sering bongkar pasang karbu
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
sering bongkar pasang karbu
Numpang tanya, kalo motor standar masih baru, perlu dibongkar/pasang gak karbu nya pas serpis karbu? Takut malah cepet rusak tuh karbu kalo dibongkar-pasang.. palagi nih karbu vakum.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: sering bongkar pasang karbu
motor apa bro?
yang namanya motor kagak ada servis karbu..
yang ada servis pasti karbu dicopot, dibongkar abis dan dibersihin...
itu yang namanya servis motor..
yang namanya motor kagak ada servis karbu..
yang ada servis pasti karbu dicopot, dibongkar abis dan dibersihin...
itu yang namanya servis motor..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: sering bongkar pasang karbu
Kalau tidak ada masalah sebaiknya karburator tidak di bongkar2.
Utk menjaga kebersihan fuel system baiknya gunakan BBM yg bermutu / jika pakai premium gunakan fuel additive serta kondisi fuel filter selalu dimonitor berkala.
Utk menjaga kebersihan fuel system baiknya gunakan BBM yg bermutu / jika pakai premium gunakan fuel additive serta kondisi fuel filter selalu dimonitor berkala.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: sering bongkar pasang karbu
wah bro turboman..
selama ini yang saya tau ya..
dari bengkel resmi sampe bengkel pinggiran jalan, bahkan saya pribadi..
Saya bakal bongkar yang namanya karbu kalo lagi servis baik besar maupun kecil..
Motor ga smuanya pake fuel filter, udah gitu namanya juga motor biasa, ekonomis, pastinya pake BBM juga yang ekonomis..
Pasti bakal terjadi penimbunan kotoran di mangkok karbu dan Main+Pilot Jet (Spuyer2)...
Nah untuk TS, kalo karbu vacuum ga smuanya dibongkar..
cuma mangkok + Spuyernya..
selama ini yang saya tau ya..
dari bengkel resmi sampe bengkel pinggiran jalan, bahkan saya pribadi..
Saya bakal bongkar yang namanya karbu kalo lagi servis baik besar maupun kecil..
Motor ga smuanya pake fuel filter, udah gitu namanya juga motor biasa, ekonomis, pastinya pake BBM juga yang ekonomis..
Pasti bakal terjadi penimbunan kotoran di mangkok karbu dan Main+Pilot Jet (Spuyer2)...
Nah untuk TS, kalo karbu vacuum ga smuanya dibongkar..
cuma mangkok + Spuyernya..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 444
- Joined: Tue Jan 29, 2008 1:10
Re: sering bongkar pasang karbu
Yup betul..
Kalo motor kan yg servis pasti bongkar karbu yang utama, karena pasti ada kotoran bensin yang mengendap di karbu..
Kalo motor kan yg servis pasti bongkar karbu yang utama, karena pasti ada kotoran bensin yang mengendap di karbu..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1214
- Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
- Location: -=SURABAYA=-
Re: sering bongkar pasang karbu
biasanya ada embun di drat apuyernya yg jd kerak putih2....
apalagi musim hujan gini,,, harus sering2 dibersihin....

apalagi musim hujan gini,,, harus sering2 dibersihin....

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: sering bongkar pasang karbu
gw sangat setuju pada bro Turboman itu.Turboman wrote:Kalau tidak ada masalah sebaiknya karburator tidak di bongkar2.
Utk menjaga kebersihan fuel system baiknya gunakan BBM yg bermutu / jika pakai premium gunakan fuel additive serta kondisi fuel filter selalu dimonitor berkala.
gw berpandangan: tiap bongkar karbu, packing set nya harus ganti. kl gasket yg lama dipasang lagi, kemungkinan besar akan ada kebocoran, meskipun mikro.
selain itu, dengan bongkar karbu, hampir pasti kita terangsang utk bersih2 spuyer2nya.
nah, masalahnya, seringkali niat kita bersih2 spuyer, tp malah merusaknya, meskipun secara mikro pula, tidak kasat mata.
apalagi kalau bersihinnya menggunakan "special tools" semacam kawat dari kabel dsb.
soalnya spuyer2 itu dibuat dari bahan yg "lemah"......
padahal, tingkat presisi spuyer2 itu benar2 signifikan dan krusial.
ini bisa logis dilihat dari perbedaan harga gluntungan karbu genuine & afterarket yg beda jauuuuh.
soalnya: ada pada tingkat presisi-nya.
itulah kenapa tetep ada perbedaan performa yg gw rasakan, kl gw lagi bokek, lalu terpaksa beli karbu "palsu"...heheh
itu cerita2, dr pengalaman gw ndiri, yg dulunya jg suka bongkar2 karbu, tp akhirnya malah mempercepat failure.
oleh krn itu, buat motor2 gw, selalu gw larang mekanik utk buka karbunya....
utk bersih2 saluran yg bikin brebet, dengan carbuartor-cleaner-spray itu udah sangat sangat cukup.
jangan salah, spray2 itu daya bersihnya sangat kuat loh.....
kalau memang suatu saat didiagnosis maslahnya ada pada jet2 itu, ganti saja dg kit yg genuine...
toh belum tentu setahun sekali...jadi tidak terlalu berasa mahal.
begitu kan bro?...hehehe
........

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: sering bongkar pasang karbu
carb cleaner yg bentuknya spray itu bukannya justru mengendapkan kotoran di mangkuk karbu?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: sering bongkar pasang karbu
IMO... itu "kerak" yg digerus sama spray, bisa dibilang, ukurannya mikron bro.
please jgn bayangkan kerak yg kaya karang gigi kita itu....hahahah.
jd kalaupun "rontok", akan larut dlm bensin...jd kalaupun tersedot ke ruang bakar pun gak akan masalah.
emulsinya akan terbakar disana.... done.....apalgi ditambah dgn sedikit "italian tuning".
so, dijamin bakalan brebet-free deh....heheheh
selain itu, ada baut drainase di bagian bawah mangkuk bensin, yg memang dibikin dg fungsi utk mengeluarkan kotoran2 ringan yg berlebih: misalnya air/lumpur/endapan lainnya.
tentu saja, ini dalam kasus gw, yg rawatannya relatip rajin....berkala.
jadi, mana pernah ada kerak yg kasat mata.
kalau ada karbu nya bro's yg sampai ada kerak dg ukuran besar, berarti itu dah lama gak dirawat...
beda kasus doonk... nah, kl sampe segitu sih, mending ganti karbu kit... bersihin seperlunya saja, dg sangat hati2...mending paranoid drpd menyesal...
klau cuma kerak "diluar jalur" bahan bakar sih, gak dibersihin juga gpp...
nah, stelah diganti kit gitu, maka silakan lebh rajin spray2....

please jgn bayangkan kerak yg kaya karang gigi kita itu....hahahah.
jd kalaupun "rontok", akan larut dlm bensin...jd kalaupun tersedot ke ruang bakar pun gak akan masalah.
emulsinya akan terbakar disana.... done.....apalgi ditambah dgn sedikit "italian tuning".
so, dijamin bakalan brebet-free deh....heheheh
selain itu, ada baut drainase di bagian bawah mangkuk bensin, yg memang dibikin dg fungsi utk mengeluarkan kotoran2 ringan yg berlebih: misalnya air/lumpur/endapan lainnya.
tentu saja, ini dalam kasus gw, yg rawatannya relatip rajin....berkala.
jadi, mana pernah ada kerak yg kasat mata.
kalau ada karbu nya bro's yg sampai ada kerak dg ukuran besar, berarti itu dah lama gak dirawat...
beda kasus doonk... nah, kl sampe segitu sih, mending ganti karbu kit... bersihin seperlunya saja, dg sangat hati2...mending paranoid drpd menyesal...
klau cuma kerak "diluar jalur" bahan bakar sih, gak dibersihin juga gpp...
nah, stelah diganti kit gitu, maka silakan lebh rajin spray2....



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: sering bongkar pasang karbu
sebentar bro andy1800..
mau nanya nih..
dah pernah bongkar karbu motor sendiri?
-cumapengentauaja-
mau nanya nih..
dah pernah bongkar karbu motor sendiri?
-cumapengentauaja-
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: sering bongkar pasang karbu
dikasih tau deh nih bro..... heheheheh...r1210g wrote:-cumapengentauaja-
spt yg gw kemukakan sebelumnya ini
bahkan, barusan... spt yg gw bilang di>>> Hal - hal unik di seputar kendaraan http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=125itu cerita2, dr pengalaman gw ndiri, yg dulunya jg suka bongkar2 karbu, tp akhirnya malah mempercepat failure.
oleh krn itu, buat motor2 gw, selalu gw larang mekanik utk buka karbunya....
utk bersih2 saluran yg bikin brebet, dengan carbuartor-cleaner-spray itu udah sangat sangat cukup.
jangan salah, spray2 itu daya bersihnya sangat kuat loh.....
itu karbu dual barrel nya pug 505 yg udah bobo' selama 4 tahun lebih pun bahkan nggak perlu gw bongkar2.... n there's no problem at all..
begitulah pengasihtauannya bro Rio.....

............

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: sering bongkar pasang karbu
hohoho..
sebenarnya yang saya tau, namanya juga benda yang ada gerakannya pasti ada kerusakan mikro..
Kalo buat saya, saya lebih pilih bongkar pasang pas servis secara normal..
normal disini maksudnya dengan jangka waktu yang pas dan proses servis yang baik dan benar..
Saya setiap waktunya servis, saya bongkar sendiri karbunya, nah yang terjadi spuyer itu tersumbat dan harus disemprot dengan kompresor.. abis itu baru plong..
lalu di mangkuk terjadi penumpukan semacam "pasir" yang berasal dari berbagai tempat terutama dari bensin..
Kalo cuma membuka selang buang di mangkok, kotoran di mangkok ga bakal ilang, soalnya dah nempel di dasar, dan musti sedikit diberi tekanan.. bisa pake kuas atau kompresor tadi..
tau apa yang terjadi kalo terus menerus pasirnya numpuk?
ya silahkan dipikirkan..
kalo pake carb cleaner, semprotannya cuma numpang lewat di venturi ama skep trus masuk ke ruang bakar, ga bakal masuk ke mangkuk dan ke spuyer2nya..
jadi carb cleaner sebenarnya dipakai buat bersihin karbu mobil yang kalo bongkarnya musti orang2 khusus yang udah apal mati komponen2nya..
nah kalo dimotor yang karbunya sederhana, lebih maksimal kerjanya kalo dibongkar..
sebenarnya ga bisa dibandingin juga tuh karbu mobil ama motor.. cukup beda jauh...
paking mangkok karbu juga terbuat dari kertas, yang cukup kuat nahan bensin dan bisa dipakai lagi kalo memang hati2 bongkarnya..
jadi ga setiap kali bongkar musti ganti paking, kalo di mobil setau saya memang dari karet, jadi kalo udah bongkar musti ganti..
sebenarnya yang saya tau, namanya juga benda yang ada gerakannya pasti ada kerusakan mikro..
Kalo buat saya, saya lebih pilih bongkar pasang pas servis secara normal..
normal disini maksudnya dengan jangka waktu yang pas dan proses servis yang baik dan benar..
Saya setiap waktunya servis, saya bongkar sendiri karbunya, nah yang terjadi spuyer itu tersumbat dan harus disemprot dengan kompresor.. abis itu baru plong..
lalu di mangkuk terjadi penumpukan semacam "pasir" yang berasal dari berbagai tempat terutama dari bensin..
Kalo cuma membuka selang buang di mangkok, kotoran di mangkok ga bakal ilang, soalnya dah nempel di dasar, dan musti sedikit diberi tekanan.. bisa pake kuas atau kompresor tadi..
tau apa yang terjadi kalo terus menerus pasirnya numpuk?
ya silahkan dipikirkan..
kalo pake carb cleaner, semprotannya cuma numpang lewat di venturi ama skep trus masuk ke ruang bakar, ga bakal masuk ke mangkuk dan ke spuyer2nya..
jadi carb cleaner sebenarnya dipakai buat bersihin karbu mobil yang kalo bongkarnya musti orang2 khusus yang udah apal mati komponen2nya..
nah kalo dimotor yang karbunya sederhana, lebih maksimal kerjanya kalo dibongkar..
sebenarnya ga bisa dibandingin juga tuh karbu mobil ama motor.. cukup beda jauh...
paking mangkok karbu juga terbuat dari kertas, yang cukup kuat nahan bensin dan bisa dipakai lagi kalo memang hati2 bongkarnya..
jadi ga setiap kali bongkar musti ganti paking, kalo di mobil setau saya memang dari karet, jadi kalo udah bongkar musti ganti..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: sering bongkar pasang karbu
hahahaha....ya ya....seep..seep bro....
jadi, biar yg pada baca minimal punya dua pilihan ini ya....

jadi, biar yg pada baca minimal punya dua pilihan ini ya....


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Mon Jul 09, 2007 6:25
Re: sering bongkar pasang karbu
kayanya kesimpulannya :
- pilih bbm yang bagus, sehingga kebersihan karbu relatif lebih terjaga dalam waktu lama
- servis dengan buka karbu bisa dilakukan dalam interval yang lebih lama, misal setahun sekali?
- servis yang deket-deket, misal tiap bulan atau 3 bulan cukup pake carb cleaner...
- pilih bbm yang bagus, sehingga kebersihan karbu relatif lebih terjaga dalam waktu lama
- servis dengan buka karbu bisa dilakukan dalam interval yang lebih lama, misal setahun sekali?
- servis yang deket-deket, misal tiap bulan atau 3 bulan cukup pake carb cleaner...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Fri Jan 25, 2008 6:31
- Location: Belakang Rumah
Re: sering bongkar pasang karbu
bro..mangsudnye italian tuning apa?andy1800 wrote:IMO... itu "kerak" yg digerus sama spray, bisa dibilang, ukurannya mikron bro.
please jgn bayangkan kerak yg kaya karang gigi kita itu....hahahah.
jd kalaupun "rontok", akan larut dlm bensin...jd kalaupun tersedot ke ruang bakar pun gak akan masalah.
emulsinya akan terbakar disana.... done.....apalgi ditambah dgn sedikit "italian tuning".
so, dijamin bakalan brebet-free deh....heheheh
selain itu, ada baut drainase di bagian bawah mangkuk bensin, yg memang dibikin dg fungsi utk mengeluarkan kotoran2 ringan yg berlebih: misalnya air/lumpur/endapan lainnya.
tentu saja, ini dalam kasus gw, yg rawatannya relatip rajin....berkala.
jadi, mana pernah ada kerak yg kasat mata.
kalau ada karbu nya bro's yg sampai ada kerak dg ukuran besar, berarti itu dah lama gak dirawat...
beda kasus doonk... nah, kl sampe segitu sih, mending ganti karbu kit... bersihin seperlunya saja, dg sangat hati2...mending paranoid drpd menyesal...
klau cuma kerak "diluar jalur" bahan bakar sih, gak dibersihin juga gpp...
nah, stelah diganti kit gitu, maka silakan lebh rajin spray2....
![]()
![]()
--kojo dapek Rp 1,000 ndak kojo dapek Rp 500 kojo ndak kojo dapek Rp 1,500--
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: sering bongkar pasang karbu
Mangsute gas ditarik sampe rpm-nya mentog.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 528
- Joined: Tue Aug 19, 2008 4:39
Re: sering bongkar pasang karbu
bonkar karbu kayaknya perlu juga, kemaren bebek gue yg non vakum, udah lama gak dipake, pas dinyalain brebet and mati mulu, abis gue bongkar, lancar lagi tuh, sekalian juga bongkar air filternya, busanya gue rendem air, udah bedebu banget, jarang service sih kalo yg bebek ini. eh pas dinyalain lancar loh bebeknya.....en jadi paham juga cara kerja karbu biasa, yg gas narik jarum skep.
pengen coba bongkar karbu vakum, tapi belom sempet nih (belom berani juga sih), keliatannya lebih ribet yah, letaknya dibelakang sih, apa mending copot mangkuknya aja kalo mau nyopotin spuyer???? tapi gimana caranya, sekrup mangkuknya kan dibawah, obeng gak muat dong....
pengen coba bongkar karbu vakum, tapi belom sempet nih (belom berani juga sih), keliatannya lebih ribet yah, letaknya dibelakang sih, apa mending copot mangkuknya aja kalo mau nyopotin spuyer???? tapi gimana caranya, sekrup mangkuknya kan dibawah, obeng gak muat dong....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
Re: sering bongkar pasang karbu
TS-NYA KEMANA????
Please respond donk broder TS!!!!
Please respond donk broder TS!!!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: sering bongkar pasang karbu
Masih bingung.. harus bongkar ato cukup pake carb cleaner... 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 528
- Joined: Tue Aug 19, 2008 4:39
Re: sering bongkar pasang karbu
he..he udah dibongkar kemaren, walo gue salah gak nyopot air filter, browse2, ada cara bongkarnya buat karbu vakum.
Removing the carburetors :
-Drain the carbs by unscrewing the drain screws located at the lower right backside of the carbs (off kan fuel dulu, lalu buang bensin di dalem karbu)
-Remove the top and side covers. (dummy top and scoops). (copot tangki, and tutup samping)
-Loosen the airbox joint and remove the crankcase hose and airbox. (longgarkan sekrup karet airbox, and copot airbox)
-Disconnect the fuel and vacuum hose. (copot kabel fuel)
-Remove the plastic chrome covers (kayaknya gak ada di p200)
-Loosen the band clamps that hold the carburetors onto the rubber boots which are mounted on the manifolds. (copot pengencang karet, didepan dan belakang)
-Remove the left side electrical component board (copot kabel elektrik sebelahnya per gas)
-Grab hold of diaphram covers and pull, first one corner, then the other to pop the carburetor flanges out of the connecting tubes (copot karbu bagian depan dari karet)
-Disconnect the throttle cable (copot kabel gas, besi murnya dulu copot dari karbu, trus puter karbunya, copot deh ujung kabel gas)
ps:ini oleh2 gambarnya.


Removing the carburetors :
-Drain the carbs by unscrewing the drain screws located at the lower right backside of the carbs (off kan fuel dulu, lalu buang bensin di dalem karbu)
-Remove the top and side covers. (dummy top and scoops). (copot tangki, and tutup samping)
-Loosen the airbox joint and remove the crankcase hose and airbox. (longgarkan sekrup karet airbox, and copot airbox)
-Disconnect the fuel and vacuum hose. (copot kabel fuel)
-Remove the plastic chrome covers (kayaknya gak ada di p200)
-Loosen the band clamps that hold the carburetors onto the rubber boots which are mounted on the manifolds. (copot pengencang karet, didepan dan belakang)
-Remove the left side electrical component board (copot kabel elektrik sebelahnya per gas)
-Grab hold of diaphram covers and pull, first one corner, then the other to pop the carburetor flanges out of the connecting tubes (copot karbu bagian depan dari karet)
-Disconnect the throttle cable (copot kabel gas, besi murnya dulu copot dari karbu, trus puter karbunya, copot deh ujung kabel gas)
ps:ini oleh2 gambarnya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 261
- Joined: Sat Sep 20, 2008 10:37
Re: sering bongkar pasang karbu
menurut ane sering bongkar pasang karbu aman2 aja kok, asal pas ngelepas PJ + MJ serta nymabung k selang bensinnya ga kasar2 amat, selain itu mbersihin nya jg ga asal2an pake kuas sikat gigi yg udah belel
"Those friends thou hast, and their adoption tried,
Grapple them to thy soul with hoops of steel;
But do not dull thy palm with entertainment
Of each new-hatch'd, unfledg'd comrade."
- William Shakespeare
Grapple them to thy soul with hoops of steel;
But do not dull thy palm with entertainment
Of each new-hatch'd, unfledg'd comrade."
- William Shakespeare
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 528
- Joined: Tue Aug 19, 2008 4:39
Re: sering bongkar pasang karbu
aman kok yg vakum asal gak dibongkar atasnya, karetnya gak bakal rusak. kalo cuma kuras bensin, and liat pj, mj, bawahnya aja yg dicopot.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 261
- Joined: Sat Sep 20, 2008 10:37
Re: sering bongkar pasang karbu
@ saritem : byk yg bilang jg sih bro, klo karbu vakuum rentan alias sensitif
"Those friends thou hast, and their adoption tried,
Grapple them to thy soul with hoops of steel;
But do not dull thy palm with entertainment
Of each new-hatch'd, unfledg'd comrade."
- William Shakespeare
Grapple them to thy soul with hoops of steel;
But do not dull thy palm with entertainment
Of each new-hatch'd, unfledg'd comrade."
- William Shakespeare
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 528
- Joined: Tue Aug 19, 2008 4:39
Re: sering bongkar pasang karbu
@vlo: he..he itu kan yg gak ngerti, sebenarnya setelah gue liat2 karbu vakum lebih bagus kok, artinya dia itu mengotomatiskan kerja jarum skep, tangan jadi gak pegel harus gerak2in gas terus, cukup pegang konstan di tempat tertentu, contoh pas mau maju awal dari berhenti, kita tahan aja di rpm 2000/3000 pertama agak lambat, lama lama makin kuat tuh motor maju, itu karena kerja jarum skepnya yg naik sendiri sesuai dengan tekanan angin.