Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Izin update lg, kali ini regrease rack steer seperti di mazda 2 lalu. Berharap rack steer "problem" selama masa garansi, tp nampaknya tidak terjadi *eh gimana?
Daripada pas abis garansi tahun depan, tetiba orkestra bunyi, yauda lah preventif dulu. Sekilas sih bawaan lumayan ngolesnya n belum kering kek mazda 2 dulu. Perlu diingat saat regrease dilakukan, cx3 umur baru mau 2 tahun, sedangkan mazda 2 sudah 5 tahun.
Berikut before after di cx3
IMG_20250620_171103.jpg
Kalau ini dulu pas di mazda 2, terlihat assembly lube bawaan dah kering dan menggumpal + dikasihnya cuman secuil
IMG_20250621_065041.jpg
-----
Sekalian ganti oli mesin karena abis minta combustion chamber cleaning pake cleaner model foam (Loctite -- mirip la ama DCS).
IMG_20250621_064904.jpg
Pengerjaan di tempat mbah Marmut kek biasa
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
josomba wrote: Fri Jun 20, 2025 23:55
Izin update lg, kali ini regrease rack steer seperti di mazda 2 lalu. Berharap rack steer "problem" selama masa garansi, tp nampaknya tidak terjadi *eh gimana?
Daripada pas abis garansi tahun depan, tetiba orkestra bunyi, yauda lah preventif dulu. Sekilas sih bawaan lumayan ngolesnya n belum kering kek mazda 2 dulu. Perlu diingat saat regrease dilakukan, cx3 umur baru mau 2 tahun, sedangkan mazda 2 sudah 5 tahun.
Berikut before after di cx3
IMG_20250620_171103.jpg
Kalau ini dulu pas di mazda 2, terlihat assembly lube bawaan dah kering dan menggumpal + dikasihnya cuman secuil
IMG_20250621_065041.jpg
-----
Sekalian ganti oli mesin karena abis minta combustion chamber cleaning pake cleaner model foam (Loctite -- mirip la ama DCS).
josomba wrote: Fri Jun 20, 2025 23:55
Izin update lg, kali ini regrease rack steer seperti di mazda 2 lalu. Berharap rack steer "problem" selama masa garansi, tp nampaknya tidak terjadi *eh gimana?
Daripada pas abis garansi tahun depan, tetiba orkestra bunyi, yauda lah preventif dulu. Sekilas sih bawaan lumayan ngolesnya n belum kering kek mazda 2 dulu. Perlu diingat saat regrease dilakukan, cx3 umur baru mau 2 tahun, sedangkan mazda 2 sudah 5 tahun.
Berikut before after di cx3
IMG_20250620_171103.jpg
Kalau ini dulu pas di mazda 2, terlihat assembly lube bawaan dah kering dan menggumpal + dikasihnya cuman secuil
IMG_20250621_065041.jpg
-----
Sekalian ganti oli mesin karena abis minta combustion chamber cleaning pake cleaner model foam (Loctite -- mirip la ama DCS).
IMG_20250621_064904.jpg
Pengerjaan di tempat mbah Marmut kek biasa
mbah ini sebelum re-grease dan sesudah re-grease ada sesuatu yang bisa dirasa-rasa kah? atau feel steernya sama aja?
stir dah mulai seret lagi
DrivingPotato wrote: Mon Jun 30, 2025 16:01
mbah ini sebelum re-grease dan sesudah re-grease ada sesuatu yang bisa dirasa-rasa kah? atau feel steernya sama aja?
stir dah mulai seret lagi
Cmn ngaruh ada satu jenis suara kek "blarr blarrrr" seperti geter kalau lewatin jalanan batuan or celah jalan (kek parit kecil) yg hilang. Sisanya sama saja.
Setir seret berarti mirip mazda 2 nih, semprot white lithium grease di intermediate shaftnya sih kalau owe dulu.
Attention - postingan ane bisa bernuansa halu/feeling aja tp ya sudah coba testing ke istri yg ane ga kasi tahu apa2.
Singkat cerita, ngobrol2 sama sepuh di sini mengenai grounding n baca2 dr forum mazda3 luar juga. Awalnya coba tes TB ke aki - dulu. Hemm disini ane merasa ada peningkatan throttle response, cmn karena takut halu -- ane coba biarin istri nyetir beberapa kali n dia ada blg "ni mobil kok jd responsif kalau diinjek gas, throttle kek lgsg ngisi?"
Yaa kalau dr sekilas blind test sih nampaknya efektif.
IMG_20250712_160334.jpg
Akhirnya cobain ke beberapa titik lain lg, atas bantuan pak @Saturday akhirnya terpasang ke titik2 lain.
IMG_20250712_154748.jpg
Kabel juga sudah dibungkus snake skin jd ga gitu norak ungu dan pake busbar biar rapi di kutub -
Titik 1: TB
Titik 2: Alternator
Titik 3: AC
Titik 4: Nambah kabel ke grounding bawaan dr - ke chassis.
Singkat cerita setelah pasang ini semua, td lgsg jalan 10KM-an sih cetek/engage AC jd jauh berkurang dan anehnya klakson malah lebih stereo suaranya (ane dah ganti ke denso horn dr awal).
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
josomba wrote: Sat Jul 12, 2025 9:07
Attention - postingan ane bisa bernuansa halu/feeling aja tp ya sudah coba testing ke istri yg ane ga kasi tahu apa2.
Singkat cerita, ngobrol2 sama sepuh di sini mengenai grounding n baca2 dr forum mazda3 luar juga. Awalnya coba tes TB ke aki - dulu. Hemm disini ane merasa ada peningkatan throttle response, cmn karena takut halu -- ane coba biarin istri nyetir beberapa kali n dia ada blg "ni mobil kok jd responsif kalau diinjek gas, throttle kek lgsg ngisi?"
Yaa kalau dr sekilas blind test sih nampaknya efektif.
IMG_20250712_160334.jpg
Akhirnya cobain ke beberapa titik lain lg, atas bantuan pak @Saturday akhirnya terpasang ke titik2 lain.
IMG_20250712_154748.jpg
Kabel juga sudah dibungkus snake skin jd ga gitu norak ungu dan pake busbar biar rapi di kutub -
Titik 1: TB
Titik 2: Alternator
Titik 3: AC
Titik 4: Nambah kabel ke grounding bawaan dr - ke chassis.
Singkat cerita setelah pasang ini semua, td lgsg jalan 10KM-an sih cetek/engage AC jd jauh berkurang dan anehnya klakson malah lebih stereo suaranya (ane dah ganti ke denso horn dr awal).
warna mobil makin kinclong setelah pasang kabel ground?
bantingan suspensi makin empuk apa enggak?
tapi belum sempet2 atur waktu karena jaraknya cukup jauh, akhirnya minta bongkar di salah satu bengkel spesialis Mazda di Sedayu City. Dibongkar, pasang ulang, masih bunyi.
Bearing support dibalikin yg lama, masih bunyi.
Support shock diganti, masih bunyi.
Link stabil dilepas, masih bunyi.
Ingin rasanya bikin sayembara buat yang bisa nemu problemnya.
tapi belum sempet2 atur waktu karena jaraknya cukup jauh, akhirnya minta bongkar di salah satu bengkel spesialis Mazda di Sedayu City. Dibongkar, pasang ulang, masih bunyi.
Bearing support dibalikin yg lama, masih bunyi.
Support shock diganti, masih bunyi.
Link stabil dilepas, masih bunyi.
Ingin rasanya bikin sayembara buat yang bisa nemu problemnya.
Mungkin shock nya dah lemah atau bushing shock nya yg udah tewas kali om. Atau mungkin juga bushing lower arm dah rusak.
tapi belum sempet2 atur waktu karena jaraknya cukup jauh, akhirnya minta bongkar di salah satu bengkel spesialis Mazda di Sedayu City. Dibongkar, pasang ulang, masih bunyi.
Bearing support dibalikin yg lama, masih bunyi.
Support shock diganti, masih bunyi.
Link stabil dilepas, masih bunyi.
Ingin rasanya bikin sayembara buat yang bisa nemu problemnya.
Gw Mei ini baru claim CX-3, 2 MacPherson Strut depan + lower arm + bushing, soalnya udah bunyi dr strut-nya. Pesen awal Mei 2025 (tepat sblm warranty Mazda berakhir), dtg dr Jepang akhir Juni 2025. Abis ganti suspensi depan (kecuali spring), belok patah kiri kedengeran suara jedug. Nyoba patah setir di CX-3 sport baru, patah kiri dan kanan, hening.. apakah ini penyakit umur ato CX-3 manufacturing Thailand lebih solud drpd yg JP?
Selasa kemarin diagnosis lanjutan (masih garansi servis 2 minggu abis ganti part), cuma kencengin cowl + dudukan aja, suara jedug pas mentoknya mengecil sih. Tp jd ketauan rack steer CX-3 udah mulai bunyi. Skrg lg proses pengajuan via extended warranty, tp gmn hasilnya, let's see. Kyknya kaki2 CX-3 termasuk manja deh...
Kl CX-3 rattle free, tp mulai bunyi dr komponen kaki, kl CX-30 interior random rattle walau kaki2 masih sehat...
gwsecretc wrote: Sat Jul 12, 2025 14:57
Mungkin shock nya dah lemah atau bushing shock nya yg udah tewas kali om. Atau mungkin juga bushing lower arm dah rusak.
Shocknya dites reboundnya masih bagus. Baru diganti abis klaim warranty tahun lalu, om.
Bushing-bushing dicek juga masih bagus semua, dari lower arm sampai steering rack (karena emg masih baru, udah klaim warranty juga)
Perjalanan klaim warrantynya udah saya post di bbrp page belakang