Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
jeskoneng wrote:
Sbenarnya udah banyak dibahas di thread apa gue lupa, dan udah banyak yang membuktikan hasilnya... yang gue catat sih kayak gini langkah-langkahnya :
1. Putar kunci kontak ke posisi ON (tapi jangan start mesin)
2. Injak pedal gas sampai mentok, tahan selama 5 detik)
3. Setelah 5 detik di atas, putar kunci kontak ke posisi OFF, cabut kunci, lalu lepaskan kaki dari pedal gas
4. Tunggu minimal 2 menit (antara 2-5 menit)
5. Setelah 2 menit itu, masukkan kunci kontak, start mesin dan langsung geber gas pol
Prosedur terapi 125 detik itu rutin lakukan, bisa seminggu 1 X atau sebulan 1x terserah aja, cuma carilah jalan lempeng yang lengang... paling sip di tol saat sepi kendaran.... Oh ya, Jazz gue matic, jadi pada saat langkah terakhir (no.5), setelah start, tuas transmisi gue oper ke S, lalu langsung injak gas pol, kagak perlu pencet2 seven speed mode, biarin aja rev limiter yang mengatur perpindahan gigi pada RPM max (kalo di jeskoneng yang udah dimodif2, rev limiter bekerja pada RPM 6200 pas di redline).
Katanya sih, terapi itu adalah cara untuk ECU langsung belajar dan adaptasi ke gaya nyetir yang "ringan kaki"
bro jeskoneng,
kok kondisinya mesin lagi off ya? apa pada saat itu ecu langsung mendetect kaki kita?
jeskoneng wrote:
Sbenarnya udah banyak dibahas di thread apa gue lupa, dan udah banyak yang membuktikan hasilnya... yang gue catat sih kayak gini langkah-langkahnya :
1. Putar kunci kontak ke posisi ON (tapi jangan start mesin)
2. Injak pedal gas sampai mentok, tahan selama 5 detik)
3. Setelah 5 detik di atas, putar kunci kontak ke posisi OFF, cabut kunci, lalu lepaskan kaki dari pedal gas
4. Tunggu minimal 2 menit (antara 2-5 menit)
5. Setelah 2 menit itu, masukkan kunci kontak, start mesin dan langsung geber gas pol
Prosedur terapi 125 detik itu rutin lakukan, bisa seminggu 1 X atau sebulan 1x terserah aja, cuma carilah jalan lempeng yang lengang... paling sip di tol saat sepi kendaran.... Oh ya, Jazz gue matic, jadi pada saat langkah terakhir (no.5), setelah start, tuas transmisi gue oper ke S, lalu langsung injak gas pol, kagak perlu pencet2 seven speed mode, biarin aja rev limiter yang mengatur perpindahan gigi pada RPM max (kalo di jeskoneng yang udah dimodif2, rev limiter bekerja pada RPM 6200 pas di redline).
Katanya sih, terapi itu adalah cara untuk ECU langsung belajar dan adaptasi ke gaya nyetir yang "ringan kaki"
bro jeskoneng,
kok kondisinya mesin lagi off ya? apa pada saat itu ecu langsung mendetect kaki kita?
thanks
bukan kaki kita yg di detect... tapi posisi TPS nya yang terbuka lebar pas di injek gas nya... CMIIW
^^^
kalo ngga salah itu thred-nya PPT (dimana beliau sekarang ya ), diantaranya: http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... alisa+busi http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6754
Thread lainnya ga ketemu....mungkin hilang waktu SM di-hacked dolo....
Kalo ga salah PPT dolo kasih nama terapi 125.
Yg jelas ECU pasti mendeteksi kita, asal kontak dalam posisi ON (lampu indikator batere di dashboard menyala), meskipun mesin blom hidup (malah kalo lagi terapi 125, mesin kagak boleh hidup)
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
^^^
Oya...tambahan, mumpung masih ingat. PPT pernah bilang kalo terapi 125 ini hanya bisa diterapin ma mobil yg sudah OBDII (kalo ga salah, maksudnya On Board Diagnostic Version 2), sayang saya ga tau apa maksudnya ini....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
^^^
nah itu masalahnya...PPT keburu menghilang dari peredaran....belum sempet tanya2 detail. Mungkin SMers yg laen bisa bantu? Inget2 sih, PPT pernah bilang, boil yg produksi thn 2000 keatas apalagi built up, biasanya sudah pake sistem OBD2
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
imsus2c wrote:^^^
Oya...tambahan, mumpung masih ingat. PPT pernah bilang kalo terapi 125 ini hanya bisa diterapin ma mobil yg sudah OBDII (kalo ga salah, maksudnya On Board Diagnostic Version 2), sayang saya ga tau apa maksudnya ini....
Klo ngga salah, OBD ada dua jenis, mobil yang keluaran tahun 2000 kebawah umumnya memakai OBD1, dan mobil yang keluaran tahun 2000 keatas sudah diseragamkan menjadi OBD2, beda antara OBD1 dan OBD2 ada disocket, socket ini untuk menyambung ke alat yang bisa diagnosis dan membuka software yang ada di ECU, dan sangat bermanfaat bagi bengkel2 service masa kini yang umumnya sebagian besar mobil2 telah memakai ECU
gw dah coba.. cuma waktu kemarinan itu sekalian nyoba lagi pake shell super.. Aerio gw isi full dari tangki kosong, trus masuk rumah.. paginya langsung terapi.. hasilnya? terus terang enggak terlalu berasa.. mungkin karena mobilnya memang udah enak, kale?? hehehe... pake premium juga udah ngibrit... mesin sih memang lebih enteng tarikannya, tapi gw ragu apakah ini karena soft tunning (terapi 125) ataw ganti BBM, gitu.. paling enak sih ngetesnya langsung diatas dyno.. sapa tau ada yg punya dirumah, jadi bisa numpang tunning gitu.. hehehehe....
jeskoneng wrote:
Sbenarnya udah banyak dibahas di thread apa gue lupa, dan udah banyak yang membuktikan hasilnya... yang gue catat sih kayak gini langkah-langkahnya :
1. Putar kunci kontak ke posisi ON (tapi jangan start mesin)
2. Injak pedal gas sampai mentok, tahan selama 5 detik)
3. Setelah 5 detik di atas, putar kunci kontak ke posisi OFF, cabut kunci, lalu lepaskan kaki dari pedal gas
4. Tunggu minimal 2 menit (antara 2-5 menit)
5. Setelah 2 menit itu, masukkan kunci kontak, start mesin dan langsung geber gas pol
barusan browsing2 forum, trus nemu thread yg prosedurnya 'nyaris' sama persis kyk yg om jeskoneng post..
1. Turn the ignition key to the on (not start) position.
2. Press the gas pedal to the floor and hold for five seconds.
3. Turn the key to the "off" position (don't remove the key), then release the gas pedal.