Komplain Nissan Livina di Detik.com

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Alexander
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon Apr 30, 2007 5:20
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by Alexander »

Kayaknya pernyataan pihak Nissan tidak masuk akal karena walaupun ngisi air aki sampai luber sekalipun, air aki buat tambahan kan warna botolnya biru dmana kalo air aki warna biru itu kan sama seperti air biasa. Ya logikanya kalopun luber, sama aja dengan menuangkan air PAM disekitar AKI. CMIIW
Get home safe, respect road rules !
ASW
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sat Jul 07, 2007 5:44

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by ASW »

Alexander wrote:Kayaknya pernyataan pihak Nissan tidak masuk akal karena walaupun ngisi air aki sampai luber sekalipun, air aki buat tambahan kan warna botolnya biru dmana kalo air aki warna biru itu kan sama seperti air biasa. Ya logikanya kalopun luber, sama aja dengan menuangkan air PAM disekitar AKI. CMIIW
Bukan tumpah waktu ngisi air accu, tapi ngisinya kepenuhan, jadi waktu accu bekerja khan terjadi panas sehingga air accu yang sudah tercampur H2SO4 dalam accu meluap lewat selang pembuangan gas/udara di samping accu. IMHO lho.

salam,
cantonais
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Fri Sep 14, 2007 15:16

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by cantonais »

Alexander wrote:jangan - jangan bung Roma ngisi air aki pake selang air lagi...
Atau... jangan2 ngisinya bukan di "PASTI PAS"... jadi cuma bilang 100 rebu mas.. ehh gak tau nya beluber.. hehehe ^_*

But anway, gara2 kasus ini saya jadi lihat kondisi accu di Livi saya.. dan saya perhatikan kok gak berkurang dari garis MAX yah air accu nya ?? terakhir service 10 K pada pertengahan February 2008 kemarin, sekarang sudah masuk ke angka 12K an gitu deh.
Dan waktu service 10 K pun saya lihat SA di Beres ngisi air accu nya sedikit banget, berarti kurang nya sedikit kan? dari rentang 1K ke 10 K. Hmmm..... :glodak:
tukang sapu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by tukang sapu »

Kesembronoan konsumen tidak bisa jadi alasan bagi ATPM/produsen manapun utk melakukan recall lah. Kalo pemiliknya sembrono dalam mengemudi apa semua mobil harus di-recall.

Kalo saya dengan sembrono lepas karet wiper hingga kaca depan baret2 apa ATPM musti me-recall semua kendaraan yg dia jual utk ganti kaca depan? kan nggak toh.

Tidak ada barang produksi yg sempurna, wong manusia produksi manusia aja bisa cacat kok.
Slayer wrote:Halo bro semua,

Kalo pendapat saya masalah ini tidak selesai dengan "ganti sparepart & ongkos gratis" saja, saya lihat respon dari pihak NMI kok kurang greget ya... :glodak: Kenapa NMI tidak melakukan recall untuk pencegahan hal2 seperti ini terjadi lagi. Coba mereka antisipasi dengan memasang penutup plastik diatas 'Tube Assy Clutch'. Ini kan sebagai contoh kepedulian mereka terhadap konsumen. Jangan sampai kasus seperti ini terjadi dikemudian hari.

Yang namanya konsumen itu bermacam2 sifatnya, coba kalau ketemu konsumen yg sembrono lagi bagi mana nih...? :capede:
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by HilmanZ »

tukang sapu wrote:Kesembronoan konsumen tidak bisa jadi alasan bagi ATPM/produsen manapun utk melakukan recall lah. Kalo pemiliknya sembrono dalam mengemudi apa semua mobil harus di-recall.

Kalo saya dengan sembrono lepas karet wiper hingga kaca depan baret2 apa ATPM musti me-recall semua kendaraan yg dia jual utk ganti kaca depan? kan nggak toh.

Tidak ada barang produksi yg sempurna, wong manusia produksi manusia aja bisa cacat kok.
Yang anda tulis itu ga msk akal contoh sembrono ny..kl sembrono ky gt mn mo ATPM ny trima komplain.tp yg ini ATPM terima komplain brarti gr2 nyadar diri kl ksalahan di pihak dia :capede: :capede:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by poeticmind »

jika itu salah design, ga juga lah... lebih tepat kelemahan saja. karena sudah diperhitungkan selama air aki tidak melebihi batas akan aman2 saja... makanya saya bertanya2, apa ada org yg mengisi air aki sampe luber? apalagi ini mobil baru... kan agak aneh...

dan saya lebih setuju dengan om €lj€p€ , kita sebagai pengguna harus tetap berhati2 dan mencari solusi jika itu adalah kelemahan nya... di GL >> apakah itu melapisi bawah aki dengan lembaran karet misalnya.
saya tidak membela nissan, tapi lebih concern agar kita lebih paham dengan kendaraan yg kita miliki. Jadi bukan asal pake dan akan pasti tahan banting, wah... saya mau kalo ada kendaraan yg seperti itu. saya lebih memegang prinsip, jika ada masalah pada kendaraan saya, bukan salah mobilnya... pasti salah saya kenapa kendaraan ini bermasalah.
bedanya, si mobil ga bisa teriak kalo dia itu sakit kan...

well, kecuali kesalahan pabrik dan di recall... no comment lah...
Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by GTR »

Gara2nya : Apa boleh buat, dimasukkin koran.
HilmanZ wrote:
tukang sapu wrote:Kesembronoan konsumen tidak bisa jadi alasan bagi ATPM/produsen manapun utk melakukan recall lah. Kalo pemiliknya sembrono dalam mengemudi apa semua mobil harus di-recall.

Kalo saya dengan sembrono lepas karet wiper hingga kaca depan baret2 apa ATPM musti me-recall semua kendaraan yg dia jual utk ganti kaca depan? kan nggak toh.

Tidak ada barang produksi yg sempurna, wong manusia produksi manusia aja bisa cacat kok.
Yang anda tulis itu ga msk akal contoh sembrono ny..kl sembrono ky gt mn mo ATPM ny trima komplain.tp yg ini ATPM terima komplain brarti gr2 nyadar diri kl ksalahan di pihak dia :capede: :capede:
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by hunter »

HilmanZ wrote:Yang anda tulis itu ga msk akal contoh sembrono ny..kl sembrono ky gt mn mo ATPM ny trima komplain.tp yg ini ATPM terima komplain brarti gr2 nyadar diri kl ksalahan di pihak dia :capede: :capede:
kalo nurut aku sih kasus ini bisa jadi adl kesembronoan dan kesalahan pemakai.
untuk contoh yg masuk akal, gmana kalo salah isi oli ? akibatnya juga bisa fatal. tp produsen gak bisa disalahkan. atau isi bensin, bensin tercecer mlulu, kena cat di body..apa itu cat lama2 gak jelek/rusak ? atau cuci mobil pake sabun colek. itu cat gak jadi butek tuh hanya beberapa kali cuci. sudah jelas isi aki tuh gak boleh lewat batas maxnya. dan selang penguapannya haru terpasang dengan baik.

saya pernah ikut milis motor dan disitu ada yg selang akinya copot/tdk terpasang, lama2 tuh rangka di tengah rantai/atau apalah saya gak tau namanya.. kena air aki..sampe aus. untungnya itu diketahui waktu dia lagi servis di bengkel, kalo tidak bayangkan saja lagi dijalanan itu rangka patah.. nyawa bisa melayang. yg salah siapa? salah design ? koq taro aki diatas rangka...:)

IMHO NMI meladenin karena NMI main aman. gak heran, biar gmanapun NMI gak sebesar honda/toyota. toyota saja main aman dengan mengganti 1 unit mobil yg patah as rodanya (info dr sini juga, kalo betul). padahal toyota no 1. apalagi NMI menghadapi hal2 aneh, misalnya black campaign yg aneh yg terlalu didramatisir/ekstrim. trus kasus ini, yg ujung2nya sih di gopublic juga... bahkan mau ke meja hijau...hihihi. apalagi kalo dicuekin gitu aja... bisa lebih dipersalahkan NMI dan ujung2nya berdampak ke penjualan mobil NMI. jadi lebih baik NMI play safe, tanggung jawab sekalipun gak salah. toh mungkin lebih banyak yg respek dengan NMI drpd yg anti. :)
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by poeticmind »

untungnya dapat diselesaikan dengan baik...

unit sudah normal dan dibawa pulang kan... tidak sampai ke meja hijau, saya yakin kalo sampe jalur hukum... Nissan bisa menuntut balik, dan bukan tidak mungkin malah menang. :)
Image
bisti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Thu Mar 13, 2008 3:19

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by bisti »

brur...
kalo saya ngeliatnya sebagai bukan pemakai G Livina adalah ada hal yg agak-2 sedikit aneh selalu di kasus GL ini yaitu setiap kasus sepertinya didramatisir atau diblow-up. Mungkin juga krn GL sendiri adalah suatu fenomenal dimana biasanya pemainnya itu-2 aja trus nissan masuk dgn produk menarik. Intinya ternyata banyak yg berkepentingan mis kompetitor atau orang yg pengin beli....

saya bayangin mis problem di SX4 ato swift ato innova ato avan/xen hebohnya sama nggak ya..????
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by HilmanZ »

hehe.bis contohnya lepas karet wiper trs kaca baret2 c.secara logika ga mungkin la ad org ky gt..kl salah isi oli tentu itu slh si pemakai sendiri..and pabrikan ga mungkin gnt...eh ya btw kl isi bensin, bensin tercecer mlulu, kena cat di body itu efek cat jd jelek kira2 jangka panjang kan?? saya sering isi bensin tumpah gt..kesel bgt d ma ptugas ky gt..
tukang sapu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by tukang sapu »

Waduh bro namanya juga manusia, apa aja mungkin. Ngisi air aki sampe full abis juga bisa, dulu juga pernah ada yg mobilnya habis olinya tapi mobil masih dibawa jalan nah itu gimana?

Udah baca tanggapan/jawaban dari NMI belon? NMI bilang itu bukan kesalahan NMI tapi NMI bersedia membantu mengganti sebagai good will/maksud baik.
HilmanZ wrote:
tukang sapu wrote:Kesembronoan konsumen tidak bisa jadi alasan bagi ATPM/produsen manapun utk melakukan recall lah. Kalo pemiliknya sembrono dalam mengemudi apa semua mobil harus di-recall.

Kalo saya dengan sembrono lepas karet wiper hingga kaca depan baret2 apa ATPM musti me-recall semua kendaraan yg dia jual utk ganti kaca depan? kan nggak toh.

Tidak ada barang produksi yg sempurna, wong manusia produksi manusia aja bisa cacat kok.
Yang anda tulis itu ga msk akal contoh sembrono ny..kl sembrono ky gt mn mo ATPM ny trima komplain.tp yg ini ATPM terima komplain brarti gr2 nyadar diri kl ksalahan di pihak dia :capede: :capede:
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by HilmanZ »

yup2 bro.saya uda baca.hehe..btw selaen nissan ad ga yg goodwill ky gn??
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by GTR »

kalo udah masuk koran, at the end nya hampir pasti penyelesaian dgn goodwill dari produsen..
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by poeticmind »

bukan hampir pasti... tapi pasti pihak produsen lah yg memberikan penyelesaian. :)

media cetak/digital memang menjadi surat complain yg paling ampuh...
Image
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 674
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by Dogies »

HilmanZ wrote:yup2 bro.saya uda baca.hehe..btw selaen nissan ad ga yg goodwill ky gn??
klo gw punya pengalaman di thn. 2005, beli mbl merk 'S'. Ada kesalahan pabrik, gw gak perlu nulis di koran. Cukup telpon & laporkan, di cek, n diganti utuh satu mobil... :e-clap:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by y_anjasrana »

Wow.. hebat... replace unit kyk barang electronic aja...

Pajaknya gimana tuh? Khan kalu ganti unit, nomer mesin dan nomer rangkanya pasti beda dunk
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by poeticmind »

Dogies wrote:
HilmanZ wrote:yup2 bro.saya uda baca.hehe..btw selaen nissan ad ga yg goodwill ky gn??
klo gw punya pengalaman di thn. 2005, beli mbl merk 'S'. Ada kesalahan pabrik, gw gak perlu nulis di koran. Cukup telpon & laporkan, di cek, n diganti utuh satu mobil... :e-clap:
wah, patah as juga? hehehehe... j/k.
Image
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 674
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by Dogies »

y_anjasrana wrote:Wow.. hebat... replace unit kyk barang electronic aja...

Pajaknya gimana tuh? Khan kalu ganti unit, nomer mesin dan nomer rangkanya pasti beda dunk
ya terima bersih dikirim ampe masuk garasi. Mobil ganti yg baru dgn. stnk & bpkb-nya baru tanpa keluarin duit sepeserpun... ;)
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by poeticmind »

wah, jarang sih kejadian begitu... itu artinya rusak pabrikan yg parah sekali...
S itu apa? ... suzuki? saab? ssangyong? subaru?
Image
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by uch »

Saab kali :D :D
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 674
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by Dogies »

poeticmind wrote:wah, jarang sih kejadian begitu... itu artinya rusak pabrikan yg parah sekali...
S itu apa? ... suzuki? saab? ssangyong? subaru?
gak parah kok... malah gw disuruh pake dulu 3 bulan buat nungguin bpkb-nya keluar dulu, baru bisa ganti unit baru. Asik khan...
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by poeticmind »

bro, elo mau sharing or maen tebak2an? :D
S itu apa? rusak nya apa? lapor ke mana? lhaaaa... kita bacanya sih ga asik, bro... hehehehe no offense. peace bro!
Image
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 674
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by Dogies »

Maaf bro... gw udah janji gak bakalan info detilnye kemane2.
Tapi klo elo jeli, mungkin bisa tau...
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com

Post by GTR »

Spyker kali... :mrgreen: