HilmanZ wrote:gak heran kalo Livina XR + X-GEAR nya masih belum bisa ngalahin merek2 lain di kelas nya..
Bukannya sudah ya? Livina XR setau gw sekarang pemesannya lumayan tinggi. X-Gear juga gw udah liat wara wiri di daerah rumah (kelapa gading) + kantor (slipi). Di kantor bahkan udah ada 2 X-Gear di tempat parkir... Heran... Padahal gaji di tempat gw kecil
Gw sih sempet jajal X-Gear pada akhirnya dan gw cuma bisa bilang... Wew...
Iya... Wew.
Gw sebelumnya belum pernah nyobain Livina maupun Grand Livina, jadi bener2 kesan pertama. Posisi duduk meskipun gak punya pengatur ketinggian duduk udah pas, jarak kemudi dari bangku ke roda setir cukup baik juga. Pilar C yang terlihat dari luar lurus tegak dan jelek ternyata sangat bagus untuk orang yang mau masuk dan keluar dari pintu belakang. Dibanding Jazz, ruang duduk baris kedua + bagasi lebih besar X-Gear, gw ukur ini langsung pake payung. Kebetulan salah satu orang yang pake X-Gear itu temen gw, jadi di tempat parkiran langsung diparkir sebelah2an dan langsung dibandingin.
Gw sih gak pernah peduli penampilan luar mobil, tapi X-Gear ini oke juga diliat dari depan. Tercium banget aroma SUV, grill serupa dengan X-Trail/Pathfinder. Tapi sisa bodi kit-nya berasa maksa sih, jadi kesannya lebar gak perlu gitu dibagian fender. Tapi side panel masih oke lah. Dari belakang... Halah, jelek banget. Emang dari pertama gw gak suka pantatnya Livina/Grand Livina. Tapi bemper-nya oke. Soal ban kecil... Gak terlalu keliatan sih kalau dilihat secara langsung, kalau dilihat gambarnya di Internet sih keliatan kecil. Lagipula bukannya rim + ban diameter kecil = konsumsi bensin lebih baik? Kalau seandainya lebih ringan ya.
Tarikan mesin... Kok berasa kosong ya dibawah? Gw kudu gas ampe 2500-3000rpm baru gak ngelitik setelah ganti gigi. Temen gw sih bilang kalau mesin Livina dikasih premium ya begitu, jadi lemot di putaran bawah. Menurut dia sih bakal dikasih pertamax/super setelah 5000 Km, supaya mesinnya terbiasa dulu ama bensin jelek, baru dikasih bagus, bisa jadi lebih irit... Emang gitu? Tambahnya lagi, mesin baru gak boleh dikasih oli sintetis karena seal2 mesin butuh mineral dari oli non sintetis supaya gak mudah getas.
Menarik lah X-Gear. Belum gw bandingin langsung ama SX-4 sih, karena di kantor gak ada yang pake. Lagipula sedang digalakkan bike to work.