Membeli dan merawat Mobil Tua
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Mon May 12, 2003 5:01
Membeli dan merawat Mobil Tua
Buat rekan rekan yang duitnya terbatas, tapi pingin beli mobil walaupun sudah bekas, ini ada sedikit tip. Berguna untuk membeli mobil dibawah tahun 90 an.
1. Belilah mobil tua yang BODI nya BAGUS. Kadang ada orang yg berpikir lebih hemat dan praktis membeli yg mesinnya bagus. Pernyataan ini kurang tepat menurut saya.
Menurut saya, lebih ekonomis kalo membeli mobil tua yang bodinya mulus tanpa cacat dan orisinil luar dalam, tapi mesinnya jelek. Kenapa?
Kalo beli mesin jelek, cukup keluarkan satu atau dua juta rupiah, bawa ke bengkel yg kualified, saya jamin dalam waktu seminggu mobil anda sudah greng! Tapi tentu saja tidak berlaku kalo mesinnya hancur...
Sementara kalo bodinya jelek, anda mesti keluar bangsa 9 jutaan untuk cat, dan mencari aksesorisnya yg hilang (itupun kalau dapat), serta menunggu tiga bulan untuk menunggu mobil kinclong kembali. Makan waktu dan tenaga serta duit.
2. JANGAN pernah membeli mobil tua dengan transmisi otomatik. Enak sih enak, cuman nanti jadi kebiasaan dan terlena lupa ganti oli transmisi. Matic memang sensitif dengan sistem pelumasan. Lupa ganti oli atau kemasukan debu sedikit saja sudah bisa bikin hancur transmisi. Tapi tentu saja rules ini berlaku untuk mobil matic tahun lama ya.. :p
3. Mobil irit biasanya sparepartnya mahal, dikit2 ganti dan tidak nyaman, sementara mobil boros (CC nya gede) sparepartnya cenderung amat murah (cuman perlu perjuangan untuk ngedapetin) dan awet serta empuk bin nyaman. Cam kan hal ini (sudah hukum alam sih).
4. Cat solid jangan sering2 dipoles. Beda dengan cat metalik yg makin dipoles justru makin mengkilap. Cat solid beda sistemnya dengan cat metalik, makin dipoles malah makin tipis bukannya malah mengkilat.
5. Untuk membuktikan mobil tua mesinnya yahud apa enggak, sewaktu melihat lihat, suruh penjualnya menyalakan mesin bangsa 5 menit, kemudian matikan. Rogoh knalpot dengan jari. Harus ada jelaga yang menempel di jari dalam keadaan kering. Kalau becek atau basah, lupakan saja. Kalau knalpotnya baru, lihat feeder knalpot (yg bentuknya seperti tangki, dan ada sebelum ujung knalpot), apakah seperti mengkilat seperti besi terbakar. Jika hitam atau mengelupas, segera cabut, nggak usah ditawar dan dibeli.
6. Pilih ban dan velg yg sesuai. Jika standarnya ring 13, jangan dipaksa pakai ring 17. Selain lama2 merusak tie rod, juga berpengaruh pada sitem suspensi dan akurasi speedometer.
7. Perhatikan surat surat. Jika ada mobil tua sebelum 1970, selain STNK dan BPKB, harus ada yang namanya boekpass (surat resmi semacam sertifikat, sebelum ada aturan mengenai BPKB). Jika masih ada, itu mobil memang bener2 orisinil dan layak untuk dikoleksi.. :p
8. Jika ingin hunting mobil tua non VW, bisa ajak saya.. :p
9. Juga informasi sparepart Holden, Ford tua, Toyota tua, Fiat, Chevrolet dan lain lain mobil antik bisa hubungi saya juga.. :p
Thks
1. Belilah mobil tua yang BODI nya BAGUS. Kadang ada orang yg berpikir lebih hemat dan praktis membeli yg mesinnya bagus. Pernyataan ini kurang tepat menurut saya.
Menurut saya, lebih ekonomis kalo membeli mobil tua yang bodinya mulus tanpa cacat dan orisinil luar dalam, tapi mesinnya jelek. Kenapa?
Kalo beli mesin jelek, cukup keluarkan satu atau dua juta rupiah, bawa ke bengkel yg kualified, saya jamin dalam waktu seminggu mobil anda sudah greng! Tapi tentu saja tidak berlaku kalo mesinnya hancur...
Sementara kalo bodinya jelek, anda mesti keluar bangsa 9 jutaan untuk cat, dan mencari aksesorisnya yg hilang (itupun kalau dapat), serta menunggu tiga bulan untuk menunggu mobil kinclong kembali. Makan waktu dan tenaga serta duit.
2. JANGAN pernah membeli mobil tua dengan transmisi otomatik. Enak sih enak, cuman nanti jadi kebiasaan dan terlena lupa ganti oli transmisi. Matic memang sensitif dengan sistem pelumasan. Lupa ganti oli atau kemasukan debu sedikit saja sudah bisa bikin hancur transmisi. Tapi tentu saja rules ini berlaku untuk mobil matic tahun lama ya.. :p
3. Mobil irit biasanya sparepartnya mahal, dikit2 ganti dan tidak nyaman, sementara mobil boros (CC nya gede) sparepartnya cenderung amat murah (cuman perlu perjuangan untuk ngedapetin) dan awet serta empuk bin nyaman. Cam kan hal ini (sudah hukum alam sih).
4. Cat solid jangan sering2 dipoles. Beda dengan cat metalik yg makin dipoles justru makin mengkilap. Cat solid beda sistemnya dengan cat metalik, makin dipoles malah makin tipis bukannya malah mengkilat.
5. Untuk membuktikan mobil tua mesinnya yahud apa enggak, sewaktu melihat lihat, suruh penjualnya menyalakan mesin bangsa 5 menit, kemudian matikan. Rogoh knalpot dengan jari. Harus ada jelaga yang menempel di jari dalam keadaan kering. Kalau becek atau basah, lupakan saja. Kalau knalpotnya baru, lihat feeder knalpot (yg bentuknya seperti tangki, dan ada sebelum ujung knalpot), apakah seperti mengkilat seperti besi terbakar. Jika hitam atau mengelupas, segera cabut, nggak usah ditawar dan dibeli.
6. Pilih ban dan velg yg sesuai. Jika standarnya ring 13, jangan dipaksa pakai ring 17. Selain lama2 merusak tie rod, juga berpengaruh pada sitem suspensi dan akurasi speedometer.
7. Perhatikan surat surat. Jika ada mobil tua sebelum 1970, selain STNK dan BPKB, harus ada yang namanya boekpass (surat resmi semacam sertifikat, sebelum ada aturan mengenai BPKB). Jika masih ada, itu mobil memang bener2 orisinil dan layak untuk dikoleksi.. :p
8. Jika ingin hunting mobil tua non VW, bisa ajak saya.. :p
9. Juga informasi sparepart Holden, Ford tua, Toyota tua, Fiat, Chevrolet dan lain lain mobil antik bisa hubungi saya juga.. :p
Thks
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 132
- Joined: Fri May 02, 2003 7:01
- Location: pangkalan taxi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
- Location: Jakarta/Bandung
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Fri May 23, 2003 7:48
- Location: jakarta nih..diatas motor
wah habis dinyalain langsung masukin jari ke knalpot??apa tidak panas??5. Untuk membuktikan mobil tua mesinnya yahud apa enggak, sewaktu melihat lihat, suruh penjualnya menyalakan mesin bangsa 5 menit, kemudian matikan. Rogoh knalpot dengan jari. Harus ada jelaga yang menempel di jari dalam keadaan kering. Kalau becek atau basah, lupakan saja.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Fri May 23, 2003 7:48
- Location: jakarta nih..diatas motor
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 552
- Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
- Location: B A N D U N G
gak jadi beli Daimler nya donk.. kan daimlernya matic2. JANGAN pernah membeli mobil tua dengan transmisi otomatik. Enak sih enak, cuman nanti jadi kebiasaan dan terlena lupa ganti oli transmisi. Matic memang sensitif dengan sistem pelumasan. Lupa ganti oli atau kemasukan debu sedikit saja sudah bisa bikin hancur transmisi. Tapi tentu saja rules ini berlaku untuk mobil matic tahun lama ya.. :p


B6133PJO
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1664
- Joined: Mon May 10, 2004 7:22
- Location: Taco Bell
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
- Location: dalemnya hati
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1664
- Joined: Mon May 10, 2004 7:22
- Location: Taco Bell
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 552
- Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
- Location: B A N D U N G
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Fri Apr 02, 2004 6:44
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 552
- Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
- Location: B A N D U N G
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 552
- Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
- Location: B A N D U N G
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 552
- Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
- Location: B A N D U N G
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 552
- Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
- Location: B A N D U N G