Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
Tadi siang sy pinjem koran temen baca2 dikit ada artikel yg menulis soal pembatasan motor di JKT. ada salah satu kata seorang pejabat yg dimintai keterangan klo Foke mau ga mau hrs setuju sebab motor itu biang macet. gitu kurang lebih yg sy tangkap dr tulisan tsb.
aneh2 aja nih.
aneh2 aja nih.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Sat May 03, 2008 12:13
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
Wah..yg bener nih serius tuh ada berita kyk gitu? Klo emang bener pengen gw getok aja otaknya yg dungu pake helm gw..emang pejabat2 indo pd bego kalah ama tukang ojek..bacotnye segede gunung otak sekecil upil..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
saya tidak pernah setuju dg kebijakan yg sepotong2...tidak komprehensif.
saya mensinyalir, kebijakan itu hanya akan menjadi kebijakan parsial yg tidak membawa kemajuan apapun.
yg ini adlh hal yg berbeda lagi:
entah gimana hubungannya, tp faktanya, negara yg maju adlah negara yg (memang sejak awal) tidak banyak sepeda motornya.
jadi, bukan dibalik spt gini: sblm jadi maju, maka kita perlu motor, becak, bajaj & bemo.
tidak. ..alurnya tidak spt itu.
nampaknya, jepang nggak melewati fase banyak motor, becak & bajaj terlebih dulu deh, sblm menjadi maju spt skrg..
no offense..sungguh, ini no offense bro'ss .......
.........
lanjut:
dan intinya...... lagi2 spt yg gw kampanyekan selalu
dan ini memang adlh bagian dr program besar gw sbg kandidat calon presiden...
intinya: berikan MRT yg oke kepada masyarakat lebih dulu !...
maka, segala macam aturan pembatasan (kendaraan pribadi, yg tidak efisien), akan berjalan dengan sendirinya.
saya mensinyalir, kebijakan itu hanya akan menjadi kebijakan parsial yg tidak membawa kemajuan apapun.
yg ini adlh hal yg berbeda lagi:
entah gimana hubungannya, tp faktanya, negara yg maju adlah negara yg (memang sejak awal) tidak banyak sepeda motornya.
jadi, bukan dibalik spt gini: sblm jadi maju, maka kita perlu motor, becak, bajaj & bemo.
tidak. ..alurnya tidak spt itu.
nampaknya, jepang nggak melewati fase banyak motor, becak & bajaj terlebih dulu deh, sblm menjadi maju spt skrg..
no offense..sungguh, ini no offense bro'ss .......

lanjut:
dan intinya...... lagi2 spt yg gw kampanyekan selalu

dan ini memang adlh bagian dr program besar gw sbg kandidat calon presiden...

intinya: berikan MRT yg oke kepada masyarakat lebih dulu !...
maka, segala macam aturan pembatasan (kendaraan pribadi, yg tidak efisien), akan berjalan dengan sendirinya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 552
- Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
- Location: B A N D U N G
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
ya Tuhan............. (loh kok jadi bawa2 yg diatas).
bisa gila deh kalo gini caranya.................
udah bensin mahal, trus dipaksa naek mobil? jangan pake alesan suruh naik angkutan umum dahhhhhh
bisa gila deh kalo gini caranya.................
udah bensin mahal, trus dipaksa naek mobil? jangan pake alesan suruh naik angkutan umum dahhhhhh
B6133PJO
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Mar 18, 2008 8:32
- Location: kotabesar
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
mau tau biang kemacetan?
- angkot & bus yang ngetem, ato pada jalan pelan2 sambil cari penumpang
- parkir liar, padahal udah ada rambu dilarang parkir
- orang2 kaya yang bisa beli mobil alphard tapi isinya cuma supir sama 1 penumpang doang
- angkot & bus yang ngetem, ato pada jalan pelan2 sambil cari penumpang
- parkir liar, padahal udah ada rambu dilarang parkir
- orang2 kaya yang bisa beli mobil alphard tapi isinya cuma supir sama 1 penumpang doang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
Kayaknya dishub DKI Jkt perlu study dulu ke London untuk mengatasi kemacetan dan pengurangan jumlah transportasi pribadi.
London itu kan ibukota inggris, tapi sama sekali di pusat kotanya ga macet. Malah bisa dibilang lumayan lenggang. Padahal tau sendiri inggris jalanan dalam kota'nya sempit sempit. Australia aja udah macet bukan main, bahkan udah kirim beberapa orang untuk study banding di London dalam mengatasi kemacetan dan volume kendaraan pribadi.
London itu kan ibukota inggris, tapi sama sekali di pusat kotanya ga macet. Malah bisa dibilang lumayan lenggang. Padahal tau sendiri inggris jalanan dalam kota'nya sempit sempit. Australia aja udah macet bukan main, bahkan udah kirim beberapa orang untuk study banding di London dalam mengatasi kemacetan dan volume kendaraan pribadi.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
mo membatasi motor? pake apah? angkot liar pelat item aja nggak becus diurusin. apalagi motor yang jumlahnya jutaan di jakarta?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
klo kya ginian sy bilang sih br sebatas wacana aja..
udh dr 8 thn yg lalu sy denger2 motor 2t ga boleh lewat Sudirman-Thamrin tp sampe skrg gpp tuh. malah Bajaj roda 3 aja msh banyak yg motong jln Thamrin..
udh dr 8 thn yg lalu sy denger2 motor 2t ga boleh lewat Sudirman-Thamrin tp sampe skrg gpp tuh. malah Bajaj roda 3 aja msh banyak yg motong jln Thamrin..

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
Pemda nggak ada habis2nya melontarkan lawakan yang nggak lucu. Setiap pembahasan spt ini selalu dibebankan ke masyarakat, baik dari pembiayaannya, studi bandingnya, hingga sosialisasinya. Buntut2nya nggak ada satupun ketetapan yang benar2 diterapkan. 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
Nih usulan pantas dapet Bego Award 2008. Kalo semua biker berubah jadi naik mobil, apakah Sudirman Thamrin bakal lancar..??
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Mon Jul 09, 2007 6:25
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
tar kan tinggal bikin peraturan pembatasan mobil.... beres hehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
sepakat....kawiki wrote:mau tau biang kemacetan?
- angkot & bus yang ngetem, ato pada jalan pelan2 sambil cari penumpang
- parkir liar, padahal udah ada rambu dilarang parkir
- orang2 kaya yang bisa beli mobil alphard tapi isinya cuma supir sama 1 penumpang doang
(ahh..gw jg lupa mau bikin polling buat justifikasi apa penyebab utama kemacetan)
nah, kenapa sopir angkot harus buang energi bertindak begitu rupa ?..krn transportasi publik diserahkan ke swasta, dg sistem setoran.
sampai kapanpun kalau sistemnya begitu, akan selalu cenderung nggak beres deh...sistem setoran akan cenderung memicu "sikut2an".
jadi, intinya, memang hanya ada satu solusi: MRT yg tidak tanggung2.
Last edited by andy1800 on Tue Jun 03, 2008 4:52, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 705
- Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
kawiki wrote:mau tau biang kemacetan?
- angkot & bus yang ngetem, ato pada jalan pelan2 sambil cari penumpang
- parkir liar, padahal udah ada rambu dilarang parkir
- orang2 kaya yang bisa beli mobil alphard tapi isinya cuma supir sama 1 penumpang doang
Apa hubungannya macet ma alphard ?

Seeing is believing[*][/size]
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
gw pikir itu sekedar "peng-ibaratan" saja bro.DhanZ wrote:Apa hubungannya macet ma alphard ?
Alphard dipandang (sekedar) "mewakili" (saja) mobil pribadi yg tidak efisien, kl penumpangnya tidak full..yaitu tidak Mass, dan tidak Rapid.
dan pandangan semacam itu toh tidak bisa kita cegah, dlm situasi masyarakat semacam ini. begitulah faktanya.
jadi esensinya, pada sistem masa depan, mobil2 apapun yg tidak Mass & tidak Rapid, memang seharusnya makin tidak populer.
krn akan dikenai pajak muahal...sedangkan di sisi lain, MRT sedemikian murahnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
mestinya si emank pengurangan kendaraan pribadi dilakukan ber sinergi alias motor dan mobil juga + jumlah angkot juga hrs dikurangi karena saya rasa jumlah angkot pun sudah berlebihan.tapi harus dibarengi transportasi massal memadai..kalo Busway itu cocok ny jadi bus reguler aja..kaya pepes itu orang di dalam..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Mar 18, 2008 8:32
- Location: kotabesar
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
lebih ke sikap pemiliknya aja sih bro. Alphard gw pilih karena semakin banyak jenis ini di jalanan, padahal tujuannya cuma (mungkin) buat pamer. Seringnya gw liat isinya cuma ya itu, 1 orang supir + 1 penumpang.DhanZ wrote: Apa hubungannya macet ma alphard ?
Coba bro pagi2 ke daerah TB Simatupang, ada sekolah mahal disana (Bl**sc**e), liat mobil2 yang parkir di depan sekolah nunggu anak majikan pulang sekolah itu kebanyakan apa? Ada rambu larangan parkir lho disana... Buntut2nya jadi macet sampe ke antasari.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
pada kondisi ideal... sebenarnya pamer / show off tu sah-sah saja.....
naah, krn pamer adlah kebutuhan tersier, maka itu malah bisa "kita manfaatkan" untuk sebesar2 pemerataan.
yaitu dg mengenakan pajak yg berlipat....
**note:
meskipun sebenarnya pajak kendaraan bermotor skrg, yg berdasar sekian prosen dari harga jual mobil, jg udah lumayan pas.
tapi mungkin kalau lbh idealnya, itu perlu ditambah lg dg pajak "ketidakefisienan kendaraan" atau "allowance kemewahan"
nah, pengenaan pajak berlipat ini, hanya bisa dilakukan jika dan hanya jika ada sistem MRT yg oke.
(atau) tentu saja harus ada mekanisme yg membuat pajak ini kembali ke masyarakat yg lbh memerlukan.
dengan syarat utamanya adalah: pajaknya ini akan bersih dari korupsi.
jadi, kembali lagi, pemikiran dasar gw dlm hal2 spt ini,.... yg inti dan urgent sekarang ini adalah: pembangunan sistem MRT yg ok.
naah, krn pamer adlah kebutuhan tersier, maka itu malah bisa "kita manfaatkan" untuk sebesar2 pemerataan.
yaitu dg mengenakan pajak yg berlipat....
**note:
meskipun sebenarnya pajak kendaraan bermotor skrg, yg berdasar sekian prosen dari harga jual mobil, jg udah lumayan pas.
tapi mungkin kalau lbh idealnya, itu perlu ditambah lg dg pajak "ketidakefisienan kendaraan" atau "allowance kemewahan"
nah, pengenaan pajak berlipat ini, hanya bisa dilakukan jika dan hanya jika ada sistem MRT yg oke.
(atau) tentu saja harus ada mekanisme yg membuat pajak ini kembali ke masyarakat yg lbh memerlukan.
dengan syarat utamanya adalah: pajaknya ini akan bersih dari korupsi.
jadi, kembali lagi, pemikiran dasar gw dlm hal2 spt ini,.... yg inti dan urgent sekarang ini adalah: pembangunan sistem MRT yg ok.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Mar 18, 2008 8:32
- Location: kotabesar
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
MRT yang oke itu seperti apa?
Konsepnya aja masih setengah2. Coba liat di jalur2 yang dilewatin busway, kenapa bus2 lain masih bisa lewat jalur itu juga? kalo mau fair ke pengguna jalan, setiap jalur yang dilewati busway, tidak boleh ada bus lain. Kondisi sekarang, busway ada, bus lain tetep ada. Ujung2nya malah tambah macet.
Kalo pemerintah emang serius, harus terpadu dong. Buat apa ada Dewan Transportasi?
Yang ada sekarang MRT, apapun bentuknya itu (busway, subway, waterway, monorail) cuma sebagai alat untuk oknum2 tertentu untuk cari "project"
Konsepnya aja masih setengah2. Coba liat di jalur2 yang dilewatin busway, kenapa bus2 lain masih bisa lewat jalur itu juga? kalo mau fair ke pengguna jalan, setiap jalur yang dilewati busway, tidak boleh ada bus lain. Kondisi sekarang, busway ada, bus lain tetep ada. Ujung2nya malah tambah macet.
Kalo pemerintah emang serius, harus terpadu dong. Buat apa ada Dewan Transportasi?
Yang ada sekarang MRT, apapun bentuknya itu (busway, subway, waterway, monorail) cuma sebagai alat untuk oknum2 tertentu untuk cari "project"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
oh...yg dimaksud MRT tu bukan spt yg ada sekarang...
yg ada ini sih MRT-MRT-an, buang energi saja kl ngebahasnya deh.... heuheheh.
dan, wah, kalau dijabarkan, konsep gw ttg MRT yg oke itu, bisa satu halaman ndiri deh... pasti pada makin eneq deh bacanya..
ntar2 aja deh ya, dalam perbincangan yg "tidak ringan", khusus ttg kampanye saya ntar...
jadi, singkatnya aja,... gw kemukakan alurnya aja ya:
- dg MRT yg oke, maka pergerakan manusia jadi Rapid.
- pergerakan manusia yg Rapid, berarti kinerja meningkat, berarti perguliran ekonomi jadi Rapid juga.
- dan banyak hal2 lain yg otomatis akan meningkat...otomatis itu membuat sejahtera bersama
- selain itu, dg MRT yg oke, akan otomatis membuat org enggan memakai kendaraan pribadi...spt misalnya yg terjadi di Spore.
- otomatis itu membuat macetnya jalanan jadi cuma ece2, mudah ditangani.
sedangkan, ttg teknis pelaksanaan pengelolaan MRT itu, nanti saya akan punya team khusus yg expert menanganinya,
yg akan saya bentuk dg serius, setelah saya terpilih menjadi presiden nanti.
tentu saja, ada titik tolak awal, yaitu konsensus nasional stop korupsi, yg merupakan program besar saya, spt yg pernah gw kemukakan di:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 75#p162175
...........
..............
yg ada ini sih MRT-MRT-an, buang energi saja kl ngebahasnya deh.... heuheheh.
dan, wah, kalau dijabarkan, konsep gw ttg MRT yg oke itu, bisa satu halaman ndiri deh... pasti pada makin eneq deh bacanya..

ntar2 aja deh ya, dalam perbincangan yg "tidak ringan", khusus ttg kampanye saya ntar...
jadi, singkatnya aja,... gw kemukakan alurnya aja ya:
- dg MRT yg oke, maka pergerakan manusia jadi Rapid.
- pergerakan manusia yg Rapid, berarti kinerja meningkat, berarti perguliran ekonomi jadi Rapid juga.
- dan banyak hal2 lain yg otomatis akan meningkat...otomatis itu membuat sejahtera bersama
- selain itu, dg MRT yg oke, akan otomatis membuat org enggan memakai kendaraan pribadi...spt misalnya yg terjadi di Spore.
- otomatis itu membuat macetnya jalanan jadi cuma ece2, mudah ditangani.
sedangkan, ttg teknis pelaksanaan pengelolaan MRT itu, nanti saya akan punya team khusus yg expert menanganinya,
yg akan saya bentuk dg serius, setelah saya terpilih menjadi presiden nanti.
tentu saja, ada titik tolak awal, yaitu konsensus nasional stop korupsi, yg merupakan program besar saya, spt yg pernah gw kemukakan di:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 75#p162175
...........



-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Sun Apr 15, 2007 1:26
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
saran :
1.kredit motor n mobil di persulit, skr kredit motor gampang banget, modal sejut bisa bawa plg
2. angkot2 kurang ajar di kurangi
3. tertib lalu lintas dijalankan
1.kredit motor n mobil di persulit, skr kredit motor gampang banget, modal sejut bisa bawa plg
2. angkot2 kurang ajar di kurangi
3. tertib lalu lintas dijalankan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
sepengetahuan sy nih..kawiki wrote:lebih ke sikap pemiliknya aja sih bro. Alphard gw pilih karena semakin banyak jenis ini di jalanan, padahal tujuannya cuma (mungkin) buat pamer. Seringnya gw liat isinya cuma ya itu, 1 orang supir + 1 penumpang.DhanZ wrote: Apa hubungannya macet ma alphard ?
Coba bro pagi2 ke daerah TB Simatupang, ada sekolah mahal disana (Bl**sc**e), liat mobil2 yang parkir di depan sekolah nunggu anak majikan pulang sekolah itu kebanyakan apa? Ada rambu larangan parkir lho disana... Buntut2nya jadi macet sampe ke antasari.
maksud diadakannya 3 in 1 utk mobil krn spy dlm 1 mobil yg bs mengangkut > 3 org ke arah tujuan yg sama dlm hal ini pusat kota..misalnya..1 keluarga punya 3 mobil; bapak, ibu, anak..trus masing2 bawa mobil sndri utk beraktivitas itu berarti menambah jumlah kendaraan yg ada dijalanan dan menambah kemacetan..enakan 1 mobil aja.
dari mobil kelas MPV kelas mewah spt Alphard sampe kelas rendah spt Suzuki APV trus yg bawa cuma 1 org ke kantor atw ke manapun itu berarti ga efektif..berarti itukan sama aja menambah jumlah mobil dijalan yg berujung pd kepadatan lalin trus macet deh..alangkah baiknya klo 1 mobil spt Alphard, APV atau sedan sekalipun bs mengangkut 3-4 org sekaligus utk satu tujuan yg sama.
sayangnya skrg 3 in 1 itu malah dijadiin lahan utk cari duit ama joki2 3 in 1 itu..udh jelas mrk2 ini yg merusak sistim 3 in 1.
@kodoqbusuk
stuju bgt tuh pengetatan kredit motor; skrg punya duit 200rb aja bs kredit motor dan proses jg cuma 2 jam..bandingin dulu DP minimal 1 juta dgn proses 3 hari..itupun bs ditolak.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Tue May 20, 2008 12:41
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
BUS WAY = BIANG KEMACETAN
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
yg saya rasa biang kemacetan:
-parkir liar pinggir jalan
-angkot yang ngetem sembarangan
-busway yg makan 1lajur jalanan
-kadang ad penyempitan badan jln oleh berbagai sebab spt:pangkalan ojek,pdagang kaki 5,pasar malam dll
-parkir liar pinggir jalan
-angkot yang ngetem sembarangan
-busway yg makan 1lajur jalanan
-kadang ad penyempitan badan jln oleh berbagai sebab spt:pangkalan ojek,pdagang kaki 5,pasar malam dll
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
Kalu lalu lintas padat sampai macet, sebelum nyalahin kendaraannya lihat dulu seperti apa yg ada di kotanya. Tata ruang kota semrawut. Orang seenaknya membangun tanpa memperdulikan rencana tata ruang. Akibatnya areal perumahan, pendidikan, pasar, perkantoran, hiburan jadi acak kadul berantakan dimana-mana. Sehingga saat pagi tiba, orang yg beli rumah di jakarta timur dan bekasi rame-rame berangkat ngantor ke sudirman thamrin. Lalu orang yg beli rumah di jakarta barat dan tangerang berbondong-bondong ke ruko di kelapa gading or kota. Trus orang yg senang yg adem-adem (alias tinggal di jakarta selatan), boyongan ke pluit, s.parman or cempaka putih. Selain itu barengan juga sama anak-anak sekolah dan mahasiswa berangkat ke kampus yg lokasinya campur aduk dgn kantor atau toko orang tuanya. Akibatnya ga heran, terjadi benturan kepentingan. Yg dari barat ingin ke timur, yg di timur ingin ke barat, yg utara pingin ke selatan, serta yg selatan pingin ke utara. Ya wajar kalu jalanannya jadi mampet.
Sama sekali ga pantes kalu pengendara motor nyalahin mobil atau sebaliknya. Itu hanya efek saja. Begitu pula angkot. Bayangkan saja, apa yg terjadi bila anda ada diposisi supir angkot. Setiap hari dicaci maki orang banyak. Sementara sejak bbm naik, jumlah penumpang justru tambah sepi. Semua punya hak yg sama terhadap jalan. Hanya saja perlu dikembalikan kepada bapak pulisi utk meningkatkan penertiban pengguna jalan.
Seandainya semua jalan di Jakarta dibuat berputar satu arah, mungkin tidak terlalu terjadi penumpukan kendaraan seperti di cawang, semanggi, grogol, cempaka mas. Tapi jadinya tiap hari warga jakarta harus muter lumayan jauh utk mencapai lokasi yg berlawanan arah. Namun itulah konsekuensinya. Tapi siapa yg mau?

Sama sekali ga pantes kalu pengendara motor nyalahin mobil atau sebaliknya. Itu hanya efek saja. Begitu pula angkot. Bayangkan saja, apa yg terjadi bila anda ada diposisi supir angkot. Setiap hari dicaci maki orang banyak. Sementara sejak bbm naik, jumlah penumpang justru tambah sepi. Semua punya hak yg sama terhadap jalan. Hanya saja perlu dikembalikan kepada bapak pulisi utk meningkatkan penertiban pengguna jalan.
Seandainya semua jalan di Jakarta dibuat berputar satu arah, mungkin tidak terlalu terjadi penumpukan kendaraan seperti di cawang, semanggi, grogol, cempaka mas. Tapi jadinya tiap hari warga jakarta harus muter lumayan jauh utk mencapai lokasi yg berlawanan arah. Namun itulah konsekuensinya. Tapi siapa yg mau?

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: Pembatasan jumlah motor di JKT; bakal jd kontroversi lg nih
Kalo ngomongin solusi kemacetan di JKT, udah mirip salah satu software ERP dari Jerman. SAP. Setan Aja Pusing...! Ha..ha..ha..
Kalo duit banyak sih mudah aja. Setiap lampu merah bikin flyover. Lumayan membantu. Tapi giliran pemerintah yg protes.. "emang wilayah Indonesia itu Jakarta doang...". 1 fly over udah bisa bikin 100 sekolah SD di Papua.
Kalo duit banyak sih mudah aja. Setiap lampu merah bikin flyover. Lumayan membantu. Tapi giliran pemerintah yg protes.. "emang wilayah Indonesia itu Jakarta doang...". 1 fly over udah bisa bikin 100 sekolah SD di Papua.