Hasil (mengerikan) crash test sedan China
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Wed Oct 12, 2005 5:58
coba check aja tunggangan kita, ada gak disini..
http://www.internetautoguide.com/crash-tests/
tapi gw bingung, swift kok tahun 1992 - 1994 yah?
http://www.internetautoguide.com/crash-tests/
tapi gw bingung, swift kok tahun 1992 - 1994 yah?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Soal Honda Jazz yang jatuh dan versi malaysianya, gw rasa itu udah diluar spesifikasi kecelakaan yang diantisipasi manufaktur mobil. Wong pernah kok di China Honda Accord dihajar truk ampe bodinya kebelah dua penumpangnya selamat. Sementara S-class almarhum Lady Diana yang notabene ""mobil super" gak bisa menahan nyawa empunya. Yah, namanya memang kalau sudah "waktunya" yah... Sudah waktunya saja menghadap yang kuasa.
Minimal dengan hasil crash test kita punya tolak ukur, gak perlu harus kita tabrakin sendiri.
Minimal dengan hasil crash test kita punya tolak ukur, gak perlu harus kita tabrakin sendiri.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
suzuki emang gitu bro, contoh aja grand vitara,
vitara dulu kan sama dengan escudo, namanya aja yg dibanyakin...
swift juga sama, lewat periodenya diganti model baru, trus sekarang dibangkitkan lagi nama swift
vitara dulu kan sama dengan escudo, namanya aja yg dibanyakin...
swift juga sama, lewat periodenya diganti model baru, trus sekarang dibangkitkan lagi nama swift
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
nih perbandingan Euro NCAP mobil2.. gak selalu bobot berat n harga mahal = safe
EuroNCAP Corolla setara Honda Legend
02/03/2007) - Jangan remehkan seatbelt. EuroNCAP (Europe New Cars Assessment Programe) menegaskan seatbelt tetap jadi cara paling efektif meningkatkan perlindungan penumpang mobil.
Dalam rilis hasil uji terakhirnya, dua model Honda yang di uji, mendapat nilai maksimum untuk sistem Seat Belt Reminder (SBR) yang mencakup kursi depan dan belakang. Mobil-mobil ituu memberikan peringatan visual dan suara yang sangat jelas dan tegas ketika ada kursi yang diduduki tapi seatbelt tidak terkunci.
EuroNCAP menguji lima model baru yaitu Fiat Bravo, Honda CR-V, Honda Legend, Mitsubishi Outlander, dan Toyota Corolla.
Fiat Bravo, Toyota Corolla dan Honda Legend mendapat nilai maksimum, bintang lima untuk perlindungan penumpang dewasa. Honda CR-V dan Outlander mendapat bintang empat untuk perlindungan penumpang dewasa.
Honda Legend adalah mobil buatan Honda pertama yang mendapat bintang lima. Juga mendapat tiga bintang untuk perlindungan pedestrian, yang dilengkapi sistem perlindungan aktif yang mendeteksi kapan pedestrian tertabrak dan mengangkat bonnet, menciptakan ruang yang mencegah tubuh pedestrian membentur mesin. Corolla juga mendapat tiga bintang untuk perlindungan pedestrian.
Dibawah adalah hasil uji EuroNCAP:
Adult Occupant Protection (stars)
Child Protection (stars)
Pedestrian Protection (stars)
Fiat Bravo
5
3
2
Toyota Corolla
5
4
3
Honda CR-V
4
4
2
Mitsubishi Outlander
4
3
2
Honda Legend
5
4
3
EuroNCAP Corolla setara Honda Legend
02/03/2007) - Jangan remehkan seatbelt. EuroNCAP (Europe New Cars Assessment Programe) menegaskan seatbelt tetap jadi cara paling efektif meningkatkan perlindungan penumpang mobil.
Dalam rilis hasil uji terakhirnya, dua model Honda yang di uji, mendapat nilai maksimum untuk sistem Seat Belt Reminder (SBR) yang mencakup kursi depan dan belakang. Mobil-mobil ituu memberikan peringatan visual dan suara yang sangat jelas dan tegas ketika ada kursi yang diduduki tapi seatbelt tidak terkunci.
EuroNCAP menguji lima model baru yaitu Fiat Bravo, Honda CR-V, Honda Legend, Mitsubishi Outlander, dan Toyota Corolla.
Fiat Bravo, Toyota Corolla dan Honda Legend mendapat nilai maksimum, bintang lima untuk perlindungan penumpang dewasa. Honda CR-V dan Outlander mendapat bintang empat untuk perlindungan penumpang dewasa.
Honda Legend adalah mobil buatan Honda pertama yang mendapat bintang lima. Juga mendapat tiga bintang untuk perlindungan pedestrian, yang dilengkapi sistem perlindungan aktif yang mendeteksi kapan pedestrian tertabrak dan mengangkat bonnet, menciptakan ruang yang mencegah tubuh pedestrian membentur mesin. Corolla juga mendapat tiga bintang untuk perlindungan pedestrian.
Dibawah adalah hasil uji EuroNCAP:
Adult Occupant Protection (stars)
Child Protection (stars)
Pedestrian Protection (stars)
Fiat Bravo
5
3
2
Toyota Corolla
5
4
3
Honda CR-V
4
4
2
Mitsubishi Outlander
4
3
2
Honda Legend
5
4
3
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Fri Jun 08, 2007 7:42
- Location: rawamangun, jakarta, indonesia
guys...omongannya koq pd berat banget ya pake bawa2 fisika...gw anak fisip niy g ngerti begonooan... tp emang bener, g selamanya berat bisa jadi acuan,gw ada mitsu kuda 2000 super exeed, pernah bawa kec. 60kmh, nabrak ujung box carry terbuka,langsung fender kiri gw(dari lampu sen) dah jadi kayak keripik,gepeng..apalah...pokoknya g berbentuk...untung cuma fendernya aj...y terpaksa ganti fender,coz percuma di ketok magix...
btw ada yang punya gambar and penjelasan crash test GL, SWIFT, n mercy e320 masterpiece '95 g?
spek keamanan GL n SWIFT GT dah oke lum sih bwat pemakaian antara rawamangun depok,lewat tol simatupang average speed at 80-100kmh?thx kawan...
btw ada yang punya gambar and penjelasan crash test GL, SWIFT, n mercy e320 masterpiece '95 g?
spek keamanan GL n SWIFT GT dah oke lum sih bwat pemakaian antara rawamangun depok,lewat tol simatupang average speed at 80-100kmh?thx kawan...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Sat Mar 22, 2008 11:41
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
Bozz mending beli produk jerman bozz.
Merci saya 300E top-condition jual 49juta nego bozz.
Merci saya 300E top-condition jual 49juta nego bozz.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
bro disini semua seingat saya (baca di majalah otomotif punya german) rata2 mobil sekarang bagian permukaan (moncong mobil) dan belakang (buntut mobil) memang dirancang mudah hancur untuk menyerap energi benturan agar penumpang yg di dalem ga dikocok2 kayak mixer akibat nyerap benturan(malah bahaya).. Tapi bagian ruangan penumpang (bagian tengah mobil) dibuat kokoh kayak "sangkar baja" dan sangat sukar remuk agar penumpang ga ikut remuk kayak digambar 1 (mobil kuning buatan cina ya??) contoh yg ga remuk crash test gambar 2(sx4 ama jazz) yg remuk cuma bagian depan saja sebagai konsekuensi terserapnya benturan(bodi depan hancur).. Pernah ga ngebayangin bodi mobil kita dibuat dari baja moncongnya n g bisa remuk..memang mobil utuh alias selamet tapi energi benturan yg dihasilkan akan diserap penumpangnya jadi mobil utuh tapi penumpangnya tewas kebentur-bentur di dalem kabin mobil emang ada yg mau kekekkekkek..(pake logika aja kok)..
untuk mobil yg dijual di indonesia saya rasa sudah menerapkan sistem itu HONDA (G-CON) TOYOTA (GOA) untuk lbh jelasnya bahasa2 singkatan ini bs lihat di situs masing2 merek..Atau baca di manual booknya mobil ada juga saya baca punya honda city pasti lebih jelas.. Oiya masih inget kasus HONDA ACCORD jatuh di ATASNYA HONDA CITY penumpangnya honda city selamat karena memang ada seperti "sangkar baja" di dalam konstruksi bagian tengah mobil itu..(bayangkan kalo mobil honda city itu atapnya mudah remuk pasti udh tewas mengenaskan penumpangnya)
untuk mobil yg dijual di indonesia saya rasa sudah menerapkan sistem itu HONDA (G-CON) TOYOTA (GOA) untuk lbh jelasnya bahasa2 singkatan ini bs lihat di situs masing2 merek..Atau baca di manual booknya mobil ada juga saya baca punya honda city pasti lebih jelas.. Oiya masih inget kasus HONDA ACCORD jatuh di ATASNYA HONDA CITY penumpangnya honda city selamat karena memang ada seperti "sangkar baja" di dalam konstruksi bagian tengah mobil itu..(bayangkan kalo mobil honda city itu atapnya mudah remuk pasti udh tewas mengenaskan penumpangnya)
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 163
- Joined: Sun Dec 23, 2007 10:50
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
Artikel GOA ada disini http://rinisumasdi.blogspot.com/2008/03 ... sment.html 

TOYOTA Way ......................
http://rinisumasdi.blogspot.com
http://rinisumasdi.blogspot.com
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
level fitur GOA berbeda2, bukan berarti mobil ada logo GOA adalah pasti lulus safety test international, seperti NCAP.
Contoh lebih aneh lagi, icon GOA pada brosur avanza, pada gambarnya adalah daihatsu taruna dgn low-res image dan kecil sekali.
Contoh lebih aneh lagi, icon GOA pada brosur avanza, pada gambarnya adalah daihatsu taruna dgn low-res image dan kecil sekali.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
weleh2.jgn2 kl bukan buat uji safety internasional,body GOA nya ga ada tes tabrak lg..cm comot gmbr laen..contohnya kt om GTR blg.hoho..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Fri Oct 19, 2007 12:18
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
Kalo liat dari remukannya, mobil yg di malaysia remuk depannya, kalau yg jazz remuk belakangnya.
Salah satu faktor pembunuh dari penumpang di Jazz kan gara2 belakangnya yg menyentuh tanah duluan, dan mobil2 penyerapan energinya lebih baik pada bagian depan daripada belakang. Pada tabrakan dari belakang, fungsi airbag ga begitu pengaruh lagi, tapi yg jadi "penyelamat" seharusnya kursi dan headrest. (Mobil2 keluaran eropa yg kelas2 atas kan skr headrestnya dah "active" dimana pada saat terjadi tabrakan dari belakang, headrestnya "mendekatkan diri" ke kepala penumpang). Nah yang kasus Honda Jazz ini, headrestnya aja putus.. apalagi kepala penumpangnya.
Kalau soal uji tabrak sih, kalau mobilnya sama persis saya rasa ga masalah, karena strukturnya sama, kalau mau robah2 struktur kan bukannya malah biaya lagi? I think kalo Honda Jazz diuji tabrak secara struktur rusaknya kurang lebih sama dengan Honda Fit CBU Jepang, kalau soal cidera yg diderita penumpangnya kemungkinan berbeda lantaran Fit di jepang dah ada dual airbag.
Tetapi kalau mobilnya udah di modification seperti Terios/Rush ya ga tau lagi tuh. Avanza/Xenia jg ga jelas lantaran ga ada versi yg persis sama diluar sana.
Salah satu faktor pembunuh dari penumpang di Jazz kan gara2 belakangnya yg menyentuh tanah duluan, dan mobil2 penyerapan energinya lebih baik pada bagian depan daripada belakang. Pada tabrakan dari belakang, fungsi airbag ga begitu pengaruh lagi, tapi yg jadi "penyelamat" seharusnya kursi dan headrest. (Mobil2 keluaran eropa yg kelas2 atas kan skr headrestnya dah "active" dimana pada saat terjadi tabrakan dari belakang, headrestnya "mendekatkan diri" ke kepala penumpang). Nah yang kasus Honda Jazz ini, headrestnya aja putus.. apalagi kepala penumpangnya.
Kalau soal uji tabrak sih, kalau mobilnya sama persis saya rasa ga masalah, karena strukturnya sama, kalau mau robah2 struktur kan bukannya malah biaya lagi? I think kalo Honda Jazz diuji tabrak secara struktur rusaknya kurang lebih sama dengan Honda Fit CBU Jepang, kalau soal cidera yg diderita penumpangnya kemungkinan berbeda lantaran Fit di jepang dah ada dual airbag.
Tetapi kalau mobilnya udah di modification seperti Terios/Rush ya ga tau lagi tuh. Avanza/Xenia jg ga jelas lantaran ga ada versi yg persis sama diluar sana.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 163
- Joined: Sun Dec 23, 2007 10:50
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China



TOYOTA Way ......................
http://rinisumasdi.blogspot.com
http://rinisumasdi.blogspot.com
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
headrest Jazz/city sudah "neck-mitigation", remuk belakangnya itu ditabrak dari belakang yah maksudnya? krn tentu ada batas kecepatan juga.
[quote="mklasse"]Kalo liat dari remukannya, mobil yg di malaysia remuk depannya, kalau yg jazz remuk belakangnya.
Salah satu faktor pembunuh dari penumpang di Jazz kan gara2 belakangnya yg menyentuh tanah duluan, dan mobil2 penyerapan energinya lebih baik pada bagian depan daripada belakang. Pada tabrakan dari belakang, fungsi airbag ga begitu pengaruh lagi, tapi yg jadi "penyelamat" seharusnya kursi dan headrest. (Mobil2 keluaran eropa yg kelas2 atas kan skr headrestnya dah "active" dimana pada saat terjadi tabrakan dari belakang, headrestnya "mendekatkan diri" ke kepala penumpang). Nah yang kasus Honda Jazz ini, headrestnya aja putus.. apalagi kepala penumpangnya.
Kalau soal uji tabrak sih, kalau mobilnya sama persis saya rasa ga masalah, karena strukturnya sama, kalau mau robah2 struktur kan bukannya malah biaya lagi? I think kalo Honda Jazz diuji tabrak secara struktur rusaknya kurang lebih sama dengan Honda Fit CBU Jepang, kalau soal cidera yg diderita penumpangnya kemungkinan berbeda lantaran Fit di jepang dah ada dual airbag.
Tetapi kalau mobilnya udah di modification seperti Terios/Rush ya ga tau lagi tuh. Avanza/Xenia jg ga jelas lantaran ga ada versi yg persis sama diluar sana.[/quote]
[quote="mklasse"]Kalo liat dari remukannya, mobil yg di malaysia remuk depannya, kalau yg jazz remuk belakangnya.
Salah satu faktor pembunuh dari penumpang di Jazz kan gara2 belakangnya yg menyentuh tanah duluan, dan mobil2 penyerapan energinya lebih baik pada bagian depan daripada belakang. Pada tabrakan dari belakang, fungsi airbag ga begitu pengaruh lagi, tapi yg jadi "penyelamat" seharusnya kursi dan headrest. (Mobil2 keluaran eropa yg kelas2 atas kan skr headrestnya dah "active" dimana pada saat terjadi tabrakan dari belakang, headrestnya "mendekatkan diri" ke kepala penumpang). Nah yang kasus Honda Jazz ini, headrestnya aja putus.. apalagi kepala penumpangnya.
Kalau soal uji tabrak sih, kalau mobilnya sama persis saya rasa ga masalah, karena strukturnya sama, kalau mau robah2 struktur kan bukannya malah biaya lagi? I think kalo Honda Jazz diuji tabrak secara struktur rusaknya kurang lebih sama dengan Honda Fit CBU Jepang, kalau soal cidera yg diderita penumpangnya kemungkinan berbeda lantaran Fit di jepang dah ada dual airbag.
Tetapi kalau mobilnya udah di modification seperti Terios/Rush ya ga tau lagi tuh. Avanza/Xenia jg ga jelas lantaran ga ada versi yg persis sama diluar sana.[/quote]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
ilustrasi avanza itu hanya ilustrasi GOA, juga sama spt crumple zones semua produsen mobil, blm menandakan lulus(/rating).
Terlihat tipis sekali jarak dgn penumpang belakang, juga lapisan body belakangnya, spt nya blm bisa deh lulus test tabrak belakang (juga samping krn tipis) kalo NCAP.
Juga pada gambar tabrak samping itu sepertinya tidak menyisakan ruang lagi bagi penumpang yg tergencet.
Terlihat tipis sekali jarak dgn penumpang belakang, juga lapisan body belakangnya, spt nya blm bisa deh lulus test tabrak belakang (juga samping krn tipis) kalo NCAP.
Juga pada gambar tabrak samping itu sepertinya tidak menyisakan ruang lagi bagi penumpang yg tergencet.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Aug 16, 2004 18:19
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
Dari pada kita bingung-bingung bagaimana kalau avanza pak GTR kita test uji NCAP heheheheheGTR wrote:ilustrasi avanza itu hanya ilustrasi GOA, juga sama spt crumple zones semua produsen mobil, blm menandakan lulus(/rating).
Terlihat tipis sekali jarak dgn penumpang belakang, juga lapisan body belakangnya, spt nya blm bisa deh lulus test tabrak belakang (juga samping krn tipis) kalo NCAP.
Juga pada gambar tabrak samping itu sepertinya tidak menyisakan ruang lagi bagi penumpang yg tergencet.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
langsung lecek, hmm... bener sih, bener2 crumple
....

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
Coment yg di bold:aldy wrote:untuk mobil yg dijual di indonesia saya rasa sudah menerapkan sistem itu HONDA (G-CON) TOYOTA (GOA) untuk lbh jelasnya bahasa2 singkatan ini bs lihat di situs masing2 merek..Atau baca di manual booknya mobil ada juga saya baca punya honda city pasti lebih jelas.. Oiya masih inget kasus HONDA ACCORD jatuh di ATASNYA HONDA CITY penumpangnya honda city selamat karena memang ada seperti "sangkar baja" di dalam konstruksi bagian tengah mobil itu..(bayangkan kalo mobil honda city itu atapnya mudah remuk pasti udh tewas mengenaskan penumpangnya)
Sopir dan samping sopir di dalam Honda City itu bukan selamat karena "sangkar baja City" tapi selamat karena Canopy yg ada di Gedung tsb.
Jadi ketika Accord tsb jatuh, sebelum mendarat di lantai dasar mengenai Canopy terlebih dahulu. Baru kemudian menyentuh body bagian samping belakang City yg lagi melintas dibawahnya.
Thanks to the Canopy!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
sepertinya blm ada kabin yg tahan tumbukan setelah ada akselerasi gravitasi bobot accord dari ketinggian itu.
even dgn tubular roll bar cage juga bisa remuk.
kendaraan dirancang utk 'crash-test' or even better lulus roll-test daripada kejatuhan kendaraan.
even dgn tubular roll bar cage juga bisa remuk.
kendaraan dirancang utk 'crash-test' or even better lulus roll-test daripada kejatuhan kendaraan.
Last edited by GTR on Tue Mar 25, 2008 4:31, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
Itu Brilliance (sedan warna kuning) buatan China yg diuji crash-test EURO NCAP adalah versi awal. Memang tidak lulus uji pada waktu itu. Sekitar akhir tahun lalu sudah mengalami penguatan rangka (desain ulang agar lebih kuat) dan di uji lagi ternyata lulus uji walaupun ratingnya tidak maksimal. Pernah saya baca dari majalah untuk informasi tsb.
So SMers jangan mencap mobil2 buatan China itu semuanya jelek, karena dulu juga pabrikan Honda, Suzuki, Toyota, Hyundai, KIA dll pernah mengalami tidak lulus uji EURO NCAP. Bahkan pabrikan Eropa jg dulunya tidak semua line-up mereka lulus uji EURO NCAP. Tapi tahun demi tahun mereka meneliti, mempelajari dan memperbaiki struktur rangka dan penguatan di beberapa bagian yg paling penting untuk menyerap benturan.
So SMers jangan mencap mobil2 buatan China itu semuanya jelek, karena dulu juga pabrikan Honda, Suzuki, Toyota, Hyundai, KIA dll pernah mengalami tidak lulus uji EURO NCAP. Bahkan pabrikan Eropa jg dulunya tidak semua line-up mereka lulus uji EURO NCAP. Tapi tahun demi tahun mereka meneliti, mempelajari dan memperbaiki struktur rangka dan penguatan di beberapa bagian yg paling penting untuk menyerap benturan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re:
Iya Brilliance memang salah satu produsen mobil dari China yang termasuk sukses dan masuk dlm 10 besar produsen mobil di China. Populasi jenis sedannya termasuk banyak. Terakhir saya baca info, mereka sudah bikin coupe 2 pintu walaupun modelnya menurut saya aneh sekali dan tidak sporty.boilers wrote:Wuah, serem man ... padahal brilliance kan udah lumayan terkenal juga ya ...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
effort brillance yg besar & cukup cepat, membuahkan hasil pd batch produk lanjutannya.
ini yg penting, kan.
ini yg penting, kan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Re:
padahal Jazz Malay dan Indo sama kan sumbernya (Thailand)... walopun punya Indo dirakit di Karawanguch wrote:Masih berhubungan dgn postingan gw no. 2 di atas.
Masih ingat kan Honda Jazz yg jatuh dari lt 6 dan menewaskan semua penumpangnya..?
Di Malaysia kejadian yg persis sama jg terjadi.
http://www.detiknews.com/index.php/deti ... idkanal/10
Sama2 dari lt 6, sama2 mobil kecil, sama2 cewek lagi sopir nya.
Beda nya cuman "akibatnya". Yg disini semua nya meninggal, yg di Malaysia selamat. Padahal yg di sini khan mobilnya (versi sono) udah bintang 4 EURONCAP tuh...![]()
Takdir memang nggak bisa dilawan..(biar aman dari debat..).
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
Yup betul bro, lagipula pabrik yg menelurkan Brilliance ini merakit mobil2 merk Eropa untuk pasaran China. Jadi lambat laun teknologi dan feature safety mengalami peningkatan.GTR wrote:effort brillance yg besar & cukup cepat, membuahkan hasil pd batch produk lanjutannya.
ini yg penting, kan.