Bobok knalpot : tampilan standar, performa...... ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Bobok knalpot : tampilan standar, performa...... ?
Bro.. kmaren di Motor+ terbaru ada kolom tentang si Ian Reamer ahli bobok knalpot standar... Langsung gue sms dianya, jawabannya, semua knalpot standar itu hambatannya terlalu besar sehingga mengorbankan performa (tarikan dan topspeed), guna mengejar peredaman suara dan mungkin demi penyaringan maksimal dari gas2 racun.... Shg katanya perlu dilakukan pembobokan, yaitu membuang beberapa sekat di dalam silencer untuk lebih melancarkan gas buang....
Kalo bagi penganut aliran standar, tentunya teknik bobok knalpot ini adalah pilihan menarik, dibanding ganti silencer yoshimura, AHRS, AHau dll.... Tampang tetap standar (mungkin cuma suara lebih brisik) tapi performa meningkat....
Yang gue pingin tau, mungkin ada pengalaman kawan2... hasil bobok knalpot itu bisa meningkatkan tenaga berapa hp, tarikan dan topspeed apakah memang meningkat ? Pls share pengalamannya tentang hasil bobok knalpot disini.....
Kalo bagi penganut aliran standar, tentunya teknik bobok knalpot ini adalah pilihan menarik, dibanding ganti silencer yoshimura, AHRS, AHau dll.... Tampang tetap standar (mungkin cuma suara lebih brisik) tapi performa meningkat....
Yang gue pingin tau, mungkin ada pengalaman kawan2... hasil bobok knalpot itu bisa meningkatkan tenaga berapa hp, tarikan dan topspeed apakah memang meningkat ? Pls share pengalamannya tentang hasil bobok knalpot disini.....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Bobok knalpot : tampilan standar, performa...... ?
wah ada yang pindah haluan neh...
dulu main di common topics of car sekarang main di common topics of Motorcycle..
wakakaka...
ogud pernah pengalaman bro...
tapi bukan knalpot standard ogud bobok..
beli knalpot model standard tapi dalamnya dah bersih kek di bobok...
motornya satriaR 2 tak... knalpot merk Spider di Inti Jaya Motor (kebon jeruk)...
Yang terjadi, RPM dulunya maks di 7500, sekarang bisa sampe 10000..
ciri 2 tak yang RPM tinggi baru galak terbuka ("cakra"nya dibuka kalo di Naruto.. He3..)
Itu blon diubah apa2 selain knalpot..
bensin lebih boros, tapi sedikit hampir ga berasa (mungkin gara2 sering main di RPM tinggi, bukan dari knalpotnya)
nanti baru mau naik PJ... hehehe...
biar akselerasi yang sekarang dah mantap, lebih gila lagi..
dulu main di common topics of car sekarang main di common topics of Motorcycle..
wakakaka...
ogud pernah pengalaman bro...
tapi bukan knalpot standard ogud bobok..
beli knalpot model standard tapi dalamnya dah bersih kek di bobok...
motornya satriaR 2 tak... knalpot merk Spider di Inti Jaya Motor (kebon jeruk)...
Yang terjadi, RPM dulunya maks di 7500, sekarang bisa sampe 10000..
ciri 2 tak yang RPM tinggi baru galak terbuka ("cakra"nya dibuka kalo di Naruto.. He3..)
Itu blon diubah apa2 selain knalpot..
bensin lebih boros, tapi sedikit hampir ga berasa (mungkin gara2 sering main di RPM tinggi, bukan dari knalpotnya)
nanti baru mau naik PJ... hehehe...
biar akselerasi yang sekarang dah mantap, lebih gila lagi..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Mon Feb 25, 2008 11:29
Re: Bobok knalpot : tampilan standar, performa...... ?
wah..yg pasti tarikan jadi entengan n sip deh...
asalkan tukang boboknya juga,ok?
dlu pernah cobain jupie std pnya temen yg cma bobok knalpot aja itu uda enak bgt dibandingkan jupie std yg pake knalpot std juga
hehe
aplg satria 2-tak tuh..
dlu tmn pnya bngkel bt road race uda gtu cobain mtrnya...
wah edan deh di rpm atasnya...
ngangkat trus maunya,tp suaarrrraaanya AHM juga kalah...
akaka
kuenceng bgt bgt...
hheehhe
asalkan tukang boboknya juga,ok?
dlu pernah cobain jupie std pnya temen yg cma bobok knalpot aja itu uda enak bgt dibandingkan jupie std yg pake knalpot std juga
hehe
aplg satria 2-tak tuh..
dlu tmn pnya bngkel bt road race uda gtu cobain mtrnya...
wah edan deh di rpm atasnya...
ngangkat trus maunya,tp suaarrrraaanya AHM juga kalah...
akaka
kuenceng bgt bgt...
hheehhe
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 444
- Joined: Tue Jan 29, 2008 1:10
Re: Bobok knalpot : tampilan standar, performa...... ?
Wah ini minerva punya gw knalpot standardnya aja uda bobokan, ga ada saringannya alias blong sama skali.. 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Bobok knalpot : tampilan standar, performa...... ?
@bro william dan lon3lyboyx.... juga r1210g.... thanx masukannya... kayaknya memang menarik ya bobok knalpot standar...Adakah kawan2 yang tau, kalo di Jogja dan skitarnya, adakah tukang bobok knalpot 4 tak yang sakti ? Gue udah kontak HRP (Hendriansyah Racing Products) tapi katanya blum pernah bobok knalpot P-200....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 238
- Joined: Thu Jan 04, 2007 15:25
- Location: Neo Venezia
Re: Bobok knalpot : tampilan standar, performa...... ?
wah bro, knalpot pulsarnya mo di bobok ? ck ck nggak sayang tuh ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
Re: Bobok knalpot : tampilan standar, performa...... ?
klo di King sy nih skrg sy pake yg bobok chamber..suaranya enak bulet..ga telalu mrepet..klo dipake jalan pelan2 ga telalu berisik pas ditarik suaranya baru keluar..
klo udh pake chamberan gini cuma main setting spuyer angin aja klo mo enak diputaran bawah.
enakan sih punya 2 snalpot yg 1 std yg 1 lg dibobok..lagian jg snalpot King yg second2nya bejubel tuh di Sasak..pasarannya sih 75rb..
nah..
klo PULSAR? apa ga sayang tuh snalpot aslinya dibobok?? pastinya snalpotnya aslinya mahal bgt tuuh!
klo udh pake chamberan gini cuma main setting spuyer angin aja klo mo enak diputaran bawah.
enakan sih punya 2 snalpot yg 1 std yg 1 lg dibobok..lagian jg snalpot King yg second2nya bejubel tuh di Sasak..pasarannya sih 75rb..
nah..
klo PULSAR? apa ga sayang tuh snalpot aslinya dibobok?? pastinya snalpotnya aslinya mahal bgt tuuh!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 444
- Joined: Tue Jan 29, 2008 1:10
Re: Bobok knalpot : tampilan standar, performa...... ?
Iya bro apa gak sayang tuh? Coz Pulsar kan knalpot nya klo ga salah udah hi tech ya ?
Ane perna baca dimana gitu, klo ga salah motor2 seperti Pulsar & V-Ixion itu di knalpotnya udah ada 1 alat yg berfungsi mengoptimalkan torsi / daya pada putaran rendah..
CMIIW..
Ane perna baca dimana gitu, klo ga salah motor2 seperti Pulsar & V-Ixion itu di knalpotnya udah ada 1 alat yg berfungsi mengoptimalkan torsi / daya pada putaran rendah..
CMIIW..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Bobok knalpot : tampilan standar, performa...... ?
oke, coba agak kesampingkan masalah sayang2an dulu hehe... saya tertarik nih, setelah dibobok kira2 apa saja yg harus dilakukan? spt bro anak singkong bilang, setting spuyer dll... atau yg lainnya...?
kira2 filter udara, sebaiknya diganti ga?
yang saya kejar sebenernya lebih agar tarikan nyaman di tanjakan saja... bukan utk balap kok...
satu lagi, cara ini dibanding dengan knalpot racing gimana? sebisa mungkin saya berusaha menghindari tampilan balap...
thanks!
kira2 filter udara, sebaiknya diganti ga?
yang saya kejar sebenernya lebih agar tarikan nyaman di tanjakan saja... bukan utk balap kok...
satu lagi, cara ini dibanding dengan knalpot racing gimana? sebisa mungkin saya berusaha menghindari tampilan balap...

thanks!

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Bobok knalpot : tampilan standar, performa...... ?
poeticmind wrote:oke, coba agak kesampingkan masalah sayang2an dulu hehe... saya tertarik nih, setelah dibobok kira2 apa saja yg harus dilakukan? spt bro anak singkong bilang, setting spuyer dll... atau yg lainnya...?
kira2 filter udara, sebaiknya diganti ga?
yang saya kejar sebenernya lebih agar tarikan nyaman di tanjakan saja... bukan utk balap kok...
satu lagi, cara ini dibanding dengan knalpot racing gimana? sebisa mungkin saya berusaha menghindari tampilan balap...
thanks!
@poeticmind... coba kontak bung Ian Reamer, ahli bobok knalpot standar yang pernah dimunculkan di salah 1 tabloid terkemuka... hp no. 0817809473. Gue pernah kontak dia, katanya dia menjamin tarikan dan top speed akan meningkat..... Mungkin bro poeticmind yang akan duluan mencoba ? Dan melaporkan hasilnya disini ?? Maap, motornya apa bro ??
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Bobok knalpot : tampilan standar, performa...... ?
coba nanti saya kontak beliau, bro... motor yg mau jadi kelinci percobaan sebenernya karisma, tapi masih dipertimbangkan... apa sama yg matic, spin or mio punya kantor... hehehe!

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Bobok knalpot : tampilan standar, performa...... ?
gue salut bener sama bro poeticmind... mod yang pantas diteladani nih.... ditunggu gimana hasilnya bro...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
Re: Bobok knalpot : tampilan standar, performa...... ?
seting karbu berikut spuyernya sih klo sy bilang merk lain gampang..apalagi Yamaha pake Mikuni..
klo PUlsar pake apa? ktanya Dell Orto ya?
gimana dapetin spuyernya tuh??
klo PUlsar pake apa? ktanya Dell Orto ya?
gimana dapetin spuyernya tuh??
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Bobok knalpot : tampilan standar, performa...... ?
Karbu Pulsar 200 cc merknya MIKUNI CV 29 kalo gak salah, type vaccuum, jadi lebih mengarah ke keiritan BBM... Mungkin pingin ganti KEIHIN PE-28 kapan2... katanya yang udah pake, tarikan jadi lebih spontan...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Bobok knalpot : tampilan standar, performa...... ?
mank bner knalpot std yg di bo2k bs ningkatin performa motor itu sendiri......cuman yg perlu diinget hal tsb pst ada konsekuensinya....biasanya ngefek ke FC
trus perlu diketahui jg bag mana aja yg di bo2k....setau sy knalpot std jeroannya ada bnyk sekat2 yg salah 1 fungsinya utk ningkatin torsi di rpm bawah sekalian ngejar irit FC cmiiw, makanya klo motor2 yg knalpot std biasanya tarikan bwh nya lebih cepet sedikit dr pd motor2 yg pk knalpot racing
klo punya denah jeroan knalpot berguna bgt tu bro.....biar bs di reka2 kira2 bag sekat yg mana yg mo di bo2k...............tp nyarinya kmana ya
trus perlu diketahui jg bag mana aja yg di bo2k....setau sy knalpot std jeroannya ada bnyk sekat2 yg salah 1 fungsinya utk ningkatin torsi di rpm bawah sekalian ngejar irit FC cmiiw, makanya klo motor2 yg knalpot std biasanya tarikan bwh nya lebih cepet sedikit dr pd motor2 yg pk knalpot racing
sistem bo2k knalpot yg bgs jg blom tentu tiap bengkel bo2k bisa....biasanya karena utk mengetahui apakah knalpot bo2kannya msk kategori "berhasil/tdk berhasil" dibutuhin cara2 spt "trial n error" dan stiap tipe motor memiliki system sekat d knalpot yg berbeda2.....kcuali klo mo di bo2k loss smua bengkel bo3k pst bisa...JESKONENG wrote:@bro william dan lon3lyboyx.... juga r1210g.... thanx masukannya... kayaknya memang menarik ya bobok knalpot standar...Adakah kawan2 yang tau, kalo di Jogja dan skitarnya, adakah tukang bobok knalpot 4 tak yang sakti ? Gue udah kontak HRP (Hendriansyah Racing Products) tapi katanya blum pernah bobok knalpot P-200....
klo punya denah jeroan knalpot berguna bgt tu bro.....biar bs di reka2 kira2 bag sekat yg mana yg mo di bo2k...............tp nyarinya kmana ya


udah cobain copot filter udara bro?....copot aja busanya....tp box filter te2p psng....biasanya napas motor jd lbh panjang cmiiw.........jgn lp di atur ulang setelan anginnyapoeticmind wrote:oke, coba agak kesampingkan masalah sayang2an dulu hehe... saya tertarik nih, setelah dibobok kira2 apa saja yg harus dilakukan? spt bro anak singkong bilang, setting spuyer dll... atau yg lainnya...?
kira2 filter udara, sebaiknya diganti ga?
yang saya kejar sebenernya lebih agar tarikan nyaman di tanjakan saja... bukan utk balap kok...
satu lagi, cara ini dibanding dengan knalpot racing gimana? sebisa mungkin saya berusaha menghindari tampilan balap...
thanks!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Bobok knalpot : tampilan standar, performa...... ?
Ya memang ada yang mencopot busa filter, membalikkan moncong saluran air intake supaya menangkap udara lebih banyak... ada juga yang mencopot box filter lalu pasang open air filter kayak TDR atau K&N atau Kosho.... bedanya : kalo TDR (harga sekitar 125rb) hanya berupa jalinan kawat, jadi udara sangat mudah menrobos.. kalo K&N atau Kosho (antara 300-400ribuan) ada elemen berbahan cotton kalo gak salah, dan harus dalam keadaan basah oleh oli khusus... sehingga pori2 lebih kecil, udara lebih tidak leluasa menrobos.... Mungkin lebih aman yang merk K&N dan Kosho ya.... kalo yang TDR masih beresiko kalo udara sangat kotor...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999