nanya pengalaman motor baru (4tak)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
soalnya pengalaman ngambil baru 4tak buat kantor... kurang nyaman, jadi pengen juga ngambil spin... 2nd juga ga masalah... hehehe
depresiasi mah relatif bro... yg penting kegunaan nya. yang jelas, gue sih cenderung ke suzuki or kymco.
depresiasi mah relatif bro... yg penting kegunaan nya. yang jelas, gue sih cenderung ke suzuki or kymco.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
panasin motor selain buat sirkulasi oli, menurut gue juga emang bener2 buat manasin suhu mesin menjadi ideal, terutama yang masih pake karburator. kalau masih dingin terus langsung tancap aja, dijamin mesin pasti gampang mati. 1-2 menit juga cukup kali, kalo kelamaan sampai 5menit, entar tetangga gw pada marah kali (knalpot udah setengah loss soalnya, heheh).
pertannyaan gw nih, starter selah bisa rusak ga sih? kalo rusak biasanya apanya ya? mahal gak servisnya. soalnya ga ada starter elektriknya, jadi gw mau siap2 aja, biar gak kaget, kalo nanti suatu saat selah gw rusak. trims.
pertannyaan gw nih, starter selah bisa rusak ga sih? kalo rusak biasanya apanya ya? mahal gak servisnya. soalnya ga ada starter elektriknya, jadi gw mau siap2 aja, biar gak kaget, kalo nanti suatu saat selah gw rusak. trims.
semoga selamat sampai duluan
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
stater selah jarang rusak, bro... sangat jarang. paling kalo rusak pun karena pegangan baut ujung yg longgar dibiarin... jadi giginya dol... kalo ga salah sih begitu...
motor kakak sepupu gue kagak ada selahnya... hihihi, jadi ngandalin stater elektrik doang, katanya dari pabrikan emang gitu... (baru nyadar gue...).
motor kakak sepupu gue kagak ada selahnya... hihihi, jadi ngandalin stater elektrik doang, katanya dari pabrikan emang gitu... (baru nyadar gue...).

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
Iseng2 ngebersihin kerak karbon, soalnya dh tahunan gk dibuka, aku buka kepala silinder n silinder. pas aku buka mesin dalam keadaan dingin (pagi hari), semua oli di kepala silinder kering, jadi semua bagian noken as, rocker arm, timing gear, dsb kering, bener2 seperti gak ada oli.kalo dipegang kering, meski masih sedikit basah kalo dikasih tisu (dikit banget lo). bagian silinder juga, itu motor bebek (shogun 110 yang pake salcs). Apalagi sport, pasti lebih kering. Tapi, di bagian saluran oli tetep masih ada olinya, meski gak terlalu banyak, nah, kalo di mesin tegak, sepertinya di saluran oli gak ada oli, soalnya salurannya vertikal.oli pasti masih tapi agak di bawah. Lalu dirakit lagi.diselah pake tangan (tutup klep dibuka, busi dibuka). dalam 3 x selah udah ada oli keluar dari celah rocker arm (cepet banget kan?) apalagi mesin diidupin, pasti langsung naik. jadi, manasin motor perlu, tapi juga gak usah terlalu lama, pemborosan. 2 menit sudah sangat efektif, 1 menit juga boleh. Soal dichoke juga gak masalah. justru itu mesin normal. la apa gunanya choke kalau mesin gampang idup setelah lama mati dan pada suhu dingin? justru choke cepet rusak kalo tidak diaktifkan (choke model plunger). pasti seret n berkarat. Nah, masih ada yang alergi dengan choke? aktifin choke tiap pagi, ok?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
Asap putih keluar dari knalpot, pertama karena masih ada oli di ruang bakar. sesempit apapun celah, masih mungkin oli di silinder, celah silinder dan piston turun, lalu mengendap di bagian sisi bawah silinder terutama waktu gak dipake lama (volumenya dikit banget, tapi bisa menimbulkan asap putih, dan akan hilang, gak pake lama). ini normal aja, setelah mesin dipake agak lama dan terbentuk oil film, serta piston tertutup kerak-kerak tipis, biasanya gejala ini menghilang. Kok bisa? ya bisa aja. coba, waktu mesin mati, pasti piston gak langsung berhenti. suatu saat, piston akan melakukan langkah kompresi, lalu usaha. nah di langkah usaha, gak ada yang terbakar, akibatnya, gas yang dikompresi tadi tidak mengembang, justru menyusut karena kebocoran di celah piston, dan ketika terjadi pertambahan voume karena piston masih bergerak, terjadi sedikit kevakuman, yang bisa menyedot oli di celah piston.
yang kedua, seperti yang disebutkan sebelumnya, kemungkinan masih ada oli di saluran knalpot. Yang ketiga, ini yang jarang diperhatikan. ada air di knalpot. soalnya, secara normal, di dalam knalpot pasti ada karbon. suhu karbon lebih tinggi dari suhu udara, apalagi pagi hari. so, terjadilah embun karena udara mengandung uap air. satu lagi, udara hasil pembakaran di knalpot banyak mengandung h2o (air). kalo menetap di situ, lama2 pasti akan mengembun. kena panas aliran gas buang, embun tadi menguap membentuk asap putih (ingat pas merebus air). normal2 aja kok, ntar juga menguap n ilang.
yang kedua, seperti yang disebutkan sebelumnya, kemungkinan masih ada oli di saluran knalpot. Yang ketiga, ini yang jarang diperhatikan. ada air di knalpot. soalnya, secara normal, di dalam knalpot pasti ada karbon. suhu karbon lebih tinggi dari suhu udara, apalagi pagi hari. so, terjadilah embun karena udara mengandung uap air. satu lagi, udara hasil pembakaran di knalpot banyak mengandung h2o (air). kalo menetap di situ, lama2 pasti akan mengembun. kena panas aliran gas buang, embun tadi menguap membentuk asap putih (ingat pas merebus air). normal2 aja kok, ntar juga menguap n ilang.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
wah, thanks masukan nya , bro cloud!
utk oli motor baru, sebaiknya berapa lama harus diganti? penggantian ke 2 boleh pake oli lain ga? or sebaiknya oli standar dulu? thanks ... buta motor nih.
utk oli motor baru, sebaiknya berapa lama harus diganti? penggantian ke 2 boleh pake oli lain ga? or sebaiknya oli standar dulu? thanks ... buta motor nih.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 989
- Joined: Sat Jan 13, 2007 12:46
- Location: lumpia city
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
motor baru gress ya bos...pertama kali ganti jarak 500km,biar tuh serpihan-serpihan komponen keluar dulu.kalo masalah oli merk lain tergantung tuh dealer juga sih,tapi biasanya masih dapat oli gratis kan bro sampai 3 kali penggantian,jadi biar hemat yanh pake oli yang dikasih dealer dulu deh,baru stelah itu ganti ke merk lain ga papa.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
Kalau servis pertama setelah 500km selain ganti oli juga ada penggantian filter oli. 3 kali servis pertama memang masih dapat oli gratis, tapi kalau mau bawa oli sendiri juga boleh kok (kalau nggak mau rugi oli gratisnya diminta bawa pulang aja).
Jadi ingat waktu Shogun SP gw pertama kali datang. Motor ini merupakan motor pertama yg gw beli sendiri dari hasil jerih payah gw, sekaligus motor pertama gw yg bertransmisi kopling manual.
Waktu nyoba pertama rada kagok gara2 transmisinya beda dgn motor bebek yg selama ini gw pinjam (1-N-2-3-4), sempat bikin macet jalan gara2 nggak bisa pindah ke gigi-2.
Kirain bensinnya masih cukup utk sampai ke pom bensin terdekat, baru 500meter aja udah tiris tuh bensin. Alhasil terpaksa dorong ke tukang bensin eceran di pinggir jalan.
Udah begitu setelan koplingnya juga terlalu rapat sehingga sering mati waktu idle, ngoper giginya juga susah. Tapi setelah minta disetel koplingnya di bengkel hingga sekarang sudah 2 tahun pindah gigi tetap lancar.
Jadi ingat waktu Shogun SP gw pertama kali datang. Motor ini merupakan motor pertama yg gw beli sendiri dari hasil jerih payah gw, sekaligus motor pertama gw yg bertransmisi kopling manual.
Waktu nyoba pertama rada kagok gara2 transmisinya beda dgn motor bebek yg selama ini gw pinjam (1-N-2-3-4), sempat bikin macet jalan gara2 nggak bisa pindah ke gigi-2.

Udah begitu setelan koplingnya juga terlalu rapat sehingga sering mati waktu idle, ngoper giginya juga susah. Tapi setelah minta disetel koplingnya di bengkel hingga sekarang sudah 2 tahun pindah gigi tetap lancar.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
ah gitu ya... oke oke... artinya, memang gue diberitahu kalo ada penggantian oli gratis dan servis included. jadi bisa jaga2 jangan kelupaan saja...
gue ambil (terpaksa) honda, gantiin astrea prima di kantor yg udah sepuh... tadinya mau direbuild, tapi setelah dipikir2 turun mesin, cat dan ganti sana sini... kok gede juga biaya nya... hehehehe! masih agak kagok, karena ternyata tinggi ya, berbeda dengan astrea prima yg ceper... emang beda ya rasanya naik 4tak sama matic...
gue ambil (terpaksa) honda, gantiin astrea prima di kantor yg udah sepuh... tadinya mau direbuild, tapi setelah dipikir2 turun mesin, cat dan ganti sana sini... kok gede juga biaya nya... hehehehe! masih agak kagok, karena ternyata tinggi ya, berbeda dengan astrea prima yg ceper... emang beda ya rasanya naik 4tak sama matic...


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
koq jadi topik panasi motor sih?
OOT nih...
oiya thx buat masukannya...
asep putihnya lama jug loh.. dah beberapa kali di panasin masih tetep ada..
oiya,
saya dah dapet spinnya..
ya lumayanlah.. saya dapet spin 06 pelek jari2..
6,8 juta aja..
hehehe lumayan, tapi ada beberapa yang harus diperbaiki..
heheeh..
OOT nih...
oiya thx buat masukannya...
asep putihnya lama jug loh.. dah beberapa kali di panasin masih tetep ada..
oiya,
saya dah dapet spinnya..
ya lumayanlah.. saya dapet spin 06 pelek jari2..
6,8 juta aja..
hehehe lumayan, tapi ada beberapa yang harus diperbaiki..
heheeh..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
hehehe iyalah bro... namanya motor baru, panesin motor 5detik-1menit kan termasuk... beda ama yg gue astrea prima, asal idup cepet2 digas kalo ga mati lagi...! 
pengalaman punya motor baru, yaaa bonceng si sekretaris manis di kantor laaaaah... hahahaha!
wah selamet bro! spin 2nd segitu ya harganya? boleh juga... servis dikit2 wajar lah

pengalaman punya motor baru, yaaa bonceng si sekretaris manis di kantor laaaaah... hahahaha!
wah selamet bro! spin 2nd segitu ya harganya? boleh juga... servis dikit2 wajar lah

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
Setelah baca petunjuk Bro Cloud di atas, jadi ingat cek kondisi choke pagi ini. Ternyata memang sudah keras banget, mo dipaksa khawatir putus. Ada solusi lain?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Mon Jul 09, 2007 6:25
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
semprot wd40 dulu??
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
or bisa diberi oli bersih, tetesin aja... biasanya bisa tetesan nya bisa terus ngalir sepanjang kabel. pake WD40 kadang2 kurang bagus... but, coba saja.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Mon Jul 09, 2007 6:25
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
wd40 dulu baru kasih oli? hehehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
Nanti malam dicoba deh saran dari RR sekalian. Trims. 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
O ya, kick starter jarang dipake gak papa, malah membuat pegas lebih awet.
lebih gampang dan murah ganti relay starter ma brush motor starter daripada turun mesin ganti pegas. Berdasarkan pengalaman, relay starter biasanya lebih cepat ganti daripada brush motor starter. brush biasanya tahan bertahun2.
[cencored] seret, coba dibongkar bagi yang gak mau ke bengkel ato seneng bongkar sendiri. biasanya untuk yang model plunger. yang tipe katup jarang sekali macet. Caranya, sebaiknya bongkar karburator. lepas ujung pengait pada tuas [cencored]. lalu lepas ulir [cencored] di karbu. keluarkan plunger [cencored], kalau keras, ditarik pelan. masih bandel, pake penetran (WD 40, seperti rekomendasi rekan2). tunggu beberapa saat, tarik. kalo dah keluar, bersihkan plunger dan lubangnya pake bensin dan lap. kalau sulit, boleh diampelas halus. bersihkan pake bensin jika selesai. boleh diberi pelumas baru, dikit aja. Pasti lebih lancar.
Begitu pula kabel, kalau seret, pertama pakai wd 40, baru dibersihin pake bensin ato minyak tanah, lalu dikasih oli. caranya sepertinya banyak diulas majalah ato tabloid kok,
lebih gampang dan murah ganti relay starter ma brush motor starter daripada turun mesin ganti pegas. Berdasarkan pengalaman, relay starter biasanya lebih cepat ganti daripada brush motor starter. brush biasanya tahan bertahun2.
[cencored] seret, coba dibongkar bagi yang gak mau ke bengkel ato seneng bongkar sendiri. biasanya untuk yang model plunger. yang tipe katup jarang sekali macet. Caranya, sebaiknya bongkar karburator. lepas ujung pengait pada tuas [cencored]. lalu lepas ulir [cencored] di karbu. keluarkan plunger [cencored], kalau keras, ditarik pelan. masih bandel, pake penetran (WD 40, seperti rekomendasi rekan2). tunggu beberapa saat, tarik. kalo dah keluar, bersihkan plunger dan lubangnya pake bensin dan lap. kalau sulit, boleh diampelas halus. bersihkan pake bensin jika selesai. boleh diberi pelumas baru, dikit aja. Pasti lebih lancar.
Begitu pula kabel, kalau seret, pertama pakai wd 40, baru dibersihin pake bensin ato minyak tanah, lalu dikasih oli. caranya sepertinya banyak diulas majalah ato tabloid kok,
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
Asap putihnya lama? kalau mesin sdh panas masih ngebul gak? kalo masih, dan sudah berjalan lama, coba dicek ke bengkel resmi soalnya masih garansi. dikhawatirkan ada kerusakan atau kesalahan perakitan seperti di ring piston, sil katup, piston, ato liner silinder. kalo asap putih gak lama, coba bro bawa motornya agak lama, ya kira2 1 jam, dibawa pergi ke kantor, ato kemana, biar gak mubadzir bensinnya. ngebul gk? kalo ngebul berarti nggak normal,
lalu, besoknya ngebul gak? pertamakali wajar ngebul, tapi setelah beberapa saat (kira2 diatas 1 menit) harus nggak ngebul lagi. normalnya ngebul pada motor hanya pas setelah distart, sampai beberapa detik, (kurang dr 1 menit). O ya, penilaian ini diberikan setelah memeriksa point setelah ini,
Yaitu, perlakuan mekanik. biasanya, mekanik sering meminyaki kabel gas n kabel [cencored] saat servis (terutama motor2 yang sudah berumur). motor baru biasanya enggak, tapi coba dicek, mungkin diminyaki juga. nah, kalo ada sisa oli bisa bikin mesin ngebul dikit, soalnya minyak di kabel gas ato [cencored] lama2 turun ke karbu, masuk ke mesin n terbakar.
Lalu, ada juga mekanik yang memasukkan oli ke dalam knalpot. ini bisa bikin ngebul juga. coba perhatikan. kalo itu masalahnya, coba dipake agak lama, sampe asap benar2 hilang. lalu matikan. besoknya dicek. kalo ngebul terus (bukan diawal aja pas start), bro komplain aja, ok?
perlakuan meminyaki ini bisa bikin ngebul lama lo, bahkan saat mesin panas. kalo asap sudah hilang harusnya tidak muncul lagi, kecuali diminyaki lagi. efeknya gak masalah buat mesin, but kelamaan bisa cepet berkerak di ruang bakar dan saluran buang. Dan gak enak juga kalo yang dibelakang kita diasapi (asap 4 tak baunya gak enak, beda ama asap 2t pakai oli smokeless yang perfumed, malah hampir gak berasap)
Ada juga mengenai material pelapis knalpot. biasanya lapisan knalpot baru di dalamnya ada lapisan khusus. lapisan ini bisa terbakar, dan mengeluarkan bau khas, tapi lama2 hilang, dan relatif. biasanya, begitu aromanya hilang, besok2nya sudah nggak muncul lagi.
lalu, besoknya ngebul gak? pertamakali wajar ngebul, tapi setelah beberapa saat (kira2 diatas 1 menit) harus nggak ngebul lagi. normalnya ngebul pada motor hanya pas setelah distart, sampai beberapa detik, (kurang dr 1 menit). O ya, penilaian ini diberikan setelah memeriksa point setelah ini,
Yaitu, perlakuan mekanik. biasanya, mekanik sering meminyaki kabel gas n kabel [cencored] saat servis (terutama motor2 yang sudah berumur). motor baru biasanya enggak, tapi coba dicek, mungkin diminyaki juga. nah, kalo ada sisa oli bisa bikin mesin ngebul dikit, soalnya minyak di kabel gas ato [cencored] lama2 turun ke karbu, masuk ke mesin n terbakar.
Lalu, ada juga mekanik yang memasukkan oli ke dalam knalpot. ini bisa bikin ngebul juga. coba perhatikan. kalo itu masalahnya, coba dipake agak lama, sampe asap benar2 hilang. lalu matikan. besoknya dicek. kalo ngebul terus (bukan diawal aja pas start), bro komplain aja, ok?
perlakuan meminyaki ini bisa bikin ngebul lama lo, bahkan saat mesin panas. kalo asap sudah hilang harusnya tidak muncul lagi, kecuali diminyaki lagi. efeknya gak masalah buat mesin, but kelamaan bisa cepet berkerak di ruang bakar dan saluran buang. Dan gak enak juga kalo yang dibelakang kita diasapi (asap 4 tak baunya gak enak, beda ama asap 2t pakai oli smokeless yang perfumed, malah hampir gak berasap)
Ada juga mengenai material pelapis knalpot. biasanya lapisan knalpot baru di dalamnya ada lapisan khusus. lapisan ini bisa terbakar, dan mengeluarkan bau khas, tapi lama2 hilang, dan relatif. biasanya, begitu aromanya hilang, besok2nya sudah nggak muncul lagi.
Last edited by Cloud on Tue Mar 18, 2008 16:53, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
@cloud : hmmm, gitu ya? sebaiknya dibongkar daripada ditodong, ya? hehehehe oke! nambah ilmu nih di soal motor!
thanks, bro! great input!
thanks, bro! great input!


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
iya, kalo ada waktu luang, kan lebih manfaat, hehehehe
, wah, rebutan bandwitch ni, jadi agak lemot aksesnya, maklum di kampus, malam2 pada gerilya, hehehe.... 


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
kampus!!?? dimana bro?Cloud wrote:iya, kalo ada waktu luang, kan lebih manfaat, hehehehe, wah, rebutan bandwitch ni, jadi agak lemot aksesnya, maklum di kampus, malam2 pada gerilya, hehehe....
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
di uny, mumpung akses murah, besok mo pnjm komp, lmyn, bs gratis,
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
weits! kirain elo ugm, bro... disana pake koneksi dewa soaleCloud wrote:iya, kalo ada waktu luang, kan lebih manfaat, hehehehe, wah, rebutan bandwitch ni, jadi agak lemot aksesnya, maklum di kampus, malam2 pada gerilya, hehehe....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
sering juga ke ugm, di fib, tp skrg males, ujan2,
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: nanya pengalaman motor baru (4tak)
Thanks infonya mengenai choke. Kemarin malam aku semprot pake penetran aja, tapi mereknya Three Bond (WD40 mahal amir). Choke-nya langsung lancar lagi. Kayanya sih memang kabelnya yang seret gara2 jarang dipake.
Pagi2 jadi sering narik choke biar nggak seret lagi (walaupun bukan untuk menyalakan motor).
Pagi2 jadi sering narik choke biar nggak seret lagi (walaupun bukan untuk menyalakan motor).