GTR wrote:most best FC SUV/mpv antara bensin/diesel (performa setara), itu bensin.
Contohnya apa kalau boleh tahu yach ?
Kalau utk Performa sih biasanya :
Pada chassis / body yg sama utk 0-100 km/jam rata2 Gasoline lebih unggul, tapi middle acceleration 60 - 90 km/jam, 80 - 120 km/jam umumnya TurboDiesel lebih unggul karena Torsinya jauh lebih besar.
Utk comparison apple to apple mungkin bisa dibandingkan CR V i-VTEC vs. CR V i-CTDi, VW Touareg / Tiguan gasoline FSI vs. versi TDI nya.
Setahu ane CR V R20A aja itu FC nya nggak bisa se irit yg i-CTDi, akselerasi 0-100 km/jamnya mirip, meanwhile middle acceleration pasti jauh lebih unggul si i-CTDi.
Kalau bawa R20A A/T vs. Ipah D4 D G A/T aja kerasa kok kalo pas lagi narik dr RPM bawah / middle acceleration itu tarikan si Ipah D4 D lebih "berisi", sedangkan R20A baru "menyalak" setelah RPM tinggi. Padahal Ipah D4 D lebih berat 150 kg. drpd R20A, juga dia RWD sedang R20A FWD.
Hanya saja memang idealnya mobil Diesel perlu transmisi dgn tingkatan gigi lebih banyak, nah di Indonesia ini sedihnya masih banyak MPV Diesel dikasih transmisi A/T cuman 4 speed
Salah 1 yg menarik dr Captiva Diesel adalah dia pake 5 speed A/T.