hanx13 wrote:^^^
rpmnya dilebihin dikit jgn pas di peak-nya... ntar drop rpm mesin waktu oper malah dapet yg di bawah bgt kurva torsi/powernya...

klo dilebihin kan enak ,ntar jatohnya rpm masih di daerah yg gembung.... jadi masih kerasa nariknya....
klo dari contoh itu sih, oper gigi di 7000 rpm, jatuh nya di 5500-6000rpm, jadi pas...
garis merah cuman sebagai penunjuk ajah kog....
aslinya kan dah dilimit ama CDI (buat yg limiter)...
waduh..maksudnya kurva apa nih?
utk sy yg namanya otomotif tuh ribed, bos..dulu sy praktek otomotif sampe ngulang
banyak faktor yg menyebabkan daya itu jd krg optimal antara lain krn adanya transmisi, gesekan antar komponen, bobot komponen, pengapian, ukuran2 yg hrs pas ditiap penyetelan; makanya motor klo mo enak trus ya hrs sering2 diservis/tune-up..
trus gmna caranya utk mengoptimalkan daya itu..?? ya cuma insinyur2 pabrikan mobil/motor yg dibayar utk mikirin hal2 kya gitu.
banyak faktor sebenernya yg bikin torsi didapat pd rpm brp shg tenaga mesin lbh optimal sekaligus irit bensin..antara lain;
- rasio gigi: biasanya rasio gigi rapat tuh ga bikin torsi ngedrop
- aplikasi kopling manual: kopling manual cenderung bikin kerja mesin sdkt lbh enteng drpd yg semi otomatis kya motor bebek.
- setingan karbu: spuyer diseting ulang utk dpt power lbh pd saat oper gigi
klo garis merah di tachometer itu sbg peringatan klo qta ga boleh lama2 nahan rpm di area tsb.