Komplain Nissan Livina di Detik.com
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 347
- Joined: Mon Apr 30, 2007 5:20
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
Kayaknya pernyataan pihak Nissan tidak masuk akal karena walaupun ngisi air aki sampai luber sekalipun, air aki buat tambahan kan warna botolnya biru dmana kalo air aki warna biru itu kan sama seperti air biasa. Ya logikanya kalopun luber, sama aja dengan menuangkan air PAM disekitar AKI. CMIIW
Get home safe, respect road rules !
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat Jul 07, 2007 5:44
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
Bukan tumpah waktu ngisi air accu, tapi ngisinya kepenuhan, jadi waktu accu bekerja khan terjadi panas sehingga air accu yang sudah tercampur H2SO4 dalam accu meluap lewat selang pembuangan gas/udara di samping accu. IMHO lho.Alexander wrote:Kayaknya pernyataan pihak Nissan tidak masuk akal karena walaupun ngisi air aki sampai luber sekalipun, air aki buat tambahan kan warna botolnya biru dmana kalo air aki warna biru itu kan sama seperti air biasa. Ya logikanya kalopun luber, sama aja dengan menuangkan air PAM disekitar AKI. CMIIW
salam,
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Fri Sep 14, 2007 15:16
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
Atau... jangan2 ngisinya bukan di "PASTI PAS"... jadi cuma bilang 100 rebu mas.. ehh gak tau nya beluber.. hehehe ^_*Alexander wrote:jangan - jangan bung Roma ngisi air aki pake selang air lagi...
But anway, gara2 kasus ini saya jadi lihat kondisi accu di Livi saya.. dan saya perhatikan kok gak berkurang dari garis MAX yah air accu nya ?? terakhir service 10 K pada pertengahan February 2008 kemarin, sekarang sudah masuk ke angka 12K an gitu deh.
Dan waktu service 10 K pun saya lihat SA di Beres ngisi air accu nya sedikit banget, berarti kurang nya sedikit kan? dari rentang 1K ke 10 K. Hmmm.....

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
Kesembronoan konsumen tidak bisa jadi alasan bagi ATPM/produsen manapun utk melakukan recall lah. Kalo pemiliknya sembrono dalam mengemudi apa semua mobil harus di-recall.
Kalo saya dengan sembrono lepas karet wiper hingga kaca depan baret2 apa ATPM musti me-recall semua kendaraan yg dia jual utk ganti kaca depan? kan nggak toh.
Tidak ada barang produksi yg sempurna, wong manusia produksi manusia aja bisa cacat kok.
Kalo saya dengan sembrono lepas karet wiper hingga kaca depan baret2 apa ATPM musti me-recall semua kendaraan yg dia jual utk ganti kaca depan? kan nggak toh.
Tidak ada barang produksi yg sempurna, wong manusia produksi manusia aja bisa cacat kok.
Slayer wrote:Halo bro semua,
Kalo pendapat saya masalah ini tidak selesai dengan "ganti sparepart & ongkos gratis" saja, saya lihat respon dari pihak NMI kok kurang greget ya...Kenapa NMI tidak melakukan recall untuk pencegahan hal2 seperti ini terjadi lagi. Coba mereka antisipasi dengan memasang penutup plastik diatas 'Tube Assy Clutch'. Ini kan sebagai contoh kepedulian mereka terhadap konsumen. Jangan sampai kasus seperti ini terjadi dikemudian hari.
Yang namanya konsumen itu bermacam2 sifatnya, coba kalau ketemu konsumen yg sembrono lagi bagi mana nih...?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
Yang anda tulis itu ga msk akal contoh sembrono ny..kl sembrono ky gt mn mo ATPM ny trima komplain.tp yg ini ATPM terima komplain brarti gr2 nyadar diri kl ksalahan di pihak diatukang sapu wrote:Kesembronoan konsumen tidak bisa jadi alasan bagi ATPM/produsen manapun utk melakukan recall lah. Kalo pemiliknya sembrono dalam mengemudi apa semua mobil harus di-recall.
Kalo saya dengan sembrono lepas karet wiper hingga kaca depan baret2 apa ATPM musti me-recall semua kendaraan yg dia jual utk ganti kaca depan? kan nggak toh.
Tidak ada barang produksi yg sempurna, wong manusia produksi manusia aja bisa cacat kok.


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
jika itu salah design, ga juga lah... lebih tepat kelemahan saja. karena sudah diperhitungkan selama air aki tidak melebihi batas akan aman2 saja... makanya saya bertanya2, apa ada org yg mengisi air aki sampe luber? apalagi ini mobil baru... kan agak aneh...
dan saya lebih setuju dengan om €lj€p€ , kita sebagai pengguna harus tetap berhati2 dan mencari solusi jika itu adalah kelemahan nya... di GL >> apakah itu melapisi bawah aki dengan lembaran karet misalnya.
saya tidak membela nissan, tapi lebih concern agar kita lebih paham dengan kendaraan yg kita miliki. Jadi bukan asal pake dan akan pasti tahan banting, wah... saya mau kalo ada kendaraan yg seperti itu. saya lebih memegang prinsip, jika ada masalah pada kendaraan saya, bukan salah mobilnya... pasti salah saya kenapa kendaraan ini bermasalah.
bedanya, si mobil ga bisa teriak kalo dia itu sakit kan...
well, kecuali kesalahan pabrik dan di recall... no comment lah...
dan saya lebih setuju dengan om €lj€p€ , kita sebagai pengguna harus tetap berhati2 dan mencari solusi jika itu adalah kelemahan nya... di GL >> apakah itu melapisi bawah aki dengan lembaran karet misalnya.
saya tidak membela nissan, tapi lebih concern agar kita lebih paham dengan kendaraan yg kita miliki. Jadi bukan asal pake dan akan pasti tahan banting, wah... saya mau kalo ada kendaraan yg seperti itu. saya lebih memegang prinsip, jika ada masalah pada kendaraan saya, bukan salah mobilnya... pasti salah saya kenapa kendaraan ini bermasalah.
bedanya, si mobil ga bisa teriak kalo dia itu sakit kan...
well, kecuali kesalahan pabrik dan di recall... no comment lah...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
Gara2nya : Apa boleh buat, dimasukkin koran.
HilmanZ wrote:Yang anda tulis itu ga msk akal contoh sembrono ny..kl sembrono ky gt mn mo ATPM ny trima komplain.tp yg ini ATPM terima komplain brarti gr2 nyadar diri kl ksalahan di pihak diatukang sapu wrote:Kesembronoan konsumen tidak bisa jadi alasan bagi ATPM/produsen manapun utk melakukan recall lah. Kalo pemiliknya sembrono dalam mengemudi apa semua mobil harus di-recall.
Kalo saya dengan sembrono lepas karet wiper hingga kaca depan baret2 apa ATPM musti me-recall semua kendaraan yg dia jual utk ganti kaca depan? kan nggak toh.
Tidak ada barang produksi yg sempurna, wong manusia produksi manusia aja bisa cacat kok.
![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
kalo nurut aku sih kasus ini bisa jadi adl kesembronoan dan kesalahan pemakai.HilmanZ wrote:Yang anda tulis itu ga msk akal contoh sembrono ny..kl sembrono ky gt mn mo ATPM ny trima komplain.tp yg ini ATPM terima komplain brarti gr2 nyadar diri kl ksalahan di pihak dia![]()
untuk contoh yg masuk akal, gmana kalo salah isi oli ? akibatnya juga bisa fatal. tp produsen gak bisa disalahkan. atau isi bensin, bensin tercecer mlulu, kena cat di body..apa itu cat lama2 gak jelek/rusak ? atau cuci mobil pake sabun colek. itu cat gak jadi butek tuh hanya beberapa kali cuci. sudah jelas isi aki tuh gak boleh lewat batas maxnya. dan selang penguapannya haru terpasang dengan baik.
saya pernah ikut milis motor dan disitu ada yg selang akinya copot/tdk terpasang, lama2 tuh rangka di tengah rantai/atau apalah saya gak tau namanya.. kena air aki..sampe aus. untungnya itu diketahui waktu dia lagi servis di bengkel, kalo tidak bayangkan saja lagi dijalanan itu rangka patah.. nyawa bisa melayang. yg salah siapa? salah design ? koq taro aki diatas rangka...

IMHO NMI meladenin karena NMI main aman. gak heran, biar gmanapun NMI gak sebesar honda/toyota. toyota saja main aman dengan mengganti 1 unit mobil yg patah as rodanya (info dr sini juga, kalo betul). padahal toyota no 1. apalagi NMI menghadapi hal2 aneh, misalnya black campaign yg aneh yg terlalu didramatisir/ekstrim. trus kasus ini, yg ujung2nya sih di gopublic juga... bahkan mau ke meja hijau...hihihi. apalagi kalo dicuekin gitu aja... bisa lebih dipersalahkan NMI dan ujung2nya berdampak ke penjualan mobil NMI. jadi lebih baik NMI play safe, tanggung jawab sekalipun gak salah. toh mungkin lebih banyak yg respek dengan NMI drpd yg anti.

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
untungnya dapat diselesaikan dengan baik...
unit sudah normal dan dibawa pulang kan... tidak sampai ke meja hijau, saya yakin kalo sampe jalur hukum... Nissan bisa menuntut balik, dan bukan tidak mungkin malah menang.
unit sudah normal dan dibawa pulang kan... tidak sampai ke meja hijau, saya yakin kalo sampe jalur hukum... Nissan bisa menuntut balik, dan bukan tidak mungkin malah menang.


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 202
- Joined: Thu Mar 13, 2008 3:19
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
brur...
kalo saya ngeliatnya sebagai bukan pemakai G Livina adalah ada hal yg agak-2 sedikit aneh selalu di kasus GL ini yaitu setiap kasus sepertinya didramatisir atau diblow-up. Mungkin juga krn GL sendiri adalah suatu fenomenal dimana biasanya pemainnya itu-2 aja trus nissan masuk dgn produk menarik. Intinya ternyata banyak yg berkepentingan mis kompetitor atau orang yg pengin beli....
saya bayangin mis problem di SX4 ato swift ato innova ato avan/xen hebohnya sama nggak ya..????
kalo saya ngeliatnya sebagai bukan pemakai G Livina adalah ada hal yg agak-2 sedikit aneh selalu di kasus GL ini yaitu setiap kasus sepertinya didramatisir atau diblow-up. Mungkin juga krn GL sendiri adalah suatu fenomenal dimana biasanya pemainnya itu-2 aja trus nissan masuk dgn produk menarik. Intinya ternyata banyak yg berkepentingan mis kompetitor atau orang yg pengin beli....
saya bayangin mis problem di SX4 ato swift ato innova ato avan/xen hebohnya sama nggak ya..????
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
hehe.bis contohnya lepas karet wiper trs kaca baret2 c.secara logika ga mungkin la ad org ky gt..kl salah isi oli tentu itu slh si pemakai sendiri..and pabrikan ga mungkin gnt...eh ya btw kl isi bensin, bensin tercecer mlulu, kena cat di body itu efek cat jd jelek kira2 jangka panjang kan?? saya sering isi bensin tumpah gt..kesel bgt d ma ptugas ky gt..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
Waduh bro namanya juga manusia, apa aja mungkin. Ngisi air aki sampe full abis juga bisa, dulu juga pernah ada yg mobilnya habis olinya tapi mobil masih dibawa jalan nah itu gimana?
Udah baca tanggapan/jawaban dari NMI belon? NMI bilang itu bukan kesalahan NMI tapi NMI bersedia membantu mengganti sebagai good will/maksud baik.
Udah baca tanggapan/jawaban dari NMI belon? NMI bilang itu bukan kesalahan NMI tapi NMI bersedia membantu mengganti sebagai good will/maksud baik.
HilmanZ wrote:Yang anda tulis itu ga msk akal contoh sembrono ny..kl sembrono ky gt mn mo ATPM ny trima komplain.tp yg ini ATPM terima komplain brarti gr2 nyadar diri kl ksalahan di pihak diatukang sapu wrote:Kesembronoan konsumen tidak bisa jadi alasan bagi ATPM/produsen manapun utk melakukan recall lah. Kalo pemiliknya sembrono dalam mengemudi apa semua mobil harus di-recall.
Kalo saya dengan sembrono lepas karet wiper hingga kaca depan baret2 apa ATPM musti me-recall semua kendaraan yg dia jual utk ganti kaca depan? kan nggak toh.
Tidak ada barang produksi yg sempurna, wong manusia produksi manusia aja bisa cacat kok.
![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
yup2 bro.saya uda baca.hehe..btw selaen nissan ad ga yg goodwill ky gn??
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
kalo udah masuk koran, at the end nya hampir pasti penyelesaian dgn goodwill dari produsen..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
bukan hampir pasti... tapi pasti pihak produsen lah yg memberikan penyelesaian. 
media cetak/digital memang menjadi surat complain yg paling ampuh...

media cetak/digital memang menjadi surat complain yg paling ampuh...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
klo gw punya pengalaman di thn. 2005, beli mbl merk 'S'. Ada kesalahan pabrik, gw gak perlu nulis di koran. Cukup telpon & laporkan, di cek, n diganti utuh satu mobil...HilmanZ wrote:yup2 bro.saya uda baca.hehe..btw selaen nissan ad ga yg goodwill ky gn??

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
Wow.. hebat... replace unit kyk barang electronic aja...
Pajaknya gimana tuh? Khan kalu ganti unit, nomer mesin dan nomer rangkanya pasti beda dunk
Pajaknya gimana tuh? Khan kalu ganti unit, nomer mesin dan nomer rangkanya pasti beda dunk
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
wah, patah as juga? hehehehe... j/k.Dogies wrote:klo gw punya pengalaman di thn. 2005, beli mbl merk 'S'. Ada kesalahan pabrik, gw gak perlu nulis di koran. Cukup telpon & laporkan, di cek, n diganti utuh satu mobil...HilmanZ wrote:yup2 bro.saya uda baca.hehe..btw selaen nissan ad ga yg goodwill ky gn??

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
ya terima bersih dikirim ampe masuk garasi. Mobil ganti yg baru dgn. stnk & bpkb-nya baru tanpa keluarin duit sepeserpun...y_anjasrana wrote:Wow.. hebat... replace unit kyk barang electronic aja...
Pajaknya gimana tuh? Khan kalu ganti unit, nomer mesin dan nomer rangkanya pasti beda dunk

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
wah, jarang sih kejadian begitu... itu artinya rusak pabrikan yg parah sekali...
S itu apa? ... suzuki? saab? ssangyong? subaru?
S itu apa? ... suzuki? saab? ssangyong? subaru?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
Saab kali



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
gak parah kok... malah gw disuruh pake dulu 3 bulan buat nungguin bpkb-nya keluar dulu, baru bisa ganti unit baru. Asik khan...poeticmind wrote:wah, jarang sih kejadian begitu... itu artinya rusak pabrikan yg parah sekali...
S itu apa? ... suzuki? saab? ssangyong? subaru?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
bro, elo mau sharing or maen tebak2an? 
S itu apa? rusak nya apa? lapor ke mana? lhaaaa... kita bacanya sih ga asik, bro... hehehehe no offense. peace bro!

S itu apa? rusak nya apa? lapor ke mana? lhaaaa... kita bacanya sih ga asik, bro... hehehehe no offense. peace bro!

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
Maaf bro... gw udah janji gak bakalan info detilnye kemane2.
Tapi klo elo jeli, mungkin bisa tau...
Tapi klo elo jeli, mungkin bisa tau...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
Spyker kali... 
