Torsi pd sepeda motor

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Torsi pd sepeda motor

Post by anak_singkong »

Sebenarnya ini udah pernah diulas dibeberapa media automotif cuma mungkin gak ada salahnya kalo kita bahas ulang disini.

Saya sebenarnya gak faham apa itu torsi secara mendetil tp utk sederhananya torsi itu artinya daya dorong atau tenaga awal yg memiliki satuan Kg/m (kilogram/meter) dan Nm (Newton meter). Lepas dari itu semua mari kita terapkan pd kondisi motor2 disini yang rata2 bermesin 100 s/d 125cc terutama motor bebek.

Seorang teman saya yg sehari-hari mengendarai motor sport kewalahan mengejar motor bebek dalam kondisi lalu lintas yg padat merayap. Selain diperlukan nyali serta perhitungan yg kuat dari pengendara sendiri ternyata pd rpm rendah motor2 bebek cenderung lbh bertenaga daripada motor sport. Kenapa demikian? Yamaha Jupiter Z memiliki mesin 110cc dengan torsi yg relatif besar, 0,88kg/m atau 9 Nm, pada putaran 3500rpm dibandingkan dengan Suzuki Smash yg walaupun mesinnya sekelas torsi maksimal 0,88kg/m atau 9Nm diraih pada angka 6500rpm. Walau torsi sama namun pada rpm 3500 Smash hanya mendapatkan daya dorong sebesar 0,45kg/m atau 4,4Nm, ini sama dengan 1/2x9Nm atau baru setengah dari torsi maksimal Jupiter Z. Ditambah lagi dgn mesin Jupiter Z yg menganut overstroke atau langkah panjang 54mm mesin cenderung lbh ringan utk berakselerasi pada rpm rendah. Smash memiliki langkah piston 48mm dengan demikian memerlukan putaran ¼ kali lebih banyak dr putaran kruk as standarnya utk utk meraih torsi yg sama dgn Jupiter Z pada rpm yg sama. Itulah sebabnya Smash kalah pada akselerasi 50-100m drpd Jupiter Z. Berbeda jikalau putaran mesin sudah tinggi, Jupiter Z akan kehabisan napas pd rpm diatas 3500 sedangkan Smash terus naik hingga 6000 rpm utk mendapat torsi maksimalnya. Sebaliknya jika mesin Jupiter Z dipaksa akan kewalahan karena tenaga yg efektif ada pada putaran rendah walaupun tenaga maksimumnya cenderung sama dgn Smash yaitu 8,5dk/6000rpm, putaran mesin diatas 3500rpm sebenarnya sudah tidak efisien lagi yg ada hanya pemborosan bensin. Berbeda dengan Smash yg bertenaga sedikit lebih besar pada 8,8dk/7500rpm itulah sebabnya kenapa Smash lebih unggul ditrek lurus. Demikian juga kalau kita menemukan jalan lurus yg panjang motor2 spt Smash, atau Blitz R yg lbh unggul.

Jika dibandingkan dengan motor2 sport spt Mega Pro, RX-King atau Satria F motor bebek cenderung lbh gesit disamping bobotnya yg ringan jg karena torsi lbh cepat didapat pd rpm rendah. Berbeda dgn Mega Pro, RX-King atau Satria F yg memiliki torsi dua kali lipat dr motor2 bebek tp torsi maksimal hampir sulit didapat dlm kondisi lalu lintas yg padat. Ketiga motor tersebut memiliki torsi yg hampir sama yaitu sktr 1,88 kg/m-8000rpm. Dengan kapasitas mesin dan tenaga lebih besar namun untuk kegesitan diperlukan torsi yg muncul di rpm rendah. Oleh sebab itu kenapa motor2 sport selalu kalah gesit dari motor bebek.
Wahyu_D
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 355
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14

Post by Wahyu_D »

Wah pusing bro ... bacanya hahahahaha... berat bgt soalnya, kalau menurut gue pemakaian motor tuh tergantung jalur yg mau ditempuh tiap harinya.

kalau gue karena sering lewatin jalur yg stop & go emang enakan bebek... soalnya dari overall dari bodynya,beratnya,handlingnya lebih ringan dibandingan motor2 laki/sport..

Tapi intinya kembali tergantung selera masing2 biker... ada yg mau gaya & hoby ada juga cuma buat sarana aja bikenya, seperti gue...hehehehe..

Peace bro........
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Re: Torsi pd sepeda motor

Post by Mike »

anak_singkong wrote:cutted...

Seorang teman saya yg sehari-hari mengendarai motor sport kewalahan mengejar motor bebek dalam kondisi lalu lintas yg padat merayap.

Yamaha Jupiter Z memiliki mesin 110cc dengan torsi yg relatif besar, 0,88kg/m atau 9 Nm, pada putaran 3500rpm dibandingkan dengan Suzuki Smash yg walaupun mesinnya sekelas torsi maksimal 0,88kg/m atau 9Nm diraih pada angka 6500rpm.
Judulnya mbandingin bebek ama motorsport.
tapi uraian tehnisnya kok antara JupiterZ ama Smash?

Secara tehnis emang Smash bukan lawan JupiterZ, teknologi
smash kalah.
JupiterZ mestinya berhadapan dgn Shogun 110,
tapi karena Shogun 110 dah di discontinued, mau gak mau
Smash emang harus berhadapan JupiterZ baik di market maupun
di arena balap.

Dari tenaga standar (klaim pabrik) smash udah kalah jauh
Smash 7.7ps @7000rpm, JupiterZ 9.0ps @8000rpm

Kalo shogun110 juga overstroke tuh, mangkanya kejurnas 2004-2005
dikangkangi ama Suzuki, tjoeman 2006 ini Smash masih
megap2 ngelawan JupiterZ
Image
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

Itukan komentar pemakai motor sport yg kalah gesit dgn bebek dan sebenernya gak ada hubungan dgn uraian teknis lanjutannya sama sekali gak ada hubungannya dgn uraian tsb dan itu bukan perbandingan motorsport vs bebek.

Jupiter Z dgn Smash memang tenaganya jauh cuma kenyataan dijalanan rata2 Smash lbh unggul diputaran tinggi.
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Oooo.....maksud loe?.... :lol:

Maksudnya motor dengan torsi yang sama didapat di rpm lebih rendah dapat mengalahkan motor dengan torsi sama pada rpm lebih tinggi di jalanan yang rame/berkelok-kelok. Meskipun tenaga puncaknya lebih kecil....maksudnya begitu kan..?..? :?
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

motor sport vs. bebek, yg sport kalah..? sport abal2 kali macam tiger ato mega pro..kalo sport yg dimaksud itu yg real sport, macam ninja, nsr, aprillia, kayaknya gak mungkin deh.... :) hehe...

menurut gw torsi motor baru keliatan pas lewatin tanjakan n pas boncengan.
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

anak_singkong wrote:Itukan komentar pemakai motor sport yg kalah gesit dgn bebek dan sebenernya gak ada hubungan dgn uraian teknis lanjutannya sama sekali gak ada hubungannya dgn uraian tsb dan itu bukan perbandingan motorsport vs bebek.
Ups sory deh Bro...
gw kirain tulisannya berhubungan, ternyata semua gak berhubungan....
Image
User avatar
desuk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00

Post by desuk »

saya dah pernah ngebuktiin tuh
pernah waktu ini jalan2 bersama teman2 ke rumah teman
yang jalannya lumayan nanjak.
ada satu jalan yang nanjaknya minta ampun curam banget.
saya pake Shogun SP 125 dengan boncengan agak ringan.
di trek dari bawah mesin ngos ngosan ampe diatas..
sempat macet juga di tanjakan tersebut karena ada mobil yang juga ikutan macet/antri.
tapi di belakang ada JupiterZ yang gandengan juga. JupiterZ itu dengan santai bisa keatas meskipun nggak mengambil awalan yang panjang.
pernah saya berpikir ini apakah karena saya nggak bisa bawa motor ataukah emang motor saya yang memble.
pikir2 masa sih Shogun SP 125 dikalahin JupiterZ 115cc yang lebih kecil cc nya.
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

indy wrote:Oooo.....maksud loe?.... :lol:

Maksudnya motor dengan torsi yang sama didapat di rpm lebih rendah dapat mengalahkan motor dengan torsi sama pada rpm lebih tinggi di jalanan yang rame/berkelok-kelok. Meskipun tenaga puncaknya lebih kecil....maksudnya begitu kan..?..? :?
Rata2 motor bebek begitu, bung..
itu bukan kata sy tp bbrp media otomotif yg ada pernah mengulas soal ini.
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Iya memang seperti itu, di tabloid yang sering ngadein tes komparasi juga mengatakan hal yang sama.
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

anak_singkong wrote:Itukan komentar pemakai motor sport yg kalah gesit dgn bebek dan sebenernya gak ada hubungan dgn uraian teknis lanjutannya sama sekali gak ada hubungannya dgn uraian tsb dan itu bukan perbandingan motorsport vs bebek.

Jupiter Z dgn Smash memang tenaganya jauh cuma kenyataan dijalanan rata2 Smash lbh unggul diputaran tinggi.
komentar pemakai motorsport yg kalah gesitnya dari mana sampai ke mana?

Afaik, satuan torsi itu kilogram force meter atau kgf.m (suka ditulis kg.m , kgm), alias Newton meter atau Nm.
Mulai dari sini, Torsi kita sebut torque , ok?
Kemudian yang perlu kita ketahui adalah maximum torque akan tercapai lebih dahulu dibandingkan maximum horsepower. Misalnya sebuah mesin dengan spek:
10hp@5000rpm , 1.1Nm@3000rpm
Kalau melihat grafiknya, setelah garis naik, maka akan datar dan menurun. Jadi mesin diatas setelah pada 3500rpm ngga jadi 1.2Nm torquenya.

Introduksi hp dengan torque ada di site GM ini
Horses, foot-pounds and other power talk
gue cuplik yaa:
Horsepower was originally used to describe how much work early engines could do relative to how much work a horse could do.

torque. For engines, it is easiest to describe torque as a twisting or turning force.
in order to start moving a car or truck from a stop, an engine needs torque.
twisting force = gaya puntir, makanya disini torque populer juga dng nama momen puntir.

Sekarang kita gelar torque motor2 itu .

Code: Select all

JupiterZ    : 0.92 kgm @5000rpm (darimana itu 0.88@3500 ? arsip dari web yamaha di gw sesegitu tch)
Smash       : 0.81 kgm @5500rpm
Satria f150 : 1.27 kgm @8500rpm
RX King	  : 1.54 kgm @8000rpm
Megapro     : 1.3  kgm @6500rpm
jupiterz vs smash,
jupiterz memberikan torque lebih besar pada rpm yang sama. About smash bisa unggul di putaran tinggi, bisa jadi lantaran komposisi girbox & sproket nya.

Bebek vs 'motorsport', ambil contoh jupiterz vs megapro.
Pada 5000rpm, sptnya megapro sudah di sekitar >1kgm , tetapi faktor dipengaruhi juga dng:
- power-to-weight ratio (megapro berat kosongnya ..lebih berat 17kg drpd jupiterz, blm lg kalau bensin fulltank :D )
- girbox & sproket
Motor ini sperti dibagi-rata antara kemampuan max-load dng max-speed nya. Ibarat 1500cc nya suzuki Futura vs suzuki Baleno, tebak siapa yg bisa nyantai bawa beras berkarung2 ? ;)
Sementara jupiZ, lebih diutamakan max-speed dengan mengurangi kemampuan max-load nya.
Megapro di tanjakan >30derajat, berboncengan, kelihatannya akan lebih unggul drpd jupiterz.

Motor 2tak beda lagi. Setahu gw, grafik torque nya ngga se-linear spt pada motor 4tak. Jadi sebelum max-torque nya tercapai, pada rpm yang sama, 2tak torque nya lebih rendah daripada 4tak.
Ini jadi sebab mengapa kalau di tanjakan suka spt susah naikin tenaga klo sempet pindah gigi..

anyway, cmiiw 8)
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

@Bung yoyo..

Semua yg Anda telah tuliskan itu adalah benar adanya.. :D

Untuk sekedar menambahkan bagaimana torsi itu didapat..

Bukan kebetulan kalo sy dulu pernah sekolah di STM. Berikut sdkt rincian yg sy dpt dr buku2 catatan sy dulu. Ini jg itungan2nya semalam suntuk..maklum udah buanyak yg lupa
:D

Menurut Hukum Mesin Sederhana; Keluaran kerja suatu mesin selalu sama dgn Masukan kerjanya. Mis; Jika suatu daya yg kita (manusia) keluarkan adlh sebesar 100Nm bekerja sepanjang 10m maka perbandingannya dlm mesin adalah 1N bekerja sepanjang jarak 100m (10:1 = 1:10). Masing2 bekerja dgn jumlah kerja yg sama. Tapi yg satu (mesin) 100 kali lbh besar drpd yg lain (manusia). Itulah kenapa mesin dayanya lbh besar drpd tenaga manusia.

Jika kita lihat dlm bagan adalah..

s
E ------- F ---- L


E = Usaha
F = Titik tumpu
L = Langkah kerja

E (piston) melakukan s (langkah usaha) dalam rangka memutar poros engkol (L); utk kemudian diolah menjadi daya rotasi. Dari rotasi inilah kemudian diketahui ‘Keluaran Kerja’ atau TORSI.

Jika diterapkan pd mesin motor bakar 4t. Kita ambil contoh pd motor Jupiter Z. Maka…

Dik.
D : 51.00
s : 54.00
L : ½ x 3.14 x s/10 = 8,478Nm

FYI
Perbandingan Nm:Kg/m adalah 0.98Nm x 1Kg/m

Berarti jika diukur dari titik sumbu pd poros engkol Yamaha Jupiter Z terdapat torsi sebesar 8,478Nm. Karena pd spesifikasi sepeda motor manapun tidak pernah menyebutkan angka pasti maka dipakailah pembulatan menjadi 9Nm.

Jikalau dibandingkan dengan Smash R jika dihitung dgn rumus yg sama maka torsinya hanya 7,536Nm. Lagi2 pabrikan memakai pembulatan menjadi 8Nm atau 0,8Kg/m.

paham? :wink:
User avatar
jihad koplo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53

Post by jihad koplo »

woo, klo mo bikin sc gue yg torsi maxnya di6500 diubah ke 4500 ato 3000. gimana caranya???????????????
Scorpio Bedebah!!
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
su_minson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
Location: Jakarta

Post by su_minson »

itu gampang banget, cuma modalin gir depan atau belakang doang.
kalo mau sampai tahu posisi Rpm-nya sih ngak gitu jamin dah. bro ganti gir depan dikurangi satu mata dari ukuran standar atau kalo mau repot ganti gir belakang dengan ukuran tiga mata atau empat mata lebih besar dari ukuran standar. kalo udah pasti torsinya nambah dah. tapi dengan catatan top speed motor bro ngak bisa maksimal seperti standar lagi.
no one's perfect
su_minson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
Location: Jakarta

Post by su_minson »

oh ya. maksud gw pilih salah satu cara diatas. ganti gir depan doang atau belakang. tapi menurut gw lebih gampang sih ganti gir depan doang soalnya kalo ganti gir belakang kemungkinan rantai standar ngak cukup panjang.
no one's perfect
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

jihad koplo wrote:woo, klo mo bikin sc gue yg torsi maxnya di6500 diubah ke 4500 ato 3000. gimana caranya???????????????
pada dasarnya setiap pabrikan membuat torsi keluar pd rpm tertentu guna mengoptimalkan dk pd motor.

Pada Scorpio Z torsi maksimum keluar pd 6500rpm dan daya maksimum 20dk pd 8000rpm. Hal tsb sdh harga mati; karena..

DK = Torsi x RPM/5252

Dik.
Torsi : 1.8kg/m
RPM : 6500

1.8 x 6500/5252 = 22.2

daya maksimum Scorpio Z adalah 22.2dk..

kalo mau dirubah gak bs gitu aja minimal ada bbrp bagian yg hrs diganti spy mengejar torsi dan dk. hasilnya bisa kurang bisa jg lebih.
User avatar
jihad koplo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53

Post by jihad koplo »

mr anak singkong, penjelasan anda bisa diperjelas??saya masih kurang paham mengenai harga mati ini, gir tdk mempengaruhi torsi yaa, apa hrs diupgrade mesinnya spt carbu,pengapian, klo mo torsi besar pengapian diperbagus itu betul???
Scorpio Bedebah!!
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

Soal 'harga mati' adalah mengenai rpm dan torsi spt contohnya pd Scorpio Z torsi 1.8kg/m pada 6500rpm.
Kalo mo dirubah ke 4500rpm atau ke rpm lainnya jelas gak bisa. Soale berlaku rumus itu.
Gak tahu deh kalo nanti tiba2 ada teknologi yg bs mengubahnya.

kalo cuma ganti gir aja mungkin cuma naik sedikit dan itu jg cuma mesin dyno yg bs mengukurnya.

makanya modif kecil2an gak selamanya bagus; performa mesin bs lbh baik atau bs jg berkurang.

kecuali penggantian komponen standar ke komponen kompetisi. itupun hasilnya msh spt yg sy jelaskan diatas.
su_minson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
Location: Jakarta

Post by su_minson »

langkah kecil tapi lumayan membantu:

1.ganti velg dengan material yang ringan.
2.tekanan dan ukuran ban yang normal (standar)
3.bila setelan rantai telah memanjang +- 1.5 cm anda bisa memotong rantai 1 mata lalu pasang seperti semula.
4.singkirkan aksesoris yang tidak terlalu berguna dan membebani motor.
5.menaikan kompresi juga sedikit membantu. tetapi diimbangi dengan pemakaian bensin dengan oktan yang lebih tinggi.
no one's perfect
User avatar
jihad koplo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53

Post by jihad koplo »

klo advice mr sumison kan berarti mengefisiensi yg udah ada, tdk merubah power yach?
nah klo ngerubah power/torsi yg dr 6500rpm ke 4000, itu mkn bisa melihat ke teori dr mana torsi max itu kok didpt di6500?? sy gak ngerti teorinya, jd mkn bisa didpt torsi max di rpm4000 dgn teori itu....ngerti maksud saya????....apa yg membuat torsi max itu dicapai di 6500, klo udah tahu rahasianya mkn jdnya bisa dirubah ke 4000?????
Scorpio Bedebah!!
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

nah klo ngerubah power/torsi yg dr 6500rpm ke 4000, itu mkn bisa melihat ke teori dr mana torsi max itu kok didpt di6500?? sy gak ngerti teorinya, jd mkn bisa didpt torsi max di rpm4000 dgn teori itu....ngerti maksud saya????....apa yg membuat torsi max itu dicapai di 6500, klo udah tahu rahasianya mkn jdnya bisa dirubah ke 4000?????
wah..
kalo yg itu sy kurang tahu tuh..itu urusan anak2 otomotif deh..sy cuma llsn STM mesin industri; mesin otomotif itu termasuk mesin motor bakar; cuma belajar dasar2nya aja. ke sono2nya sy gak pernah belajar. mungkin salah satu member disini ada yg insinyur otomotif? bs bantu?

AFAIK..
kayanya gak bs tuh, bung.
su_minson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
Location: Jakarta

Post by su_minson »

mungkin jalan terakhir dengan cara yang ekstrim. yaitu memendekkan langkah setang piston (conectting rod).
no one's perfect
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

su_minson wrote:mungkin jalan terakhir dengan cara yang ekstrim. yaitu memendekkan langkah setang piston (conectting rod).
justru sebaliknya..
semakin panjang langkah maka semakin besar pula torsi yg didapat dan semakin ringan pula kerja mesin.

kalo gak salah ini pernah diulas dimotorplus; mengenai memperpanjang stroke/langkah piston.
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

anak_singkong wrote:@Bung yoyo..

Semua yg Anda telah tuliskan itu adalah benar adanya.. :D

Untuk sekedar menambahkan bagaimana torsi itu didapat..

--snip--
Lagi2 pabrikan memakai pembulatan menjadi 8Nm atau 0,8Kg/m.

paham? :wink:
Iya bro, thanks banget ya infonya, berguna bgt buat gw dan bro2 lain tentunya.
Anyway, ..uhmm...yg kemaren gw pertanyakan itu, bro dapat dari mana spek JupiterZ yang 0.88kgm @ 3500rpm ?
(bro nulis: Kenapa demikian? Yamaha Jupiter Z memiliki mesin 110cc dengan torsi yg relatif besar, 0,88kg/m atau 9 Nm, pada putaran 3500rpm)
ini dapat dari mana ? brosur atau web?
soalnya spt yg gw bilang, di arsip gw, JupiterZ itu 0.92kgm @5000rpm

btw, kenapa jadi kilogram per meter (kg/m) ?
khan kilogram meter (kg.m atau kgf.m) , dan kalau mau ke Nm (Newton meter) dikalikan percepatan gravitasi bumi, 9.81 m/detik2 (meter per detik kuadrat, sori..ga tau tag superscript utk "2" nya)
acuan: http://www.sizes.com/units/kilogram_force.htm
http://www.convert-me.com/en/convert/un ... fm.en.html
kalkulator: http://locost7.info/converter.php
anak_singkong wrote:Pada Scorpio Z torsi maksimum keluar pd 6500rpm dan daya maksimum 20dk pd 8000rpm. Hal tsb sdh harga mati; karena..

DK = Torsi x RPM/5252

Dik.
Torsi : 1.8kg/m
RPM : 6500

1.8 x 6500/5252 = 22.2

daya maksimum Scorpio Z adalah 22.2dk..
waks!
bro.. itu spek dapet darimana lagi?
Cek ini deh http://www.yamaha-motor.co.id/product-d ... _PRODUCT=8
# Daya Maksimum : 19 PS/8.000 RPM
# Torsi Maksimum : 1.86 kgf.m/6.500 RPM.

trus rumus yg dipakai bro
DK = Torsi x RPM/5252
torsinya harus dikonversi dahulu dlm satuan lb.ft (foot pounds)
kita pakai deh kalkulator yg tadi ..
1.86 kgf.m = 13.45 lb.ft
maka
13.45 x 6500/5252 = 16.646 HP
pada 8000rpm
13.45 x 8000/5252 = 20.487 HP = 20.77PS
tapi test yamaha menyatakan 19PS , berarti ada kehilangan 1.77 PS (this is possible ), atau data torsinya kurang akurat.
jihad koplo wrote:woo, klo mo bikin sc gue yg torsi maxnya di6500 diubah ke 4500 ato 3000. gimana caranya???????????????
waw, itu tanda tanya segitu banyaknya? satu juga cukup laah :)
Bener kata bro singkong.. yaitu dng memperpanjang stroke (langkah piston). Juga gedein si flywheel , resetting timing pengapian, etc etc..
Lihat deh http://motorplus-online.com/articles.asp?id=8411
trus bagian "Kiat Pendukung" di http://motorplus-online.com/articles.asp?id=8303&no=2
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

yoyoyo wrote:
anak_singkong wrote:@Bung yoyo..

Semua yg Anda telah tuliskan itu adalah benar adanya.. :D

Untuk sekedar menambahkan bagaimana torsi itu didapat..

--snip--
Lagi2 pabrikan memakai pembulatan menjadi 8Nm atau 0,8Kg/m.

paham? :wink:
Iya bro, thanks banget ya infonya, berguna bgt buat gw dan bro2 lain tentunya.
Anyway, ..uhmm...yg kemaren gw pertanyakan itu, bro dapat dari mana spek JupiterZ yang 0.88kgm @ 3500rpm ?
(bro nulis: Kenapa demikian? Yamaha Jupiter Z memiliki mesin 110cc dengan torsi yg relatif besar, 0,88kg/m atau 9 Nm, pada putaran 3500rpm)
ini dapat dari mana ? brosur atau web?
soalnya spt yg gw bilang, di arsip gw, JupiterZ itu 0.92kgm @5000rpm

btw, kenapa jadi kilogram per meter (kg/m) ?
khan kilogram meter (kg.m atau kgf.m) , dan kalau mau ke Nm (Newton meter) dikalikan percepatan gravitasi bumi, 9.81 m/detik2 (meter per detik kuadrat, sori..ga tau tag superscript utk "2" nya)
acuan: http://www.sizes.com/units/kilogram_force.htm
http://www.convert-me.com/en/convert/un ... fm.en.html
kalkulator: http://locost7.info/converter.php

anak_singkong wrote:Pada Scorpio Z torsi maksimum keluar pd 6500rpm dan daya maksimum 20dk pd 8000rpm. Hal tsb sdh harga mati; karena..

DK = Torsi x RPM/5252

Dik.
Torsi : 1.8kg/m
RPM : 6500

1.8 x 6500/5252 = 22.2

daya maksimum Scorpio Z adalah 22.2dk..
waks!
bro.. itu spek dapet darimana lagi?
Cek ini deh http://www.yamaha-motor.co.id/product-detail.asp?# Torsi Maksimum : 1.86 kgf.m/6.500 RPM.
ID_PRODUCT=8
# Daya Maksimum : 19 PS/8.000 RPM

trus rumus yg dipakai bro
DK = Torsi x RPM/5252
torsinya harus dikonversi dahulu dlm satuan lb.ft (foot pounds)
kita pakai deh kalkulator yg tadi ..
1.86 kgf.m = 13.45 lb.ft
maka
13.45 x 6500/5252 = 16.646 HP
pada 8000rpm
13.45 x 8000/5252 = 20.487 HP = 20.77PS
tapi test yamaha menyatakan 19PS , berarti ada kehilangan 1.77 PS (this is possible ), atau data torsinya kurang akurat.
jihad koplo wrote:woo, klo mo bikin sc gue yg torsi maxnya di6500 diubah ke 4500 ato 3000. gimana caranya???????????????
waw, itu tanda tanya segitu banyaknya? satu juga cukup laah :)
Bener kata bro singkong.. yaitu dng memperpanjang stroke (langkah piston). Juga gedein si flywheel , resetting timing pengapian, etc etc..
Lihat deh http://motorplus-online.com/articles.asp?id=8411
trus bagian "Kiat Pendukung" di http://motorplus-online.com/articles.asp?id=8303&no=2
sorry soal spek Jupiter Z yg gak akurat..
sy tahunya itu dr koran harian umum..apa yah waktu itu artikelnya ttg launching Jupiter Z th 2003 yg lalu.

Lha?? :shock:
coba cek sekali lg website yamaha.. sy lihat di websitenya
Torsi maksimum Jupiter Z 9.2Nm/5000rpm? kalo bener segitu dikonversi ke kg.m; 9.2Nm x 0.98 = 0.9kg.m
0.92kg.m dr mana,bung? :roll:

Kalo soal konversi dr Nm ke kg.m sy rasa gak ada bedanya selama ada bahan perbandingannya 9Nm x 9.8 = 0.88kg.m

bener tuh..harus di konversi dulu dr kgf.m ke lbf.m makanya sy jg waktu itung2 itu agak ragu2 maklum udah banyak yg lupa. Sy yg kurang teliti!

soal Scorpio Z kehilangan 1,77dk bs jd dr mesin dyno YMKI sndri. Kalo dihitung dr poros engkol emang daya maksimum Scorpio sktr 20,77dk tp krn mesin dyno bs jd udah dikurangi dgn kerugian2 lainnya shg jd 19dk aja. bukan begitu?? :wink: