Bro tapi setelah saya banding2kan memang mesin DOHC beda bgd dari SOHC saya dirumah punya honda city VTEC m/t(city)danGrand Livina 1.5 m/t(GL)..
City saya kalo diajak cruising santai dalem kota irit banget dan mesin smooth bgd tarikan bawahnya..bahkan kalo cuma nyalip2 dikit ga perlu geber2 rpm tinggi (<3500rpm).. Tapi kalo kaki udah pegel sama ga sabar injek pedal gas tau2 aja rpm udah 5000-5500rpm (karakter VTEC).. Kekurangannya mesin menderu2 agak kasar (karakter SOHC) apalagi di jalan tol jalan 140km/h kedengeran bgd suara mesin(menderu) kalo rpm >3500rpm..(mesin jazz 2008 tetap sama L15A tapi sudah i-VTEC dan power di improve 120ps jadi perkiraan karakter mesin mirip2 aja mesin lama)..
Sedangkan kalo saya pake GL dalem kota lebih boros dikit kalo kaki ga sabar ngurut gas (karakter HR15DE lemah rpm bawah juga karakter mesin DOHC ga se smooth mesin SOHC rpm bawahnya,bisa dibuktikan kok

) jadi sering oper gigi sekitar 3000an rpm biar ga kehilangan power on demand.. Tapi semua itu terbayar lunas, dengan karakter DOHC kayaknya bawaannya pengen ngebut aja alias nginjek rata pedal gas

.. Selain mesin DOHC very2 powerfull rpm >3500 suaranya nyaris ga kedengeran alias smooth (dibanding city saya lo

) ga ada istilah ga tega nginjek gas he2.. Bahkan kemaren full loaded 6 orang (@70kg an) jalan 140km/h mesin masih punya nafas lagi bwt ke 160km/h bahkan 180km/h. Jadi kesimpulan saya kalo suka mobil matic dan jarang menguras adrenalin ambil honda jazz 2008(tapi bukan g bisa lo jazz buat nguras adrenalin)..

.. Kalo ga mentingkan fitur, tidak pengen merasakan kontur aspal di indonesia dan suka maen rpm >3500(ga mentingin harga bbm

) ambil aja Livina XR..bahkan di milis ada yg udah buktikan iritnya mesin HR15DE Livina XR a/t tembus 1:20 driving mode santai..

..(saya sudah pakai 2 mobil ini rata2 lebih dari 3000km tapi)
