2 nyeletuk : "SX4 bakal spek down. Suzuki emang rajanya spek down."

Padahal khan gw pernah bilang bahwa SX4 ga bakal spek down..n emang nyatanya ga spek down koq.. :mrgreen:

Kondisi itu penting tyr..Vietnam aja bisa menang lawan Amerika dulu waktu perang..suatu kejadian yang menyimpang/rasanya sulit diterima lho itu..kadang2 segala sesuatu itu bisa terjadi ga sesuai hitung2an :beer:
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by satyr »

soal sx4 gw post di kaskus.. swt males nyalin 2x.. wkakaka
http://kaskus.us/showthread.php?t=867043&page=21

ya makanya itu yg bikin gw penasaran

makanya mau coba jg gitu kan.. :D

coba deh loe bikin voting kalo ga pecaya

gmn pandangan yg laen?

mrk penasaran gak ? hehe
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by poeticmind »

satyr wrote:emang livina tuh kopong bgt tarikan bawahnya

dah pernah test drive gw
test drive nya ga dibejek kali tyr... :D
Image
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by satyr »

gw bejek bro... inget yg gw bilang salesnya cantik. WAKAKKAAKAK

eh ya.. gw coba yg A/T yah... bukan M/T

soalnya tadinya gw tertarik XR A/T

tanya bro poetic deh.. gw sampe ambil brosurnya ke rumahnya

hehehe

SX4 jg termasuk kandidat...
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
naldo

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by naldo »

Livina memang kurang di sektor mesin untuk tarikan bawah, model n tongkrongan. Mobilnya kecil, mungkin cuma selebar mobil city car, buat saya, sempit. Cuma menang bantingan karena nyomot dari sodara nissan, renault, makanya naikkan eropa n harga lumayan terjangkau.. That's it... Model? Kurang.... Ga cantik... Tapi Indonesia bisa menerima livina... Padahal biasanya orang Indonesia liat model dulu, kl cantik, baru laku... hehehehe
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by satyr »

ah ga juga bro. apanja apa cantik?

kijang kapsul apa cantik?

wakakaka
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
lucky_strike_21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 438
Joined: Sat May 05, 2007 5:48

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by lucky_strike_21 »

baru pulang dari jateng neh
test report untuk SX4 ckd A/T :)
pergi :
konsumsi BBM MID 1:11.8
Manual 1 : 11
Pulang :
konsumsi BBM MID : 1.13
Manual 1:12.7

berarti tingkat akurasi MID cukup baik karena sektiar 95%
gaya nyetir variasi, pake Premium

utk x-gear gw setuju ma bro naldo, modelnya aneh kek kurang proposional gitu, cakepan livina biasa
emang dasarnya MPV sbenernya dah manis modelnya, malah dipaksain jadi crossover.. :e-think:
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by aldy »

Bro udah jangan terlalu dipaksakan memang Mesin HR15DE ada cacat di putaran bawahnya tapi kalo FC ga usah tanya saya berani taruhan mobil, kalo FC Livina lebih irit (kondisi nyetir dan jalan sama) no offense sudah banyak pembuktian..Saya sangat suka model SX4 terkesan mahal dan GC 175mm..tapi sekali lagi sangat disayangkan saya agak trauma punya merek suzuki (maaf jaman saya punya esteem)Walaupun saya tau merek suzuki sekarang sama dulu udah jauh berbeda..Tapi traumanya ga bisa dilupain.

Saya sih sekarang kalo punya uang lebih2 dikit saya jelas ambil jazz 2008 (FC irit i-VTEC, tarikan ganas, top speed siapa takut 120ps,fun to drive, prestige lebih tinggi dari suzuki (buat saya lo)he2..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by aldy »

Bro saya mau meluruskan tentang "intake manifod"... Yang dimaksud,,adalah peletakkan intake manifold (saluran seperti pipa berjumlah 4 (karena 4 silinder) yang mengalirkan udara ke mesin) mesin SX4 masih di bagian belakang mesin..sedang exhaust manifold(saluran pembuangan hasil bahan bakar) bagian depan mesin,,hal ini sangat tidak efektif karena sisa pembakaran tidak bisa langsung dibuang/memutar ke bawah mesin lebih dulu (lebih tinggi emisinya) dan efisiensi bahan bakar kurang baik (ada teori ilmiahnya di auto bild saya lupa edisi ke berapa)..Bandingkan sama mesin livina,desain intake manifold sudah berada di depan mesin, exhaust manifold bagian belakang mesin(sehingga gas buang dapat langsung keluar tanpa memutar bagian bawah mesin),, dan sebagian besar mesin terdiri dari logam aluminium sehingga jauh lebih ringan bobotnya dari mesin konvesional (die-cast)..(teknologi di livina ini juga diterapkan di mobil2 yang lebih modern)..makanya teknologi ini membuat livina jauh lebih irit(no offense bisa dibuktikan)

Sedang yg di maksud intake manifold diatas lampu adalah saluran / lubang masuknya udara ke filter udara ,,contoh mudahnya mobil2 off road biasa pakai SNORKEL yg posisinya setinggi atap mobil jadi selama mobil tidak tenggelam sampai setinggi atap air tidak akan masuk filter udara/mesin..Sekian
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by satyr »

mending loe cobanya esteem bro

gw pakenya KATANA dulu

coba bayangkan. wkakaa
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by aldy »

bro kalo mau baca ada di auto bild hal37 edisi 132..tentang teknologi pengirit BBM
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by satyr »

ah gw lebi percaya sekolah kaki pake vacuum meter

terbukti kok hasilnya

ternyata baru2 ini gw liat di otomotif jg dibahas soal itu. hahaha
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by Midi_Amp »

aldy wrote:tapi sekali lagi sangat disayangkan saya agak trauma punya merek suzuki (maaf jaman saya punya esteem)Walaupun saya tau merek suzuki sekarang sama dulu udah jauh berbeda..Tapi traumanya ga bisa dilupain.
:upss: Kekekeke... Pengalaman yang sama ama bokap gw nih. Waktu gw bilang mau beli SX4 ekspresinya kayak gw mau berangkat perang ke irak. Dulu kita emang punya Esteem, ancur amburadul... Bahkan waktu dicuri, bokap gw gak ambil pusing, bersyukur ada juga.

Argumen yang bagus soal peletakan intake manifold M15A pada SX4. Saluran udara/intake manifold SX4 dan Swift... Sama mesin gitu... Memang kurang efisien, tapi desain ini di tangan yang berpengelaman bisa menjadi mesin yang menyeramkan. Contoh: mesin seri K Honda. Gw gak tau sih di Type-R itu mesin diapain bisa sampe dapet 225ps (Civic Type R 2008). Aduh, hampir off topic... Balik ke topik.

Mesin dengan diameter bore dan stroke yang sama (mesin kotak) punya kecenderungan punya intake manifold berbentuk huruf S dari masuk sampe keluar. Memang sih udara panas jadi lambat keluarnya dibanding yang langsung, tapi di mesin modern udara panas ini dicampur balik ke ruang bakar dengan bantuan katup Exhaust Gas Recirculation (EGR). Tujuannya supaya campuran bensin + udara jadi lean... Apa tuh bahasa indonesianya. Efisiensi gas buang dan emisi sih gak melulu tergantung dengan peletakan intake manifold... cmiiw.
User avatar
lucky_strike_21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 438
Joined: Sat May 05, 2007 5:48

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by lucky_strike_21 »

aldy wrote:tapi sekali lagi sangat disayangkan saya agak trauma punya merek suzuki (maaf jaman saya punya esteem)Walaupun saya tau merek suzuki sekarang sama dulu udah jauh berbeda..Tapi traumanya ga bisa dilupain.

Saya sih sekarang kalo punya uang lebih2 dikit saya jelas ambil jazz 2008 (FC irit i-VTEC, tarikan ganas, top speed siapa takut 120ps,fun to drive, prestige lebih tinggi dari suzuki (buat saya lo)he2..
saya justru trauma punya mobil honda
jaman taun 90-an semua mobil gw mitsu,
lancer, eterna ama kuda diesel

gara2 menjelang taun 2000 mitsu ga jualan passenger car, gw mulai beralih ke merk2 kek toyota (inova dsl), honda( city z vtec, CRV)
nissan (xtrail)

honda yg bikin gw kapok asli, kalo toyota ama nissan berkesan bagus di hati gw.
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by satyr »

gw dulu jg honda...sejak 90 an pindah ke toyota semua...

dan blom pernah pindah merk laen selama belasan taun ini

(tadinya nyaris ke livina XR ato SX4 CBU)

haha
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
edo tensei
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Dec 13, 2007 8:18

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by edo tensei »

Wah..wah ternyata ada yg trauma ya, gw sih sebaliknya waktu pake escudo 95 hampir 10 thn baru ganti kaki2 padahal udah trans jawa bali, trans sumatera pake ban 30inch hehehe, badak banget tuh boil. Sekarang pengenbanget beli SX4 tapi berhubung udah ada buntut boil sejuta umat juga deh hehe :ungg: . Vote 4 SX4 :beer:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: LIVINA X-GEAR vs SX4

Post by GTR »

mesin jaman skrg memang intake manifold di depan mesin, ini juga bertujuan Air Intake temperature lebih rendah drpd di belakang mesin (dekat firewall).
Mesin suzuki 1500cc generasi berikutnya rasanya baru akan seperti ini.