All About Hyundai H1
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: All About Hyundai H1
iya, vw transporter 11 seater, tapi Fwd.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: All About Hyundai H1
kalo full loaded 12 org and pnh brg nanjak ga y di tanjakan curam??
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 347
- Joined: Mon Apr 30, 2007 5:20
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: All About Hyundai H1
Ya VW Transporter dan nissan Serena pesaing paling tepat untuk H1, cuma kedua model ini FWDGTR wrote:iya, vw transporter 11 seater, tapi Fwd.
Get home safe, respect road rules !
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 347
- Joined: Mon Apr 30, 2007 5:20
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: All About Hyundai H1
Mungkin masih bisa kali ya, karna mesin cukup kuat 2400cc.HilmanZ wrote:kalo full loaded 12 org and pnh brg nanjak ga y di tanjakan curam??
Get home safe, respect road rules !
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Re: All About Hyundai H1
Keliatannya cukup bagus nih mobil.... kalo ga perlu 12 kursi tinggal ambil yg 9 dengan ruang yg lebih lega dari Serena. Bisa tambah audio-video systems sendiri...
Anyway, Hyundai H-1 generasi pertama (H-1 Starex) adalah berbasis Mitsubishi Delica, mesinnya 2.5l turbodiesel. Kalo di Delica Spacegear, mesin 2.5 liter turbodieselnya serupa dengan L200 (4D56).

Anyway, Hyundai H-1 generasi pertama (H-1 Starex) adalah berbasis Mitsubishi Delica, mesinnya 2.5l turbodiesel. Kalo di Delica Spacegear, mesin 2.5 liter turbodieselnya serupa dengan L200 (4D56).

Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Test Drive H-1 di Sen Ci
Test Drive H-1 di Sen Ci :
Saat pertama di gas terasa enteng, mobil mudah utk bergerak, tetapi saat ditarik terasa mesin bekerja 1/2 mati menarik body yg besar, juga dengung suara mesin & exhaust cukup terdengar di dalam kabin.
Mungkin apa gara2 dikasih bensin premium yach ?
Tetapi utk steering / manuver dalam kota sih oke, kita spt. nggak ngerasa bawa mobil seukuran A380
CMIIW
Saat pertama di gas terasa enteng, mobil mudah utk bergerak, tetapi saat ditarik terasa mesin bekerja 1/2 mati menarik body yg besar, juga dengung suara mesin & exhaust cukup terdengar di dalam kabin.
Mungkin apa gara2 dikasih bensin premium yach ?
Tetapi utk steering / manuver dalam kota sih oke, kita spt. nggak ngerasa bawa mobil seukuran A380
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 347
- Joined: Mon Apr 30, 2007 5:20
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: All About Hyundai H1
Wah bung Turboman sudah test drive H1 neh, sapa lagi yg uda, review dong.
Get home safe, respect road rules !
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Fri May 18, 2007 4:45
Re: All About Hyundai H1
setw saya, di aussie nih mbl ngak termasuk mbl mewah...di jual cm buat angkut bgr aja gt.. ngak tw kok di indo positioning nya katanya bt nyaingin alphard ama elysion dengan hrg lebih murah..emng bs y?i doubt about it..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: All About Hyundai H1
sebenernya bukan utk vs Alphard dan Ellysion, tp sepertinya utk mengisi kelas antara Pregio s/d Transporter..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: All About Hyundai H1
waduh..msa buad nyaingin Alphard?? msh jauh banget kelas nya.kl di tengah2 pregio ma Transporter itu plg pas dengan segmentasi harga H1..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: All About Hyundai H1
Mungkin maksudnya untuk nyaingin Alphard dari segi kelegaan / daya tampungnya. Kalau dari segi2 lainnya masih jauh.
Iya setuju sama SMers diatas kalau H1 ini untuk mengisi kelas antara KIA Pregio dan VW Transporter jika diliat dari rentang harganya.
Iya setuju sama SMers diatas kalau H1 ini untuk mengisi kelas antara KIA Pregio dan VW Transporter jika diliat dari rentang harganya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: All About Hyundai H1
^^ dari rentang harga memang dibawah alphard, tapi dari bentuk bodi (dan mungkin optional) udah bisa dibilang sekelas alphard/caravelle, cuma gak tau deh soal kualitas mesin/kabin/material bodi dan pengendaraan......apakah bisa bersaing dengan kedua pemain lama? 

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: All About Hyundai H1
IMHO :
Dari pengamatan sekilas saat test drive maka kalau mobil ini mau nyaman peredam tambahan wajib diaplikasikan, sebab dengung suara mesin & exhaust cukup terdengar di dalam kabin.
Utk mesin, jelas butuh "sentuhan light tuning" kalau mau enak.
Utk hal2 lainnya belum diketahui berhubung trek utk test sgt pendek.
CMIIW
Dari pengamatan sekilas saat test drive maka kalau mobil ini mau nyaman peredam tambahan wajib diaplikasikan, sebab dengung suara mesin & exhaust cukup terdengar di dalam kabin.
Utk mesin, jelas butuh "sentuhan light tuning" kalau mau enak.
Utk hal2 lainnya belum diketahui berhubung trek utk test sgt pendek.
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
Re: All About Hyundai H1
Kayaknya ga akan bisa, target dari H1 ini sendiri kan untuk kendaraan niaga atau transportasi orang banyak. Sedangkan Alphard lebih menjurus ke mobil keluarga dan lebih mengutamakan sisi kenyamanan.Risol1 wrote:^^ dari rentang harga memang dibawah alphard, tapi dari bentuk bodi (dan mungkin optional) udah bisa dibilang sekelas alphard/caravelle, cuma gak tau deh soal kualitas mesin/kabin/material bodi dan pengendaraan......apakah bisa bersaing dengan kedua pemain lama?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Fri Mar 14, 2008 8:19
H-1
rekan2s , kemaren saya liat udah ada yg bawa
Hyundai H-1 , kalo saya liat keren juga , mirip2
ama Nissan Elgrand. mungkin rekans2 udah ada
yang nyoba gitoe atau jangan2 udah ada di dalam garasi. (kl gw masih dalam mimpi)
mungkn bisa share tentang H-1 ini , karena pas launching aja katanya udah laku 11
Thanks
Hyundai H-1 , kalo saya liat keren juga , mirip2
ama Nissan Elgrand. mungkin rekans2 udah ada
yang nyoba gitoe atau jangan2 udah ada di dalam garasi. (kl gw masih dalam mimpi)
mungkn bisa share tentang H-1 ini , karena pas launching aja katanya udah laku 11
Thanks
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
Re: H-1
Karena udah dibahas, maka topic H1 daripada bukeksiansu, saya merge kesini ya....bukeksiansu wrote:rekan2s , kemaren saya liat udah ada yg bawa
Hyundai H-1 , kalo saya liat keren juga , mirip2
ama Nissan Elgrand. mungkin rekans2 udah ada
yang nyoba gitoe atau jangan2 udah ada di dalam garasi. (kl gw masih dalam mimpi)
mungkn bisa share tentang H-1 ini , karena pas launching aja katanya udah laku 11
Thanks

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Hyundai H-1 : MPV Bongsor, kelas 315 jt
*pranota: gue enggak jualan. titik.
gimana tanggapan bro's semua ttg MPV kelas bongsor ini:
Hyundai H-1
*dari berbagai sumber.
*salah satunya: artikel Mr. Raju Febrian
*sumber foto, beberapa jg atas kebajikan dari Mr. Raju Febrian.
HARGA:
- Rp 315 juta (A/T 9 seater)
- Rp 330 juta (A/T 12 seater)
- Rp 299 juta (M/T 9 seater)
TYPE:
- sementara ini konfigurasi jok yg tersedia adlh 9-seater dan 12-seater....
- dan sedang dipikirkan utk bikin yg 7-seater.
- Nampaknya yg dipasarkan di indonesia hanya yg type Wagon (mobil penumpang) itu saja.
- sedangkan yg type Van (Cargo) tidak dijual disini. Mungkin utk menjaga citranya yg diposisikan sbg MPV Premium
POWER PLANT:
#
mesin bensin 2400 cc 16 valve DOHC (2.4 MPI) adl satu2nya yg tersedia di indo....
227 Nm @4200 rpm
174 PS @6000 rpm
#
meskipun aslinya, tersedia diesel 2.5 TCI
226 Nm @2000 rpm
101 ps @3800 rpm
#
yg juga tidak masuk indonesia adlh top of the line diesel engine nya: A-2.5 CRDi
392 Nm @2500 rpm
172 PS @3800 rpm
DIMENSION:
Panjangnya mencapai 5.125 mm hanya kalah 165 mm dari Volkswagen Transporter LWB (terpanjang).
Tingginya 1.925 mm dan lebar 1.920 mm malah merupakan yang terlebar di kelasnya.
Meskpun begitu, Turning Radiusnya masih masuk akal.


bandingkan dg Alphard
...............183 cm....x....193.5 cm...............................484.5 cm........................
atau Caravelle

dan ini Transporter LWB itu

bensin engine ini adl satu2nya yg digunakan di indo....
227 Nm @4200 rpm
174 PS @6000 rpm

konfigurasi joknya bisa 9-seater ataupun 12-seater.... sedang dipikirkan utk bikin yg 7-seater:
kemungkinan besar, di indo pada suka yg 9-seater ini:



tp sebagai pembanding, here's the 12-seater:

dan beginilah tampilannya:



Nampaknya yg dipasarkan di indonesia adl yg type Wagon (mobil penumpang) itu saja.
sedangkan yg type Van (Cargo) tidak dijual disini. mungkin utk menjaga citranya yg diposisikan sbg MPV Premium.
FYI, yg type Cargo tampilannya spt ini:

gimana tanggapan bro's semua ttg MPV kelas bongsor ini:
Hyundai H-1
*dari berbagai sumber.
*salah satunya: artikel Mr. Raju Febrian
*sumber foto, beberapa jg atas kebajikan dari Mr. Raju Febrian.
HARGA:
- Rp 315 juta (A/T 9 seater)
- Rp 330 juta (A/T 12 seater)
- Rp 299 juta (M/T 9 seater)
TYPE:
- sementara ini konfigurasi jok yg tersedia adlh 9-seater dan 12-seater....
- dan sedang dipikirkan utk bikin yg 7-seater.
- Nampaknya yg dipasarkan di indonesia hanya yg type Wagon (mobil penumpang) itu saja.
- sedangkan yg type Van (Cargo) tidak dijual disini. Mungkin utk menjaga citranya yg diposisikan sbg MPV Premium
POWER PLANT:
#
mesin bensin 2400 cc 16 valve DOHC (2.4 MPI) adl satu2nya yg tersedia di indo....
227 Nm @4200 rpm
174 PS @6000 rpm
#
meskipun aslinya, tersedia diesel 2.5 TCI
226 Nm @2000 rpm
101 ps @3800 rpm
#
yg juga tidak masuk indonesia adlh top of the line diesel engine nya: A-2.5 CRDi
392 Nm @2500 rpm
172 PS @3800 rpm
DIMENSION:
Panjangnya mencapai 5.125 mm hanya kalah 165 mm dari Volkswagen Transporter LWB (terpanjang).
Tingginya 1.925 mm dan lebar 1.920 mm malah merupakan yang terlebar di kelasnya.
Meskpun begitu, Turning Radiusnya masih masuk akal.


bandingkan dg Alphard
...............183 cm....x....193.5 cm...............................484.5 cm........................
atau Caravelle

dan ini Transporter LWB itu

bensin engine ini adl satu2nya yg digunakan di indo....
227 Nm @4200 rpm
174 PS @6000 rpm

konfigurasi joknya bisa 9-seater ataupun 12-seater.... sedang dipikirkan utk bikin yg 7-seater:
kemungkinan besar, di indo pada suka yg 9-seater ini:



tp sebagai pembanding, here's the 12-seater:

dan beginilah tampilannya:



Nampaknya yg dipasarkan di indonesia adl yg type Wagon (mobil penumpang) itu saja.
sedangkan yg type Van (Cargo) tidak dijual disini. mungkin utk menjaga citranya yg diposisikan sbg MPV Premium.
FYI, yg type Cargo tampilannya spt ini:

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
Re: Hyundai H-1 : MPV Bongsor, kelas 315 jt
Topik ini sudah ada bahasan... karena dari itu, saya merge aja ya....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: All About Hyundai H1
naaaah...sip2....betul begitu....thanks bro....
makanya gw search dg keyword H1 gak bisa...search 2 huruf doang gak boleh.... hahahaha
lagipula, ternyata ada di katagori Minibus ya....
wah, emang udah makin rancu, katagori Minibus & MPV..
......
.........

makanya gw search dg keyword H1 gak bisa...search 2 huruf doang gak boleh.... hahahaha
lagipula, ternyata ada di katagori Minibus ya....
wah, emang udah makin rancu, katagori Minibus & MPV..
......

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1401
- Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14
Re: All About Hyundai H1
Ada rencana Hyundai Indonesia mau masukin versi dieselnya.GTR wrote:interiornya spt apa yah. kenapa ga masuk yg diesel aja ya
Lay out mesinnya apa ya?
FF or FR or MR(Mesin Kolong + RWD) ?
Mesin yg dipakai 2.5 CRDi A/T
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: All About Hyundai H1
sebagai penggemar mobil bongsor, yg bisa dipakai buat salto didalamnya, gw tertarik juga dg varian terbaru H-1 yg dilontarkan di IIMS kemaren.
Hyundai H1 XG
dikonsepkan sbg: premiun 6-seater...meskipun mgkin bisa mengakomodir + 2 (jok) kecil2 ditengah (bisa nggak ya?...lupa).
dg 355 jt, byk yg pikir: harganya krg dr separoh alphard, tp udah dpt kemewahan lbh dr 1/2 alphard.
nampaknya price positioningnya adalah poin positif terkuat, yg bisa menyedot bnyak peminat.
terbukti dengan banyaknya inden yg udah masuk list: 80 pembeli !!!
knapa msh boleh ditargetkan bg pasar premium di IDM ? ..krn nampaknya HMI masih kuat hati utk nggak memasukkan varian H1 Cargo, yg sbnarnya ada.
jadi, yg dimaksdu premium disini sebenarnya adlh premium tanggung...
ini berbeda dg Alphard atau Vellefire, bahkan Serena, yg memang nggak akan dibikin versi Cargo nya.
Coba kalau Alphard dibikin versi Cargo nya...sudah pasti (di Ina) akan rusak imagenya.
sedangkan H1, kalau diluaran banyak dipasarkan utk Cargo..
mgkin byk calon konsumen yg nggak tau itu...entah apa reaksi para peng-inden itu, kalau mengetahuinya nanti.
Mobil niaga, tapi di IDM dipasarkan sebagai people carrier (ini spt awal kemunculan kijang) ...dan diposisikan pd kelas Premium.....
that's why itu gw sebut: akal2an marketting yg berani, meskipun agak naif jg.
urusan positioning target konsumen ini membuat H1 XG ini mengantongi poin negatif: tidak bercitra.
terlepas dari hal-ihwal image itu, modifikasi dr cargo menjadi premium people carrier ini cukup bagus.
tampak depan udah di-alphard2-kan....sedangkan jok dirancang dg rel sliding yg 1/2...tidak full memanjang sampai blkg.
namun itu sudah cukup utk memberikan ruang penumpang yg lega ala big top....
terlihat pd pic yg bawah...kiri: leg space kalau jok row ke-2 & ke-3 di-slide sejauh mungkin
sedangkan pic kanan: adalah ruang (bagasi) di belakang row-3 yg masih tersisa cukup luas utk luggage kita.
built material bagus....
kualitas perakitan jg bagus...pintu2 hanya diperlukan daya yg enteng saja utk menutupnya, dg suara cukup lembut: zhebbbb, bukan brakkkk.....
heuheheeh


Hyundai H1 XG
dikonsepkan sbg: premiun 6-seater...meskipun mgkin bisa mengakomodir + 2 (jok) kecil2 ditengah (bisa nggak ya?...lupa).
dg 355 jt, byk yg pikir: harganya krg dr separoh alphard, tp udah dpt kemewahan lbh dr 1/2 alphard.
nampaknya price positioningnya adalah poin positif terkuat, yg bisa menyedot bnyak peminat.
terbukti dengan banyaknya inden yg udah masuk list: 80 pembeli !!!
knapa msh boleh ditargetkan bg pasar premium di IDM ? ..krn nampaknya HMI masih kuat hati utk nggak memasukkan varian H1 Cargo, yg sbnarnya ada.
jadi, yg dimaksdu premium disini sebenarnya adlh premium tanggung...
ini berbeda dg Alphard atau Vellefire, bahkan Serena, yg memang nggak akan dibikin versi Cargo nya.
Coba kalau Alphard dibikin versi Cargo nya...sudah pasti (di Ina) akan rusak imagenya.
sedangkan H1, kalau diluaran banyak dipasarkan utk Cargo..
mgkin byk calon konsumen yg nggak tau itu...entah apa reaksi para peng-inden itu, kalau mengetahuinya nanti.
Mobil niaga, tapi di IDM dipasarkan sebagai people carrier (ini spt awal kemunculan kijang) ...dan diposisikan pd kelas Premium.....
that's why itu gw sebut: akal2an marketting yg berani, meskipun agak naif jg.
urusan positioning target konsumen ini membuat H1 XG ini mengantongi poin negatif: tidak bercitra.
terlepas dari hal-ihwal image itu, modifikasi dr cargo menjadi premium people carrier ini cukup bagus.
tampak depan udah di-alphard2-kan....sedangkan jok dirancang dg rel sliding yg 1/2...tidak full memanjang sampai blkg.
namun itu sudah cukup utk memberikan ruang penumpang yg lega ala big top....
terlihat pd pic yg bawah...kiri: leg space kalau jok row ke-2 & ke-3 di-slide sejauh mungkin
sedangkan pic kanan: adalah ruang (bagasi) di belakang row-3 yg masih tersisa cukup luas utk luggage kita.
built material bagus....
kualitas perakitan jg bagus...pintu2 hanya diperlukan daya yg enteng saja utk menutupnya, dg suara cukup lembut: zhebbbb, bukan brakkkk.....
heuheheeh


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: All About Hyundai H1
yg model 3 baris, kursi baris keduanya yg bisa ditekuk(utk akses penumpang ke baris ke-3), terbalik = sebelah kanan, masih akan direvisi ke kursi yg kiri.
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Fri Jul 06, 2007 4:50
Re: All About Hyundai H1
Halo, kantor saya baru terima H1-12 seater minggu lalu.
Setelah mengamati interiornya, ijinkan saya menambahkan beberapa hal:
1. Jendela samping bukan rolling windows, tidak bisa dibuka secara vertikal (naik turun). Jika perlu udara segar, jendela hanya bisa didorong keluar (1 sisi) 7 cm. Seperti bemo jaman dulu lah, tidak ada bedanya jendela buka atau tutup.
2. Cargo belakang sempit. Meskipun kursi baris 4 (bagian pantat) dapat ditekuk keatas dan digeser kedepan, majunya hanya 20-25cm. Hanya muat 1 koper besar dan 1 koper carry-on, dengan posisi koper berdiri.
3. Kursi baris 2 yang dapat di slide maju mundur hanya kursi sisi driver.
4. Captain seat hanya untuk kursi baris 2 sisi driver. (=kursi slide)
Terlepas hal" diatas, H1 cukup nyaman dinikmati sebagai penumpang dan sebagai pengendara:
1. Suspensi empuk.
2. Steering handlingnya enteng, radius putarnya tidak lebar" amat.
3. Kursi tengah baris 2 & 3 mudah dilipat untuk buka jalan bagi penumpang masuk-keluar.
Masalh tarikan tenaga dan konsumsi bbm masih belum cukup waktu dan jarak untuk analisa.
Pertanyaan:
Apakah ada variasi mobil yang bisa berbuat sesuatu untuk jendela samping supaya bisa di buka? Mungkin dengan memotong bagian tengah kaca dan di ganti dengan kaca geser manual? Seperti kaca jendela angkot/bis dong he he he.
Setelah mengamati interiornya, ijinkan saya menambahkan beberapa hal:
1. Jendela samping bukan rolling windows, tidak bisa dibuka secara vertikal (naik turun). Jika perlu udara segar, jendela hanya bisa didorong keluar (1 sisi) 7 cm. Seperti bemo jaman dulu lah, tidak ada bedanya jendela buka atau tutup.
2. Cargo belakang sempit. Meskipun kursi baris 4 (bagian pantat) dapat ditekuk keatas dan digeser kedepan, majunya hanya 20-25cm. Hanya muat 1 koper besar dan 1 koper carry-on, dengan posisi koper berdiri.
3. Kursi baris 2 yang dapat di slide maju mundur hanya kursi sisi driver.
4. Captain seat hanya untuk kursi baris 2 sisi driver. (=kursi slide)
Terlepas hal" diatas, H1 cukup nyaman dinikmati sebagai penumpang dan sebagai pengendara:
1. Suspensi empuk.
2. Steering handlingnya enteng, radius putarnya tidak lebar" amat.
3. Kursi tengah baris 2 & 3 mudah dilipat untuk buka jalan bagi penumpang masuk-keluar.
Masalh tarikan tenaga dan konsumsi bbm masih belum cukup waktu dan jarak untuk analisa.
Pertanyaan:
Apakah ada variasi mobil yang bisa berbuat sesuatu untuk jendela samping supaya bisa di buka? Mungkin dengan memotong bagian tengah kaca dan di ganti dengan kaca geser manual? Seperti kaca jendela angkot/bis dong he he he.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Re: All About Hyundai H1
Sebenarnya merk mobil ato bikinan negara mana hanya maslah waktu yg akan menentukan, Di Indo org masih terlalu memikirkan resale, sebenarnya setiap mobil yg akan dibeli pas dijual akan jatuh juga harganya dan itu suatu hal yg lumrah.

Fly Like a Bird
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: All About Hyundai H1
mobil ini cocok tuk kluarga besar
dan setuju org hanya pikir resale value aja, angkta topi tuk hyundai yg sdh brani kluarin mobil mewah dan sedang, spt santa fe juga gitu waktu nantang pasar SUV amrik, ternyata banyak digemari termasuk di eropa

dan setuju org hanya pikir resale value aja, angkta topi tuk hyundai yg sdh brani kluarin mobil mewah dan sedang, spt santa fe juga gitu waktu nantang pasar SUV amrik, ternyata banyak digemari termasuk di eropa
